10+ Contoh Surat Pengaduang Barang dan Balasan Pengaduan Barang

Contoh Surat Balasan Pengaduan Barang atau surat balasan atas komplain yang dikirimkan oleh konsumen tentunya akan anda butuhkan sebagai referensi untuk membuat surat surat tersebut. Nah sebelum saya bagikan contohnya, mari kita simak terlebih dahulu ulasan berikut ini.
Surat balasan pengaduan barang atau yang disebut juga surat jawaban pengaduan barang (komplain barang) yang rusak ataupun dikarenakan hal lain merupakan sebuah surat yang ditulis oleh Produsen/Penjual untuk menjawab surat komplain atau surat pengaduan barang yang sebelumnya dikirimkan oleh konsumen/pembeli.
Surat komplain yang sebelumnya dikirimkan oleh Konsumen ataupun Penjual biasanya dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara barang yang dipesan oleh pembeli dengan barang yang diterima. Hal ini bisa dikarenakan barang yang dikirim salah, rusak, jumlahnya tidak sesuai ataupun karena penyebab-penyebab lain.
Oleh karena itu, sebagai pembeli tentunya mempuyai hak untuk mengadukan hal tersebut kepada pihak penjual dengan harapan penjual tersebut mau menggantikan kembali barang-barang yang tidak sesuai tersebut dengan cara mengirimkan surat pengaduan barang ke pihak penjual.
Nah sebagai jawaban dari surat pengaduan tersebut, maka pihak penjual tentunya harus meresponnya dengan cara mengirimkan juga jawaban ke pihak pembeli dengan cara membuat surat balasan pengaduan barang.

Cara Membuat Surat Balasan Pengaduan Barang

Surat balasan pengaduan barang ini termasuk juga dalam kategori surat resmi, jadi penulisannya harus menggunakan format surat resmi seperti menggunakan bahasa yang formal, sopan dan mudah dipahami.
Adapun isi yang harus dimuat dalam surat balasan pengaduan barang adalah sebagai berikut:
  1. Ucapan terima kasih kepada konsumen atas surat komplain yang sudah dikirmkan sebelumnya.
  2. Ucapan penyesalan atas masalah yang terjadi dan alasannya.
  3. Berikan sebuah solusi penyelesaian atas masalah yang terjadi.
  4. Apabila masalah yang terjadi diluar tanggung jawab penjual, maka berikan saran-saran tertentu supaya pembeli bisa mengurus masalah tersebut dan siap untuk membantu apabila dibutuhkan.
  5. Terakhir, yakinkan pembeli anda supaya masalah serupa tidak akan terjadi lagi di masa akan datang.

Nah sedangkan untuk bagian-bagian dari surat balasan pengaduan barang itu sendiri ialah sebagai berikut:
  • Kepala surat
  • Tempat dan tanggal surat
  • Nomor surat
  • Perihal
  • Lampiran
  • Penerima surat (alamat/orang yang dituju)
  • Isi sebagaimana 5 poin yang sudah disebutkan di atas tadi
  • Nama dan tanda tangan.

Nah dengan mengetahui isi serta bagian-bagian dari surat balasan pengaduan barang ini, maka anda yang ingin membuat surat balasan komplain ini akan lebih terarah saat ingin membuatnya. Sehingga bisa dikerjakan dengan mudah bahkan tanpa melihat contoh-contoh yang ada di internet.
Namun bagi anda yang masih belum bisa membuatnya sendiri, di bawah ini sudah saya kumpulkan beberapa contoh surat balasan pengaduan barang yang baik dan benar untuk kebutuhan anda. Yuk langsung saja kita lihat di bawah ini.

Contoh Surat Balasan Pengaduan Barang / Produk

PT. LG Electronics Indonesia
Jln. Ring Road No. 7-9
Kota Medan
——————————————————————————————–

10 September 2018
Nomor: 11/LG-KOMPLAIN/V/2018
Hal: Balasan Pengaduan Barang
Lamp.: 1 (satu) Lembar Faktur
Kepada
Yth. Pemilik Toko Dunia Elektronik
Jln. Hasan Saleh Lorang III No. 2 Neusu
Banda Aceh

Dengan hormat,
Surat yang Saudara kirim pada tanggal 3 September 2018 dengan Nomor: 22/DE/IV/2018 perihal pengaduan atas kerusahkan barang sudah kami terima dengan penuh perhatian.

Loading...

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami segera melkaukan pengecekan dan ternyata penyebab dari rukanya barang yang anda terima dikarenakan kelalian dari karyawan kami. Atas kelalain tersebut, kami mohon maaf sebesar-besarnya dan kedepan kami akan lebih memperhatikan pesanan Saudara.

Selanjutnya kami akan segera mengirimkan kembali 2 Unit TV Merek LG yang baru sebagai ganti atas pesanan Saudara yang mengalami kerusakan, kami harap Saudara senang menerimanya.

Atas perhatian dan pengaduan yang Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. LG Electronics Indonesia

Jefri Ardianto, SE
Manajer Penjualan

Contoh Surat Balasan Komplain Keterlambatan Pengiriman Barang

Contoh Surat Balasan Komplain Keterlambatan Pengiriman Barang
Contoh Surat Balasan Komplain Keterlambatan Pengiriman Barang

Contoh Surat Balasan Pengaduan Kekurangan Barang

Contoh Surat Balasan Pengaduan Kekurangan Barang
Contoh Surat Balasan Pengaduan Kekurangan Barang

Contoh Surat Pengiriman Pembayaran

Contoh Surat Pengiriman Pembayaran
Contoh Surat Pengiriman Pembayaran

Surat Balasan Komplain Barang Rusak Dalam Bahasa Inggris

Surat Balasan Komplain Barang Rusak Dalam Bahasa Inggris
Surat Balasan Komplain Barang Rusak Dalam Bahasa Inggris
Nah itulah tadi beberapa Contoh Surat Balasan Pengaduan Barang yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga bisa menjadi sedikit tambahan referensi untuk anda dalam membuat surat balasan pengaduan barang tersebut. Terima kasih.

Loading...
Tags: