10+ Contoh Surat Pribadi untuk Guru yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pribadi untuk Guru – Pernah Anda membuat surat pribadi? Mungkin pernah membuatnya untuk gebetan atau pacar. Namun, pernahkah membuat surat pribadi untuk guru? Tentunya, untuk saat ini surat pribadi tak begitu diperhatikan dan jarang dipakai karena sudah terbantu dengan teknologi. Tanpa bertatap muka pun bisa berkomunikasi melalui telepon maupun aplikasi chatting. 
Meski begitu, kita perlu tahu tentang surat menyurat. Salah satunya adalah surat pribadi. Surat pribadi merupakan surat yang dibuat seseorang untuk orang lain. Surat itu bisa ditujukan kepada orangtua, kakak, adik, saudara, teman, sahabat. Pada artikel ini akan dibahas tentang surat pribadi untuk guru. Artinya, surat ini disampaikan dan ditujukan untuk seorang guru yang pernah membimbing dan mengajar kita sehingga kita bisa pintar dan meraih banyak prestasi. 
Tak ada salahnya kita mengetahui dan membuat surat pribadi untuk guru. Mungkin saja suatu hari nanti kita ingin menyampaikan terima kasih untuk Bapak/Ibu guru. Surat menjadi sapaan yang menyentuh hati mereka dibandingkan lewat media sosial atau chatting. Mungkin Anda bisa mencobanya. Menulis surat pribadi memang gampang-gampang susah. Jika tak terbiasa menulis surat mungkin akan terasa aneh dan bingung ingin menuliskan apa saja. 
Meski surat ini termasuk tak resmi, Anda harus menggunakan bahasa yang sopan mengingat guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa untuk kita. Sebelum mencoba menulis surat pribadi untuk guru, ada beberapa pokok-pokok surat yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah kaprah saat menulis surat nantinya. 
  1. Tuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Tuliskan nama dan alamat yang dituju
  3. Pembuka surat
  4. Isi surat
  5. Penutup surat
  6. Nama terang dan tanda tangan

Berikut adalah contoh surat pribadi untuk guru yang bisa Anda jadikan referensi :

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Yang Masih Mengajar

Yogyakarta, 10 Mei 2018
Kepada Yth
Ibu Astuti Jayadi
Di Pepe, Muntilan

Dengan hormat,
Apa kabar Ibu Astuti? Semoga Ibu Astuti dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Mahakuasa. Saya Agnes Widimulya angkatan 2008 di SMP Marganingsih. Ibu masih ingatkan dengan saya?

Ibu saya ingin berbagi cerita tentang perjalanan studi dan kegiatan saya. Pertama-tama saya mengucapkan banyak terima kasih karena Ibu telah mengajarkan kepada saya banyak hal, terutama tentang kepribadian. Saya bangga pernah menjadi murid Ibu Astuti dan selalu mendengarkan nasihat-nasihat Ibu. Hasilnya, saya kini menjadi orang yang semakin percaya diri. Saya selalu ingat kata-kata Ibu “Kalau kamu mau, kamu mencoba, pasti kamu bisa meraihnya”. Kata-kata itu yang selalu menyemangati saya.

Seperti yang Ibu kata-kata itu, saya bisa masuk ke SMA Santa Maria Yogyakarta. Sekolah yang saya inginkan sejak saya masih di SMP. Bahkan, saya bisa masuk ke universitas yang juga sangat saya impikan. Universitas Atma Jaya Yogyakarta jadi pilihan saya satu-satunya. Saya bisa diterima di Prodi Ilmu Komunikasi lewat jalur prestasi. Sungguh kata-kata Ibu menjadi kekuatan dan semangat bagi hidup saya. Kini saya tinggal menyelesaikan tugas akhir saya, yaitu skripsi. Saya bercita-cita menjadi seorang wartawan. Karenanya, saya mohon doa dari Ibu Astuti supaya segera menyelesaikan tugas akhir sebagai syarat kelulusan menempuh pendidikan S-1.

Tak lupa saya selalu mendoakan Ibu, semoga selalu diberi kesehatan, semangat dalam mengajar, dan menjadi Ibu yang selalu murah senyum. Maafkan Agnes belum sempat mengunjungi Ibu. Semoga Tuhan selalu memberkati Ibu Astuti. Sekian dulu ya Bu, terima kasih sudah membaca surat dari Agnes.

Salam rindu dari anakmu

(tanda tangan)

Agnes Widimulya

Contoh Surat Untuk Guru Favorit

Yogyakarta, 12 Mei 2018
Untuk Guruku Tersayang
Bapak Mardji Sugalih
di Surabaya, Jawa Timur

Dengan hormat,
Pak Mardji apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat ya. Sayang sekali ketika saya sudah pindah lagi ke Yogyakarta ternyata Bapak pindah ke Surabaya.

Saya mendapat info dari pihak sekolah SD Suka Maju kalau Bapak sudah pensiun dan pindah ke Surabaya bersama dengan anak-cucu. Saya berharap, Bapak dan keluarga baik-baik.

Ini saya Renata Cahaya. Sebenarnya saya sudah meluangkan waktu pulang ke Yogyakarta karena ingin bertemu Bapak untuk acara reunian teman-teman SD. Apa boleh buat, saya pribadi dan teman-teman tak bisa bertemu dengan Bapak. Meski begitu saya selalu mendoakan supaya Bapak dalam keadaan sehat dan suatu saat nanti bisa berjumpa lagi. Sebagai ucapan terima kasih saya, saya kirimkan hadiah sederhana. Semoga Bapak senang dan mau memakainya.

Terima kasih atas ilmu yang sudah Bapak berikan kepada saya. Saya juga mohon maaf jika selama ini saya banyak berbuat salah. Sekian surat dari saya, semoga bisa lekas bertemu dengan Bapak dalam keadaan sehat.

Salam rindu dari anak didikmu

(tanda tangan)

Renata Cahaya

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Dalam Bahasa Jawa 

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Dalam Bahasa Jawa
Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Dalam Bahasa Jawa 

 Contoh Surat Untuk Guru Di Sekolah

 Contoh Surat Untuk Guru Di Sekolah
 Contoh Surat Untuk Guru Di Sekolah

 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Secara Singkat

 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Secara Singkat
 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Secara Singkat

Tags: