Cara Membuat Grafik Line di Microsoft Excel

Cara Membuat Grafik Line di Microsoft Excel – Grafik line atau lebih banyak disebut dengan nama grafik garis merupakan salah satu jenis grafik yang tersedia di Excel dan banyak digunakan untuk menyajikan beragam jenis data. Dalam hal ini, grafik garis akan menggunakan sebuah titik yang dijadikan poin data lalu titik tersebut akan disambungkan dengan titik berikutnya, sehingga akan tampak sebuah kesinambungan.

Cara Membuat Grafik Line di Microsoft Excel

Dilihat dari frekuensi penggunaan, grafik garis cenderung lebih populer digunakan selain grafik batang. Hal ini dikarenakan grafik garis juga bisa diterapkan dalam beragam kasus yang berbeda. Beberapa contoh penggunaan grafik garis diantaranya adalah untuk menunjukkan jumlah wisatawan yang datang setiap hari, menampilkan detail traffic dari sebuah website setiap menit, menampilkan data kelahiran bayi setiap bulan dan lainnya.

Berbagai Jenis Grafik Garis di Microsoft Excel

Perlu diketahui bahwa grafik garis memiliki beberapa opsi dengan tampilan yang cukup beragam. Adanya opsi grafik garis yang beragam tentu saja akan membantu Anda menemukan detail grafik garis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan menampilkan data. Hal ini cukup penting karena secara umum, detail grafik yang dipilih akan berpengaruh pada tingkat keterbacaan data yang ditampilkan.

Adapun beberapa jenis grafik garis yang ada di Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

  • Line standard
  • Stacked
  • 100% stacked
  • Line with markers
  • 100% stacked + markers
  • Stacked + markers
  • 3D line

Adanya beberapa jenis grafik garis tersebut tentu bisa menjadi pertimbangan, manakah grafik garis yang tepat untuk digunakan. Tentu saja, ada baiknya jika Anda mengamati detail dari masing-masing grafik garis tersebut agar bisa menentukan pilihan grafik garis yang sesuai.

Cara Membuat Grafik Garis di Microsoft Excel

Secara umum, cara membuat grafik garis di Excel mirip dengan bagaimana cara untuk membuat grafik kolom. Hanya saja, Anda memang harus memahami detail langkahnya agar bisa membuat grafik garis dengan tepat.

Nah, untuk membuat grafik garis, akan dibahas salah satu contoh bagaimana membuat grafik tersebut untuk menyajikan informasi dari suatu data. Dalam hal ini, data yang akan digunakan adalah berkaitan dengan kelahiran bayi di sebuah rumah sakit berdasarkan jenis kelamin dalam waktu 1 tahun.

Adapun data yang akan digunakan adalah sebagai berikut:

 

Cara Membuat Grafik Line di Excel

Cara Membuat Grafik Line di Microsoft Excel

Dari data di atas, Anda bisa membuat grafik garis untuk melihat perbandingan dari jumlah kelahiran dengan lebih jelas. Untuk membuat grafik garis dari data di atas, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:

  1. Blok keseluruhan range dari data yang hendak disajikan.
  2. Setelah itu, klik tombol perintah insert line and area chart yang terdapat dalam ribbon insert di bagian atas jendela Excel.
  3. Jika sudah, Anda akan mendapatkan pilihan terkait beberapa jenis grafik line yang tersedia. Secara umum, terdapat grafik 2D line dan juga 3D line yang bisa dipilih sesuai keinginan.
  4. Nah, jika sudah, edit pada bagian chart title. Berilah judul yang jelas sesuai dengan detail data yang akan disampaikan.
  5. Memilih data yang hendak ditampilkan dengan menggunakan fitur select data yang tersedia. Untuk menggunakan fitur ini, klik kanan pada grafik lalu pilih select data. Ada beberapa jenis select data yang tersedia untuk digunakan, yaitu:
  6. Switch row atau column yaitu opsi yang digunakan untuk menukar posisi data dari kolom dan baris yang terdapat pada tabel di sebuah grafik yang akan dibuat.
  7. Centang data, yaitu opsi yang dugunakan untuk memilih data tertentu yang nantinya akan ditampilkan pada detail grafik yang dibuat.
  8. Mengatur tata letak grafik untuk meningkatkan keterbacaan dan membuat grafik terlihat lebih rapi. Dalam hal ini, Anda bisa mengubah ukuran dari grafik agar lebih besar atau lebih kecil.
  9. Melakukan designing dan formatting data untuk meningkatkan efek visual. Anda bisa mengubah warna, tema, menambahkan elemen atau hal penunjang lainnya melalui opsi design
  10. Grafik garis di Microsoft Excel sudah selesai dibuat

Nah, demikian beberapa ulasan tentang Cara Membuat Grafik Line di Microsoft Excel. Anda bisa mencari sebuah kasus dan mencoba menampilkannya dengan grafik garis.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring