Cara Membuat Tabel Di Excel Dengan Table Tools Dan Contohnya

Cara Membuat Tabel Di Excel – Tabel pada Excel sepertinya sudah bukan hal yang asing lagi. Bagaimana tidak, Microsoft Excel sendiri merupakan program pengolah angka yang tidak bisa lepas dari yang namanya tabel. Lantas, bagaimana di cara membuat tabel di Excel dengan Table Tools dan contohnya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Tabel Di Excel

Pengertian Tabel pada Excel

Tabel pada Excel merupakan sebuah susunan data yang disajikan dalam sebuah kotak dan secara umum berisi baris dalam kolom dengan tujuan untuk memudahkan visualisasi. Sedangkan Table Tools adalah sebuah fitur yang digunakan untuk membuat tabel pada Microsoft Excel yang berada pada ribbon Design.

Table Tools ini tentunya hanya akan muncul ketika Anda menggunakan menu ribbon Insert untuk membuat tabel. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam melakukan konstomisasi ataupun pivot menjadi lebih mudah.

Cara Membuat Tabel di Excel

Lalu, bagaimana cara membuat tabel di Excel dengan Table Tools dan contohnya? Untuk Anda yang ingin tahu, langsung saja simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Contoh:

Terdapat sebuah tabel penjualan barang dengan range sebagai berikut:

Tabel Penjualan Barang Mingguan

Nama

Satuan

terjual

Total

Penggaris

2000

123

 

Buku

3500

534

 

Pulpen

1500

789

 

Pensil

1000

300

 

Folio

8000

56

 

penghapus

1000

76

 

Jangkar

16000

20

 

 

Dari range tersebut, dapat ditulis $A$2:$D$9 yang sudah bisa dilihat di atas. Nah, baris keduanya akan digunakan sebagai header tabel. Adapun tabel yang akan dibuat terdiri atas tujuh jenis barang yakni penggaris (A3), buku (A4), pulpen (A5), pensil (A6), Folio (A7), penghapus (A8), dan jangkar (A9).

Langkah-Langkah Cara Membuat Tabel Dengan Table Tools

Selain itu, tabel tersebut juga terdiri atas empat kolom yaitu kolom nama, satuan, terjual serta total. Nah, untuk membuat tabelnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Tabel dengan Table Tools

  1. Silahkan blok range tabel dari A2:D9
  2. Setelah itu, klik tabel dengan cara memilih menu insert.
  3. Akan muncul jendela create table dan silahkan berikan tanda centang pada My tables has header karena range yang Anda sorot memuat header di dalamnya, kemudian dilanjutkan klik OK.
  4. Setelah itu, silahkan menuju ke ribbon design, lalu pilih Table Tools. Ketikkan nama pada kolom Table name sesuai dengan judul tabel. Kemudian klik enter.
  5. Selesai, tabel berhasil dibuat.

Cara Membuat Tabel Excel dengan Rumus

Setelah mengetahui cara membuat tabel di Excel dengan Table Tools dan contohnya, Anda juga perlu tahu bagaimana membuat tabel menggunakan rumus. Bagaimana caranya? Mudah saja, Anda hanya perlu melakukan referensi dengan cara mengganti alamat sel data dengan nama header. Cara ini akan membantu mempercepat pekerjaan Anda.

Adapun sistematika untuk menuliskan nama headernya adalah sebagai berikut:

=[@header_name]

Untuk merefrensikan nama headernya maka digunakan kurung siku. Adapun karakter @ di sini dituliskan sebelum nama header ditulis. Jika melihat data yang ada di atas, pada kolom total masih kosong.

Maka, untuk mempercepat pekerjaan Anda, maka Anda bisa menggunakan referensi header pada sel ini. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti.

  1. Langsung saja klik dari salah satu sel yang kosong pada kolom Total.
  2. Tuliskan nama formula dengan cara menulsikan nama header. Contoh: =[@satuan]*[@terjual]
  3. Kemudian klik enter

Bagaimana? Bukankah sangat mudah untuk diikuti? Dengan mempelajari cara membuat tabel di Excel dengan Table Tools dan contohnya di atas, semoga pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring