Cara Membuat dan Fungsi Workbook pada Microsoft Excel

Cara Membuat dan Fungsi Workbook – Bagi para pengguna Excel, mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah Workbook, atau buku kerja yang digunakan untuk manajemen data dan bisa digunakan untuk menyimpan lebih dari satu Worksheet. Sedangkan istilah Worksheet ialah lembar kerja tempat data-data tersimpan.

Cara Membuat dan Fungsi Workbook pada Microsoft Excel

Workbook sendiri memiliki komponen atau bagian-bagian yang masing-masing memiliki fungsi sendiri. Komponen ini dapat Anda gunakan untuk memudahkan manajemen data secara tepat dan cepat.

Bagian-Bagian pada Workbook dan Fungsinya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika Workbook memiliki bagian-bagian dengan fungsi tersendiri. Berikut ini rincian lengkapnya.

Bagian-Bagian Workbook
Bagian-Bagian Workbook
  1. Title Bar – Bagian yang menampilkan nama workbook yang sedang dibuka/aktif. Secara default, nama workbook pada Ms. Excel adalah “Book1”.
  2. Quick Access Toolbar – Bagian untuk menampilkan perintah yang kerap digunakan pada Excel. Anda dapat menambah atau mengurangi perintah yang muncul pada Quick Access Toolbar.
  3. Kontrol Jendela – bagian yang berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Excel, yakni minimize, maximize, serta perintah menutup jendela Ms. Excel.
  4. Menu Bar – Yakni kumpulan perintah pada Excel, dan terdiri dari beberapa ribbon. Ribbon ialah grup atau tempat perintah-perintah yang sebagian besarnya dilengkapi command button atau ikon perintah. Setiap command button pada bagian ini juga memiliki fungsi tertentu.
  5. Name Box – bagian yang berfungsi menampilkan nama sel atau index yang sedang aktif.
  6. Formula Bar – bagian yang berfungsi memberikan formula pada sel yang sedang dijalankan/aktif. Melalui bagian ini, Anda juga bisa mendefinisikan nilai numerik ataupun teks.
  7. Column – bagian yang berfungsi menampilkan nama kolom, dan didefinisikasn menggunakan huruf A-XFD. Untuk menuju kolom terakhir pada Microsoft Excel 2016, Anda dapat menekan tombol CTRL + → .
  8. Row – bagian yang berfungsi menampilkan index bari pada Excel, dan didefinisikan menggunakan angka 1-1048576. Untuk menuju baris terakhir pada Microsoft Excel 2016, Anda dapat menekan tombol CTRL + ↓.
  9. Sel Aktif – yaitu sel yang sedang diarahkan pada pointer, serta index selnya akan tampil pada Name Box.
  10. Tab Worksheet – bagian yang berfungsi menambah atau mengurangi worksheet. Juga digunakan untuk memilih worksheet yang hendak digunakan.
  11. Lembar Kerja Excel – yaitu seluruh sel yang muncul/tampil pada Workbook.
  12. Horizontal Scroll Bar – bagian yang berfungsi menggeser lembar kerja, baik ke kanan maupun ke kiri.
  13. Vertical Scroll Bar – bagian yang berfungsi menggeser lembar kerja, baik ke atas maupun ke bawah.
  14. Page View – bagian yang berfungsi mengubah tampilan lembar kerja Excel, serta digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja Excel.
  15. Status Bar – bagian yang berfungsi menampilkan keterangan pada proses yang sedang terjadi, dan rekomendasi perintah yang bisa digunakan user.

Cara Membuat Workbook Baru di Ms. Excel

Cara membuat workbook baru pada Microsoft Excel sangatlah mudah. Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik File  pada bagian Menu Bar.
  2. Kemudian klik New, hingga muncul jendela dialog New Workbook.
  3. Selanjutnya pilih Blank Workbook dan Workbook baru sudah berhasil dibuat.

Cara Membuat Workbook Baru di Ms. Excel

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa memakai shortcut keyboard untuk membuat workbook baru pada Excel, yakni dengan tekan CTRL + N.

Setelah workbook baru berhasil dibuat, Anda bisa menulis/menyusun data yang dibutuhkan, kemudian simpan dengan cara klik Save dan klik Browse, lalu pilih tempat penyimpanan dan ubah nama file sesuai keinginan. Pastikan Anda memilihformat penyimpanan ( .xlsx) agar file mudah dibuka kembali.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring