Cara Menggabungkan Teks Dengan Tanggal Excel

Cara Menggabungkan Teks Dengan Tanggal Excel – Menggabungkan data di Excel terkadang menjadi hal yang penting untuk dilakukan, terutama ketika Anda ingin menyajikan aneka informasi yang berbeda. Meskipun menggabungkan data di Excel cenderung mudah, namun masalah seringkali muncul terutama saat data yang akan digabungkan tersebut memiliki format yang berbeda, yaitu format teks dengan tanggal.

Cara Menggabungkan Teks Dengan Tanggal Excel

Kondisi ini sering terjadi terutama ketika seseorang ingin menampilkan dan menggabungkan tempat serta tanggal lahir menggunakan Microsoft Excel dari dua kolom data yang berbeda. Dalam hal ini, apa yang sering terjadi adalah ternyata saat menggabungkan teks dan tanggal lahir tersebut, format tanggal lahir berubah menjadi bilangan angka. Tentu, format tersebut tidak sama dengan apa yang ditampilkan pada sel dalam Excel.

Sebagaimana diketahui, Excel secara default akan menyimpan format tanggal dan waktu dengan nomor seri yang berurutan. Permisalan penyimpanan format tanggal tersebut bisa dilihat dari gambar ilustrasi di bawah ini.

Dari gambar di atas, angka 1 tersebut menunjukkan jumlah hari yang dihitung dari tanggal 1 Januari 1900. Sedangkan angka yang berada di belakang koma akan menunjukkan waktu.

Lantas, bagaimana solusi yang bisa dilakukan untuk menggabungkan teks dengan tanggal serta waktu menggunakan Microsoft Excel?

Nah, secara singkat, cara yang bisa dilakukan guna menggabungkan baik teks dengan tanggal dan waktu yang terformat adalah dengan melakukan konversi angka, tanggal serta waktu yang dimaksud ke dalam detail format teks yang diinginkan. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi TEXT yang terdapat pada Microsoft Excel.

Menggabungkan Tempat dan Tanggal Lahir dengan Operator Ampersand (&)

Salah satu contoh yang bisa memberikan ilustrasi penggabungan tempat serta tanggal lahir adalah menggunakan ampersand. Contoh terkait detail di atas bisa dilihat dari ilustrasi gambar di bawah ini:

 

Pada contoh di atas, rumus yang bisa digunakan untuk menggabungkan teks dengan angka adalah sebagai berikut: =A2&”, “&B2.

Dari data yang dimasukkan pada tabel di atas, maka diperoleh hasil Jakarta, 29339.

Dalam hal ini, angka 29339 adalah seri tanggal yang secara detail menunjukkan tanggal 28 April 1980. Seri angka 29339 tersebut nantinya perlu dikonversi menjadi sebuah teks terformat menggunakan fungsi TEXT. Dengan demikian nantinya seri angka tersebut akan menunjukkan format yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Nah, untuk mengubah format seri angka tersebut, maka digunakan rumus TEXT Excel. Disesuaikan dengan ilustrasi gambar di atas, maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: =A2&”, “&TEXT(B2;”dd mmmm yyyy”).

Kode format “dd mmmm yyyy” yang digunakan di atas nantinya akan mengubah nomor seri 29339 menjadi format yang telah disesuaikan. Dengan menggunakan rumus di atas, maka hasil penerapannya bisa dilihat pada kolom yang ditunjukkan garis panah biru dalam ilustrasi gambar di atas.

Menggabungkan Teks Dengan Format Angka

Poin lain yang penting terkait menggabungkan teks dengan angka pada Excel adalah dengan menggunakan pemisah ribuan. Format ini nantinya bisa digunakan untuk menyajikan beragam jenis data, terutama yang berkaitan dengan penjualan atau data lainnya.

Ilustrasi dari poin ini bisa dilihat dari gambar di bawah ini.

Nah, dari gambar ilustrasi di atas, Anda bisa mengubah angka 130000 guna menunjukkan pemisah ribuan serta dua angka desimal yang ada di belakang koma. Format yang umum digunakan adalah “#.##0,00”.

Dari contoh pada gambar, rumus yang bisa digunakan adalah =”Jumlah yang harus dibayar Rp. “&TEXT(E6;”#.##0,00”). Dengan rumus di atas, hasil yang didapatkan bisa dilihat di tabel gambar yang paling bawah.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring