Contoh Kop Surat

Contoh Kop Surat – Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu jenis surat, yakni surat resmi. Surat resmi (official letter) merupakan suatu alat komunikasi yang digunakan oleh suatu pihak yang berkepentingan baik itu adalah instansi bisnis, instansi pendidikan atau bahkan perorangan. Dalam penulisan surat resmi terdapat beberapa kaidah kepenulisan yang harus Anda perhatikan, seperti tata bahasa, kop surat, sifat dari surat tersebut dan beberapa hal lain. Agar Anda memahami dengan benar mengenai surat resmi, berikut akan dibahas mengenai 15 contoh kop surat resmi paling lengkap.

Fungsi Kop Surat

Seperti halnya pembahasan sebelumnya, Anda dapat mengetahui bahwa surat resmi memiliki tata bahasa yang kaku, aturan penulisan yang terstruktur dan tentunya memerlukan adanya identitias rinci si pembuat surat. Kop surat merupakan hal yang dapat dijadikan penanda bahwa jenis surat tersebut resmi atau tidak. Di dalam kop surat tersebut, termuat identitas instansi, logo instansi, serta alamat yang bisa dihubungi.

Fungsi dari surat resmi tersebut adalah sebagai media komunikasi yang memiliki sifat urgensi tinggi dengan melibatkan suatu nama lembaga instansi tertentu dimana penulisannya sendiri memerlukan adanya ejaan tata bahasa yang sesuai. Jenis surat resmi terdapat beberapa macam, diantaranya seperti surat permohonan, surat penawaran, surat keputusan, surat perintah, dan beberapa jenis surat resmi yang sifatnya perorangan yakni undangan.

Poin Penting Dalam Membuat Kop Surat

Hal yang membedakan antara surat resmi dengan tidak terletak pada bagian kop surat. Sebagai bahan referensi Anda, berikut akan dibahas mengenai 15 contoh kop surat perusahaan yang profesional. Sebelum Anda mengenal lebih jauh mengenai contoh kop surat perusahaan, Anda diharuskan untuk mengetahui poin-poin penting terkait surat resmi tersebut. Untuk itu, Anda diharuskan untuk menyimak penjelasannya berikut ini.

Perhatikan Identitas Perusahaan

Salah satu hal yang membedakan antara surat resmi dengan surat biasa adalah adanya kop surat. Perusahaan atau suatu instansi tentu akan menyertakan kop surat dalam pembuatan suratnya. Tidak hanya itu saja, didalamnya juga terdapat identitas perusahaan yang harus dicantumkan. Adapun identitas yang dimaksud yakni berupa nama perusahaan, logo perusahaan, serta alamat perusahaan tersebut. Tak terkecuali Anda juga diharuskan untuk menyantumkan nomor email, telepon dan fax dalam surat tersebut.

Gunakan Tata Bahasa yang Resmi

Sebagai sebuah instansi resmi, tentu ketika membuat surat resmi Anda juga harus mempertimbangkan penulisan surat. Gunakanlah tata bahasa yang baik dan sesuai EYD. Dengan demikian, surat yang Anda tulis tentu akan lebih enak untuk dibaca dan disampaikan ke pihak-pihak yang berkepentingan.

Tambahkan Kop Surat

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, Anda tentu sudah mengetahui bahwa hal terpenting yang membedakan antara surat resmi dengan non resmi salah satunya terletak pada kop surat. Adanya kop surat sebenarnya menandakan bahwa sifat dari surat tersebut adalah resmi dan berasal dari suatu instansi tertentu.

Contoh Kop Surat

Memiliki sifat resmi, tentu dalam penulisannya memerlukan adanya struktur penulisan yang sesuai. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah penulisan kop surat. Kop surat yang baik harus mengandung beberapa unsur, seperti nama instansi, logo instansi, serta alamat instansi yang berkaitan berupa telepon, fax, email dan website. Untuk menelaah perbedaan kop surat resmi antar instansi, berikut akan kami sajikan beberapa contoh untuk Anda.

Contoh Kop Surat Perusahaan

Anda tentu sudah tidak asing dengan beberapa perusahaan retail seperti alfamart, alfamidi, indomaret, giant dan lain sebagainya. Perusahaan tersebut ketika membuat sebuah surat resmi memiliki jenis dan tipe kop surat yang tidak jauh berbeda dengan perusahaan lainnya. Berikut adalah contoh kop surat perusahaan retail yang dapat Anda jadikan referensi.

PT. TIRTA KENCANA STORE
Jalan Gejayan Km. 06 Nomor 25, Yogyakarta 55324
Telp. 0328 5467 234; Fax. 0329 5678 347
Website: www.tirtakencana.com; email: info@tirtakencana.com

Contoh Kop Surat Universitas

Tidak jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya, berikut adalah contoh kop surat Universitas yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda.

YAYASAN PEMBINA 

UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Jalan Mangunpura Km. 25 Nomor 04, Surabaya, Jawa Timur
Telp. 0256 56787; Fax. 0258 576823
Website: www.airlangga.ac.id; email: info@airlangga.ac.id

Contoh Kop Surat Sekolah

Berikut adalah contoh surat resmi untuk lembaga pendidikan.

PEMERINTAH KOTA UJUNG PANDANG
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 25 KEBONAPEL
Jl. Kedongdong No. 27 Kota Ujung Pandang, Telp. (022) 878 6597
www.sdnegeri25.wordpress.com

Contoh Kop Surat Desa

Bagi sebuah perusahaan, salah satu media komunikasi yang efektif disamping menggunakan website resmi adalah surat. Sebagai tambahan informasi bagi Anda, berikut adalah contoh kop surat resmi sebuah perusahaan.

PEMERINTAH KABUPATEN KUDUS

KELURAHAN SUNGGINGAN
Jalan Kyai Telingsing No. 28, Sunggingan, Jawa Tengah
Telp. (022) 6783 3453, Fax. (023) 4587 2344<
Website: kelsunggingan.desa.id, email: info@sunggingan.desa.id

Contoh Kop Surat Organisasi

Tidak jauh berbeda dengan jenis kop surat perusahaan, untuk kop surat organisasi Anda diharuskan untuk menambah logo organisasi disebelah kanan. Berikut adalah contoh kop surat resmi organisasi tersebut.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMP NEGERI 25 KOTAGEDHE
Jalan Batu Gamping Nomor 25, Kotagedhe, Surabaya
Telp. (022) 2452 34563, Fax. (023) 2456 2342
Website: osis.smpn25kotagedhe.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menambahkan logo kemendikbud di sebelah kanan. Sedangkan logo dari instansi pendidikan terkait dapat Anda sertakan di sebelah kiri.

Contoh Kop Surat RT

Untuk tambahan informasi, berikut akan disajikan contoh surat resmi permohonan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Simak penjelasannya berikut ini.

PEMERINTAH DESA SUNGGINGAN
KETUA RT. 03 RW. 01
Desa Sunggingan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus
Telp. (025) 3452 2345, website: www.sunggingan.desa.id

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai contoh kop surat yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga pembahasan tersebut dapat menambah informasi dan wawasan Anda mengenai bentuk kop surat resmi masing-masing instansi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *