15+ Contoh Surat Berita Acara [ Kegiatan, Kejadian, Kehilangan, Kerusakan, Rapat dan Serah Terima ] Terlengkap

Contoh Surat Berita Acara – Apakah Anda pernah membuat surat berita acara? Mungkin sangat jarang dan bahkan tidak pernah membuatnya. Berita acara disusun setelah seseorang melakukan atau mengerjakan suatu aktivitas/ kegiatan tertentu.
Sebelum menyusun berita acara sebaiknya Anda perlu tahu dulu pengertiannya. Berita acara adalah sebuah dokumen legalitas sebagai bukti kegiatan tertentu atau transaksi. Surat berita acara berisi pernyataan persetujuan dan peresmian mengenai suatu kegiatan, peristiwa, rapat, serah terima barang sampai kerusuhan. Surat berita acara diperlukan bagi mereka yang sedang menerima tugas dinas atau sebagai bukti telah menjalankan tugas.
Meski, tidak setiap hari digunakan, setidaknya Anda perlu tahu tentang surat berita acara. Mungkin suatu saat nanti Anda dipercaya untuk membuat berita acara. Berita acara ini benar-benar penting bagi kita terutama ketika hendak menjalin kerjasama dengan orang lain baik perorangan maupun kelompok. Berita acara kerap disebut sebagai dokumen yang menerangkan sebuah kronologi peristiwa maupun latar belakang kejadian yang terjadi. Dalam sebuah berita acara akan memuat keterangan yang rinci tentang identitas diri, kapan waktu kejadian, dan isi kronologi atau penjelasan tentang sebuah peristiwa/kerjasama.
Berita acara juga termasuk dokumen penyerahan barang cukup krusial. Surat berita acara ini perlu dibuat dan diberi tanda tangan agar sah dan tidak lepas dari tanggungjawab. Setidaknya ada dua pihak yang saling menyetujui, yakni pihak pertama yang menyerahkan barang dan pihak kedua yang menerima barang.

Poin-Poin Penting Surat Berita Acara

Sehingga ketika suatu waktu terdapat permasalahan maupun perselisihan berita acara ini bisa menjadi bukti penyerahan barang-barang. Sebelum Anda membuat surat berita acara, inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  1. Pihak-pihak yang bersangkutan. Biasanya terdiri atas nama, tempat tinggal, tempat tanggal lahir, alamat rumah, pekerjaan maupaun tanda identitas yang sah. Misalnya, nomor identitas (KTP / NPWP / SIM DSB )
  2. Urutan waktu atau kronologi dan latar belakang jam, hari tanggal, bulan serta tahun
  3. Tempat peristiwa yang perlu dicatat meliputi alamat atau barang yang diserahkan
  4. Perlu tanda tangan dari pihak yang terlibat dalam acara. Hal ini menandakan keabsahan surat berita acara tersebut
  5. Jika diperlukan terdapat saksi demi menjagai keabsahan berita acara itu
  6. Berita acara serah terima barang, jabatan, dan pekerjaan mesti lebih rinci terkait jenis-jenis barang yang hendak diserah terimakan.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan untuk Menulis Surat Berita Acara

Sebelum Anda membuat surat berita acara, ada baiknya Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana kiat-kiat menulis surat berita acara. Meskipun susunannya tidak jauh berbeda dengan surat resmi lainnya, namun alangkah lebih baiknya Anda menyimak penjelasan berikut ini.

Tulis Pihak-Pihak yang Berkepentingan

Seperti penjelasan sebelumnya, surat berita acara merupakan surat yang berisi rincian kegiatan atau peristiwa tertentu. Untuk itu sangat dianjurkan untuk menyantumkan pihak-pihak yang terlibat dalam suatu kegiatan tersebut. Jabarkan pihak-pihak yang berkepentingan sebagai tanda bahwa jika suatu waktu dilaksanakan audit, maka surat tersebut memiliki legalitas hukum yang sah.

 Cantumkan Secara Rinci Detail Berita

Selain memiliki sifat sebagai suatu surat yang berisi rincian kegiatan atau peristiwa, surat tersebut juga berfungsi sebagai surat serah terima barang. Dalam hal ini, Anda diharuskan untuk menulis secara rinci detail berita acara serah terima barang baik itu kuantitas barang, harga maupun pihak yang terlibat di dalamnya. Jangan lupa untuk menuliskan detail lokasi dan waktu pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pastikan Surat Berita Acara Bersifat Legal

Bersifat sebagai surat resmi, surat berita acara harus bersifat legal. Untuk itu, Anda sangat dianjurkan untuk meminta tanda tangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam acara tersebut sebagai bentuk pertanggung jawaban dikemudian hari. Disamping itu, tanda tangan tersebut juga berguna sebagai legalitas surat berita acara yang memiliki sifat hukum mengikat. Jadi apabila dikemudian hari ditemukan hal-hal yang tidak sesuai, Anda dapat mempergunakan surat tersebut sebagai bukti otentik.

Kalau Anda bingung dengan formatnya, perhatikanlah contoh surat berita acara serah terima yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Contoh Surat Berita Acara Kehilangan

PT. BHUMI PUTERA MANDIRI
Jl. Krakatau No. 43 Jakarta
Telp. (021) 4567 2342, Fax. (023) 4235 2421

 

SURAT BERITA ACARA KEHILANGAN

Surat berita acara kehilangan ini dibuat pada hari Kamis, 23 Juli 2012, bertempat di Jakarta oleh saya:

Nama              : Ekawati Putri

Jabatan           : Data Analyst

Departemen   : Keuangan

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa telah kehilangan inventari perusahaan dengan rincian sebagai berikut:

Jenis Barang    : Laptop Toshiba

Jumlah            : 2 unit

Telah hilang pada hari Rabu, 22 Juli 2012 bertempat di ruang departemen keuangan kurang lebih pukul 09.00 WIB.

Demikian surat berita acara kehilangan ini dibuat dengan sesungguhnya.

 

Jakarta, 23 Juli 2012

Yang menyatakan kehilangan,

 

Ekawati Putri

Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Barang

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

Kami yang bertanda tangan di bawah ini, Pada Hari ini Selasa tanggal 15  Bulan Mei Tahun 2018

Nama : Dionisius Wijaya
Jabatan : Sekretaris Panitia Asian Youth Day
Alamat : Jalan Panembahan Senopati, No 6, Yogyakarta
Selanjutnya sebagai PIHAK PERTAMA

Nama : Rere Winastiti
Jabatan: Sekretaris K3AS
Alamat : Wisma Salam, Pos Salam, Magelang
Selanjutnya sebagai PIHAK KEDUA

PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa:

No             Nama Barang                  Jumlah
1.             Laptop Lenovo                 5 unit

Demikianlah berita acara serah terima barang ini diadakan oleh masing-masing pihak, adapun laptop tersebut dalam kondisi baik dan sudah dicek oleh PIHAK KEDUA. Dengan demikian, barang-barang itu sudah menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, memelihara, merawat dengan baik dan dipakai sesuai kebutuhan.

Yang Menyerahkan,                               Yang Menerima,
PIHAK PERTAMA                                     PIHAK KEDUA

 

(Dionisius Wijaya)                               (Rere Winastiti)

Contoh Berita Acara Kegiatan Pelatihan

Contoh Berita Acara Kegiatan Pelatihan

 Contoh Berita Acara Kehilangan

Contoh Berita Acara Kehilangan

Contoh Berita Acara Kerusakan Barang

Contoh Berita Acara Kerusakan Barang

Contoh Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan

Contoh Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan

Contoh Berita Acara Rapat

Contoh Berita Acara Rapat

 Contoh Surat Berita Acara Kegiatan

Contoh Surat Berita Acara Kegiatan

 Contoh Surat Berita Acara Kejadian

Contoh Surat Berita Acara Kejadian

Contoh Surat Tanda Terima

Surat tanda terima adalah salah satu jenis surat yang banyak ditemukan dalam berbagai jenis usaha. Surat ini tidak termasuk surat resmi, namun penting bagi usaha baik bagi penjual maupun pembeli. Karenanya, keberadaan surat ini penting dan bagi yang tidak memilikinya, dibutuhkan untuk membuatnya segera. Di sinilah dibutuhkan contoh surat tanda terima uang, barang dan dokumen sebagai referensi. Namun sebelumnya, seberapa urgenkah keberadaan surat ini?

Sebuah surat tanda terima bagi sebuah usaha besar, penting keberadaannya. Namun, untuk sebuah usaha kecil tidak terlalu dibutuhkan, selama proses pembukuan dilakukan dengan baik. Bila demikian, apakah tujuan memiliki surat tanda terima tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, akan disampaikan pada bagian berikutnya.

Tujuan Memiliki Surat Tanda Terima Uang, Barang dan Dokumen

Dalam setiap pembuatan surat, tentu memiliki makna dan tujuan tersendiri. Adapun tujuan membuat surat ini, dapat ditemukan dalam bagian berikut ini,

  1. Surat Kepemilikan yang Sah

Pertama, surat ini akan sangat membantu jika terdapat kendala dalam pembelian. Salah satunya, jika barang yang dimiliki bukanlah milik pembeli. Anda dapat memberikan surat tanda terima sebagai bukti bahwa barang tersebut adalah barang yang dimiliki. Jika tidak memilikinya, maka akan sangat sulit untuk membuktikan bahwa barang yang baru dibeli adalah barang yang dimiliki.

  1. Klaim Garansi

Berikutnya, surat tanda terima dibutuhkan sebagai garansi. Dalam beberapa jenis usaha, surat tanda terima dibutuhkan untuk menklaim garansi yang dimiliki produk. Keberadaannya akan sangat membantu, karena tanpa surat tidak dapat melakukannya klaim garansi. Jika memiliki surat tanda terima, klaim garansi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

  1. Tanda Terima Uang dan Barang

Dalam proses jual beli, terdapat pertukaran antara uang dan jasa didalamnya. Di sinilah manfaat surat tanda terima dibutuhkan. Di mana, surat dapat menjadi bukti yang sah bahwa pembayaran telah dilakukan. Surat ini pula yang dapat dijadikan pegangan, hingga surat-surat resmi terkait pembelian dapat diberikan oleh pihak penjual.

  1. Bukti Pelunasan Pembayaran

Saat memiliki kredit untuk benda-benda tertentu, di saat pelunasan pembayaran anda akan mendapatkan surat tanda terima. Surat ini dibutuhkan untuk menjelaskan bahwa pembayaran barang telah selesai dan tidak ada lagi cicilan yang harus dibayarkan. Transaksi yang dilakukan pun akan lebih nyaman, serta tidak ada pihak-pihak yang dirugikan karenanya.

Itulah beberapa tujuan atau fungsi dari surat tanda terima. Berencana untuk membuatnya? Anda membutuhkan contoh surat tanda terima uang, barang dan dokumen sebagai referensi, inilah contoh lengkapnya.

Contoh Surat Tanda Terima Uang, Barang dan Dokumen

PT HALALAI APPAREL

Jl. Soekarno-Hatta No 1112, Jakarta

Website: www.halalai-apparel.co.id

Email   : info@halalai-apparel.co.id

 

SURAT TANDA TERIMA

Bersamaan dengan pembelian beberapa perlengkapan kantor yang kami lakukan, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini, menyatakan telah menerima dokumen yang diantarakan oleh PT Sendiri Saja.

Dokumen yang dimaksud merupakan persetujuan kerjasama jual-beli perlengkapan kantor berbentuk, meja kursi sejumlah 100 buah yang beratasnamakan Ferdinand Alex. Barang telah diantarkan ke kantor dengan lengkap, yang dibeli atas

Nama                          : Syarizal Oni

NIK                              : 10000001

Pekerjaan                    : Komisaris Utama

Alamat                        : Jl. Swastanisasi 8 No. 145 Jakarta Timur

Sehubungan dengan pembayaran atas perlengkapan kantor yang telah disampaikan, maka dengan ini dilampirkan kwitansi pembayaran senilai Rp 52.500.000 ( Lima pulu dua juta dua ratus ribu rupiah).

Adapun saya lampirkan pula tanda pembelian awal yang sudah diberikan sebagai uang muka. Sehingga tidak akan terjadi kekeliruan di masa mendatang.

Demikian tanda terima ini dibuat sejelas-jelasnya, agar dapat dipergunakan dengan sebaik-sebaiknya. Semoga kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik dan bekerlanjutan. Terimakasih.

Jakarta, 27 Juli 2009

 

 

Yang Menerima

 

 

Nola Abi

 

Demikian Beberapa Contoh Berita Acara yang Bisa Kami bagikan. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *