Contoh Surat Izin

Contoh Surat Izin adalah Sebuah Surat yang dibuat dengan tujuan untuk meminta izin kepada penerima bahwa sang pengirim memiliki hajat / acara tertentu sehingga tidak bisa hadir atau melaksanakan kegiatan seperti biasanya. Selain itu, Surat Izin juga memiliki kedudukan sebagai Surat Pemberitahuan juga kepada si penerima.

Contoh Surat Izin

Daftar Isi

Unsur-Unsur Surat Izin

Surat Izin memiliki banyak sekali macam-macamnya, mulai dari surat izin , surat izin tidak masuk sekolah, kerja ataupun kuliah serta surat izin tidak masuk kegiatan tertentu. Untuk itu, untuk membedakan beberapa macam tersebut, maka yang harus anda ketahui sebelum menyusun surat izin adalah beberapa unsur-unsurnya. Berikut adalah unsur-unsur yang diperhatikan dalam pembuatan surat izin, antara lain :
1. Tujuan Penerima Surat 
Penerima Surat adalah seseorang yang ditujukan dalam pembuatan surat. Penerima Surat biasanya ditujukan kepada penanggung jawab di tempat instansi. Misalnya Pimpinan Perusahaan, Kepala Sekolah, Wali Kelas, Dosen, Ataupun Mandor Kerja . Dalam aturan baku, penulisan kata “Kepada” maka tidak diperlukan lagi menggunakan kata “Yth” begitu pula sebaliknya, jika sudah menggunakan kata “Yth”, maka tidak perlu menggunakan kata “Kepada”.
2. Pengirim Surat 
Pengirim Surat merupakan informasi siapa yang membuatkan surat izin. Karena surat izin biasanya dibuat oleh orang yang dimintakan izin. Jadi contohnya jika Anda yang sakit, maka bisa dibuatkan oleh orang tua, saudara ataupun keluarga yang lain. Akan tetapi, sering timbul pertanyaan apakah surat izin boleh dibuat untuk diri sendiri? Jawabannya tentu saja boleh untuk keadaan darurat dan digunakan untuk hal yang semestinya. Untuk surat izin sakit, sangat dianjurkan untuk menggunakan surat keterangan sakit dari dokter biar lebih kredibel.
 
3. Alasan Izin 
Dalam pembuatan surat izin hal yang paling pokok adalah alasan izin itu sendiri. Inilah yang menentukan apakah alasan kalian tidak melakukan kewajiban itu logis ataukah tidak. Apalagi kalian izin tidak masuk kerja atau sekolah tentu pihak atasan meminta alasan yang logis dan dapat dimaklumi.

Format Penulisan Surat Izin

Setelah kita mengetahui, Unsur-unsur Surat Izin maka hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah Format Surat Izin. Format Surat Izin adalah susunan yang harus ada dalam membuat surat izin. Format Surat Izin ini berisi bagaimana cara membuat surat izin dari atas sampai bawah. Berikut adalah Susunan Format Surat Izin :
  1. Identitas Penerima yang Dituju Silahkan tulis penerima surat, seperti Yth. Wali Kelas / Guru Kelas XI ataupun siapapun yang dimohon izinnya. Akan tetapi sangat dianjurkan untuk menulis pihak secara spesifik. Misalnya ditujukan untuk Pimpinan Manager, maka harus jelas Manager Divisi apa, agar surat yang dibuat memiliki kekuatan yang lebih.
  2. Pembuka Surat Sama seperti surat-surat lain, maka Surat Izin harus memiliki salam pembuka, ataupun kalimat pembuka Surat, Seperti Assalamu’alaikum ataupun Salam Sejahtera, atapun salam Hormat.
  3. Identitas dir Poin yang tak kalah penting adalah mencantumkan identitas diri yang dimintakan izin dengan jelas. Misalnya Nama Siswa, Kelas Berapa / Jurusan Apa / Divisi Kerja Apa ataupun Nomor Induk Mahasiswa, atau bisa juga Nomor Induk Karyawan.
  4. Isi Surat  Isi Surat adalah hal pokok yang harus diperhatikan. Karena disini kita akan menyebutkan alasan kenapa harus izin meninggalkan kewajiban kita. Tentu dengan alasan yang logis dan dapat dipertanggung jawabkan adalah hal yang harus kita utamakan. Sangat dianjurkan apabila kalian juga menyertakan bukti-bukti yang bisa dijadikan sebagai penguat, misalnya surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, maka silahkan lampirkan surat keterangan pemeriksaan dari dokter.
  5. Penutup Penutup biasanya terdiri dari Salam Penutup yang disertai ucapan terima kasih terlebih dahulu.
  6. Tanda Tangan dan Nama Terang Kemudian yang terakhir adalah penulisan Tanda Tangan dan Nama Terang si pembuat surat, Kalian bisa memintakan tanda tangan oleh orang Tua saudara ataupun siapapun yang menjadi penanggung jawab kalian apabila kalian masih dibawah tanggung jawab oleh orang tua.
Pada tahap akhir, seperti biasanya Tim ContohSuratin.Com akan memberikan beberapa Contoh Surat Izin untuk berbagai keperluan Anda. Berikut adalah Beberapa Contoh Surat Izin yang bisa kami bagikan :

Surat Izin Orang Tua

Sebagai salah satu persyaratan kegiatan tertentu, surat izin orang tua memang bukanlah hal yang sepele. Hal itu diperlukan untuk menunjukkan bahwa orangtua selaku wali kita mengetahui aktivitas apa yang akan kita lakukan, dan sebagai bukti bahwa kita telah meminta izin. Dengan adanya surat tersebut, wali dianggap telah mengerti segala kemungkinan resiko yang akan terjadi, sehingga tidak akan melakukan tindakan yang tidak diinginkan dikemudian hari. Contoh surat izin orangtua untuk berbagai keperluan akan dibahas lebih jelas dibawah ini.

Kegiatan Yang Membutuhkan Surat Izin Orangtua

Selain penempatan kerja, surat izin orangtua juga dibutuhkan untuk alasan-alasan dibawah ini. Berikut alasan-alasan yang bisa digunakan untuk membuat contoh surat izin orangtua untuk berbagai keperluan.

  • Menikah

Meskipun jarang dilakukan, surat izin orangtua juga terkadang diperlukan untuk keperluan menikahi seseorang. Biasanya, baik calon mempelai laki-laki maupun perempuan membutuhkan surat izin orangtua. Namun saat ini, keberadaan surat ini sudah cukup jarang mengingat perizinan menikah biasanya disimbolkan dengan surat nikah kedua orangtua bagi mempelai wanita.

  • Mengikuti seleksi TNI

Bagi anda yang pernah atau akan mengikuti seleksi Tentara Nasional Indonesia (TNI), surat izin dari orangtua/wali pastilah diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kelak mengingat proses seleksi TNI ini memakan waktu yang cukup lama dan juga berat.

  • Kegiatan ekstrakulikuler

Anak sekolah yang notabene nya masih menjadi tanggungan orangtua juga memerlukan surat izin dari orangtua untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh pihak sekolah namun diluar kegiatan belajar mengajar/ekstrakulikuler. Selain untuk memastikan bahwa siswa benar-benar telah memperoleh izin, surat izin ini juga bertujuan agar orangtua tak perlu khawatir karena kegiatan tersebut benar-benar diselenggrakan oleh pihak sekolah.

  • Belajar keluar negeri

Bagi anda yang ingin melanjutkan studi keluar negeri, memperoleh izin dari kedua orangtua menjadi hal yang penting. Khusus bagi yang belum menikah, surat izin orangtua juga bertujuan agar calon mahasiswa mendapat support penuh dari keluarga. Lebih jauh lagi, hal ini juga bertujuan agar tidak ada pihak yang dirugikan, baik calon mahasiswa itu sendiri maupun penyelenggara beasiswa (jika memperoleh beasiswa).

Format Surat Izin Orangtua

Meskipun sebenarnya format contoh surat izin orangtua untuk berbagai keperluan ini biasanya telah disediakan dari pihak terkait, namun tak ada salahnya anda mengetahui cara membuat nya secara manual. Nah, bagaimanakah format surat izin orangtua yang baik dan benar?

  • Pembuka
    Bagian ini berisi kalimat pembuka berupa salam dan sedikit keterangan
  • Identitas diri
    Identitas yang dimaksud adalah orangtua/wali dari pihak yang diberi izin. Lalu identitas yang kedua adalah pihak yang diberi izin itu sendiri. Isikan data yyang diminta dengan benar.
  • Isi
    Pada bagian ini, orangtua/wali menerangkan bahwa ia memberikan keterangan keputusan baik diizinkan ataupun penolakan terhadap kegiatan yang dimaksud.
  • Penutup
    Bagian ini berisikan ucapan terimakasih dan salam
  • Tanda tangan
    Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan untuk menandakan bahwa surat tersebut benar.

Contoh Surat Izin Orang Tua adalah sebuah surat yang ditanda-tangani oleh orang tua yang ditujukan untuk memberikan izin Anaknya untuk melakukan suatu keputusan atau kegiatan. Berikut adalah Beberapa Contoh Surat Izin Orang Tua.

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja

SURAT KETERANGAN IZIN ORANG TUA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                    : Siti Aminah
Umur                                    : 32 Tahun
Agama                                  : Islam
Alamat                                  : Kajeksan Rt. 03/Rw. 01 Kudus

Orangtua/Wali dari anak :

Nama                                    : Riza Aftoni
Jenis Kelamin                       : Laki-Laki
Tempat dan Tanggal Lahir    : Kudus, 5 Desember 1991
Kewarganegaraan                 : Indonesia
Agama                                  : Islam
Status Nikah                         : Lajang
Alamat                                  : Kajeksan Rt. 03/Rw. 01 Kudus

Dengan ini menyatakan tidak merasa keberatan jika anak kami sebagaimana tersebut diatas bekerja pada perusahaan PT. Chika Outsourcing dan ditempatkan di caba-cabangnya di seluruh wilayah indonesia atau di luar negeri.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya untuk dijadikan sebagaimana mestinya.

Malang, 6 Oktober 2016
Orang Tua,                                    Anak yang bersangkutan,

 

………………….                                              …………………….

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Sekolah

SURAT IZIN ORANG TUA

Yang bertanda-tangan di bawah ini :
Nama                     : Fadli Robbi
Alamat                   : Kajeksan Rt. 03/Rw.01 Kudus
Pekerjaan               : Karyawan Swasta

Selaku orang tua dari anak saya :

Nama                     : Annisa Az-zahra
Tempat/Tgl. Lahir : Kudus, 07 Juli 2004
Jenis Kelamin        : Perempuan
Alamat                   : Kajeksan Rt.03/Rw.01 Kudus
Agama                   : Islam

Dengan ini memberikan izin kepada anak saya untuk melanjutkan jenjang pendidikan Sekolah Menengah  / Kejuruan Atas di SMK N 1 Kudus Demikian surat izin ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kudus, 6 Juli 2017

Orang Tua/Wali

 

Fadli Robbi

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Kegiatan

SURAT IZIN ORANG TUA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama              : Ahmad Muzakky
Alamat            : Condong Catur Rt.03/Rw. 01 Sleman

Orang tua / Wali dari :

Nama               : Rizki Pratama
Kelas (Prodi)   : XI IPA 2 (Prodi Manajemen S1)
Alamat            : Condong Catur Rt.03/Rw.01 Sleman

Dengan ini saya selaku orang tua dari putri kami mengijinkan untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan Pramuka di Buper Sleman.

Sleman, 6 Oktober 2016

Peserta                       Orang Tua/Wali Murid

 

……………….                     ………………….

Contoh Surat Izin Orangtua Untuk ditempatkan Dimana Saja

SURAT KETERANGAN IZIN ORANGTUA

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama  : Ahmad Sanusi

Umur   : 47 tahun

Alamat : Jl. Gunung Merbabu no 17, Bekasi

Orangtua/wali dari:

Nama                          : Dimas Kurniawan

Tempat, Tanggal Lahir : Bekasi, 27 September 1996

Kewarganegaraan       : Indonesia

Status Perkawinan      : Belum Menikah

Alamat                        : Jl. Gunung Merbabu no 17 Bekasi

Dengan ini menyatakan bahwa saya tidak keberatan jika anak saya ditempatkan diseluruh cabang PT. Antam , baik di Indonesia maupun Luar Negeri.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Bekasi, 17 Oktober 2019

Orangtua/wali,

 

Ahmad Sanusi

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dengan Berbagai Alasan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah – Sekolah punya aturan bagi peserta didiknya. Salah satunya tentang izin tidak masuk sekolah. Diharapkan semua siswa dapat mengikuti semua proses belajar mengajar di sekolah 100 persen. Namun, terkadang ada berbagai alasan yang membuat siswa tersebut terpaksa tidak bisa masuk sekolah. Misalnya, sakit, ada acara keluarga, mengikuti lomba atau acara lain di luar aktivitas sekolah, anggota keluarga ada yang meninggal dunia, bepergian ke luar kota dan sebagainya.

Karenanya, surat izin tidak masuk sekolah sangatlah penting. Surat izin tidak masuk sekolah ini dibuat oleh orangtua, wali murid atau pihak yang berkepentingan lain menyangkut ketidakhadiran siswa di sekolah. Melalui surat izin tersebut, orangtua/wali murid bisa menyampaikan alasan siswa tidak masuk sekolah.

Surat izin tidak masuk sekolah dari orangtua/wali murid atau pihak yang meminta izin perlu dibuat karena ada aturan sekolah. Jika tidak ada keterangan izin maka, siswa bisa dikenakan sanksi. Lebih dari 3 kali tidak ada keterangan izin maka siswa akan mendapat sanksi. Wajib bagi orangtua menuliskan surat izin tidak masuk sekolah agar ada pertimbangan lain dari pihak sekolah.

Dalam menulis surat izin tidak masuk sekolah lebih mudah dan singkat. Meski begitu, penulisannya menggunakan bahasa yang formal dan tata bahasa yang santun. Perhatikan format penulisan surat izin tidak masuk sekolah berikut ini:
  1. Tempat, tanggal surat dibuat
  2. Nama penerima yang dituju dan alamatnya
  3. Salam pembuka, umumnya “Dengan hormat”
  4. Isi surat: menerangkan nama siswa, kelas dan alasan tidak masuk sekolah
  5. Penutup: berisikan permohonan maaf karena siswa tidak bisa masuk sekolah dan sampaikan terima kasih
  6. Tanda tangan, nama terang pembuat surat. Dalam hal ini adalah orangtua/wali murid.
Jika menulis surat dengan tulisan tangan, usahakan tidak terjadi kesalahan penulisan dan akhirnya harus dicoret. Sehingga surat terkesan kotor dan asal-asalan. Mari simak contoh surat izin tidak masuk sekolah berikut ini supaya lebih jelas dan tidak bingung menulisnya:

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Pergi

Magelang, 9 April 2018

Kepada Yth Bapak/Ibu Wali Kelas V
SD Muri Pratama 1

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orangtua dari:

Nama    : Sella Anugerah
Kelas     : VA
Alamat  : Perum Indah 1, No 15, Blok X, Magelang

Memberitahukan bahwa anak saya di atas tidak masuk sekolah pada hari Jumat-Sabtu (10-11 April 2018) dikarenakan menghadiri acara keluarga di Semarang. Saya memohon maaf dan meminta izin karena anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa. Semoga Bapak/Ibu Wali Kelas berkenan memberikan izin.

Demikian surat izin ini saya buat, atas pemberian izin dan perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(ttd)

Fajar Adi

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Purwokerto, 11 Desember 2017
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B
SMA N 13 PurwokertoDengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :Nama   : Gita Anjani
Kelas    : XI IPS 1
Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No 12, PurwokertoMemberitahukan bahwa anak saya  di atas tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya pada Senin, 11 Desember 2017 dikarenakan sakit. Saya memohon Bapak/Ibu Wali Kelas XI IPS 1 berkenan memberikan izin dan harap maklum.
Demikian surat izin ini saya sampaikan. Atas izin dan perhatian Bapak/Ibu Wali Kelas diucapkan terima kasih.Hormat saya,(ttd)

Heru Rahman

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Ada Acara Keluarga

Muntilan, 11 Januari 2018

Kepada
Yth. Bapak/Ibu guru Wali kelas VII A
SMPN 2 Muntilan

Dengan hormat,
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Raihan Jannata Trias Putra
Kelas : VII B
Alamat : Perumahan Graha Permai, Muntilan

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa hadir untuk mengikuti kelas seperti biasa pada hari ini, Senin 11 Januari 2018 dikarenakan harus menghadiri pernikahan kakak kandungnya di Yogyakarta.

Oleh karenanya, sudilah Bapak/Ibu guru untuk dapat memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Bardiman Surahman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Ada Keluarga yang Meninggal

Semarang, 19 November 2018
Kepada
Yth. Bapak/Ibu guru/Wali kelas XI IPA 2
SMAN 2 Semarang
di TempatDengan hormat,
Saya orang tua / wali dari siswa yang bernama :Nama            : Muhammad Yusuf
Kelas            : XII IPS 2 SMAN 2 Pekalongan
Alamat         : Desa Sido Makmur, RT 01 RW 10 PekalonganMemberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, senin 9 Oktober 2017 dikarenakan Ada Anggota Keluarga yang Meninggal (Ayah Kandung).Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya.Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.Hormat saya

Ummul Basalamah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Mengikuti Lomba

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Mengikuti Lomba

Contoh Surat Izin Sekolah SD, SMP, SMA

Contoh Surat Izin Sekolah – Surat masih menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan informasi. Salah satunya adalah surat izin. Surat memang alat komunikasi yang tergolong konvensional tetapi masih dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Memang jarang dipakai untuk keperluan pribadi akan tetapi masih sangat diperlukan untuk keperluan yang berurusan dengan instansi.
Surat izin sekolah bisa dikeluarkan oleh pihak sekolah, maupun dari perorangan kepada pihak sekolah. Pada artikel ini akan dibahas tentang contoh surat izin Sekolah. Surat izin masih diperlukan untuk memberitahukan kondisi tertentu atau malah meminta izin supaya diberi kesempatan.
Pada bagian pertama, tentang surat izin sekolah yang dibuat oleh siswa maupun orangtua siswa. Surat izin ini disampaikan untuk memberitahukan siswa tak bisa mengikuti pelajaran di sekolah karena sakit atau kepentingan lain yang tak bisa ditinggalkan. Sekolah pun memiliki aturan hal-hal apa saja yang bisa ditoleransi dan diberi izin oleh pihak sekolah. Surat pun menjadi salah satu bukti atau arsip saat guru akan merekap ketidakhadiran siswa. Umumnya, surat izin sekolah berkaitan permohonan izin tidak bisa mengikuti aktivitas akademik. Surat ini bisa dibuat oleh siswa sendiri maupun orangtua murid. Kalau tidak terbiasa menulis surat izin memang agak bingung. Supaya Anda lebih paham tentang isi surat izin sekolah perhatikanlah poin-poin penting berikut ini:
  1. Tuliskan tempat dan tanggal surat dibuat. Biasanya dituliskan pada pojok kanan atas.
  2. Tuliskan nama dan alamat yang dituju. Dalam hal ini bisa ditujukan pada wali kelas dan sertakan nama sekolah.
  3. Salam pembuka
  4. Dalam surat izin perlu disampaikan identitas siswa. Pengirim surat haruslah memuat informasi identitas diri seperti nama lengkap, kelas, nomor absen, alamat.
  5. Tak lupa sampaikan alasan mengapa siswa berhalangan hadir ke sekolah. Misalnya sedang sakit maupun keperluan keluarga.
  6. Penutup
  7. Bagian terakhir surat perlu dituliskan nama terang dantanda tangan pengirim surat.

Beberapa hal di atas merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah surat izin. Meski dibuat oleh pribadi, surat izin juga harus ditulis dengan kata-kata yang formal dan tidak bertele-tele. Selain itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah di antaranya:
  • Surat izin sekolah sebaiknya dibuat dengan menggunakan tulisan tangan
  • Kalau surat izin disampaikan karena alasan sakit, umumnya jika sakit selama 3 hari disertai dengan surat keterangan sakit dari dokter.

Inilah contoh surat izin sekolah yang akan memudahkan Anda jika suatu saat nanti harus menulisnya.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SD

Rembang, 1 Januari 2017
Yang terhormat,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 3
SD Pagi Petang
Di tempatDengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua/wali murid dari :
Nama          : Annisa Rahma Azalia
Kelas          : 5
No. Absen  : 02
Dengan ini memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar pada Rabu, 2 Januari 2017 dikarenakan sakit. Sehubungan dengan hal tersebut saya selaku wali murid memohon kepada Bapak/Ibu untuk berkenan memberikan izinnya.Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.Hormat saya,Rizki Pradipta S.Kom.
Orang Tua

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMP

                                                                                        Sleman, 18 Februari 2018

Kepada Yth
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII A
SMP Putera Bangsa

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   : Frederica Amanda
Siswa    : Kelas VIIA
Alamat : Jl Gondang, No 19, Sleman

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jumat 18 Februari 2018 dikarenakan sakit. Kami berharap Bapak/Ibu Wali Kelas VIIA dapat memberikan izin dan harap menjadi maklum.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan izin yang diberikan Bapak/Ibu diucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

(ttd)

Armand Sugandi

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMA

Lampung, 24 Oktober 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A
SMA N 1 Sekampung

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama  : Haniffah Kumala Sari
Siswa   : Kelas XII-C. SMA N 1 Sekampung
Alamat : Jl. Raya Sekampung Lampung Timur

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pembelajaran dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-C agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

 

Muhammad

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMK

Brebes, 29 Mei 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Wali kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Brebes

Di tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama  : Nadia Anggraini

Alamat : Jalan Mawar Gang Turi RT 02/01 Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu, Brebes

Kelas    : XI TKJ 1 SMK 2 Brebes

Memberitahukan bahwa hari ini, Rabu, 29 Mei 2019 tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya dikarena sakit. Oleh karena itu, sudilah kiranya bapak/ibu wali kelas mengizinkan hingga sakit saya sembuh. Bersama ini juga saya lampirkan surat keterangan dokter.

Demikianlah surat ini saya buat. Atas izin dan perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya

 

Nadia Anggraini

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMA Karena Pergi

Srumbung, 4 Mei 2018

Kepada Yth
Bapak/Ibu Wali Kelas XI IPA
SMA Pelita Kasih

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orangtua dari:

Nama               : Evania Arumsari
Kelas                : XI IPA
No Absen        : 12
Alamat             : Jalan Muria, No 16, Srumbung

Dengan surat ini memberitahukan anak saya tidak bisa mengikuti pelajaran pada Jumat-Sabtu (4-5 Mei 2018) dikarenakan pergi ke rumah nenek selama dua hari. Semoga Bapak/Ibu guru wali kelas berkenan memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan pemberian izinnya disampaikan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Junaidi Wahid

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMA Karena Sakit

Pandeglang, 25 Agustus 2018

Yth,

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMAN 88 Pandeglang

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama              : Nuriansah Johan

Siswa               : Kelas XII-A SMAN 88 Pandeglang

Alamat            : Jl. Swasta No. 123 Pandeglang

Menyampaikan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon bapak  guru wali kelas XII-A agar memberikan izin hingga anak saya sembuh.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian bapak/ibu guru diucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Orang tua/Wali Murid

 

 

Setiawan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMA Karena Urusan Keluarga

Malang, 13 Januari 2017

Kepada Yth.

Ibu Guru Wali Kelas XII Sosial B

Ibu Sutinah Serasi

Di Tempat,

 

Salam Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini adalah orang tua murid dari:

Nama              : Haerin Sisca W

Kelas                : XII Sos B

No Absen        : 15

 

Bersamaan dengan surat ini, memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada hari Kamis, 14 Januari 2107 dikarenakan ada acara keluarga. Sehubungan dengan hal tersebut, saya selaku orang tua murid memohon kepada Ibu Wali Kelas untuk berkenan memberikan izin.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan, saya ucapakan terimakasih.

Hormat Saya,

 

 

(Hobert Setia W)

Format Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

(tempat, tanggal bulan tahun)
Kepada
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas (nama kelas dan nama sekolah
Di TempatDengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:
Nama       : (nama anakKelas        : (kelas anak)
Alamat : (alamat sekolah saat ini)
NISN        : (NISN anak)Memberitahukan bahwa putra/putri saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada (hari, tanggal bulan tahun) dikarenakan (alasan) . Karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas (kelas anak) agar memberikan izin.Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.Hormat kami,
Orang tua/Wali murid, 

 

(nama orang tua)

 

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan – Kerja maupun sekolah adalah suatu keharusan. Akan tetapi manusia pastinya akan mengalami sakit sehingga tidak bisa sekolah atau masuk kerja. Dengan demikian, perlu memberitahukan kepada pihak perusahaan atau sekolah tentang kondisi kita tersebut.

Artikel ini akan membahas tentang contoh surat izin sakit. Surat izin sakit disampaikan untuk memberitahukan dan memohon izin karena dalam keadaan sakit. Dalam sebuah instansi, lembaga, perusahaan, sekolah, koperasi dan sebagainya seorang karyawan wajib menuliskan surat izin jika akan melakukan sesuatu. Umumnya, karyawan tidak masuk bekerja karena sakit/urusan keluarga. Surat izin sakit perlu disampaikan agar seorang karyawan tidak dinyatakan mangkir atau meninggalkan pekerjaan tanpa alasan yang jelas.

Sementara itu, Jika anaknya sakit, orangtua/wali murid juga biasanya memohonkan izin kepada pihak sekolah melalui surat. Surat izin sakit ini perlu disampaikan sesegera mungkin agar lekas diketahui alasan mengapa seorang karyawan atau murid tidak masuk. Ketika Anda hendak membuat surat izin sakit dengan tulisan tangan, gunakanlah bahasa yang jelas dan formal. Adapun format penulisan surat izin sakit dengan tulisan tangan sebagai berikut:
  1. Tempat, tanggal pembuatan surat
  2. Nama dan alamat yang dituju
  3. Salam pembuka
  4. Isi surat permohonan izin sakit (bagian sampaikan nama, alamat, jabatan, izin sakit berapa hari. Jika seorang siswa surat dibuat oleh orangtua, maka disampaikan juga nama dan kelas anak).
  5. Penutup
  6. Tanda tangan dan nama terang pembuat surat
Tips:
Sesuai dengan judul artikel ini adalah surat izin sakit tulisan tangan, maka surat yang Anda buat adalah tulisan tangan. Jika menulis surat langsung tanpa diketik maka pilihlah kertas yang bersih seperti HVS atau kertas dari buku. Hindari kertas berwarna buram. Karena ditujukan kepada pimpinan perusahaan atau sekolah maka tidak satupun terdapat typo atau kesalahan penulisan. Biasanya, orang latah kalau salah maka hanya dicoret atau dihapus dengan cairan putih (tip-x). Mau tidak mau memang harus mengganti kertas.

Supaya Anda lebih paham dan jelas bagaimana cara menulis surat izin sakit yang baik, perhatikan contoh surat izin sakit berikut ini:

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan yang Unik

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan yang Puitis

Contoh Surat Izin Sakit Tulisan Tangan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Tulisan Tangan SD

 Contoh Surat Sakit Sekolah Buatan Sendiri

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Tulisan Tangan SMP

Kudus, 30 Mei 2019
Kepada Yth Bapak/Ibu Wali Kelas VIIIA
SMP 3 KudusDengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:Nama    : Ardhi Pratama
Kelas     : VIIIAMemberitahukan bahwa saya di atas tidak masuk sekolah pada hari ini Kamis, 30 Mei 2019 dikarenakan menyusul orang tua saya menjenguk Nenek di Semarang. Saya memohon maaf dan meminta izin karena  tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa.  Saya juga memohon maaf apabila saya yang menulis sendiri surat izin ini karena orang tua saya telah berada di Semarang. Semoga Bapak/Ibu Wali Kelas berkenan memberikan izin.Demikian surat izin ini saya buat, atas pemberian izin dan perhatiannya diucapkan terima kasih.Hormat saya,(ttd)

Ardhi Pratama

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Tulisan Tangan SMA

Yogyakarta, 16 April 2018Kepada Yth.

Bapak/ Ibu Wali Kelas X

SMA Negeri 6 Yogyakarta

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan datangnya surat ini, kami selaku wali murid dari siswa yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama         : Achmad Ali Habibi

Kelas           : X-A SMA Negeri 6 Yogyakarta

Alamat       : Jalan Gunung Muria II No. 34 Yogyakarta

NISN           : 1342592859

 

Menerangkan bahwa pada hari ini, Rabu, 16 April 2018 tidak dapat mengikuti rangkaian pembelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Untuk itu kami selaku wali murid dari siswa tersebut memohon izin kepada Bapak/ Ibu agar dapat memberikan izin pada Ananda Achmad Ali Habibi agar tidak mengikuti pembelajaran sampai hari Kamis, 17 April 2018.

Demikian surat permohonan izin ini kami buat untuk dapat menjadikan maklum. Atas perhatian dari Bapak/ Ibu kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Heni Aprilia Anggraeni

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Tulisan Tangan SMK

Surakarta, 13 Maret 2017Perihal: Izin masuk sekolah

Yth. Bapak/Ibu guru wali kelas XI A

SMKN 2 Surakarta

Di tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Abdur Rahman

Alamat            : Jalan Mangga gang Apel no 23 Surakarta

No. Telepon    : 0281 2598 125

 

Merupakan wali murid dari:

Nama              : Angga Setiawan Rahman

Alamat            : Jalan Mangga gang Apel no 23 Surakarta

Kelas/Sekolah : XI A/ SMKN 2 Surakarta

Bermaksud memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya dikarenakan sedang sakit. Oleh karena itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu guru untuk mengizinkannya sampai anak saya sembuh.

Bersama surat ini saya lampirkan surat keterangan dokter. Atas izin dan perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat saya

Wali murid

Abdur Rahman

Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri

Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri – Pada artikel ini akan membahas tentang contoh surat izin sekolah buatan sendiri. Hal ini mengingat bahwa surat masih menjadi salah satu alat untuk menyampaikan izin terutama di sekolah. Surat izin ketidakhadiran siswa biasanya ditulis oleh orangtua/ wali murid. Kalau sakit juga bisa dibuat oleh dokter, bidan, surat keterangan dari rumah sakit.
Surat izin sekolah diperlukan sebagai bukti ketidakhadiran siswa. Pembuatan surat wajib dilakukan untuk memberitahukan pihak sekolah bahwa siswa terkait tidak bisa mengikuti pelajaran atau mengikuti kegiatan di sekolah. Surat izin tergolong surat pribadi, seperti kepada teman, keluarga. Namun, pemilihan kata tetap baku karena menyangkut kedisiplinan siswa dan diserahkan ke instansi sekolah.
Meski singkat, surat izin sekolah buatan sendiri harus dibuat dengan lengkap dan benar. Penulisan surat izin sekolah tidak boleh dibuat sembarangan. Ada struktur penulisan yang harus diikuti supaya surat dapat diterima dan dipahami pihak sekolah. Jika Anda belum pernah menulis surat izin sekolah sendiri, berikut adalah cara membuat surat izin tidak masuk sekolah sendiri :
  1. Tuliskan tempat dan tanggal menulis surat
  2. Nama dan alamat yang dituju
  3. Kalimat pembuka
  4. Identitas siswa (nama lengkap, kelas, alamat rumah)
  5. Alasan tidak hadir (wajib dituliskan dengan jelas).
  6. Kalimat Penutup
  7. Tanda tangan dan nama terang pembuat surat izin
Surat izin sekolah sudah sistematis dan cukup menggunakan bahasa singkat, padat, dan jelas. Sehingga tak perlu bertele-tele sehingga jelas dan tahu alasannya. Karena disampaikan kepada pihak sekolah, Anda diwajib untuk dicantumkan nama dan alamat yang dituju dengan jelas, misalnya seperti ditujukan secara langsung kepada wali kelas siswa yang berhalangan hadir.
Penulisan surat izin sekolah yang benar juga memperhatikan kelengkapan identitas siswa yang berhalangan hadir. Identitas yang dimaksud adalah kelas dan alamat rumah secara lengkap. Jika surat izin sekolah tidak lengkap dan tidak jelas alasannya maka akan mempersulit sistem absensi di kelas. Bahkan, setiap sekolah harus melakukan rekap kehadiran siswa dengan benar maka sebaiknya pembuatan surat izin harus lengkap dari mulai identitas siswa yang berhalangan hadir dan juga tanggal ketidakhadirannya.

Supaya lebih jelas dan paham tentang penulisan surat izin, berikut contoh surat izin sekolah buatan sendiri

Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri Karena Sakit

Magelang, 7 Januari 2018
Kepada Yth
Wali Kelas VII A
SMP Negeri 1 Perjuangan MagelangDengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orangtua dari:Nama           : Johany Restawijaya
Kelas             : VII A
No Induk      : 4576
Alamat          : Jalan Pegangsangan, No 17, Kompleks Tirtajaya, MagelangMelalui surat ini, saya selaku orangtua memberitahukan bahwasannya siswa yang bersangkutan tidak bisa hadir mengikuti pelajaran pada Selasa, 7 Januari 2018 dikarenakan sedang sakit. Saya mengharapkan Bapak/Ibu Guru wali kelas dapat memberi izin. Atas perhatian dan pemberian izinnya disampaikan terima kasih.Hormat saya,(tanda tangan)Rusdiyanto

Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri Karena Ada Acara Keluarga

Muntilan, 6 Februari 2018

Kepada Yth
Bapak/Ibu Wali Kelas IV
SD Cahaya Muntilan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bahwa ini, orangtua dari:
Nama          : Alexander Adijaya
Kelas          : IV
No Induk    : 3572
Alamat       : Gang Manoek, No 16, Muntilan

Dengan surat ini, saya selaku orangtua memberitahukan bahwa anak tersebut tidak mengikuti pelajaran karena menghadiri acara keluarga di Semarang yang tidak bisa ditinggalkan pada Selasa, 7 Februari 2018. Saya mengharapkan Bapak/Ibu Guru wali kelas berkenan memberikan izin.Demikian surat izin saya buat, harap menjadi maklum. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Susanto Jayadi

Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri Karena Pergi

Jepara, 22 Juni 2017
Yang terhormat,
Bapak/Ibu Wali Kelas XI TSM 2
SMK N 1 Jepara
Di tempatDengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama               : Joko Susilo
Kelas                : XI TKJB
No. Presensi     : 23

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan belajar / masuk sekolah  pada Jumat, 24 Desember 2015 dikarenakan ada keperluan di luar kota dan tidak dapat ditinggalkan. Kiranya Bapak/Ibu berkenan memberikan izin kepada saya.Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar – benarnya.Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.Mengetahui,Orang Tua/Wali Murid

Hormat saya,

Joko Setiawan

Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri Karena Ada Keluarga yang Meninggal

Malang, 12 Desember 2018

Perihal : Permohonan izin tidak masuk sekolah

Yth. Bapak Riswanto S.Pd

Selaku Wali Kelas X IPA-1 SMAN Malang

Di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

 

Nama             : Ade Mutia

Alamat             : Jalan Kembar no 12 Malang

Siswa dari        : X IPA-1 SMAN Malang

 

Memohon izin untuk tidak mengikuti pelajaran seperti biasanya dikarenakan ada anggota keluarga saya yang meninggal (Kakak Kandung). Bersama surat ini pula saya lampirkan surat keterangan dokter. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak memberi izin sampai sakit saya sembuh. Atas izin dan perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

 

Mutia Ade

Contoh Amplop Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Contoh Amplop Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Contoh Surat Izin Sekolah untuk Kegiatan

Contoh Surat Izin Sekolah untuk Kegiatan – Banyak informasi dari pihak sekolah yang tetap disampaikan lewat surat meski sudah ada handphone. Surat masih menjadi bagian penting di dalam instansi sekolah. Di sini akan dibahas tentang surat izin sekolah untuk kegiatan. Surat izin sekolah ini bisa berkaitan dengan banyak pihak dan dengan keperluan tertentu.
Surat ini menjadi sarana komunikasi antara pihak sekolah dengan orangtua murid, sekolah dengan dinas terkait, sekolah dengan guru, maupun pihak-pihak lainnya. Surat permohonan izin kegiatan ini diperlukan saat hendak mengadakan suatu acara tertentu dan sangat penting perannya. Hal ini dikarenakan surat ini sebagai bukti pemberian izin terhadap suatu acara yang akan dilaksanakan pihak sekolah.
Surat izin kegiatan perlu disampaikan mengingat tanggungjawab, ketertiban, dan keamanan peserta didik. Surat izin sekolah untuk kegiatan menjadi bukti dan permohonan izin adanya kegiatan belajar mengajar maupun aktivitas yang berkaitan dengan sekolah. Misalnya, izin melakukan latihan pengolahan diri, outbound, studi lapangan, ekstrakurikuler, Pramuka, mengikuti lomba-lomba dan sebagainya.
Surat izin sekolah termasuk dalam surat resmi, karenanya kop surat dan cap instansi juga perlu disertakan dalam surat. Adapun bagian-bagian dalam surat izin sekolah untuk kegiatan sebagai berikut:
  1. Kop surat/kepala surat (Berisi logo dan identitas sekolah – nama, alamat, kontak yang bisa dihubungi).
  2. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  3. Nama dan alamat yang dituju
  4. Salam Pembuka
  5. Isi surat
  6. Penutup
  7. Nama terang dan tanda tangan kepala sekolah
  8. Cap sekolah

Surat izin sekolah disampaikan dengan singkat, padat dan jelas. Tidak perlu bertele-tele tetapi informasi dapat disampaikan dengan jelas. Dengan demikian, penerima surat tidak kebingungan menerima informasi tapi justru paham dan jelas. Berikut contoh surat izin sekolah untuk kegiatan.

Contoh Surat Izin Sekolah Untuk Kegiatan

 

YAYASAN MARSUDIRINI
SEKOLAH DASAR ST YOSEP SEMARANG
Jalan Merpati, No 19, Pandanaran, Semarang
__________________________________________

Semarang, 8 Mei 2018
Nomor : 04/Pmb-SDYS/V/2018
Perihal : Permohonan Izin

Kepada Yth
Bapak/Ibu Orangtua Murid Kelas IV
Di Tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan kegiatan rutin tahunan untuk siswa kelas IV, kami pihak sekolah memohon izin agar putra/putri Bapak/Ibu diperkenankan mengikuti outbound yang akan dilaksanakan pada:

hari/tanggal : Sabtu-Minggu, 19-20 Mei 2018
waktu : 15.30 – selesai
tempat : Wisma Salam

Selain itu, kami mengharapkan orangtua dapat mengantarkan siswa pukul 14.30 WIB di sekolah dan menjemput Minggu pukul 13.30 WIB. Barang-barang yang perlu dipersiapkan, baju ganti, sepatu, alat mandi, obat-obat pribadi, alat tulis. Silakan orangtua mengisi lembar pernyataan dan pemberian izin.
Demikian surat izin ini kami sampaikan. Atas perhatian, pemberian izin, dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Kepala Sekolah

(tanda tangan)

M. Junaedi Gunawan M.Pd

Contoh Surat Izin Kegiatan Sekolah Untuk Kepolisian

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 MUNTILAN
Jalan Taman Siswa, No 12, Muntilan

Muntilan, 4 Mei 2018
Nomor  : 02/Pmh-SMAN1/V/2018
Perihal : Permohonan Izin

Kepada
Kapolsek Muntilan
Di tempat

Assalamualaikum Wr Wb
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan Pentas Seni perpisahan siswa kelas XII Insya alllah akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Sabtu, 19 Mei 2018
Waktu                 : 16.00 – 22.00 WIB
Tempat               : Halaman SMA N 1 Muntilan

Kami memberitahukan sekaligus memohon izin penyelenggaraan acara Pensi tersebut. Kami juga meminta pengamanan dari aparat kepolisian setempat untuk acara tersebut. Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Hormat Saya,
Kepala Sekolah

(Tanda tangan dan cap sekolah)

Abidin Munarwan

Contoh Surat Izin Mengikuti Kegiatan Diluar Sekolah

Contoh Surat Izin Mengikuti Kegiatan Diluar Sekolah

Contoh Surat Permohonan Izin Mengikuti Kegiatan Pramuka

Contoh Surat Permohonan Izin Mengikuti Kegiatan

Contoh Surat Permohonan Izin Mengikuti Kegiatan

 Contoh Surat Permohonan Izin Mengikuti Kegiatan

Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Lomba

—————————————- KOP SURAT————————————-

Purwokerto, 12 April 2019

Nomor  : 124

Lampiran: –

Perihal  : Permohonan Izin

Kepada Yth.

Bapak/Ibu guru Wali kelas XI IPS 1

SMAN 5 Purwokerto

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka Pemilihan Duta Wisata Banyumas tahun 2019 yang diadakan Dinas Pariwisata kabupaten Banyumas, saya Muhammad Ridwan selaku penanggung jawa acara tersebut meminta izin kepada bapak/ibu guru dari Suci Eka Pratiwi, XI IPS 1 SMAN 5 Purwokerto agar mengizinkan siswa tersebut untuk tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya pada:

Hari, tanggal     : Selasa, 15 April 2019

Waktu              : 08.00-selesai

Tempat             : Aula Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan. Atas izin dari Bapak/Ibu guru saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya

 

Muhammad Ridwan

Tembusan:

  • Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas
  • Panitia pemilihan Duta Wisata Kabupaten Banyumas 2019

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Berikut ini adalah beberapa contoh surat izin tidak masuk kuliah bagi Mahasiswa yang bisa Anda gunakan.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Ada Acara Keluarga

Kudus, 15 Februari 2016
Yang terhormat,
Ibu Rina Murtiani, M.Kom.
di Universitas Muria Kudus
GondangManis, Bae Kudus.
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama lengkap      : Rizky Pratama Kuncoro
NIM                     : 5211101021
Program Studi      : Teknik Informatika S1
Fakultas                : Fakultas Teknologi Informasi dan Elektronika
Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan pada mata kuliah Pemrograman Web yang Ibu ampu pada Kamis, 16 Februrari 2016 dikarenakan mengikuti acara pernikahan kakak.
Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Rizky Pratama Kuncoro

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit

Kudus, 13 Januari 2016
Yang terhormat,
Ibu Endang Muryani, M.Kom.
di Universitas Muria Kudus
GondangManis, Bae Kudus.
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama lengkap      : Raditya Pratama
NIM                     : 526100291
Program Studi      : Sistem Informasi S1
Fakultas                : Fakultas Teknologi Informasi dan Elektronika
Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan pada mata kuliah Pemrograman Java yang Ibu ampu pada Rabu, 14 Januari 2016 dikarenakan sakit. Sebagai bukti saya sertakan pula surat keterangan hasil pemeriksaan dokter dalam lembar terlampir.
Demikian permohonan izin ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Raditya Pratama

Contoh Surat Tidak Masuk Kuliah Karena Ada Keluarga yang Meninggal

Contoh surat permohonan izin tidak mengikuti kuliah

Contoh Surat Izin Keramaian untuk Acara

Contoh Surat Izin Keramaian untuk Acara – Bagi kita yang ingin menyelenggarakan suatu acara yang sifatnya ramai atau mengundang banyak orang, terdapat beberapa peraturan atau ketentuan yang harus kita penuhi. Salah satu prosedur yang paling umum dilakukan adalah dengan memohon kepada aparat setempat atau pihak yang berwenang agar mau memberikan izin kepada kita untuk menyelenggarakan acara tersebut. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan izin tersebut? Caranya adalah dengan membuat Surat Pernyataan Keramaian. Surat Pernyataan Keramaian adalah surat pernyataan yang dibuat dengan tujuan memohon kepada pihak berwenang agar mengizinkan penyelenggaraan suatu acara yang bersifat ramai.

Di dalam Surat Pernyataan Keramaian ini terdapat beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian kita ketika ingin menyusunnya. Beberapa hal penting tersebut antara lain :
  1. Kepala surat Menuliskan kepala surat seperti surat pernyataan pada umumnya.
  2. Identitas penanggung jawab / pembuat pernyataan Hal penting yang harus dicantumkan dalam Surat Pernyataan Keramaian ini adalah identitas diri orang yang membuat pernyataan atau si penanggung jawab kegiatan. Biasanya berisi nama lengkap, jenis kelamin, usia, pekerjaan, alamat, serta nomor kontak yang dapat dihubungi apabila sewaktu – waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.
  3. Kegiatan yang dilaksanakan Hal penting lainnya adalah menyebutkan rincian kegiatan yang akan dilaksanakan. Rincian kegiatan ini biasanya terdiri dari bentuk kegiatan, waktu pelaksanaan, lokasi atau tempat penyelenggaraan kegiatan, jumlah undangan atau orang yang hadir dalam kegiatan tersebut, serta hal – hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut.
  4. Poin – poin pernyataan pertanggungjawaban Poin ke 4 ini lah yang mungkin menjadi poin terpenting dalam Surat Pernyataan Keramaian. Pada bagian ini si pembuat pernyataan atau penanggung jawab kegiatan harus menyebutkan hal – hal apa saja yang akan dipertanggungjawabkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Secara garis besar, beberapa hal yang dimuat dalam bagian ini antara lain :
  • Kesanggupan untuk tidak mengganggu fasilitas umum seperti jalan raya (bebas macet).
  • Kesanggupan untuk tidak melanggar ketertiban atau mematuhi tata tertib yang berlaku di daerah tersebut.
  • Kesanggupan untuk melaksanakan kegiatan sesuai waktu atau durasi yang telah disepakati.
  • Kesanggupan untuk tidak melaksanakan kegiatan – kegiatan terlarang di luar acara tersebut seperti misalnya perjudian dan lain – lain.
  • Kesediaan untuk mempertanggungjawabkan apabila sewaktu – waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Termasuk risiko kegiatan tersebut ditutup oleh pihak berwenang.
  1. Penutup Menutup surat dengan baik dan kalimat yang sopan.
  2. Tanda tangan dan nama terang Memberikan tanda tangan dan nama terang si penanggung jawab kegiatan atau pembuat pernayataan.
  3. Materai Bubuhkan juga materai jika memang diperlukan.
  4. Bahasa baku Jangan lupa untuk menggunakan bahasa  yang baik dan benar sesuai dengan tata bahasa Indonesia.

Mungkin para pembaca masih merasa kebingungan dengan hanya membaca teori di atas. Oleh karena itu, seperti biasa kami akan memberikan Contoh Surat Pernyataan Keramaian agar dapat memperjelas. Berikut kita simak langsung Contoh Surat Pernyataan Keramaian :

Contoh Surat Izin Keramaian Kegiatan Masyarakat Umum

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Ahmad Nur Mujiono
Jenis kelamin : Laki – laki
Usia : 31 tahun
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Desa Ronggo, RT 02, RW 04, Kec. Jaken, Kab. Pati
No. Telepon : 081234567890

Kegiatan yang dilaksanakan :

Bentuk kegiatan : Resepsi pernikahan
Hari, tanggal : Rabu, 23 Maret 2016
Waktu : Pukul 09.00 – 17.00 WIB
Tempat : Kediaman Bapak Ahmad Nur Mujiono, Desa Ronggo, RT 02, RW 04,  Kec. Jaken, Kab. Pati
Jumlah undangan : 100 orang
Hiburan : Kesenian Wayang Kulit dan Tayub

Dengan ini saya selaku penanggung jawab atau penyelenggara kegiatan menyatakan bersedia dan sanggup :

  1. Melaksanakan kegiatan tersebut tanpa mengganggu / menggunakan jalur umum / jalan utama maupun jalan lainnya yang dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas.
  2. Mampu mentaati peraturan dan tata tertib yang berlaku.
  3. Melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yaitu mulai pukul 09.00 sampai jam 17.00 WIB (tertera dalam surat izin) dan jika melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka penanggung jawab bersedia jika pihak berwenang sewaktu-waktu membubarkan kegiatan tersebut.
  4. Bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban dalam keramaian tersebut.
  5. Sanggup dan berkewajiban untuk menghentikan / membubarkan kegiatan apabila terjadi gejolak akan menimbulkan keributan.
  6. Tidak melaksanakan kegiatan yang dilarang seperti mengadakan / memberikan kesempatan kepada pemain judi dalam bentuk apapun.
  7. Melaksanakan kegiatan tanpa menyediakan minum-minuman keras atau segala jenis zat yang memabukkan.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila selama pelaksanaan kegiatan berlangsung terjadi hal – hal yang tidak diinginkan atau kurang sesuai dengan isi pernyataan di atas, maka saya selaku penyelenggara bersedia mempertanggungjawabkannya sesuai peraturan dan hukum yang berlaku. Termasuk pencabutan surat izin serta pemberhentian kegiatan oleh pihak berwenang.

Pati, 22 Maret 2016
Yang menyatakan,

Ahmad Nur Mujiono

Contoh Surat Izin Kegiatan ke Polisi

Contoh Surat Izin Kegiatan ke Polisi

Contoh Surat Izin Keramaian Pesta Pernikahan

Contoh Surat Izin Keramaian Pesta Pernikahan

Contoh Surat Izin Keramaian RT RW

Contoh Surat Izin Keramaian rt rw

Contoh Surat Izin Mengadakan Acara

Contoh Surat Izin Mengadakan Acara

Contoh Surat Permohonan Izin

Surat menjadi media komunikasi bisnis maupun instansi yang tetap eksis dan paling sering digunakan. Selain sifatnya yang resmi, mempunyai legalitas tinggi, mudah pengarsipan datanya, surat pun dipilih sebagai media komunikasi karena dapat menunjukkan seberapa profesional seseorang atau suatu instansi tersebut. Memiliki kaidah penulisan yang tidak jauh berbeda dengan jenis surat formal lainnya, berikut ini akan dibahas secara rinci mengenai contoh surat permohonan izin, bantuan dana, kerjasama dan lainnya untuk dapat Anda jadikan referensi.

Kegunaan Surat Permohonan Izin

Sebagai bagian dari surat resmi, surat permohonan izin menjadi suatu media komunikasi yang dapat mengukur tingkat profesionalitas seseorang. Hal ini dapat terlihat dari urgensi surat, penulisan surat, serta legalitas surat tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa surat permohonan izin memiliki kegunaan untuk menyampaikan pesan berupa permohonan untuk menyelenggarakan, meninggalkan atau hal khusus lainnya atas suatu kegiatan. Surat ini dapat ditujukan dari suatu instansi ke suatu pihak, suatu pihak ke instansi, maupun dari instansi ke instansi.

Macam Jenis Surat Permohonan Izin

Terdapat beberapa macam jenis surat permohonan izin yang banyak dipergunakan dalam dunia pendidikan maupun bisnis. Diantaranya terdiri atas empat macam jenis seperti yang tertulis berikut ini.

1.     Bantuan Dana

Ketika Anda ingin mengajukan sebauh dana ke suatu instansi, selain membawa proposal pengajuan hal lain yang harus dipersiapkan adalah surat permohonan izin. Meski secara rinci dapat terlihat pada proposal, namun adanya surat pendukung tersebut berguna sebagai tanda profesionalitas seseorang maupun instansi serta dapat menunjukkan etiket seorang tersebut.

2.     Peminjaman

Berhubungan dengan segala kegiatan yang dilakukan baik di lingkup sekolah, kampus maupun masyarakat terkadang memaksa seseorang untuk meminjam suatu inventaris dari pihak yang berkepentingan. Peminjaman suatu inventaris baik berupa gedung, tanah, lapangan atau hal lainnya harus diawali dengan adanya surat permohonan izin peminjaman.

3.     Tidak Dapat Masuk Kerja/ Sekolah

Keterikatan pada suatu lembaga atau instansi baik pendidikan maupun bisnis mengharuskan seseorang untuk mematuhi segala aturan yang berlaku. Termasuk dalam hal ketika seseorang berhalangan hadir, maka harus melampirkan surat permohonan izin yang ditujukan kepada pihak yang berkepentingan di suatu lembaga atau instansi tersebut.

4.     Kerjasama

Guna memperlancar ekspansi suatu perusahaan atau untuk meningkatkan kualitas suatu lembaga non profit biasanya pihak tersebut akan mengajukan kerjasama dengan pihak yang dituju. Untuk memperlancar kegiatan kerjasama antar pihak, maka seseorang tersebut wajib untuk melampirkan surat permohonan izin kerjasama yang memuat maksud yang diinginkan.

Contoh Surat Permohonan Izin Mulai Kerja Proyek

Contoh Surat Permohonan Izin Mulai Kerja Proyek

Contoh Surat Permohonan Izin Menggunakan Lapangan

Sukoharjo, 15 Mei 2009

Nomor        : 123/SPIP/05/2009Lampiran    : 1 eksemplar proposal

Perihal        : Permohonan Izin

 

Kepada Yth.

Kepala Desa Sukamakmur

di – tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya acara peringatan HUT Karang Taruna Desa Sukamakmur pada tanggal 25 Mei 2009. Kami selaku Karang Taruna “Maju” Desa Sukamakmur akan menyelenggarakan beberapa turnamen olahraga pada:

Hari, tanggal               : Sabtu – Minggu, 17 – 18 Mei 2009

Waktu                         : Pukul 08.30 WIB s.d selesai

Tempat                       : Lapangan Desa Sukamakmur

 

Demi kesuksesan kegiatan tersebut, kami selaku pengurus sekaligus panitia acara bermaksud untuk memohon izin kepada Bapak Kepala Desa Sukamakmur agar dapat mengizinkan penggunaan lapangan desa tersebut.

Demikian untuk menjadi maklum. Atas perhatian dan permohonan izin yang diberikan kami sampaikan terimakasih.

Hormat saya,

Ketua Karang Taruna “Maju”

 

Safira Meidita Putri

Contoh Surat Permohonan Izin Menyelenggarakan Acara

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMA NEGERI 1 BUNDARAN
Alamat: Jalan Tendean, No 18, Bundaran, Malang
————————————————

Malang, 21 April 2017
Nomor : 05/OSIS-SMANB/IV/2017
Perihal : Permohonan izin

Kepada Yth Kepala Sekolah SMA N 1 Bundaran
Di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan acara pentas seni OSIS tahun ajaran 2016/2017 yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal : Sabtu, 18 Mei 2017
Waktu : 16.00 – 21.00
Tempat : halaman SMA N 1 Bundaran

Kami selaku panitia pelaksana acara kegiatan tersebut bermaksud memohon izin menyelenggarakan kegiatan tersebut. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan izin yang diberikan kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Ketua OSIS                    Sekretaris OSIS

(ttd)                                     (ttd)

Rehan Sugandi                 Sisilia Kurnia A

 Contoh Surat Permohonan Izin Meminjam Kursi dan Meja

PEMUDA-PEMUDI
DUSUN PUNCAK, KELURAHAN MAJU JAYA

 

Puncak, 6 September 2017

Nomor : 02/Pmb-PPDP/IX/2017
Perihal : Permohonan izin peminjaman

Kepada Yth Kepala Dusun Puncak
Di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan acara perpisahan dengan rekan-rekan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bina Jaya pada:

Hari/tanggal : Selasa, 16 September 2017
Waktu            : 19.00
Tempat          : Halaman Ketua RT 21

Demi kelancaran acara tersebut, kami memohon izin untuk meminjam sebanyak 70 kursi dan 10 meja. Besar harapan kami agar permohonan izin peminjaman tersebut dikabulkan sehingga acara tersebut dapat terlaksana. Atas perhatian dan dukungan Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Ketua                                                                                              Sekretaris
(ttd)                                                                                                (ttd)

Jatmiko                                                                                        Jati Rahayu

Contoh Surat Permohonan Izin Penelitian

Contoh Surat Permohonan Izin Penelitian
Contoh Surat Permohonan Izin Penelitian

 Contoh Surat Permohonan Izin Tempat

Contoh Surat Permohonan Izin
Contoh Surat Permohonan Izin

Surat Pengajuan Permohonan Izin

Suatu kegiatan dapat berjalan denagn lancar ketika terjalin komunikasi yang baik. Tak hanya lisan, komunikasi juga dapat dilakukan secara tertulis. Salah satu media tulis yang banyak digunakan oleh instansi-instansi yang berkepentingan maupun pihak perorangan adalah surat. Sifatnya yang formal dapat mewakili maksud dari si pembuat untuk disampaikan secara lugas dalam tata bahasa yang baku. Hal ini dapat menunjukkan sisi profesionalisme pihak yang berkepentingan ketimbang harus menyampaikannya secara lisan. Salah satu jenis surat yang banyak digunakan adalah surat pengajuan. Memiliki banyak macamnya, berikut ini kami ulas contoh surat pengajuan permohonan izinsecara lengkap untuk Anda jadikan referensi.

Pengertian Surat Pengajuan Izin

Suatu bentuk kerjasama atau kesepakatan antara dua pihak yang berkepentingan harus didukung dengan adanya dokumen legal. Salah satu dokumen legal yang dimaksud adalah surat pengajuan. Agar Anda dapat memahami dengan baik apa itu surat pengajuan serta bagaimana teknis penulisan yang tepat. Silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

  • Definisi Surat Pengajuan

Surat pengajuan atau akrab disebut sebagai surat permohonan merupakan salah satu jenis surat formal yang berisi suatu permohonan terkait hal tertentu dari pihak pembuat ke pihak yang dituju. Jenis surat ini dapat digunakan baik untuk suatu instansi atau perorangan.

  • Tujuan Penulisan Surat

Sesuai dengan pengertian surat pengajuan, maksud penulisan dari surat tersebut adalah untuk menyampaikan pesan akan suatu hal, seperti pengajuan beasiswa, permohonan izin, permohonan pengajuan dana, dan lain sebagainya yang lebih efektif untuk disampaikan secara tertulis. Meskipun terdapat hal-hal lain yang dapat disampaikan secara lisan, namun akan lebih baik jika teknis penyampaiannya secara tertulis agar menunjukkan sikap profesionalitas seseorang atau instansi.

  • Ragam Jenis Surat Pengajuan

Terdapat beberapa jenis surat pengajuan yang sering dibuat. Diantara beberapa ragam jenis tersebut mungkin Anda sudah sering melihat atau justru membuatnya. Ragam jenis surat pengajuan tersebut adalah surat pengajuan permohonan beasiswa, permohonan izin, permohonan pengajuan dana, pengajaun cuti dan lain sebagainya.

  • Format Penulisan Surat Pengajuan

Sebagai bagian dari surat resmi, maka penulisan surat pengajuan ini pun harus sesuai dengan kaidah yang ditentukan. Format penulisannya harus memuat kop surat yang menerangkan identitas perusahaan atau si pembuat surat. Selanjutnya terdapat bagian penegas maksud kedatangan surat yang harus disampaikan secara lugas dengan bahasa yang baku. Terakhir beri tanda tangan dari pihak yang berkepentingan sebagai tanda keabsahan surat dan legalitas surat.

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Izin Penyelenggaraan Acara

Setelah mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan surat pengajuan. Selanjutnya Anda akan disajikan contoh dari surat pengajuan berupa permohonan izin yang merupakan bagian dari referensi contoh surat pengajuan permohonan izin penyelenggaraan suatu acara.

SURAT PENGAJUAN IZIN PERMOHONAN PENYELENGGARAAN ACARA

Yogyakarta, 14 Februari 2011 

Nomor     : 124/SPI/02/2011

Perihal     : Pengajuan Permohonan Izin

Lampiran : –

 

Kepada Yth.

Kepala Desa Sukamaju

Kecamatan Sukamulya, Bekasi

Jawa Barat

 

Dengan hormat,

Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Desa Sukamaju, kami sebagai pengurus Karang Taruna Desa bermaksud untuk mengajukan pengajuan permohonan izin penyelenggaraan acara turnamen olahraga antar RW, pada:

 

Hari          : Selasa – Jumat

Tanggal    : 27 Februari – 03 Maret 2011

Waktu      : 08.30 WIB s/d selesai

Tempat    : Lapangan Desa Sukamaju

 

Guna menyukseskan terselenggaranya acara tersebut, kami bermaksud untuk memohon izin kepada Bapak Kepala Desa Sukamaju agar dapat mengizinkan penggunaan lapangan desa selama kurang lebih 4 (empat) hari.

Demikian surat pengajuan permohonan izin penyelenggaraan acara ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Ketua Karang Taruna Desa Sukamaju

 

Ratna Dwi Prameswari

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Beberapa contoh surat izin tidak masuk bekerja untuk karyawan, pegawai, buruh, pns atau para pekerja lainnya.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karyawan Pabrik

Jepara, 8 Maret 2018

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Semarang Auto Motor Indonesia
Jalan Raya Kudus-Jepara No. 70, Pecangaan, Jepara

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama   : Rani Maharani
Alamat : Jalan Krapyak 30 Kudus
Jabatan : Staff Produksi

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada Selasa, 9 Maret 2018 saya tidak dapat hadir untuk bekerja seperti biasa dikarenakan ada acara pergi keluar kota. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.
Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rani Maharani

Contoh Surat Izin Cuti Libur Kerja Karyawan

Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Asri Agraria
di tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama   :  Joko Septiawan
Alamat : Jalan Magelang Km. 5
Jabatan : Asisten Kepala Bagian Produksi PT. Asri Agraria
Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat masuk kerja selama 3 hari terhitung sejak hari ini dikarenakan sakit. Tak lupa, saya sertakan surat keterangan dokter dari pihak RSUD Magelang.
Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.
Pati, 19 Desember 2017
Hormat saya,
Joko Septiawan

Contoh Surat Izin Cuti Melahirkan Yang Baik

Semarang, 23 Juli 2017

Hal : Surat Permohonan Cuti Kerja
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Personalia
PT. Terang Jaya
Ditempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Wulansari Rizki
ID : JKT-33202001
Posisi : Staff Administrasi

Bermaksud untuk mengajukan izin cuti melahirkan selama 1 Minggu sesuai dengan peraturan perusahaan mulai dari 25 Juli – 2 Agustus 2017.

Demikian permohonan cuti ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin cutinya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya

 

Wulansari Rizki
Admin

Contoh Surat Izin Kerja Tulis Tangan Buatan Sendiri

Malang, 27 Januari 2017

Kepada:
Bapak/Ibu
Kepala Divisi
HRD PT Perkasa
Jl Morangan, Malang, Jawa Timur

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Handy Supriatma
Alamat : Jl Patih, Suka Waringin, Malang
Jabatan : Kepala Marketing

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja selama 2 hari, terhitung 27 Januari hingga 28 Januari 2018 dikarenakan sakit.

Permohonan ini saya sampaikan karena menurut keterangan dokter saya diharuskan istirahat selama 2 hari. Saya lampirkan surat keterangan dari dokter. Semoga Bapak/Ibu HRD PT Perkasa berkenan memberikan izin dan harap menjadi maklum. Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(ttd)

Handy Supriatma

Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

PT HEBAT JAYA
Alamat: Jalan Muja Muju, No 17, Sleman, Yogyakarta

 

Form izin
Nomor : ………./……../……….

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama        : ………………………………
Jabatan     : ………………………………

Mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja selama …. hari pada :…………………………………………… Keperluan  ……………………………..
Demikian surat izin ini saya sampaikan atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Yogyakarta, …………………

(nama terang dan tanda tangan)

Form Izin Tidak Masuk Kerja PNS

          Jakarta, 12 Januari 2017

FORMULIR TIDAK MASUK KERJA

Kepada Yth,

Bapak Kepala Dinas Pendidikan

Provinsi DKI Jakarta

Di tempat

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Suyanto

NIP                        : 1254788

Jabatan                 : Sekretaris Bagian pemerintah Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Pangkat/Gol.         : Pembina Muda/IV B

Bahwa hari ini, Rabu, 12 Januari 2017 tidak bisa masuk kerja karena dalam kondisi sakit dan menjalani perawatan inap di RS Persada Jakarta. Bersama ini, saya lampirkan Surat Keterangan Dokter tempat saya dirawat.

Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

 

Suyanto.

Contoh Surat Keterangan Sakit dari Dokter

SURAT KETERANGAN SAKIT

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama              : Aika Kinanti

Umur               : 27

Pekerjaan        : Resepsionis

Alamat            : Jl. Pakuan No 98 Tegallega

 

Perlu beristirahat karena sakit selama 3 hari terhitung tanggal 3 Oktober sampai 5 oktober 2019. Harap yang berkepentingan maklum.

Bogor, 3 Oktober 2019

Dokter Pemeriksa

 

Dr. Amira Analia

Demikian beberapa Contoh Surat izin yang bisa kami bagikan. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *