Contoh Surat Jual Beli Motor Bekas Cash / Kredit Terlengkap

Salah satu jenis surat niaga atau bisnis yang paling sering beredar dikalangan masyarakat adalah surat perjanjian jual beli. Sesuai dengan namanya surat ini berisi perjanjian dan kesepakatan anatar dua pihak yaitu penjual dan pembeli dalam transaksi yang mereka lakukan. Transaksi tersebut dapat berupa jual beli barang, aktiva tetap seperti tanah, dan masih banyak lainnya. Salah satu tujuan dibuatnya surat perjanjian ini yaitu untuk menghindari permasalahan dan resiko yang dapat timbul dikemudian hari. Selain itu, surat perjanjian juga memiliki format atau bagian bagian surat yang berbeda dengan surat jenis lainnya. Penasaran apa saja perbedaannya? Yuk simak ulasan dibawah ini mengenai contoh surat jual beli motor bekas dan bagian bagian suratnya.

Surat Jual Beli Motor Bekas Cash

Bagian Bagian Surat Perjanjian Jual Beli Dan Contohnya

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa dibawah ini akan dijelaskan beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan bagian bagian suratnya. Lets check it!

  1. Judul surat
    Judul surat berisi tema atau topik yang akan dibahas dalam isi surat. Seperti contohnya “Surat Perjanjian Jual Beli Motor. Judul surat ditulis dibagian atas surat.
  2. Pembuka surat
    Pembuka surat pada jenis surat ini berisi kalimat yang mengantarkan pada isi surat. Pembuka surat juga bisa menjelaskan barang atau hal apa yang diperjual belikan.
  3. Isi surat
    Bagian surat ini berisi identitas diri pihak pertama dan pihak kedua beserta perjanjian dan kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak dalam melakukan kegiatan jual beli.
  4. Penutup surat
    Penutup surat berisi harapan penulis surat atau pihak ketiga agar kedua belah pihak dapat memahami dan mentaati kesepakatan yang telah disetujui bersama tanpa ada rasa paksaan dari pihak manapun
  5. Tanda tangan
    Bagian surat yang terakhir adalah tanda tangan pihak pihak yang bersangkutan yaitu pihak pertama dan kedua. Pihak pertama dan kedua juga melakukan penandatangan surat perjanjian diatas materai 6000 yang berarti surat tersebut berlandaskan dengan hukum.

Contoh Surat Jual Beli Paling Lengkap Untuk Motor

Surat perjanjian jual beli memiliki banyak macam seperti jual beli rumah, tanah, barang mewah, kendaraan dan masih banyak lagi. Namun dibawah ini akan menjelaskan contoh surat perjanjian jual beli motor.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI MOTOR

Bahwa pada tanggal 22 November 2019 telah terjadi kesepakatan antara pihak pertama sebagai penjual dan pemilik Honda Beat warna hitam tahun 2018 dan pihak kedua sebagai pembeli dan penerima kuasa.

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama              : Ira Herawan

Pekerjaan        : Karyawan Swasta

Alamat            : Jalan Menur nomor 10, Yogyakarta

Selanjutnya yang disebut pihak pertama.

Nama              :  Dewi Aryani

Pekerjaan        : Karyawan Swasta

Alamat            : Jalan Anggrek nomor 67, Yogyakarta

Selanjutnya yang disebut pihak kedua.

Melalui surat ini pihak pertama melakukan kegiatan jual beli motor dengan pihak kedua. Pihak pertama menjual motor Honda Beat warna hitam tahun 2018 kepada pihak pertama dengan harga Rp.10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) dengan uang kontan sebesar Rp.4000.000,00 (empat juta rupiah).

Sisanya melanjutkan angsuran kepada PT FIF GROUP FINANCE dengan nomor kwitansi 1234567/mm.mn. Angsuran yang harus dilakukan pihak pertama sebanyak 12 kali dengan nominal Rp. 350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) dalam sekali angsuran yang dibayarkan setiap bulannya. Jika pihak kedua tidak melakukan kewajibannya untuk membayarkan angsuran setiap bulan, maka akan dikenai sanksi sesuai dengan peraturan yang ada.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dengan kesadaran dan kesepakatan bersama tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 

Yogyakarta, 22 November 2019

Pihak pertama,                                                                                                            Pihak kedua,

 

Ira Herawan                                                                                                    Devi Aryani

Demikian mengenai contoh surat jual beli motor dan bagian atau format suratnya yang telah dijelaskan semoga dapat menambah wawasan para pembaca dimanapun anda berada. Artikel diatas merupakan salah satu contoh bentuk surat perjanjian jual beli, selebihnya masih ada banyak contoh dan jenis jenis yang bisa pembaca pelajari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *