Contoh Surat Keterangan

Jika Anda masih berada di bangku sekolah, belum bekerja atau belum merantau biasanya memang kurang mengenal adanya dibahas contoh surat keterangan, penghasilan, kerja, domisili, dll paling lengkap. Namun, seiring dengan berjalannya waktu pasti Anda akan membutuhkan surat tersebut. Surat-surat tersebut akan dibutuhkan jika Anda hendak mengurus sesuatu. Inilah penjelasan lengkap untuk surat-surat tersebut

Contoh Surat Keterangan

Pengertian Surat Keterangan

Surat keterangan merupakan surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh instansi tertentu. Surat tersebut disesuaikan dengan kebutuhan nama yang tercantum dalam surat. Jika yang dibutuhkan adalah surat keterangan penghasilan, tentu saja yang dicantumkan adalah jumlah gaji dan komponen penyusunnya secaar detil. Begitu pula dengan surat keterangan kerja dan sirat keterangan domisili. Pihak yang mengeluarkan surat keterangan merupakan pihak tertentu yang berwenang. Jika terkait dengan penghasilan dan pekerjaan, tentu yang mengeluarkan adalah sekretaris perusahaan. Jika berupa keterangan domisili, maka bisa pihak kelurahan tempat Anda tinggal.

Tujuan Pembuatan Surat Keterangan

Surat keterangan dibuat bukan tanpa keperluan yang jelas.  Ada beberapa jenis alasan yang membuat Anda harus meminta surat keterangan. Contohnya adalah terkait dengan surat penghasilan. Biasanya saat melamar pekerjaan dibutuhkan surat keterangan penghasilan. Hal ini dilakukan untuk lelihat hejak karir Anda. Selain itu, bisa juga untuk menentukan gaji di tempat batu. Tujuan lainnya adalah untuk mendaftar beasiswa. Biasanya jika Anda merupakan pekerja professional yang ingin melanjutkan studi dengan menggunakan beasiswa, surat keterangan penghasilan sangat diperlukan. Surat ini juga diperlukan saat Anda ingin melakukan pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan. Digunakan pula saat hendak membuat visa ke luar negeri.

Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat merupakan salah satu surat formal yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Kegunaan contoh surat keterangan sehat untuk berbagai keperluan salah satunya yaitu dalam melamar pekerjaan. Surat ini diperlukan untuk memenuhi persyaratan administrasi. Misalnya dalam urusan pekerjaan yang sangat membutuhkan kesehatan yang prima. Tanpa adanya tubuh yang sehat, maka ada hal-hal yang kurang bisa ditangani dengan baik di masa depan.

Untuk memiliki surat ini, Anda harus mengurusnya pada pihak kesehatan yang berwenang, misalnya adalah dokter. Surat keterangan sehat umumnya dikeluarkan oleh dokter yang memiliki izin praktik. Dengan izin tersebut, doketr dapat memeriksa serta menentukan apakah Anda sehat atau tidak. Untuk info lengkap dan contoh surat keterangan sehat untuk berbagai keperluan, simak ulasan berikut ini.

Poin – Poin Penting Mengenai Surat Keterangan Sehat

Berikut adalah info lengap terkait dengan surat keterangan sehat. Dilengkapi pula dengan contoh surat keterangan sehat untuk berbagai keperluan.

  1. Masa Berlaku Surat Sehat

Tidak ada aturan yang mengatur secara khusus terkait dengan masa berlakunya surat keterangan sehat. Namun, biasanya instansi yang meminta memberikan syarat khusus untuk mendapatkan kondisi kesehatan terbaru dari pemilik surat. Namun, tujuan dari setiap surat keterangan sehat juga bervariasi sehingga masa berlakunya pun beragam. Anda perlu memastikan kembali surat yang disyaratkan harus memiliki jangka waktu berapa lama.

Pada surat keterangan sehat yang disyaratkan saat melamarkan pekerjaan biasanya memiliki masa berlaku selama 1 hingga 2 minggu. Hal ini dikarenakan perusahaan biasanya akan melakukan skrining terhadap penyakit yang diderita para calon karyawan.

Lain lagi dengan surat keterangan sehat yang diperlukan untuk aktivitas fisik, misalnya lari marathon. Surat keterangan jenis ini biasanya diperlukan dalam waktu yang singkat, yakni selama 1 hingga 3 hari. Biasanya surat keterangan sehat perlu diperbarui beberapa bulan sekali, terlebih jika instansi Anda membutuhkan data terkait kesehatan secara berkala. Namun, biasanya keterangan sehat yang berkala disertai pula dengan pemeriksaan gratis.

  1. Tahapan Membuat Surat Keterangan Sehat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan berkunjung ke rumah sakit terdekat dari rumahmu. Jika Anda menginginkan pemeriksaan dengan biaya yang terjangkau, bisa dengan mendatangi rumah sakit daerah atau puskesmas. Biasanya tarif yang ditetapkan jauh lebih murah. Setelah itu, datanglah ke bagian resepsionis atau pelayanan dan sampaikan maksud Anda untuk membuat surat keterangan sehat. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk mndatangi bagian yang mengurus pembuatan surat keterangan sehat.

Jika Anda belum pernah terdaftar sebagai pasien di rumah sakit atau puskesmas tersebut, biasanya Ada harus mendaftarkan diri sebagai pasien. Namun, jika sudah terdaftar maka Anda cukup memberikan nama serta tanggal lahir untuk diverifikasi. Anda akan diarahkan ke bagian umum untuk diperiksa beberapa hal mendasar terkait kesehatan, misalnya adalah tekanan darah, berat badan serta tinggi badan. Anda akan ditanya pula mengenai kondisi badan. Jika Anda dinyatakan sehat, maka surat sehat akan dikeluarkan beserta dengan tanda tangan dari dokter yang memeriksa Anda.

Contoh Surat Keterangan Sehat

Apakah Anda masih bingung bagaimana format dari surat keterangan sehat? Agar Anda tak lagi kebingungan, maka cobalah untuk menyimak contoh surat keterangan sehat untuk berbagai keperluan. Inilah contoh surat yang biasanya diberikan oleh instansi kesehatan:

SURAT KETERANGAN SEHAT

Nomor : 44/648/km/2019

Dengan ini saya menerangkan bahwa :

Nama              : Dewi Astuti

Umur               : 20 Tahun

Pekerjaan        : –

Alamat            : Jl. Anggur No.190 Perum Citra Lestari, Bogor

Pada saat pemeriksaan hari ini saya mengatakan dalam keadaan

SEHAT

Surat keterangan ini digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan.

Berat badan    : 55 kg

Tinggi badan   : 165 cm

TD        : 120/60

GD       : A

 

Bogor, 1 Desember 2019

Yang memeriksa

 

PT. Ari Wibawa

Itulah contoh surat keterangan sehat untuk berbagai keperluan yang biasa dikeluarkan oleh instansi kesehatan. Jika Anda memerlukan surat tersebut, segera datang instansi yang berwenang. Agar tidak terjebak antrian pemeriksaan kesehatan, datanglah lebih pagi dan Anda bisa mendapatkan surat keterangan sehat dengan cepat.

Surat Keterangan Lulus

Momen lulus sekolah memanglah tak terlupakan. Akan tetapi, setelah lulus anda tentu tidak langsung mendapatkan Ijazah ataupun Transkrip Nilai. Lantas bagaimana jika anda ingin melanjutkan sekolah atau ingin melamar pekerjaan? Tenang, ternyata anda dapat menggunakan surat keterangan lulus. Tetapi, tidak semua orang dan mungkin juga anda tahu seperti apa contoh surat keterangan lulus untuk berbagai keperluan bukan? Padahal surat ini sangatlah penting untuk anda miliki, pada saat Ijazah atau Transkrip Nilai belum keluar.

Surat keterangan lulus sendiri merupakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh instansi tempat anda sekolah sebagai pengganti ijazah. Didalam surat keterangan lulus berisi informasi yang menyatakan jika anda telah dinyatakan lulus dari instansi tempat anda sekolah. Bagaimana sudah tahukah anda tentang surat keterangan lulus atau justru semakin penasaran? Bagi anda yang penasaran, berikut ulasan terkait cara membuat dan contoh surat keterangan lulus untuk berbagai keperluan yang dapat anda simak. Ingat jangan sampai terlewatkan dan simaklah hingga akhir.

Cara Membuat Surat Keterangan Lulus

Tidak hanya penting untuk mengetahui seperti apa rupa contoh surat keterangan lulus untuk berbagai keperluan, anda juga wajib tahu bagaimana cara untuk membuatnya. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini ulasan cara membuat surat keterangan lulus untuk anda yang wajib disimak.

  1. Mempersiapkan Persyaratan

Persyaratan pertama dan utama adalah anda harus membuat berita acara mengenai ujian kelulusan, sedang bagi mahasiswa membuat berita acara skripsi atau disertasi atau tesis. Anda juga dapat melampirkan transkrip nilai terakhir saat membuat surat keterangan lulus. Bagi anda yang memiliki jenjang pendidikan diploma, sarjana atau pascasarjana sedikit berbeda karena harus turut serta menyerahkan CV sarjana, pas foto, fotocopy  Ijazah terakhir dan surat bebas pinjaman dari perpustakaan.

  1. Validasi Dokumen

Persyaratan yang telah lengkap untuk kemudian diserahkan kepada staf yang berwenang. Sebelum diserahkan kepada staf terkait ada baiknya anda cek dahulu dan pastikan tidak ada persyaratan yang kurang agar proses pembuatan dapat berjalan lancar. Staf yang berwenang tersebut kemudian melakukan validasi terhadap dokumen sembelum membuat surat keterangan lulus. Validasi ini untuk menghindari kekeliruan, agar data pada dokumen dan data di surat keterangan lulus sejalan atau cocok.

  1. Surat Keterangan Disahkan

Apabila dokumen persyaratan anda telah divalidasi dan ternyata terbukti benar. Proses selanjutnya yakni menyerahkan surat keterangan lulus kepada kepala bagian yang kemudian akan diteruskan kepada kepala sekolah, dekan atau rektor. Surat keterangan lulus yang telah sampai di tangan kepala sekolah, dekan atau rektor akan dibubuhi tanda tangan dan cap resmi dari sekolah atau universitas terkait sebagai tanda persetujuan. Oleh sebab itulah, surat keterangan lulus ini termasuk kedalam golongan surat resmi.

Contoh Surat Keterangan Lulus

Berikut contoh salah satu  surat keterangan lulus untuk berbagai keperluan yang baik dan benar.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PETERNAKAN
Jl. Dr. Soeparno Karangwangkal – Purwokerto 53123

SURAT KETERANGAN LULUS
NOMOR: 0000/UN00.00.0/PP.00.00/2019

Dekan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto menerangkan bahwa:

Nama                               : Rabbani Putra Nayuka

Nomor Induk Mahasiswa : D1A017XXX

Tempat, Tanggal Lahir     : Riau, 27 Oktober 1999

Alamat                             : Jl. Jendral Soedirman No.105, Purwokerto

Yang bersangkutan telah lulus Sarjana Peternakan (S.Pt) pada:

Yudisium Tanggal             : 24 Oktober 2019

Predikat Lulus                  : Dengan Pujian

Demikian surat Keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, sambil menunggu Ijazah asli yang sedang diproses penerbitan.

 

Dikeluarkan di : Purwokerto

Pada Tanggal   : 24 Oktober 2019

                                                                       

 

An. Dekan,

Wakil Dekan Bidang Akademik

 

 

 

Alif Syaibani Alexis

NIP. 00000000 000000 0 000

Demikianlah ulasan terkait cara membuat dan contoh surat keterangan lulus untuk berbagai keperluan. Sekian, semoga ulasan ini mampu memberikan manfaat untuk anda dan orang-orang disekitar. Pastikan anda memiliki surat keterangan lulus ini ketika Ijazah anda belum keluar. Hal tersebut karena surat keterangan lulus sementara ini bisa anda gunakan untuk mendaftarkan diri ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi atau dapat juga untuk melamar pekerjaan.

Surat Keterangan Penghasilan

Bagi anda yang sekarang berada di bangku sekolah atau anda yang baru saja mulai bekerja tentu merasa sedikit asing dengan surat keterangan penghasilan. Oleh karena itu, anda tentu penasaran seperti apa contoh surat keterangan penghasilan sekaligus tujuan dibuatnya surat keterangan tersebut bukan? Untuk mengatasi rasa penasaran anda, kini anda telah berada pada artikel yang tepat karena artikel ini akan membahas terkait tujuan dibuat dan contoh dari surat keterangan penghasilan khusus untuk anda.

Sebelum membahas lebih jauh terkait contoh surat keterangan penghasilan sekaligus tujuan dibuatnya, ada baiknya anda untuk mengetahui pengertian dari surat keterangan penghasilan. Surat keterangan penghasilan adalah salah satu jenis surat keterangan yang tergolong kedalam surat resmi dimana didalamnya berisi keterangan mendetail terkait jumlah gaji yang diterima beserta komponen penyusun gaji milik seorang pegawai. Surat keterangan penghasilan umumnya dibuat oleh sekretaris perusahaan dan disahkan oleh atasan di perusahaan. Lantas mengapa anda membutuhkan surat keterangan penghasilan? Untuk mengetahuinya simaklah ulasan berikut ini.

Tujuan Dibuatnya Surat Keterangan Penghasilan

Walaupun surat keterangan penghasilan tidak selalu dibutuhkan, tetapi tetap penting bagi anda untuk mengetahui contoh surat keterangan penghasilan paling lengkap. Hal tersebut karena ada beberapa hal yang acap kali membutuhkan surat keterangan penghasilah sebagai salah satu persyaratannya. Berikut ini ulasan beberapa tujuan dibuatnya surat keterangan penghasilan yang wajib untuk anda ketahui.

  1. Untuk Melengkapi Persyaratan Melamar Pekerjaan

Melamar pekerjaan memang tidak selalu membutuhkan surat keterangan penghasilan. Akan tetapi, ada beberapa perusahaan yang mewajibkan untuk menyertakan surat tersebut sebagai salah satu persyaratannya. Sebenarnya, surat keterangan penghasilan tersebut cukup penting untuk perusahaan tempat anda melamar. Mengapa demikian? Karena mereka mampu untuk menentukan berapa besar gaji anda diperusahaan tersebut, berdasarkan surat keterangan penghasilan diperusahaan tempat anda bekerja sebelumnya.

  1. Untuk Melengkapi Persyaratan Mendaftar Beasiswa

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan tetapi melalui beasiswa jalur professional tentulah harus memiliki surat keterangan penghasilan. Mengapa demikian? Karena surat tersebut menjadi salah satu persyaratan wajib untuk dapat memperoleh beasiswa. Selain surat keterangan penghasilan, umumnya anda juga diminta membuat surat rekomendasi dari atasan sebagai salah satu persyaratan khusus mendaftar beasiswa. Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan beasiswa jalur professional, karena beasiswa tersebut dapat didapat mulai dari institusi swasta hingga dari instansi pemerintah.

  1. Untuk Melengkapi Persyaratan Membuat Visa

Tidak hanya untuk melengkapi persyaratan melamar pekerjaan dan mendaftar beasiswa, surat keterangan penghasilan juga digunakan untuk melengkapi persyaratan dalam membuat visa. Untuk itu, anda wajib untuk membuat surat keterangan penghasilan terlebih dahulu, apalagi jika destinasi anda adalah negara maju maka surat tersebut menjadi syarat wajib. Hal tersebut karena negara ingin memastikan jika anda memiliki uang atau tabungan yang cukup untuk hidup diluar negeri selama mengunjungi negara maju. Selain itu, negara tujuan destinasi anda juga tidak ingin mendapatkan masalah jika anda tidak dapat pulang, sehingga surat tersebut menjadi wajib dimiliki.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Berikut contoh surat keterangan penghasilan yang bisa anda jadikan acuan:

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                               : Rabbani Putra Nayuka

Jabatan                             : Wakil Kepala Bagian Marketing dan Produksi

Status                               : Karyawan Tetap

Tanggal Masuk Kerja        : 27 Oktober 2018

Penghasilan Per-Bulan     : Gaji Pokok                             : Rp 5.750.000

Tunjangan Tempat Tinggal   : Rp 1.250.000

Tunjangan Makan                 : Rp    500.000

Total                              Rp 7.500.000

Adalah benar karyawan di PT. Nayuka&Co s/d sekarang sesuai dengan  data diatas

Demikian surat Keterangan Penghasilan ini dibuat untuk dapat dipergunakan dengan semestinya.

Baturraden, 20 Oktober 2019

PT. Nayuka&Co,

 

 

Nayuka Akbar

Direktur

 

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Daftar Kuliah

DINAS PENDIDIKAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT
SUKU DINAS PENDIDIKAN MENENGAH KOTA BOGOR
SMA NEGERI 1 BOGOR
Jl. Ir. H. Djuanda No 17 Bogor 16135

Surat Keterangan Tentang Penghasilan
No. 119/1.875.09

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama              : Drs. Budi Permana

NIP                  : 7243528103

Jabatan           : Kepala Sekolah

Unit Kerja        : SMA 1 Bogor

Menerangkan bahwa :

Nama              : Inka Amalia

NIP                  : 7243583245

Jabatan           : Guru Matematika

Unit Kerja        : SMA 1 Bogor

Merupakan nama atas nama guru di SMA 1 Bogor dan sesuai dengan data Kepegawaian dan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Yang bersangkutan memiliki perincian penghasilan dengan perincian :

Gaji                  : Rp4.000.000

TKD                 : Rp8.000.000

Sertifikasi        :Rp3.000.000

Total Rp15.000.000

Jumlah penghasilan perbulan Rp15.000.000 (Lima belas juta rupiah)

Demikian surat keterangan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan sesuai dengan keperluannya. Harapannya surat ini tidak untuk dipersalahgunakan untuk kepentingan yang tidak sesuai.

Bogor, 2 Desember 2019

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMA 1 Bogor

 

 

Drs. Budi Permana

Surat Keterangan Domisili

Surat keterangan domisili ini merupakan salah satu surat yang masuk kedalam golongan surat resmi karena dikeluarkan dan diresmikan pejabat yang berwenang. Sesuai dengan namanya surat keterangan domisili ini berisi keterangan yang menerangkan jika seseorang berada atau bertempat tinggal disuatu daerah atau wilayah tertentu.

Sebelum membahas lebih jauh terkait persyaratan, serta contoh surat keterangan domisili untuk berbagai keperluan ada baiknya ada ketahui tentang satu hal. Walaupun surat keterangan domisili dikeluarkan oleh isntansi, akan tetapi surat keterangan tersebut bisa anda gunakan untuk kepentingan pribadi atau perusahaan. Agar anda lebih memahami terkait surat keterangan domisili, berikut ulasan terkait beberapa persyaratan yang wajib anda penuhi saat membuat surat, serta contoh surat keterangan domisili.

Syarat-Syarat Dalam Membuat Surat Keterangan Domisili

Selain harus mengetahui contoh surat keterangan domisili untuk berbagai keperluan, penting pula untuk anda ketahui persyaratan yang dibutuhkan agar dapat membuat surat tersebut. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus anda penuhi saat akan membuat surat keterangan domisili.

  1. Surat Permohonan

Bagi anda yang akan membuat surat keterangan domisili perlu untuk membuat surat permohonan. Surat permohonan tersebut harus menunjukkan informasi terkait kebenaran serta keabsahan dari dokumen dan data diri anda. Penting untuk anda ketahui, saat membuat surat permohonan ini harus disertakan materai 6000 pada bagian tanda tangan yang harus anda bubuhi.

  1. Kartu Identitas

Membuat surat keterangan domisili juga wajib menyertakan kartu identitas. Kartu identitas ini untuk menunjukan identitas anda yang sesungguhnya. Kartu identitas yang diperlukan diantaranya Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan Kartu Keluarga atau KK. Untuk berjaga-jaga anda juga dapat menyiapkan fotocopy KTP dan KK milik anda.

  1. Surat Pengatar

Sama halnya ketika anda akan membuat surat resmi tentulah harus menggunakan surat pengantar. Surat pengantar ini diberikan oleh ketua RT dan juga ketua RW. Anda bisa menyerahkan persyaratan yang diminta pada ketua RT untuk kemudian mengisi formulir yang diberikan sesuai data diri, jangan lupa untuk meminta ketua RT dan ketua RW membubuhi tanda tangan pada formulir anda disertai cap.

  1. Pas Photo

Saat membuat surat keterangan domisili anda wajib menyiapkan pas photo. Pas photo ini akan digunakan sebagai bukti arsip di kelurahan dan akan ditempel pula pada surat keterangan domisili. Oleh sebab itu, anda wajib untuk menyiapkan beberapa lembar pas photo agar proses pembuatan surat berjalan dengan baik tanpa kekurangan.

Contoh Surat Keterangan Domisili

Berikut contoh surat keterangan domisili yang bisa anda buat untuk berbagai keperluan:

PEMERINTAH KABUPATEN BANYUMAS
KECAMATAN BATURRADEN
KELURAHAN DESA KARANGTENGAH
Jl. Raya Baturraden Barat– 53151 Banyumas

SURAT KETERANGAN DOMISILI
NOMOR: 000/000/X/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                               : Ali Gazanfar

Jabatan                             : Kepala Desa Karangtengah

Alamat                             : Karangtengah RT 005 RW 001, Baturraden, Banyumas

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                               : Salsabila Kaila Akbar

Tempat, Tanggal Lahir     : Purwokerto, 27 Oktober 1999

Jenis Kelamin                   : Perempuan

Agama                              : Islam

Pekerjaan                         : Wiraswasta

Nomor KTP/NIK               : 3300000000000001

Keperluan                         : Melengkapi persyaratan penerimaan bantuan pendidikan

di SMA                       Purwokerto

Keterangan Lain-Lain       : Orang tersebut benar-benar berdomisili dan bertempat

tinggal di desa Karangtengan 005/003, Baturraden

Alamat                             : Karangtengah, RT 005 RW 003, Baturraden

Berlaku Mulai Tanggal     : 20 Oktober 2019 s/d 19 November 2019

Demikian surat Keterangan Domisili ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan kepada pihak yang berkepentingan mohon menjadi maklum.

 

Rempoah, 24 Oktober 2019

Tanda Tangan Ybs,                                                           Kepala Desa Karangtengah

 

Salsabila Kaila Akbar                                                        Ali Gazanfar

NIP. 0000000000000

Surat Keterangan Usaha

Surat Keterangan Usaha (SKU) merupakan salah satu surat yang sangat diperlukan untuk kelancaran usaha Anda. Meski jarang didengar, surat jenis ini sangat penting untuk kalangan pengusaha, baik skala rumahan ataupun industri besar. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait contoh surat keterangan usaha terbaru dan paling lengkap, simak ulasan di bawah ini ya.

Beberapa Poin mengenai Surat Keterangan Usaha

Kali ini akan diulas secara lengkap infor terkait Surat Keterangan Usaha. Agar Anda tidak bingung, akan disertai pula dengan contoh surat keterangan usaha terbaru dan paling lengkap. Inilah penjelasan lengkapnya

  1. Manfaat Surat Keterangan Usaha

Sebenarnya apa manfaat dari Surat Keterangan Usaha? Surat ini berperan penting agar bisnis dapat berkembang lebih jauh. Adanya SKU sangat diperlukan untuk memenuhi syarat administratif berbagai hal. Surat Keterangan Usaha biasanya dignakan sebagai bukti bahwa usaha yang dijalankan merupakan usaha yang legal.

Selain itu, bisa juga sebagai persyaratan dalam mengajukan pinjaman bank. Jika Anda wirausahawan, SKU menjadi syarat dalam pembuatan NPWP. Bisa pula digunakan sebagai syarat saat mengikuti tender. Bahkan, untuk menaikkan golongan tarif listrik dari skala rumah ke bisnis pun membutuhkan SKU. Masa berlaku Surat Keterangan Usaha ini berlaku selama 1 tahun sejak tanggal surat diterbitkan.

  1. Cara Mengurus SKU

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam mengajukan pembuatan SKU. Dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain surat penantar dari RT atau RW, KTP yang masih berlaku, Kartu Keluarga serta Surat Penyataan. Setelah syarat tersebut dipersiapkan dengan baik, maka lakukan tahapan yang ada sesuai dengan prosedur.

Surat pengantar bisa dibuat di kepala RT atau RW dengan membawa KTP atau KK. Setelah itu, bawalah surat pengantar tersebut ke kantor kelurahan. Di kelurahan, temuilah pihak yang berkepentingan dan sampaikan bahwa Anda bermaksud untuk membuat surat keterangan usaha.

Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan Surat Keterangan Usaha. Setelah formulir dan sluruh berkas lengkap, maka serahkan ke petugas dan tunggu SKU selesai dibuat. Waktu yang diperlukan untuk membuat surat berbeda-beda tiap derah. Berhubungan pula dengan antrian dalam membuat. Umumnya, pembuatan SKU di kelurahan ini tidak dikenai biaya.

Tahapan selanjutnya adalah dengan membawa Surat Keterangan Usaha yang sudah jadi ke kantor kecamatan. Surat yang sudah jadi tersebut akan ditandatangani oleh kepala kecamatan. Pastikan pula surat tersebut ditanda tangani oleh stempel kecamatan. Peresmian surat ini di kantor kecamatan pun tidak dikenai biaya.

Contoh Surat Keterangan Usaha

Jika Anda sudah memahami apa itu surat keterangan usaha, manfaatnya serta bagaimana prosedur dalam membuatnya maka sudah saatnya Anda melihat contoh surat keterangan usaha terbaru dan paling lengkap. Inilah surat keterangan usaha yang biasanya dikeluarkan oleh pemerintah dan diperlukan untuk keperluan administrasi.

Surat Keterangan Usaha

No : 12/Tegallega/BS-524/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini kepala desa Tegallega, kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor menerangkan bahwa :

Nomor NIK                  : 3307096307361

Nama                          : Budi Paramadina

Jenis Kelamin              : Laki-laki

Agama                         : Islam

Kebangsaan                 : Indonesia

Pekerjaan                    : Wiraswasta

Alamat                        : Gang Babakan Fakultas No. 41, Tegallega, Bogor Tengah

 

Adalah benar yang bersangkutan memiliki usaha.

 

Jenis usaha                  : Jasa Percetakan

Alamat                        : J. Binamarga No. 78 Bogor Utara

 

Surat Keterangan Usaha ini bukan merupakan izin untuk membuat usaha baru. Demikian surat ini ini dibuat dengan tujuan agar yang namanya dicantumkan di atas dapat mempergunakan sesuai dengan keperluan yang benar. Surat ini berlaku selama 3 tahun sejak tanggal pembuatan.

 

 

Bogor, 4 November 2019

Pemohon                                                                                                        Kepala Desa

 

 

Budi Paramadina                                                                                                   Waluyo

Surat Keterangan Bebas Narkoba

Dizaman sekarang ini, persayaratan mencari kerja semakin sulit. Selain skill yang memadai, dokumen yang diperlukan juga semakin banyak. Salah satunya Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN). Seperti namanya, surat ini menyatakan bahwa orang yang diperiksa benar-benar terbebas dari penyalah gunaan obat-obatan terlarang (NAPZA). Namun, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuatnya.

Dimana Tempat Mendapatkan SKBN?

Contoh surat keterangan bebas narkoba paling lengkap diatas adalah surat yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit, yang artinya anda melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit. Namun jika tidak memungkinkan, anda bisa melakukan test urine untuk mendapatkan SKBN di tempat-tempat berikut ini:

  1. Kantor Polisi

Rumah Sakit, Klinik, atau puskesmas memanglah menyediakan pelayanan test urine. Namun, anda juga bisa mendapatkan SKBN di kantor polisi terdekat. Setelah mendapatkan hasil laboratorium Rumah Sakit, bawalah hasil tersebut ke kantor polisi. Dengan membawa persyaratan yang telah kami sebutkan diatas, mintalah Surat Keterangan Bebas Narkoba. Lalu tunggu hasilnya. Jangan lupa  untuk segera membuat salinan atau fotokopi untuk dilegalisir agar dapat digunakan sewaktu-waktu saat diperlukan, sehingga anda tak perlu membuat yang baru.

  1. Balain Badan Narkotika Nasional (BNN)

Selain Rumah Sakit dan kantor polisi, anda juga bisa mendapatkan SKBN secara langsung di Balai Badan Narkotika Nasional (BNN). Jika kantor polisi hanya memberikan surat keterangan, maka BNN bisa memberikan keterangan berdasarkan hasil test secara langsung. Sehingga anda bisa mendapatkan keduanya dengan mudah. Biasanya, anda akan diminta untuk membawa sendiri alat test urine yang berbentuk seperti alat test kehamilan dan juga tabung yang dapat dibeli di apotik atau toko kesehatan

  1. Puskesmas

Sebenarnya, anda dapat melakukan pemeriksaan bebas narkoba dimanapun selama instansi kesehatan tersebut menyediakan layanan ini. Tak hanya Rumah Sakit besar, beberapa puskesmas biasanya menyediakan layanan test urine. Untuk biayanya biasanya berkisar antara Rp.150-200 ribu tergantung tempat anda melakukan test.

Cara Mendapatkan Surat Keterarangan Bebas Narkoba

Namun sebelum mengetahui contoh surat keterangan bebas narkoba, sebaiknya ketahui dahulu apa saja syarat-syarat untuk membuatnya. Sebelum menuju Rumah Sakit atau tempat test urine, pastikan anda membawa dokumen-dokumen ini:

  • Pas foto sesuai dengan tahun kelahiran (Ganjil=merah), (genap=biru) berukuran 4×6 dengan jumlah 3 lembar (sebaiknya lebih untuk berjaga-jaga)
  • 3 lembar fotokopi KTP Elektronik dan membawa yang asli
  • 3 lembar fotokopi Kartu Keluarga dan membawa yang asli

Saat sampai di tempat tujuan, anda akan menerima tabung kecil untuk menampung air seni untuk keperluan pemeriksaan seperti:

  • Pemeriksaan Amphetamine
  • Pemeriksaan Cocaine
  • Pemeriksaan Metamphetamin
  • Pemeriksaan marijuana
  • Pemeriksaan Benzodiazephine
  • Pemeriksaan Morphine

Selain dilakukan pemeriksaan oleh dokter, beberapa tempat juga mengharuskan anda membawa sendiri alat test dan tabung penampung urine. Setelah melalui tahap test urine dan menunggu selama kurang lebih 30 menit, hasilnya akan keluar. Anda akan menerima surat atau keterangan sebagai berikut:

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba

INSTALASI LABORATORIUM PATOLOGI KLINIK

RSUD BANYUMAS

Jl. Rumah Sakit No.1 Banyumas, Telp (021) 89086

 

Penanggungjawab : dr. Edi Susilo Msi. Med, SpPK (NIP. 1975 09845200901. 06. 001)

 

Nama  : Aldi Suseno

No. RM            : 234627

Umur   : 25 Tahun

Kelamin: Laki-laki

Alamat : Jl. Jenderal Soedirman No. 20 Purwokerto

No. Lab            : 22713548

Nama dokter : dr. Aris Setiawan

Ruangan: Poli umum

 

 

Jenis Pmeriksaan

HasilNilai Normal

Benzodiazepine

Negatif (-)Negatif (-)

Amphetamine

Negatif (-)

Negatif (-)

Cocain

Negatif (-)

Negatif (-)

Canabinoid

Negatif (-)

Negatif (-)

MorphineNegatif (-)

Negatif (-)

 

Kesimpulan:

Yang bersangkutan saat melakukan pemeriksaan urine di Laboratorium TIDAK mengandung unsur-unsur yang termasuk dalam Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lain (NAPZA) yang berjenis seperti disebutkan diatas.

 

Banyumas, 21 September 2017

Pemeriksa,

 

Widyawati Astuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *