best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points

Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Inisiatif Sendiri | Tips Terbaik

Saat mencari pekerjaan, surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang mewakili diri kita kepada calon pemberi kerja. Oleh karena itu, surat lamaran kerja harus memperlihatkan bahwa kita adalah kandidat yang tepat dan berpotensi untuk posisi tersebut.

Salah satu cara untuk menarik perhatian calon pemberi kerja adalah dengan menunjukkan inisiatif kita dalam surat lamaran kerja. Namun, bagaimana cara menulis surat lamaran kerja dengan inisiatif sendiri yang efektif dan menarik perhatian? Artikel ini akan memberikan tips dan contoh surat lamaran kerja dengan inisiatif sendiri yang dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Mengapa Inisiatif Sendiri Penting dalam Surat Lamaran Kerja?

Di era persaingan kerja yang semakin ketat, pencarian pekerjaan menjadi semakin sulit. Selain mempunyai kualifikasi yang unggul, menunjukkan inisiatif sendiri dalam surat lamaran kerja bisa menjadi pembeda dari para pelamar lainnya.

Membuka surat lamaran kerja dengan pengenalan diri dan riwayat pendidikan hanyalah langkah awal. Menunjukkan inisiatif sendiri adalah kunci untuk menarik perhatian pewawancara dan memberi kesan yang positif tentang diri anda.

Inisiatif sendiri dalam surat lamaran kerja berarti menyampaikan gagasan atau tindakan yang potensial untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya, dan juga menunjukkan dedikasi dan keinginan terhadap pekerjaan yang dilamar.

Mengapa Inisiatif Sendiri Dapat Meningkatkan Peluang Kerja?

KeuntunganPenjelasan
Menunjukkan KeaktifanDengan menunjukkan inisiatif sendiri, Anda menunjukkan antusiasme dan semangat kerja yang tinggi.
Menunjukkan KemampuanInisiatif sendiri dapat menunjukkan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah dan mengambil tindakan yang dibutuhkan tanpa dikontrol.
Meningkatkan KreativitasMenunjukkan inisiatif sendiri dalam surat lamaran kerja mendorong kreativitas dan inovasi dalam diri Anda.
Memonitor KinerjaInisiatif sendiri memungkinkan Anda untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja Anda secara mandiri, dan meningkatkan kualitas karya yang dihasilkan.

Menunjukkan inisiatif sendiri dalam surat lamaran kerja tidak hanya menunjukkan dedikasi dan semangat dalam pekerjaan, tetapi juga kemampuan untuk berpikir kreatif dan mandiri. Ini adalah kualitas yang dicari oleh banyak perusahaan dalam pencarian kandidat yang tepat untuk posisi yang diinginkan.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Inisiatif Sendiri

Menulis surat lamaran kerja dengan inisiatif sendiri bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Namun, dengan beberapa tips ini, kamu dapat menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian perusahaan:

    • Jangan terlalu formal

Meskipun surat lamaran haruslah resmi, kamu tidak perlu terlalu kaku dalam penulisannya. Cobalah untuk menulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terlalu formal.

    • Singkirkan informasi yang tidak perlu

Pastikan surat lamaranmu singkat dan padat. Singkirkan informasi yang tidak relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Perusahaan biasanya memiliki banyak surat lamaran untuk dinilai, jadi pastikan suratmu tidak terlalu bertele-tele.

    • Tunjukkan keunikanmu

Jangan takut untuk menunjukkan keunikan yang kamu miliki. Apa yang membedakanmu dari kandidat lain? Tuliskan dalam surat lamaranmu!

    • Fokus pada inisiatifmu

Ingatlah bahwa inisiatif adalah kunci untuk menarik perhatian perusahaan. Fokuslah pada pengalamanmu dalam mengambil inisiatif di tempat kerjamu sebelumnya, dan bagaimana kamu bisa membawa inisiatifmu ke perusahaan yang ingin kamu lamar.

Dengan tips-tips di atas, kamu dapat menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian perusahaan dengan inisiatifmu. Selanjutnya, kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja dengan inisiatif sendiri pada bagian berikutnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Inisiatif Sendiri

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana menulis surat lamaran kerja yang menunjukkan inisiatif, berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja dengan inisiatif sendiri:

Kepada Yth,

HRD PT ABCD

Jl. Sulawesi No. 17, Jakarta

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja di PT ABCD sebagai Marketing Executive. Saya tertarik dengan perusahaan ini karena memiliki visi dan misi yang sejalan dengan minat dan kompetensi saya.

Sebagai seorang lulusan S1 Marketing, saya telah mempelajari berbagai strategi pemasaran dan pengembangan produk. Saya juga memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun sebagai marketing di perusahaan startup, di mana saya bertanggung jawab atas penjualan dan pengelolaan pelanggan.

Untuk menunjukkan inisiatif saya, saya ingin berbagi ide untuk meningkatkan penjualan produk PT ABCD. Saya melihat bahwa PT ABCD belum memiliki program loyalty customer yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendorong penjualan ulang. Saya memiliki pengalaman mengembangkan program seperti ini dan dapat membantu PT ABCD menciptakan program yang sesuai dengan budaya perusahaan dan kebutuhan pelanggan.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan PT ABCD dan menjadi bagian dari tim yang kreatif dan inovatif untuk mencapai target perusahaan. Terlampir adalah CV dan portofolio saya, dan saya siap menghadiri wawancara kapan saja. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Nama Anda

Menggambarkan Pengalaman dan Prestasi

Tidak hanya menunjukkan inisiatif, menunjukkan pengalaman kerja relevan dan pencapaian juga dapat membuat surat lamaran Anda menonjol. Pastikan Anda menyoroti pengalaman dan pencapaian yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar.

Berikut adalah beberapa tips untuk menunjukkan pengalaman dan pencapaian Anda:

  • Berikan contoh konkret pengalaman kerja sebelumnya dan bagaimana Anda menunjukkan inisiatif dalam pekerjaan tersebut. Misalnya, jika Anda berhasil meningkatkan penjualan produk tertentu, jelaskan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mencapai tujuan ini.
  • Jangan lupa untuk menyoroti peningkatan kinerja dan pencapaian dalam posisi sebelumnya. Misalnya, jika Anda berhasil meningkatkan efisiensi operasional sebuah perusahaan, sebutkan persentase peningkatan dan bagaimana Anda melakukannya.
  • Sebutkan penghargaan atau sertifikasi yang pernah Anda terima dalam kaitannya dengan pekerjaan sebelumnya, seperti sertifikasi bidang IT atau penghargaan karyawan bulan.

Menjelaskan pengalaman dan pencapaian Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar dapat membantu Anda memperkuat surat lamaran Anda dan menunjukkan bahwa Anda memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk sukses dalam peran tersebut.

Menonjolkan Kemampuan Beradaptasi dan Memecahkan Masalah

Ketika menulis surat lamaran kerja, penting untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang baru dan tidak terduga. Ketidakpastian adalah bagian dari kehidupan, dan kemampuan untuk beradaptasi adalah kualitas yang sangat dihargai oleh para perekrut.

Dalam surat lamaran kerja Anda, sebutkan contoh di mana Anda berhasil beradaptasi dengan situasi yang sulit, seperti menghadapi tantangan dalam proyek kerja atau mengatasi konflik antar-rekan kerja. Ini akan menunjukkan bahwa Anda mampu menghadapi situasi yang tidak pasti dengan kepala dingin dan dapat menemukan solusi yang tepat.

Selain itu, Anda juga dapat menunjukkan kemampuan Anda untuk memecahkan masalah dalam surat lamaran kerja Anda. Sebutkan situasi di mana Anda berhasil menyelesaikan masalah yang kompleks dengan inisiatif dan kemampuan analitis yang kuat. Hal ini akan menunjukkan pada perekrut bahwa Anda adalah kandidat yang mampu memberikan solusi untuk masalah dan menyelesaikan tugas dengan efektif.

Secara umum, menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang baru dan mampu memecahkan masalah adalah kualitas yang paling dicari oleh perekrut. Dengan menunjukkan kemampuan ini dalam surat lamaran kerja Anda, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk dipilih sebagai kandidat yang ideal.

Menunjukkan Kreativitas dalam Penulisan Surat

Menulis surat lamaran kerja dengan gaya penulisan yang kreatif dan menarik dapat memenangkan hati perekrut. Ini penting untuk menunjukkan inisiatif Anda. Kreativitas menambah daya tarik dan membuat surat lamaran Anda menonjol dari yang lain.

Kreativitas dapat diterapkan pada berbagai hal, termasuk pada kalimat pembuka, penggunaan kata-kata yang berbeda, penggunaan cerita pendek untuk menyoroti pencapaian yang relevan dengan pekerjaan, dan lain-lain. Namun, pastikan kreativitas Anda tidak berlebihan dan tetap profesional.

“Saya sering melihat surat lamaran kerja dengan kalimat pembuka yang membosankan seperti, “Saya menulis untuk mengajukan permohonan pekerjaan…” Cobalah untuk membuat kalimat pembuka yang lebih menarik untuk menarik perhatian perekrut.”

– Contoh HR Manager

Cobalah untuk mempertimbangkan gaya dan budaya perusahaan saat menulis surat. Misalnya, jika perusahaan sangat bersemangat tentang inovasi dan pengembangan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan gambaran atau metafora yang berhubungan dengan tema tersebut dalam surat lamaran Anda. Selain itu, jangan takut untuk menunjukkan kepribadian Anda dan mengekspresikan diri Anda melalui kalimat-kalimat Anda.

Menyelaraskan Inisiatif dengan Visi Perusahaan

Menunjukkan inisiatif bukan hanya tentang menampilkan kemampuan diri sendiri, tetapi juga menunjukkan kecocokan dengan nilai-nilai dan tujuan perusahaan. Ini sangat penting karena setiap perusahaan memiliki budaya dan visi yang berbeda-beda, dan menunjukkan bahwa kita dapat menyelaraskan inisiatif dengan visi perusahaan dapat memperkuat kesan bahwa kita adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Sebelum menulis surat lamaran kerja, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan target. Teliti nilai-nilai yang mereka terapkan dan bagaimana mereka memandang peran yang ingin Anda lamar. Kemudian, ketika menulis surat lamaran, cantumkan bagaimana inisiatif yang Anda ambil selama ini mampu mendukung visi dan tujuan perusahaan tersebut.

Misalnya, jika perusahaan menempatkan fokus pada inovasi, jelaskan bagaimana ide-ide kreatif dan solusi inovatif yang telah Anda peroleh di masa lalu dapat membantu mencapai tujuan inovasi perusahaan. Atau jika perusahaan memiliki komitmen untuk mendukung masyarakat, jelaskan bagaimana inisiatif Anda dalam melakukan kegiatan sosial dan kemasyarakatan dapat berkontribusi positif bagi perusahaan.

Membuat Kalimat Pembuka yang Menarik

Banyak pelamar kerja yang sering menyepelekan pentingnya kalimat pembuka dalam surat lamaran kerja. Padahal, kalimat pembuka yang menarik dapat membuat perekrut tertarik dan terkesan dengan pelamar. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat kalimat pembuka yang menarik:

  • Jangan gunakan kalimat yang klise atau copy-paste dari internet. Kalimat pembuka yang membosankan atau terlalu umum justru dapat membuat perekrut kehilangan minat pada surat lamaran Anda. Cobalah untuk membuat kalimat pembuka yang kreatif dan unik.
  • Mulai dengan menyebutkan nama perusahaan atau jabatan yang dilamar. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik pada posisi tersebut dan telah melakukan riset tentang perusahaan.
  • Gunakan kata kunci yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jika Anda melamar sebagai market analyst, gunakan kata-kata seperti “analisis data” atau “penelitian pasar” dalam kalimat pembuka Anda.
  • Buat kalimat pembuka yang singkat dan padat. Hindari kalimat pembuka yang terlalu panjang atau berbelit-belit. Cobalah untuk menyampaikan informasi yang penting dalam satu atau dua kalimat saja.

Jika Anda kesulitan dalam membuat kalimat pembuka yang menarik, cobalah untuk meminta bantuan dari teman atau profesional dalam meninjau surat lamaran Anda. Kalimat pembuka yang menarik dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk dipanggil ke tahap wawancara kerja.

Struktur dan Penulisan yang Tepat

Untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian dan menunjukkan inisiatif, struktur dan penulisan yang tepat harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips:

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sopan

Bahasa yang digunakan harus jelas dan sopan. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu santai. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

2. Perhatikan Struktur Surat Lamaran Kerja

Perhatikan struktur surat lamaran kerja yang tepat, yaitu:

BagianIsi
PembukaanIsi surat yang menjelaskan mengapa anda tertarik pada pekerjaan tersebut
Paragraf UtamaIsi surat yang menunjukkan inisiatif, pengalaman, dan kemampuan dalam sesuai dengan kebutuhan perusahaan
PenutupIsi surat yang menegaskan kembali minat anda terhadap pekerjaan tersebut dan meminta kesempatan untuk diwawancarai

3. Sertakan Informasi Kontak yang Jelas

Sertakan informasi kontak yang jelas seperti nomor telepon dan alamat email yang dapat dihubungi. Pastikan informasi tersebut tertera dengan jelas di bagian akhir surat lamaran kerja.

4. Singkat dan Padat

Surat lamaran kerja harus ditulis dengan singkat dan padat. Hindari penggunaan kata-kata yang tidak perlu dan tidak terkait dengan pekerjaan yang dilamar.

5. Gunakan Bullet Points

Gunakan bullet points untuk menekankan pengalaman dan kemampuan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal ini akan memudahkan pembaca dalam membaca dan memahami isi surat lamaran kerja.

6. Koreksi Tatabahasa dan Ejaan

Pastikan tatabahasa dan ejaan surat lamaran kerja sudah benar dan tidak ada kesalahan. Koreksi surat sebelum mengirimkannya untuk meminimalisir kesalahan.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari

Meskipun menunjukkan inisiatif di dalam surat lamaran kerja anda dapat meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam menulis surat lamaran kerja dengan inisiatif sendiri. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang harus dihindari:

  • Tidak fokus pada posisi yang diinginkan: Pastikan surat lamaran kerja anda diperuntukkan untuk posisi yang diinginkan dan menyebutkan kualifikasi yang relevan dengan posisi tersebut.
  • Terlalu banyak informasi yang tidak relevan: Hindari menyertakan informasi yang tidak relevan, seperti pengalaman kerja yang tidak terkait dengan posisi yang diinginkan.
  • Terlalu banyak klaim tanpa bukti: Jangan hanya membuat pernyataan tanpa memberikan bukti konkret, seperti “saya sangat terampil dalam hal beradaptasi”. Berikan contoh konkret yang mendukung klaim anda.

Untuk menghindari kesalahan ini, pastikan untuk memperhatikan detail dan membaca kembali surat lamaran kerja anda dengan cermat.

Melengkapi Surat Lamaran Kerja dengan Inisiatif Sendiri

Setelah mengetahui tips menulis surat lamaran kerja dengan inisiatif sendiri, pastikan bahwa surat lamaran Anda selesai dengan baik dan memperlihatkan motivasi serta semangat untuk bergabung dengan perusahaan yang dituju. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melengkapi surat lamaran kerja:

  • Jangan ragu untuk menunjukkan antusiasme: Tunjukkan semangat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Pada kalimat penutup, sampaikan harapan Anda untuk bisa diberikan kesempatan wawancara. Jika Anda pernah bertemu dengan perekrut atau karyawan perusahaan tersebut, sampaikan juga pernyataan bahwa Anda senang bisa bertemu mereka, jika memang pernah terjadi.
  • Perhatikan format penulisan: Pastikan bahwa format surat lamaran kerja Anda tertata dengan rapi dan konsisten. Ukuran huruf, spasi antar paragraf, serta margin halaman harus sama sepanjang surat lamaran. Perhatikan juga penggunaan tanda baca yang tepat, seperti titik, koma, dan tanda hubung.
  • Sesuaikan inisiatif Anda dengan visi perusahaan: Apapun inisiatif yang Anda sampaikan dalam surat lamaran kerja, pastikan bahwa hal tersebut sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut. Dengan cara ini, perekrut akan melihat bahwa inisiatif Anda bisa berkontribusi dan sejalan dengan cita-cita perusahaan.

Melengkapi Surat Lamaran Kerja dengan Inisiatif Sendiri

Setelah memahami pentingnya menunjukkan inisiatif dalam surat lamaran kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melengkapi surat lamaran Anda dengan inisiatif pribadi.

Berikan Kesan Positif

Menunjukkan bahwa Anda memiliki minat yang besar pada perusahaan tersebut dan bahwa Anda dapat menjadi aset yang berharga adalah kunci untuk memberikan kesan yang positif dalam surat lamaran kerja Anda. Jangan ragu untuk menyampaikan pandangan Anda tentang perusahaan serta memberikan ide-ide baru untuk membantu memajukan perusahaan di masa depan.

Mengungkapkan Enthusiasme

Jangan malu untuk menunjukkan kesan Anda tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Tunjukkan rasa antusiasme dan semangat yang besar dalam surat lamaran kerja Anda, hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih menarik di mata perekrut.

Minta Wawancara

Terakhir, jangan lupa untuk meminta wawancara dalam surat lamaran kerja Anda. Permintaan ini menunjukkan bahwa Anda sangat tertarik pada perusahaan dan posisi tersebut, dan juga menunjukkan bahwa Anda siap untuk melanjutkan proses seleksi.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, Anda dapat melengkapi surat lamaran kerja Anda dengan inisiatif pribadi dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Semoga berhasil!

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling.Sharing is Caring

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan Online | [Nama…

Selamat datang di artikel kami yang membahas tentang contoh surat lamaran kerja berdasarkan iklan di internet. Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh-contoh surat...
Ahmad Ridlo
10 min read

Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri: Tips & Contoh…

Saat mencari pekerjaan, kita pasti ingin memberikan kesan yang baik dan menunjukkan bahwa kita adalah kandidat yang potensial. Salah satu cara untuk mencapai tujuan...
Ahmad Ridlo
9 min read

Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri: Buat Ekspektasi Pekerja…

Saat mencari pekerjaan, Anda tentunya menginginkan perusahaan melihat Anda sebagai kandidat yang berkualitas. Salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang berkualitas...
Ahmad Ridlo
6 min read