Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe dan Restoran

Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe dan Restoran – Berwisata kuliner sudah menjadi salah satu pilihan keluarga untuk berkumpul maupun mencari hiburan sejenak, apalagi saat menjelang libur akhir pekan. Biasanya tempat yang dekat dengan wahana bermain atau spot foto menarik menjadi incaran mereka. Destinasi kulineran andalan keluarga antara lain di cafe restoran, rumah makan, ataupun tempat lainnya. Tempat makan yang dapat menjadi rekomendasi yaitu cafe restoran, karena tempat tersebut kebanyakan menyajikan fasilitas memadai dengan pelayanan yang memuaskan.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe dan Restoran

 

Disamping penyajian dan pelayanan yang baik, tentunya tidak lepas dari peran para karyawan atau pekerja di cafe restoran tersebut. Banyaknya pengunjung cafe yang kian meningkat, memungkinkan pemilik cafe menyerap tenaga kerja yang lebih lagi dari sebelumnya. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Anda yang menginginkan bekerja di cafe restoran dengan keahlian dibeberapa bidang yang dimiliki. Posisi yang dibutuhkan di cafe restoran umumnya meliputi cook helper, steward/waiters, bar. Ada juga accounting staff dan cashier.

Dari lowongan kerja tersebut pastinya Anda memiliki bayangan bagian mana yang akan Anda ajukan untuk melamar pekerjaan. Sebelum melamar kerja, Anda diharuskan untuk membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu sebab, surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat oleh pencari kerja yang ditujukan kepada perusahaan atau badan usaha tertentu guna untuk mengajukan diri melamar pekerjaan dilowongan kerja yang ditawarkan.

Melamar pekerjaan di perusahaan manapun, besar atau kecil, terkenal atau tidak, pastinya tetap harus mengirimkan surat lamaran beserta berkas lain untuk semakin meyakinkan HRD. Nah bagi yang ingin melamar di cafe sebagai apapun, tetap harus sangat memerhatikan pula penulisan surat lamaran ya. Dengan begitu, nantinya kita akan berkomitmen untuk bekerja di cafe tersebut, sesuai dengan apa yang telah kita tulis dalam surat lamaran. Tentunya, contoh surat lamaran pun akan dicantumkan di akhir artikel ini.

Karena semakin maraknya cafe kekinian yang dijadikan tempat tongkrongan anak muda, menjadikan banyak pemilik yang membutuhkan karyawan untuk cafenya. Meski hanya usaha menengah saja, tapi bagi yang ingin melamar di cafe contoh surat lamaran  ini bisa dijadikan acuan sebelum melamar. Setelah memastikan lowongan apa yang sesuai dengan keterampilan, yuk mulai tulis surat lamaranmu bersama-sama!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Cafe dan Restoran

Daripada menganggur dan hanya bisa menghabiskan uang, yuk buat surat lamaran dan kirimkan ke cafe-cafe di kotamu tapi tentunya yang sesuai dengan keterampilan ya. Berikut ini contoh surat lamaran untukmu:

  1. Tuliskan Surat Lamaran yang Berbeda dengan CV
    Meski namanya saja sudah sangat jelas dan berbeda, tapi masih ada yang belum paham mengenai perbedaan keduanya. CV adalah bentuk portofolio menarik yang mendeskripsikan semua data diri yang dimiliki dan surat lamaran adalah surat pengantar bersifat formal untuk ‘menjual diri’ kepada perusahaan. Perlu diingat, jangan pernah menuliskan apa yang ada di surat lamaran sama persis dengan CV karena tugas keduanya pun sudah berbeda.
  2. Ketahui Cafe Bergerak di Bidang Apa
    Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah ketahui terlebih dahulu, cafe yang akan dijadikan tempat kerjamu bergerak dalam bidang apa. Hal ini sangat penting karena dengan mengetahui cafe apa yang sedang dilamar, maka artinya kita sepenuhnya hampir tahu mengenai latar belakang cafe tersebut.
  3. Sebutkan Keterampilan dan Kelebihan
    Setelah mengetahui bahwa lowongan yang dibuka adalah cafe yang bergerak misalnya di bidang coffeeshop, lamarlah sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Seperti contohnya lamaran sebagai barista, yang mana harus memiliki keahlian meracik kopi sesuai jobdesk.
  4. Tunjukkan Sifat Semangat dan Percaya Diri
    Langkah-langkah membuat surat lamaran selanjutnya adalah menunjukkan sifat semangat dan percaya diri. Sebelum ke proses interview, tentunya semangat dalam melamar pekerjaan dilihat dan dinilai lewat surat lamaran kerjamu. Berikan semangat dalam melamar pekerjaan, dan juga kepercayaan diri bahwa memang kitalah yang terbaik untuk menempati posisi lowongan tersebut.
  5. Mengedepankan Kesopanan
    Meski melamar bukan di perusahaan besar tapi usaha menengah berupa cafe, jangan lupakan kesopanan dalam menulis surat dengan menggunakan bahasa formal.

Sistematika Penulisan Surat Lamaran Kerja

Didalam penulisan surat lamaran kerja perlu diperhatikan pula aspek-aspek tertentu yang harus dicantumkan, diantaranya:

Hal dasar yang perlu diketahui adalah bagian surat. Meliputi :

  1. tempat dan tanggal surat tersebut di buat, dapat dicantumkan nama kota
  2. perihal atau hal, dalam hal ini sifatnya opsional (boleh ada, boleh tidak)
  3. nama badan usaha dan alamat yang dituju, awali dengan langsung bubuhkan “Yth.” tanpa perlu menggunakan kata “Kepada”
  4. salam pembuka, dapat dibuka dengan salam yang sifatnya umum yaitu “Dengan hormat,” dilanjutkan dengan tanda baca koma (,)
  5. isi surat, berisi info perolehan lowongan kerja tersebut dari mana, kualifikasi diri pelamar dan lampiran berkas-berkas pendukung
  6. paragraf penutup surat, berupa harapan dan ucapan terima kasih dari pelamar
  7. salam penutup surat yang singkat, cukup “hormat saya”
  8. terakhir yaitu tanda tangan beserta nama terang pelamar

Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe dan Restoran

Sebagai salah satu contoh surat lamaran kerja di cafe yang baik dan benar, berikut ini akan diberikan salah satu referensi untuk dapat langsung dipanggil HRD.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Cafe

Bandung, 31 Oktober 2019

Yth:

HRD Bajikom Coffeshop

Jl. Kaliungu No. 13, Bandung

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan, bahwa Bajikom Coffeshop sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai barista. Maka, dengan ini saya lampirkan data diri saya:

 

Nama                          : Eko Cahyanto

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 21 Oktober 1996

Alamat                        : Perumahan Bumi Endah No. 12 Bandung

No HP                      : 08789054123

Email                           : cahyanto982@gmail.com

Status                          : Belum Menikah

Pendidikan Terakhir    : S1 – Tata Boga

 

Saya telah memiliki pengalaman kerja sebagai barista di Starbuck Karawaci Mall Tangerang, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa lampiran berkas berikut:

  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkip Nilai
  4. Fotokopi SKCK
  5. Fotokopi Sertifikat
  6. Pas Foto Terbaru 4×6

Demikian surat ini saya buat, besar harapan saya untuk Bapak/Ibu berkenan memberikan waktu dalam proses wawancara selanjutnya, sehingga saya dapat menjelaskan secara rinci tentang potensi diri saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

 

Eko Cahyanto

Download Surat Lamaran Kerja di Cafe.docx

Contoh Surat Lamaran Kerja di Restoran

Hal : Lamaran Pekerjaan                                                               Bandung, 6 Desember 2017 

Yth. Pimpinan Atmosphere Resort Cafe

Jalan Lengkong Besar No. 97

Bandung

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari internet tentang adanya lowongan kerja sebagai accounting staff di Atmosphere Resort Cafe. Maka saya yang bertandatangan dibawah ini:

nama                                     : Alfa Thomas

tempat, tanggal lahir         : Bandung, 1 Oktober 1996

pendidikan terakhir           : Sarjana Matematika

email                                     : alfath110@gmail.com

alamat                                   : Jalan Aljabar No. 110, Bandung

Bermaksud mengajukan diri bergabung di cafe restoran yang Bapak/Ibu pimpin, untuk menempati posisi sebagai staf akuntan yang dibutuhkan saat ini.

Saya dapat mengoperasikan microsoft word, microsoft excel, dan microsoft access dengan baik. Saya dapat bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan siap bekerja secara individu maupun dalam tim.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  3. Pas foto terbaru ukuran 4×6 2 lembar
  4. Fotokopi ijazah S1 matematika
  5. Fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir
  6. Fotokopi kartu pencari kerja
  7. Fotokopi sertifikat kursus
  8. Fotokopi surat keterangan berkelakuan baik yang telah dilegalisir

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas pertimbangan dan kebijaksaan Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Alfa Thomas

Download Surat Lamaran Kerja di Restoran.docx

Contoh CV Kerja Di Cafe

Contoh CV Kerja Di Cafe

Contoh Surat Lamaran Kerja Restoran Via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Restoran Via EmailContoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Makan Ayam GeprekContoh Surat Lamaran Kerja Di Rumah Makan Ayam Geprek

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Restoran Sebagai Koki

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Restoran Sebagai Koki Contoh Surat Lamaran Kerja Di Restoran Sebagai KasirContoh Surat Lamaran Kerja Di Restoran Sebagai Kasir

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Restoran Sebagai Waiters

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Restoran Sebagai Waiters

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Outlet MakananContoh Surat Lamaran Kerja Di Maxx Coffee

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Outlet Makanan

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Cafe Sebagai Barista

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Cafe Sebagai Barista

Pastika anda memahami pekerjaan yang anda lamar, dan adanya pengalaman akan menambah peluang untuk diterima. Contoh surat lamaran kerja di cafe  diatas bisa menjadi acuan untuk surat lamaran anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *