15+ Contoh Surat Lamaran Kerja di Indomaret dan Alfamart Sebagai Crew, Pramuniaga, Kasir, Manajer Toko Dll

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa contoh surat lamaran kerja di Indomaret dan Alfamart untuk Anda para pencari kerja. Sebelum mengulas tentang bagaimana contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, perlu kita ketahui hal berikut ini.

Surat lamaran kerja merupakan salah satu surat permohonan kerja yang umum dimuat untuk persyaratan melamar kerja yang didalamnya berisi identitas diri dan kualifikasi seseorang yang akan melamar kerja di perusahaan atau instansi untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan di perusahaan tersebut. Bahan pendukung lainnya untuk menjadi pertimbangan, pelamar dapat  melampirkan curriculum vitae (daftar riwayat hidup), ijazah, sertifikat kejuaraan (jika ada) dan lain-lain.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Sebagai langkah awal untuk membuat surat lamaran kerja, anda perlu memahami apa yang dimaksudkan sebagai surat lamaran kerja. Secara garis besar, surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh individu dengan tujuan untuk melamar pekerjaan. Karena individu tersebut, membutuhkan pekerjaan baik karena baru lulus maupun hendak pindah dari pekerjaan lama.

Dalam surat lamaran kerja, terdapat beberapa bagian penting. Diantaranya, pembukaan, isi dan penutup. Setiap bagian harus diisikan dengan benar agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh pembaca. Setelah memahami pengertian surat lamaran, waktunya memahami beberapa hal penting dalam pembuatan surat lamaran kerja.

Perkembangan pendirian usaha diberbagai daerah yang semakin meningkat saat ini menjadi peluang kerja bagi para pencari kerja, namun dengan persaingan dalam mendapatkan pekerjaan diharapkan para pencari kerja berusaha secara maksimal agar bisa unggul dari calon pekerja lain.

Bagian-Bagian Surat Lamaran Kerja

Dalam penulisan surat lamaran kerja, ada bagian-bagian surat yang kamu harus ketahui. Untuk menjadi surat lamaran yang benar dan menarik perhatian HRD maka kamu perlu memperhatikan bagian-bagaian berikut.

  • Tempat dan tanggal surat lamaran

Bagian pertama yang kamu buat adalah tempat sekaligus tanggal dibuatnya surat lamaran. Tulis tempat dan tanggal surat pada bagian kanan atas surat. Contohnya: Bandung, 17 Oktober 2018.

  • Hal

Penulisan hal berisi mengenai keterangan tujuan surat. Kamu bisa menuliskan hal dengan “lamaran kerja”. Tulis dipojok kiri atas.

  • Alamat tujuan

Kedua ada alamat tujuan. Kepada siapa surat tersebut akan dikirim dan alamatnya. Jika kamu sudah mengetahui dengan jelas penerima surat maka tulislah nama terang dan jabatannya. Tapi jika belum gunakanlah Bapak/Ibu diikuti posisinya.

  • Pembuka surat

Berilah salam pembuka dan hormat kepada penerima surat. Selatah itu maka kamu bisa cantumkan tujuan atau isi surat. Tulislah keinginan dan permohonan mu untuk melamar kerja sebagai karyawan sesuai dengan posisi yang ada. Jika ingin menjadi kasir maka isi dengan posisi kasir, begitu juga dengan posisi yang lain.

  • Identitas diri

Pada penulisan data diri tulislah informasi pribadi mu dengan sebenar-benarnya sesuai dengan kartu identitas. Seperti nama lengkap, alamat, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, agama, pendidikan, hingga nomor handphone dan email yang masih aktif. Tujuannya agar perusahaan mudah untuk menghubungi mu.

  • Lampiran berkas

Dalam contoh surat lamaran kerja alfamart untuk berbagai poisi biasanya dibutuhkan dokumen pendukung. Dokumen-dokumen tersebut berfungsi sebagai bahan pertimbangan dan penilaian perusahaan untuk menerima mu bekerja. lampiran yang dicantumkan seperti, fotocopy ijazah, transkip nilai, fotocopy KTP, surat keterangan sehat, SKCK, serifikat pendukung jika ada, dan pas foto terbaru.

  • Penutup surat

Bagian akhir dari menulis surat lamaran yaitu penutup. Berada dibagian akhir surat, ungkapkanlah harapan yang kamu inginkan apabila bisa bergabung dengan perusahaan. Tutup surat dengan kata-kata yang meyakinkan tapi tetap sopan. Ucapkan rasa terima kasih mu kepada penerima surat sebelum mengakhirinya. Sebagai pernyataan yang sah, maka cantumkanlah tanda tangan mu disertai denga nama lengkap.

Beberapa Hal Teknis dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebelum membahas contoh surat lamaran kerja Indomaret untuk berbagai posisi yang dinantikan, pahami dahulu isi dari informasi dibawah ini,

  1. Type Font

Cara ini diperuntukkan khusus bagi anda yang akan mengirimkan surat lamaran dengan komputer. Di mana, pelamar harus pandai-pandai memilih jenis font yang akan digunakan dalam menulis surat. Jenis font yang banyak umum digunakan adalah Timen New Roman. Jenis ini cukup rapi dan nilai formal untuk diberikan pada pembaca, yakni petinggi perusahaan.

  1. Ukuran Font

Berikutnya penting untuk memperhatikan ukuran font dalam surat. Ukuran font yang baik adalah yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Serta, tidak merepotkan pembaca untuk melihat semua surat lamaran kerja yang disampaikan. Untuk pilihan ukuran font yang tepat adalah ukuran 12, yang umumnya digunakan untuk surat-surat atau penulisan formal.

  1. Penggunaan Kertas

Walaupun telah banyak digunakan, tetap sering terjadi kesalahan dalam pencetakan. Di mana, surat akhirnya dibuat dengan ukuran kertas yang berbeda, yaitu ukuran letter. Dalam pencetakan surat, baiknya anda melakukan pencetakan dalam ukuran A4. Jadi, surat lebih mudah dibaca dan nampak lebih formal. Namun, semuanya disesuaikan dengan aturan dari perusahaan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Alfamart / Indomaret

Penulisan surat lamaran yang diajukan kepada perusahaan menjadi faktor terpenting juga dalam mendapatkan perhatian dari pihak personalia (HRD).

Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja :

  1. Penggunaan bahasa, maksudnya disini saat pembuatan surat lamaran harus menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai EYD.
  2. Menggunakan kata sopan, yakni kita dianjurkan menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan pembaca.
  3. Amati struktur dari surat lamaran kerja, misalnya nama dan alamat instansi, tempat dan tanggal surat.
  4. Lengkapilah dokumen –dokumen yang menjadi persyaratan melamar di perusahaan tersebut.

Dari beberapa ulasan yang harus diperhatikan diatas, semoga lamaran kerja di Alfmart yang Anda ajukan dapat berhasil. Nah, silahkan Anda dapat melihat format surat lamaran kerja di Indomaret yang baik dan benar :

Contoh Surat Lamaran Kerja di Indomaret

Kudus, 1 Mei 2018

Hal                  : Lamaran Pekerjaan

Lampiran      : Satu Berkas

Yth. HRD PT INDOMARCO PRISMATAMA

Jalan Raya Pecangaan

Jepara

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima dari iklan lowongan kerja bahwa PT INDOMARCO PRISMATAMA sedang membutuhkan karyawan untuk posisi PRAMUNIAGA. Maka dengan ini saya bermaksud mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut ini data diri saya:

Nama                                     : Muhammad Arif

Tempat, Tanggal Lahir      : Kudus, 30 Mei 1997

Jenis Kelamin                       : Laki-Laki

Pendidikan Terakhir          : S1 Pendidikan Ekonomi

Alamat                                   : Sunggingan RT 3 RT 5, Kota, Kudus

No. HP                                   : 089667785321

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Pas Foto 4×6 Terbaru
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Fotokopi Ijazah Terakhir Legalisir
  6. Surat Keterangan Dokter
  7. Fotokopi SKCK Legalisir

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Atas perhatian dan kesempatan yang bapak/ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Muhammad Arif

 

Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart

Kudus, 5 Mei 2018

Hal                  : Lamaran Pekerjaan

Lampiran      : Satu Berkas

Yth. HRD PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk

Jalan Raya HM. Subchan

Kudus

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                     : Maulida Ramadhani

Tempat, Tanggal Lahir      : Kudus, 20 September 1999

Jenis Kelamin                       : Perempuan

Pendidikan Terakhir          : SMK Jurusan Pemasaran

Alamat                                   : Getassrabi RT 3 RT 5, Gebog, Kudus

No. HP                                   : 085668562192

Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk menjadi KASIR di PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk Kudus yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Fotokopi Ijazah SMK yang telah dilegalisir
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Pas Foto berwarna 4×6 satu lembar
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Surat Keterangan Kesehatan
  7. Fotokopi sertifikat dan piagam kejuaraan yang pernah saya terima
  8. Fotokopi SKCK Legalisir

Demikian permohonan saya. Atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Maulida Ramadhani

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Alfamart Sebagai Crew Store

Pekalongan, 19 April 2018

 

Hal : Lamaran Kerja

Kepada Yth.

HRD Alfamart Cabang Pekalongan Timur

Jalan Melati No 22 Pekalongan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari instagram (@LokerJateng) bahwa Alfamart cabang Pekalongan sedang membutuhkan kasir, maka saya bermaksud untuk melamarnya. Sehubungan dengan hal tersebut saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                          : Lusi Anastaysa

Tempat, tanggal lahir  : Pekalongan, 10 Agustus 1996

Pendidikan                  : SMK

Email                           : AnastaysataLusi@gmail.com

No handphone            : 089745635081

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan berkas:

  1. Fotocopy ijazah
  2. Fotocopy SKHU
  3. CV
  4. Fotocopy KTP
  5. Fotocopy SKCK
  6. Pas photo 3×4

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya bisa diterima di Alfamart cabang Pekalongan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Horma saya,

 

Lusi Anastaysa

Contoh Surat Lamaran Kerja di Indomaret Sebagai Staff

Medan, 25 April 2014

Kepada Yth.

Direktur HRD PT Indomaret Group

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama                          :  Adrian Simorangkir

Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 10 Desember 2000

Usia                             : 19 tahun

Jenis Kelamin              : Laki-Laki

Pendidikan                  : SMA

No. Telepon                : 089789654789

Email                           : Adrian90@gmail.com

Alamat Domisili          : Perumahan Citra No 89 Medan

 

Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin, untuk menempati posisi staff marketing untuk pemasaran produk. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen sebagai berikut,

  1. Fotokopi Ijazah
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokokopi SIM A dan C
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Sertifikat TOEFL
  7. Fotokopi Surat Pengalaman Magang
  8. Pas Foto 3X4 (2 lembar)

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat diterima sebagai staff marketing dan bekerja dalam perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Atas perhatian dan pertimbangan bapak/ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

(Adrian Simorangkir)

Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Tulis Tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamart Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamart Tulis Tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamart Tulis Tangan

 

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Indomaret

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Indomaret
Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Indomaret

 

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Alfamart

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Alfamart
Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Alfamart

2 Replies to “15+ Contoh Surat Lamaran Kerja di Indomaret dan Alfamart…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *