7+ Contoh Surat Pemesanan Barang Terlengkap

Contoh Surat Pemesanan Barang – Jika pada artikel sebelumnya teleh kita bahas mengenai Surat Penawaran Barang, maka kali ini yang akan kita bahas adalah kebalikan dengan materi tersebut yaitu mengenai Surat Pemesanan Barang. Surat Pemesanan Barang adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau instansi yang bertujuan untuk memesan suatu barang atau beberapa barang tertentu yang sedang dibutuhkan. Barang yang dipesan ini tidak harus barang yang ada hubungannya dengan proses produksi pada perusahaan atau instansi, kita dapat memesan barang-barang atau alat-alat yang kita butuhkan sebagai iventaris perusahaan, misalnya seperti meja, kursi, lampu, lemari, dan lain sebagainya. Selain itu, Surat Pemesanan Barang ini juga dapat berfungsi sebagai tindak lanjut atau jawaban dari Surat Penawaran Barang yang telah diajukan oleh pihak tertentu sebelumnya.
Sebenarnya kebutuhan-kebutuhan tersebut bisa langsung kita dapatkan jika kita mau membeli langsung kepada pihak yang bersangkutan. Namun kita lah yang harus datang ke pihak yang bersangkutan untuk membeli barang-barang tersebut. Berbeda jika kita menggunakan Surat Pemesanan Barang ini maka kita tidak perlu datang langsung kepada pihak yang bersangkutan, karena biasanya pihak tersebut lah yang akan mengantarkan barang-barang yang kita pesan ke perusahaan kita. Cukup mudah bukan?

Poin Penting Dalam Pembuatan Surat Pemesanan Barang


Surat yang dikenal dengan sebutan letter of order merupakan jenis surat yang tidak terlepas dari suatu perusahaan, karena berkaitan dengan proses operasi perusahaan. Untuk penulisannya tidak ada format khusus, hanay saja terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti:

Tujuan Penulisan Surat

Hal pertama yang harus Anda cantumkan tentu tidak terlepas dari alamat tujuan surat. Jadi pastikan untuk menulis alamat surat dengan jelas dan lengkap. Biasanya surat tersebut ditujukan kepada perusahaan mitra yang mempunyai kerjasama dalam hal pengadaan barang kantor maupun bahan produksi. Tulis pula maksud dari kedatangan surat tersebut secara rinci tanpa melupakan etika penulisan surat.

Identitas Perusahaan

Sebelum menulis surat, Anda diharuskan untuk mencantumkan kop surat berupa identitas perusahaan. Tanpa terkecuali dalam hal nomor surat serta lampiran surat wajib untuk ditulis. Legalitas surat berupa tanda tangan dari pihak yang berkepentingan pun harus dilampirkan. Hal ini berguna untuk arsip perusahaan jika suatu waktu dibutuhkan.

Detail Pemesanan Barang

Setelah kedua hal tersebut dicantumkan, maka tak kalah penting Anda pun harus menyantumkan detail jumlah pemesanan barang kepada perusahaan mitra. Anda diharuskan untuk menulis jumlah barang, jenis aatu tipe barang, harga serta metode pengiriman barang yang dipilih.

Jenis Surat Pemesanan Barang


Agar Anda dapat membuat surat pemesanan barang sendiri, berikut kami sajikan jenis surat pemesanan barang yang dapat Anda jadikan referensi beserta contoh surat pemesanan barang yang baik dan terlengkap.

1.     Surat Pemesanan Barang Full Block Style

Jenis surat pemesanan barang yang pertama adalah full block style. Ciri dari surat ini adalah penulisannya yang lurus dengan penulisannya yang dimulai dari sebelah kiri, kecuali untuk penulisan kop surat yang tetap ditulis di bagian tengah.

2.     Surat Pemesanan Barang Semi Block Style

Selain full block style, terdapat jenis lainnya yakni semi block style. Sedikit berbeda dengan yang pertama, untuk penulisan surat jenis ini terdapat bagian surat yang ditulis pada sisi sebelah kanan. Maka tak heran jika semi block style sering disebut pula sebagai surat setengah lurus. Meski demikian untuk penulisan kop surat tetap mempertahankan posisinya yakni ditulis di bagian tengah atas.

Sistematika Penulisan Surat Pemesanan Barang


Dalam membuat atau menyusun Surat Pemesanan Barang ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi kejalasan dan kelancaran transaksi. Beberapa hal tersebut, antara lain :
  1. Mencantumkan identitas kita sebagai pemesan secara jelas.
  2. Menjelaskan detail barang-barang atau alat-alat yang ingin kita pesan. Mulai dari nama barang, jumlah yang ingin dibeli, warna, ukuran dan segala hal yang berhubungan dengan deskripsi barang tersebut.
  3. Menyebutkan metode pengiriman barang yang diinginkan.
  4. Menyebutkan cara pembayaran yang dikehendaki.
  5. Jangan lupa juga untuk menentukan waktu pengiriman barang serta waktu pembayarannya.
  6. Yang tidak kalah penting adalah menyebutkan alamat kita sebagai pemesan secara jelas agar barang yang kita pesan dapat sampai tepat waktu dan tidak salah alamat ketika dikirimkan.
  7.  Yang terakhir, seperti biasa kita harus menggunakan sistematika serta tata bahasa yang baik dan benar agar terkesan lebih sopan.

Tips Menyususn Surat Pesanan Barang Jasa yang Baik


Sebelum membuat dan mengirim surat pesanan ke suatu perusahaan, ada baiknya kamu mengeceknya terlebih dahulu. Apakah surat tersebut sudah sesuai dengan tujuan pesanan dan sudah baik? Nah sebelum itu ketahuilah tips menyusun surat pesanan yang baik berikut ini.

  • Peremesan barang

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pemesan barang. Maksudnya adalah atas nama siapa barang tersebut dipesan. Apabila kamu mewaliki perusahaan atau badan usaha maka pakailah bentuk surat resmi dengan menggunakan kepala surat dan ditanda tangani oleh manager atau atasan yang bertanggung jawab. Sedangkan jika kamu memesan atas nama pribadi maka surat pesanan cukup ditulis dikertas folio atau bisa melalui email dengan bahsa yang sopan.

  • Sampaikan tujuan dengan detail

Dalam surat pesanan perlu menggunakan bahasa yang jelas dan sopan. Hal ini juga untuk menghindari kesalahan dan bertele-tele. Jika pesanan tersebut dibuat karena ada penawaran sebelumnya, maka beritahukan bahwa penawaran telah diterima. Sampaikan barang atau jasa yang akan dipesan. Mulai dari jenis, warna, ukuran, hingga kualitasnya. Sampaikan masalah packing serta pengiriman yang dinginkan.

  • Metode pembayaran

Contoh surat pesanan, terdapat pemebritahuan mengenai metode pembayaran yang dilakukan. Apakah pembayaran akan dilunasi sebelum barang dikirim atau setelah barang sampai. Cantumkan metode pembayaran yang akan dilakuka, misalnya melalui bank, pos, kredit, atau tunai.

  • Bahasa surat

Dalam menulis surat, gaya bahasa yang digunakan tentu menjadi sorotan yang paling utama. Gunakanlah bahasa yang baik dan formal ketika menulis surat pesanan. Sampaikan dipenutup surat jika perusahaan akan menjalin kerjasama yang baik.

  • Format surat

Untuk menjadi contoh surat pesanan barang jasa kamu harus menyusun surat sesuai dengan format yang benar. Dari mulai kepala surat, alamat surat, pembuka surat, isi surat, kemudian sampai penutup. Tulis surat dengan jelas dan singkat.

Format Penulisan Surat Pesanan


Dalam membuat surat pesanan Anda harus mengetahui bagian-bagian dari surat tersebut. Jangan sampai Anda melewatkan bagian dari sebuah surat pesanan karena bisa berakibat salah informasi. Berikut format penulisan surat pesanan yang harus Anda ketahui.

  • Kepala Surat

Contoh surat pesanan barang yang baik dan benar didahului oleh kepala surat. Kepala surat atau kita kenal dengan kop surat memuat informasi mengenai nama kantor, logo, identitas, alamat kantor, nomor telepon, email, fax pengirim surat. Fungsi dari kepala surat ini salah satunya adalah sebagai media promosi dari lembaga atau perusahaan hingga organisasi pengirimnya.

  • Tempat dan tanggal surat

Tempat dan tanggal surat dicantumkan bertujuan untuk memberi informasi mengenai kapan dan berasal dari mana surat tersebut dikirim. Tempat surat ditulis sesuai dengan kota atau kabupaten asal kantor atau perusahaan. Lalu tanggal surat disesuaikan dengan waktu surat tersebut dibuat dan dikirim. Contohnya, Yogjakarta, 12 Januari 2018.

  • Nomor surat

Dalam surat resmi, termasuk pesanan biasanya mencantumkan nomor surat. Penomoran ini dibuat oleh lembaga, perusahaan, instansi atau organisasi yang resmi terdaftar. Nomor suart biasanya meliputi nomor urut surat, kode jenis surat, tanggal, bulan dan tahun surat. Berfungsi untuk memudahkan administrasi.

  • Lampiran dan hal

Lampiran memberikan penjelas yang memberi informasi bahwa ada berkas atau dokumen lain yang disertakan dalam surat kiriman tersebut. Jika tidak ada berkas atau dokumen yang dilampirkan maka lampiran tersebut dikosongkan. Bagian hal berfungsi untuk memberi petunjuk pembaca tentang kepentingan dan isi pokok dalam surat.

  • Alamat tujuan

Alamat tujuan ada dalam contoh surat pesanan barang yang baik dan benar. Alamat tujuan ditujukan pada orang atau instansi yang dituju menggunakan sebutan Bapak/Ibu atau Yth, diikuti nama instansi yang dikerja.

  • Salam pembuka

Salam pembuka bertujuan untuk membuka pembicaraan surat dengan memberi sapaan secara umum. Dengan memberikan salam pembuka, berarti juga mencerminkan kesopanan dalam berkomunikasi.

  • Isi surat

Bagian yang tidak kalah penting dalam contoh surat pesanan barang yang baik dan bernar adalah isi surat. Isi surat berisi maksud dan tujuan dari pengirim. Maksud dari surat tersebut disampaikan dengan jelas, singkat dan padat agar isinya mudah dimengerti pembaca.

  • Salam penutup

Salam penutup terdapat pada bagian akhir surat yang berisi ucapan salam untuk menambah kesopanan pengirim. Menunjukan bahwa pengirim sangat menghormati dan mengharapkan kerjasama yang baik.

  • Nama pengirim dan tanda tangan

Terakhir ada nama pengirim serta tanda tangannya. Cantumkan lama lengkap mu atau orang yang bertanggung jawab atas pengiriman tersebut. Setelahnya bubuhi tanda tangan yang bersangkutan.

Setelah membahas mengenai teori tentang Surat Pemesanan Barang ini, tentu saja para pembaca sudah mempunyai sedikit gambaran dalam pikiran mengenai bentuk dari Surat pemesanan Barang Tersebut. Sebenarnya bentuk dari Surat Pemesanan Barang ini cukup sederhana dan tidak terlalu jauh berbeda dengan surat-surat niaga lainnya.

Contoh Surat Pesanan yang Baik dan Benar

Agar lebih mengetahui maksud, tujuan, dan isi dari surat pesanan maka simaklah contoh surat pesanan barang jasa di bawah ini. Berikut contohnya:

Contoh Surat Pemesanan Buku

Bdn Store
Jalan Pramuka No 75 Surabaya

 

Surabaya, 19 Agustus 2019

 

Nomor: 32/XI/19-08-19

 

Lampiran: –

Hal                   : Pesanan Barang

 

Yth. Manager Duta Fashion Bandung

Jalan dr. Samsudin Blok C

Bandung

 

Dengan hormat,

Berdasarkan surat penawaran yang dikirim pada 15 Agustus 2019 mengenai koleksi baju terbaru, maka dengan ini kami bermakasud memesan:

  1. 2 Kodi Buku Tulis Sidu
  2. 1 Kodi Buku Gelatik Kembar
  3. 1 Kodi Buku Notulen

Pembayaran akan kami lakukan di awal pesanan dengan mengasuransikan barang. Untuk bukti pembayaran akan kami kirim melalui email. Kami harap barang sampai selambat-lambatnya 1 September 2019.

 

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

 

Hormat kami,

 

 

Nagita Saraswati

Contoh Surat Pesanan Komputer

PT XYZ

Jalan Merdeka No. 24, Jakarta

Website: www.xyz.com

Jakarta, 21 September 2018

 

Nomor:  122/SP/XYZ/11/2018

Perihal:  Pemesanan Barang

 

Yth. Pimpinan PT Maju Terus

Jalan Medan Utara No. 3

Bandung

Dengan hormat,

Untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan kantor di perusahaan kami, maka kami bermaksud untuk memesan peralatan kantor dari perusahaan Saudara. Rincian perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. 3 All in One PC Lenovo A332
  2. 2 Monitor LED 32″
  3. 1 Rol Kabel Belden

Mengingat perlengkapan tersebut sangat kami butuhkan, maka kami berharapa agar Saudara mengirimkan segera ke perusahaan kami paling lambat tanggal 24 September 2018. Untuk rincian pembayaran akan kami lakukan secara tunai di perusahaan.

Demikian surat pemesanan barang ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Direktur PT. XYZ

Bayu Permana Aji

 

Contoh Surat Pesanan Barang Pemerintah

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KUDUS
Jalan Sunan Gunung Muria 45, Kudus, Jawa Tengah
Telepon : 0295-000-0000, Fax : 0295-000-0000

Nomor             : ….. / ….. / …… / …..
Lampiran        : –
Hal                  : Pesanan Barang

Yang terhormat
PT. National Elektro Surya Sentosa
Jalan Pemuda 12
Semarang

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari majalah bisnis lokal Jawa Tengah, bahwa PT. National Elektro Surya Sentosa adalah perusahaan yang bergerak di bidang barang-barang elektronik, dengan ini kami bermaksud untuk memesan beberapa barang elektronik sebagai berikut :

1. 10 Unit Kulkas 2 pintu
2. 10 Unit Mesin Cuci
3. 15 Unit TV LCD 29 inchi
4. 20 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC

Demikian barang-barang yang ingin kami pesan. Kami berharap agar barang-barang tersebut dapat dikirim selambat-lambatnya tanggal 5 Desember 2015. Pembayaran akan kami lakukan secara tunai bersamaan dengan pengiriman barang. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Kudus, 29 November 2015
Hormat kami,
KABAG. PENGADAAN

 

Eka Ahmad Feri Setiawan, M.M.

 

Contoh Surat Pesanan Barang ATK

MEKAR JAYA MINI MARKET
Jalan Bukit Indah 45, Pati, Jawa Tengah (59184)
Telepon : 0123456789

Pati, 29 November 2015
Nomor             : ….. / ….. / ….. / …..
Hal                  : Pesanan Barang
Lampiran        : –

Yang terhormat,
Kepala Bagian Pemasaran
PT. Gelatik Kembar Siam
Jalan Soekarno Hatta 17
Semarang

Dengan hormat,
Terima kasih kami sampaikan atas surat penawaran Bapak Nomor : ….. / ….. / ….. / ….. tanggal 20 November 2015 lalu. Dengan surat ini kami sampaikan bahwa kami tertarik dengan produk yang Bapak tawarkan, selanjutnya kami menetapkan untuk memesan barang-barang sebagai berikut :

1.     10 rim kertas A4 Gelatik Kembar Siam 70gr katalog no. 09
2.     5 rim kertas A4 Gelatik Kembar Siam 80gr katalog no. 09A
3.     10 rim kertas F4 Gelatik Kembar Siam 70gr katalog no. 10
4.     3 kotak pensil 2B Gelatik Kembar Siam katalog no. 20
5.     5 kotak pulpen Gelatik Kembar Siam katalog no. 21A
6.     1 kotak Map Coklat 305 katalog no. 50

Adapun pengiriman barang kami tunggu paling lambat tanggal 1 Desember 2015 dan pembayaran akan kami lakukan setelah barang kami terima. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Mekar Jaya Mini Market

 

Muhammad Nur Mujiono
Bagian Pembelian

Contoh Surat Pesanan Barang Furniture

CV. MAJU JAYA ABADI
Jalan Ringroag Utara, Jombor, Sleman, Yogyakarta
Telepon : 0295 000 0000

Yogyakarta, 29 November 2015
Nomor             : ….. / ….. / ….. / …..
Hal                  : Pemesanan Barang
Lampiran        : –

Yang terhormat,
Manager Marketing
PT. Orion Furniture And Property
Jalan Bukit Indah 514, Pati
Jawa Tengah

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang kami dapat dari brosur promosi yang diterbitkan oleh PT. Orion Furniture And Property dan juga melalui situs resmi perusahaan, PT. Orion Furniture And Property adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam jenis furniture dan telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan terkenal serta instansi-instansi di Jawa Tengah dan sekitarnya. Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud untuk memesan :

1.     30 unit meja belajar
2.     30 unit kursi belajar
3.     10 unit rak buku
4.     20 unit lemari

Keseluruhan barang yang kami pesan harap dikirimkan selambat-lambatnya satu minggu setelah surat ini dikirimkan. Proses pembayaran terhadap seluruh pesanan kami, akan dilaksanakan maksimal 2 hari setelah barang-barang pesanan seluruhnya kami terima. Dan sebagai bukti, kami akan mengirimkan fotocopy tanda bukti pembayaran.
Demikian surat pemesanan barang ini kami sampaikan. Dan kami tunggu pengiriman barang-barang tersebut di alamat kantor kami di atas. Atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Manager
CV. Maju Jaya Abadi

 

Gunawan Adi Santoso, S.E.

Contoh Surat Pemesanan Barang Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pemesanan Barang Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pemesanan Makanan

Contoh Surat Pemesanan Makanan

Contoh Surat Pesanan Barang Block Style

Contoh Surat Pesanan Barang Block Style

 Contoh Surat Pemesanan Barang Semi Block Style

 Contoh Surat Pemesanan Barang Semi Block Style

Contoh Surat Pesanan Barang Jasa

Surat pesanan barang jasa menjadi salah satu jenis surat bisnis yang sering digunakan. Surat pesanan bisa diartikan sebagai surat yang dikirim oleh perwakilan perusahaan kepada penjual barang atau jasa dengan tujuan memesan barang atau jasa yang ditawarkan sebelumnya. Selain itu surat pesanan juga bisa dibuat karena adanya iklan di majalah, website, atau surat kabar. Untuk membuat surat pesanan ada baiknya jika kamu menggunakan bahasa yang jelas, singkat, dan rinci sehingga pihak yang dituju mudah memahami. Surat ini memiliki peran penting dalam kelangsungan dan kemajuan perusahaan. Lalu bagaimana sih cara menyusunnya?

Honey Store Jakarta

Jalan Adira C No. 19, Jakarta Pusat

 

Jakarta,  18 Maret 2018

Nomor : 17/IX/KH.2018-03-18

Hal                   : Pemesanan Aksesoris Handphone

 

Yth. Manager PT Vevo Bogor

Jalan Beo No. 19 Neo Garden A

Bogor

 

Dengan hormat,

Menindak lanjuti surat penawaran pada tanggal 10 Maret 2018 mengenai aksesoris handphone kami berniat memesannya. Berikut daftar pesanan kami:

  1. 25 buah gantungan kunci panda
  2. 100 buah gantungan kunci couple
  3. 50 hardcase handphone tipe XS
  4. 35 softcase handpnoe
  5. 45 Earphone bluetooth
  6. 70 jenis striker handphone

Semua barang yang dipesan harap agar bisa diterima selambat-lambatnya pada tanggal 25 Maret 208. Untuk pembayaran akan kami lakukan DP 70% diawal pemesanan, kemudian sisanya setelah barang diterima.

 

Kami harap menerima konfirmasi pemesanan secepatnya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Manager Honey Store

 

 

Andre Wijaya

 

 

Demikian beberapa contoh yang dapat saya berikan. Semoga contoh-contoh tersebut dapat menjadi acuan dan referensi sahabat-sahabat pembaca sekalian. Saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi situs ini. Sampai jumpa pada pembahasan surat-surat lain di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *