15+ Contoh Surat Penawaran Barang, Produk & Jasa Ke Perusahaan yang Bagus dan Lengkap

Contoh Surat Penawaran – Para pembaca sekalian, sekedar mengingatkan bahwa pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai Surat Penawaran (barang dan jasa), mulai dari teori sampai contoh-contohnya. Namun pada artikel tersebut mungkin kurang lengkap karena kita hanya membahas contoh kerangka pada Surat Penawaran (barang dan jasa) tersebut. Nah, pada artikel kali ini saya akan mencoba untuk menyajikan materi serta contoh-contoh yang lebih lengkap dari artikel sebelumnya.
Menawarkan suatu barang ke sebuah perusahaan merupakan suatu langkah yang dapat dilakukan seseorang dalam rangka mengembangkan perusahaan yang dikelola olehnya. Jika memang ada sebuah perusahaan yang membutuhkan suatu barang, dan barang tersebut dimiliki oleh perusahaan kita, maka tidak ada salahnya jika kita memilih untuk melangkah maju lebih dulu dengan melakukan penawaran barang kepada perusahaan tersebut.
Ini juga termasuk strategi persaingan di dunia bisnis sebelum perusahaan tersebut meminta supply barang dari perusahaan lain. Yang harus kita pikirkan adalah media yang digunakan untuk menawarkan barang ke perusahaan tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan Surat Penawaran (barang dan jasa).

Daftar Isi

Sistematika Penulisan Surat Penawaran

Agar Anda mahir dalam menuliskan surat penawaran, berikut ini terdapat beberapa kiat khusus yang harus Anda pelajari. Simak penjelasan mengenai contoh format surat penawaran jasa yang baik dan paling lengkap berikut ini.

1.     Kop Surat

Hal penting yang harus Anda cantumkan ketika menulis surat penawaran adalah menyantumkan identitas perusahaan. Hal ini berguna untuk menunjukkan legalitas dan keabsahan surat tersebut. Anda dapat menuliskan identitas perusahaan pada bagian ko surat, mengingat surat ini juga masih tergolong sebagai jenis surat formal. Tulislah nama perusahaan, alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

2.     Pembuka Surat

Selanjutnya Anda dapat menuliskan kalimat pembuka surat. Tulislah maksud dari penulisan surat tersebut, ungkapkan dengan bahasa yang lugas dan baku. Anda dapat mengawalinya dengan sapaan dalam bahasa formal, yakni seperti “dengan hormat” misalnya.

3.     Isi Surat

Bagian penting ini harus menunjukkan secara rinci maksud kedatangan surat. Anda harus menyampaikan bahwasanya tujuan dari surat tersebut adalah untuk menawarkan jasa, barang atau kerjasama dari perusahaan penawar kepada instansi atau perseorangan yang dituju. Pastikan untuk menuliskan detail penawaran tersebut mencakup kuantitas, harga, cara pembayaran dan hal teknis lainnya.

4.     Penutup Surat

Bagian lain yang tak kalah penting adalah penutup surat. Anda dapat menegaskan kembali pada bagian ini berupa uraian untuk menghubungi perusahaan penawar jika terdapat hal lain yang ingin ditanyakan. Tak hanya itu saja, pada bagian ini Anda juga turut menuliskan rasa terima kasih kepada pihak yang dituju karena sudah menyisihkan sebagian waktunya. Akhiri dengan salam pada ragam formal, yakni “hormat saya”. Sertakan tanda tanagn yang bersangkutan sebagai keabsahan surat.

Teknis Penulisan Surat Penawaran Barang atau Jasa

Untuk dapat menulis surat penawaran barang dengan baik, Anda diharuskan untuk menyimak beberapa teknis berikut ini.

1. Identitas Perusahaan Penawar

Anda harus menulis identitas perusahaan penawar pada surat penawaran. Pastikan untuk menulisnya secara detail, mulai dari nama, alamat, serta nomor perusahaan yang dapat dihubungi. Selain itu, Anda diharuskan pula untuk menuliskan nomor surat guna pengarsipan di perusahaan.

2. Detail Barang yang Ditawarkan

Tak kalah penting dengan sebelumnya, Anda diharuskan untuk menuliskan detaik barang yang akan ditawarkan. Bagian ini setidaknya harus memuat nama barang, jenis, merek barang, harga serta kuantitas yang ditawarkan.

3. Teknis Pembayaran yang Ditawarkan

Hal utama dari surat penawaran yang Anda buat harus menuliskan teknis pembayaran yang Anda sediakan. Misalnya saja, Anda menawarkan teknis pembayaran secara kredit maka harus diuraikan secara terperinci mengenai jangka waktu, besaran cicilan tiap bulan dan sebagainya. Begitupun dengan jenis pembayaran secara online atau transfer, maka harus menuliskan jenis bank mitra yang dipilih oleh perusahaan penawar.

4. Kelengkapan Administrasi

Untuk meyakinkan perusahaan yang akan dijadikan mitra kerjasama perusahaan, pada bagian lampiran silakan Anda menyantumkan leaflet harga serta brosur dari barang atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini selain sebagai alat untuk meyakinkan konsumen juga dapat berguna sebagai bahan pertimbangan konsumen untuk memilih jenis produk yang ditawarkan.

Cara Membuat Surat Penawaran Barang dan Jasa

Surat Penawaran (barang dan jasa) ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat-surat penawaran lainnya. Intinya Surat Penawaran (barang dan jasa) adalah surat yang dibuat dan ditujukan kepada suatu perusahaan yang tujuannya adalah untuk menawarkan suatu barang atau jasa ke perusahaan tersebut sehingga dapat terjalin suatu kerja sama antarperusahaan yang bersangkutan.
Dengan menggunakan Surat Penawaran ini maka berarti kita telah melakukan langkah pertama dalam membangun sebuah hubungan kemitraan dengan calon rekan bisnis kita. Bukan main-main, dalam hal ini kita tidak hanya melakukan penawaran biasa tetapi telah menggunakan prosedur yang resmi. Namun tentu saja dalam penyusunan Surat Penawaran Jasa ini kita harus memperhatikan beberapa unsur penting, di antaranya :
  1. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar
  2. Memperkenalkan siapa kita, perusahaan kita, serta barang atau jasa apa yang ingin kita tawarkan
  3. Apa latar belakang kita menawarkan barang atau jasa tersebut
  4. Serta meminta feedback atau timbal balik apakah mereka menyetujui tawaran kita atau tidak
Point penting yang harus tercantum dalam Surat Penawaran (barang dan jasa) ini di antaranya mengenai  pengenalan perusahaan kita, barang atau jasa apa yang ingin kita tawarkan, serta rincian harga dan proses pembayaran apabila perusahaan atau konsumen yang kita maksud menyetujui penawaran barang atau jasa kita. Berikut beberapa contoh yang dapat menjadi referensi pembaca dalam menyusun Surat Penawaran (barang dan jasa).

Jenis-Jenis Surat Penawaran

Sebagai salah satu jenis surat formal yang digunakan oleh perusahaan untuk menjalin kerjasama dengan mitra perusahaan, perlu diperhatikan bahwa terdapat beberapa macam jenisnya. Selengkapnya dapat Anda simak pada pembahasan berikut ini.

1. Surat Penawaran Barang

Jenis yang pertama adalah surat penawaran barang. Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan tentu membutuhkan adanya konsumen sebagai bagian dari proses jual –  beli. Proses pembelian tidak akan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya pengenalan produk dari perusahaan penawar.

Maka dari itu diperlukan adanya surat penawaran barang yang berisi mengenai daftar produk yang ditawarkan, spesifikasi, harga serta metode pembayaran yang disarankan. Gunanya agar perusahaan calon konsumen dapat melihat dan menelaah secara rinci jenis produk serta hal teknis lainnya.

2. Surat Penawaran Jasa

Serupa dengan jenis yang pertama, untuk jenis surat penawaran jasa perusahaan penawar nantinya akan menuliskan secara rinci jenis jasa apa yang mereka tawarkan. Untuk jenis ini biasanya tidak hanya berupa perusahaan saja bentuknya, namun juga dapat perorangan. Mereka akan menawarkan jenis jasa lengkap dengan harga.

Misalnya saja, perusahaan X akan menawarkan jasa perbaikan AC ke perusahaan Y dengan harga setiap kali reparasi sebesar Rp 2.000.000. Namun, jika dalam kurun waktu satu minggu Anda membutuhkan minimal tiga kali reparasi dengan jenis AC yang berbeda, maka akan diberikan potongan harga sebesar 3% untuk reparasi selanjutnya. Hal yang tadi dijelaskan merupakan strategi pasar dari masing-masing perusahaan penawar untuk mengenalkan jasa mereka.

3. Surat Penawaran Kerjasama

Tak hanya berupa penawaran barang atau jasa, ternyata surat penawaran juga terdapat dalam bentuk surat penawaran kerjasama. Jenis ini biasanya berhubungan dengan hal kerjasama pengadaan bahan baku, kerjasama sebagai kontraktor, maupun bentuk kerjasama lainnya. Dalam surat ini biasanya akan disertakan administrasi pendukung berupa track record perusahaan, susunan manajemen perusahaan serta hal lain yang dapat menambah nilai plus perusahaan tersebut.

Contoh Surat Penawaran Produk


Untuk informasi lebih lanjut mengenai surat penawaran produk yang sering dibuat oleh perusahaan. Berikut ini akan kami sajikan pembahasan mengenai referensi contoh surat penawaran produk yang benar dan paling lengkap. Agar Anda dapat memahami sepenuhnya, silakan simak dengan saksama. 

Contoh Surat Penawaran Barang Bahan Baku

Yogyakarta, 28 November 2015

Yang terhormat,
Direktur Utama
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jalan Sunan Gunung Muria 45, Kudus
Jawa Tengah

Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : Spesifikasi dan Harga Barang

Dengan hormat,
Berkaitan dengan usaha Bapak/Ibu dalam bidang pembuatan sepatu dan sendal berbahan karet, maka dengan ini kami PT. Maju Tak Gentar yang bergerak di bidang produksi bahan baku karet sintetis bermaksud untuk mengajukan penawaran barang berupa bahan baku karet sintetis yang dapat dipergunakan dalam proses produksi pada perusahaan yang Bapak/Ibu kelola.
Bersama ini pula perlu kami sampaikan bahwa produk kami yang berupa karet sintetis merupakan produk berkualitas karena telah menjadi supplier di beberapa perusahaan tekstil yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, dengan harga jual yang kompetitif. Untuk spesifikasi yang lebih jelas mengenai produk kami, dengan surat ini kami sampaikan pula rincian mengenai produk dan harga yang kami tawarkan.
Demikian penawaran barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
CEO PT. Maju Tak Gentar

 

(Eka Ahmad Feri Setiawan, S.E.)

Contoh Surat Penawaran Produk Makanan

KOPS SURAT

Nomor : ……………..
Lampiran : ……………..
Perihal : Penawaran Barang

Yang terhormat,
Direktur
(nama perusahaan)
(alamat perusahaan)

Dengan hormat,
Kami perusahaan bernama PT. …………….. yang bergerak di bidang produk makanan / catering dan snack ingin menawarkan produk kami untuk perusahaan Bapak/ibu dengan harga yang lebih murah dari pada perusahaan lainnya, dengan kualitas makanan yang sangat tinggi dan bergizi. Adapun produk yang kami tawarkan kepada anda dengan menu dan paket snack dan catering terlampir.

Besar harapan kami agar Bapak/Ibu tertarik dengan produk yang kami tawarkan. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

(nama lengkap)

Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

Kegiatan dasar dari suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis adalah penjualan dan pembelian. Entah dalam bidang apapun masing-masing perusahaan tentu memerlukan adanya media komunikasi untuk mencapai kesepakatan dengan perusahaan mitra. Salah satu jenis media yang berperan penting adalah surat penawaran barang. Untuk mempermudah Anda dalam membuat surat tersebut, berikut ini akan kami sajikan pembahasan mengenai contoh surat penawaran barang elektronik.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Surat Penawaran Barang Elektronik

Setelah mengetahui referensi contoh surat penawaran barang elektronik. Selanjutnya Anda dapat menyimak penjelasan mengenai beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika menulis surat penawaran.

1. Identitas Perusahaan

Pastikan untuk menulis identitas perusahaan ketika menulis surat penawaran. Anda dapat menyantumkannya pada bagian kop surat. Selain itu, tulis pula nomor surat beserta perihal kedatangan surat tersebut. Hal ini berguna untuk legalitas surat serta untuk data arsip perusahaan.

2. Pernyataan Penawaran Barang

Pastikan untuk menulis pernyataan yang berisi tentang penawaran barang. Hal ini bertujuan agar perusahaan yang dituju paham dan mengerti maksud dari kedatangan surat tersebut.

3. Detail Barang

Hal utama dan tak kalah penting dari beberapa hal tersebut adalah penulisan dalam surat maupun lampiran surat yang berisi tentang detail barang yang ditawarkan. Jika Anda mempunyai maksud untuk menawarkan barang elektronik, pastikan untuk menuliskannya secara rinci baik itu kuantitas barangnya, merek barang, harga serta hal teknis lainnya.

4. Teknis Pembayaran

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika menulis surat penawaran barang elektronik adalah teknis pembayaran yang ditawarkan. Beberapa perusahaan menawarkan tiga jenis pembayaran, yakni secara tunai, dilakukan dengan cara online (transfer menggunakan bank mitra perusahaan), serta dengan mengajukan beberapa termin pembayaran. Masing-masing perusahaan menyediakan teknis yang berbeda sehingga Anda harus memberikan penawaran yang solutif agar bisa memenangkan tender di perusahaan yang dituju.

Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik Semi Block Style

Surat penawaran merupakan salah satu jenis surat formal yang digunakan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Tidak ada format khusus untuk penulisan surat tersebut, namun ada bagian tertentu yang membedakan antara surat penawaran dengan jenis surat lainnya. Adapun bagian yang membedakannya tersebut terletak pada penulisan pernyataan tentang penawaran suatu barang atau jasa, serta rincian detail barang/ jasa yang ditawarkan. Jika Anda tengah bingung mencari referensi bagaimana menulis surat penawaran barang elektronik.

PT. MAHARDIKA SEJAHTERA

Jalan Mandiraja II No. 13, Jakarta

Telp. (021) 2467 2796

 

 

Jakarta, 11 Januari 2017

Nomor:  102/SPB/MS/01/2017

Perihal:  Penawaran Barang Elektronik

Lamp.  :  1 lembar brosur penawaran

 

Yth. PT. Maju Bersama Sejahtera

Jalan Bhayangkara I No. 14

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Kami dari PT. Mahardika Sejahtera yang bergerak dalam bidang pemasaran barang-barang elektronik bermaksud untuk menawarkan produk elektronik kami kepada perusahaan Saudara. Beberapa jenis barang elektronik yang kami tawarkan diantaranya sebagai berikut:

 

Nama Barang                         Merk                                           Harga/ Unit (Rp)

Laptop                                    Asus                                             7.500.000

AC                                           Sharp                                           4.000.000

Printer                                    HP                                                5.000.000

Coffee Maker                         Panasonic                                    8.000.000

 

Untuk teknik pembayaran yang kami tawarkan sebagai berikut:

  1. Pembayaran dapat dilakukan secara kredit dengan termin pembayaran yang dilakukan selama 5 kali.
  2. Pembayaran dapat pula dilakukan secara online menggunakan beberapa bank yang telah bekerja sama dengan perusahaan kami, seperti Bank Danamon dan Bank Mandiri.
  3. Pembayaran dilakukan secara tunai/ cash.

 

Demikian surat penawaran barang elektronik ini kami buat. Besar harapan kami agar perusahaan Saudara dapat menjalin kerjasama dengan baik bersama perusahaan kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Direktur PT. Mahardika Sejahtera

 

Bhumi Mahardika Pratama

Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik Full Block Style

Yogyakarta, 15 November 2015

Yang terhormat,
PT. Maju Mundur
Di tempat
Nomor : ……………..
Hal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 Berkas

Dengan Hormat,
Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Maju Terus Pantang Mundur yang bergerak di bidang pengadaan barang & distributor elektronik dan telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan kontraktor bangunan di Indonesia.
Sesuai informasi yang kami peroleh, bahwa PT. Maju Mundur adalah perusahaan yang sedang berkembang sangat pesat dan sedang membutuhkan pasokan barang elektronik guna melengkapi kebutuhan pada cabang perusahaan baru.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok bahan bangunan untuk proyek yang sedang Bapak/Ibu jalankan. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan rincian penawaran barang dari perusahaan kami.
Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

 

PT. Maju Terus Pantang Mundur

Contoh Surat Penawaran Produk Properti Rumah Tangga

PT PUTERA PURNAMA
Jl. Soedarmanto No. 34 Makassar

Makassar, 15 Oktober 2019

Kepada Yth
CV. Bangkit Maju
Di-
Kabupaten Gowa

Nomor             : 045/LTR/2018

Hal                   : Penawaran Barang

Lampiran         : 2 Lembar

Perihal : Penawaran  Properti Rumah Tangga

Dengan Hormat,

Dengan adanya surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT Putera Purnama dengan alamat di Jl. Soedarmanto No. 34 Makassar. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang distributor properti rumah tangga dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak dibidang properti.

Karena itu sesuai informasi yang kami peroleh, CV. Bangkit Maju adalah perusahaan yang menjual berbagai macam properti yang sedang berkembang pesat.

Sehubungan hal ini, kami berniat untuk mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok properti bagi perusahaan dan toko-toko yang sedang bapak / ibu kelola. Semoga harapan kami, penawaran ini dapat terwujud melalui kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan pertimbangan, bapak /ibu bisa melihat di lampiran yang berisikan gambar dan daftar harga produk properti yang kami sediakan. Jika perusahaan bapak/ ibu berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran yang kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT Putera Purnama

 

Muhammad Ismail
Manager Marketing

Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

KOPS SURAT
Pati, 21 Oktober 2015

No. : 001/Orion/2015
Hal : Penawaran Barang dan Jasa
Lampiran : Proposal Penawaran

Yang terhormat,
Dirut Agung Podomoro Group
Di tempat

Dengan hormat,
Bersama surat ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami PT. Orion Furniture And Property yang beralamat di Jalan Bukit Indah 514 Pati. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi furnitur kayu dan juga kontraktor bangunan yang berbahan baku kayu. Perusahaan kami telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan ternama khususnya di daerah Jawa Tengah.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Agung Podomoro Group adalah perusahaan besar yang bergerak di bidang properti. Dengan pesatnya perkembangan perusahaan Bapak tentu saja akan membutuhkan pasokan dalam hal penyediaan furnitur untuk properti yang sedang dibangun.
Sehubungan dengan hal tersebut kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok furnitur untuk properti yang sedang dikembangkan oleh perusahaan Bapak. Besar harapan kami agar perusahaan Bapak dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan kami dan mempertimbangkan penawaran kami. Untuk lebih jelasnya kami lampirkan sebuah proposal mengenai rincian dari barang dan jasa yang kami tawarkan. Kami tunggu kabar selanjutnya dari perusahaan Bapak. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
CEO PT. Orion Furniture And Property
Joko Riyono, S.Kom

Contoh Surat Penawaran Produk Makanan

Yang terhormat,
Pimpinan CV. Malika
Di tempat
Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : ……………..

Dengan hormat,
Berkaitan dengan usaha Bapak/Ibu yang bergerak dalam bidang produksi kecap, maka dengan ini kami ajukan penawaran berupa pasokan bahan baku kedelai hitam berkualitas untuk mendukung pengadaan bahan baku dai usaha Bapak/Ibu.

Bersama ini juga perlu kami sampaikan bahwa produk kami adalah berupa mahan baku kedelai berkualitas tinggi yang telah menjadi pemasok beberapa perusahaan pemroduksi kecap, tahu, dan tempe di beberapa kota. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu berkenan menerima penawaran kami. Untuk lebih jelasnya kami bersedia melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan Bapak/Ibu untuk membahas rincian harga dari produk yang kami tawarkan.

Demikian penawaran barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

(Nama Lengkap)

Contoh Surat Penawaran Produk Kue

Orion Health
Jalan Bukit Indah 123, Pati, Jawa Tengah
No. Tlp. 0295 000 0000 No. Fax. 0295 000 1111
Web : http://www.orionhealth.co.id

Pati, 28 November 2015
Nomor : ….. / ….. / ….. / …..
Perihal : Penawaran Hand Soap Liquid
Lampiran : ……………..

Yang terhormat,
Purchasing Manager Rich Hotel and Restaurant
Bapak Joko Riyono, S.E.
Jalan Mataram 23, Sleman
Yogyakarta

Dengan hormat,
Dengan ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami Orion Health yang bergerak di bidang produk kesehatan dan mengajukan surat penawaran kepada Bapak Joko Riyono, S.E. tentang produk kami dengan uraian sebagai berikut :

Orion Cake

Merupakan sebuah produk makanan yang sangat lezat juga menyehatkan. Adapaun harga dari produk ini adalah Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) per porsi.

Demikian surat penawaran ini kami buat dengan harapan akan terjadi kerja sama yang menguntungkan antara kami dan pihak Rich Hotel and Restaurant. Jika ada pertanyaan mengenai produk yang kami tawarkan, silahkan menghubungi kami melalui nomor telepon kantor dan kami siap untuk mengadakan pertemuan guna membahas secara lebih detail mengenai produk yang kami tawarkan. Atas perhatian serta kebijaksanaannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Orion Health

Muhammad Nur Mujiono
Marketing Manager

Contoh Surat Penawaran Barang Sparepart

 
PT. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR
Jalan Sunan Gunung Muria 45, Kudus, Jawa Tengah
Telepon : 0295-000-0000, Fax : 0295-000-0000
Web : http://www.maju.com

Nomor : ….. / ….. / ….. / …..
Lampiran : ……………..
Perihal : Penawaran Barang

Yang terhormat,
Manager Marketing
PT. Sinar Mandiri Adiguna
Jalan Lampersari 222, Genuk, Semarang

Dengan hormat,
Kami perusahaan bernama PT. Maju Terus Pantang Mundur yang bergerak di bidang sparepart kendaraan ingin menawarkan produk kami untuk perusahaan Bapak/Ibu dengan harga yang lebih murah dari pada perusahaan lainnya, namun tetap dengan kualitas sparepart yang sangat tinggi dan bergaransi. Adapun produk yang kami tawarkan kepada anda yaitu sebagai berikut:

Merek dan warna : ……………..
Jenis barang : ……………..
Tahun pembuatan : ……………..
Harga : ……………..
Pembayaran : (cash/kredit)

Besar harapan kami agar Bapak/Ibu tertarik dengan produk yang kami tawarkan. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Direktur Utama
PT. Maju Terus Pantang Mundur

(Muhammad Nur Mujiono, M.Eng.)

Contoh Surat Penawaran Barang ATK 

Yogyakarta, 28 November 2015

Yang terhormat,
Direktur
PT. Maju Tak Gentar
Jalan Ringroad Utara, Jombor, Sleman
Yogyakarta

Nomor : ….. / ….. / ….. / …..
Hal : Penawaran Barang
Lampiran : Rincian Harga dan Spesifikasi Barang

Dengan Hormat
Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Maju Terus Pantang Mundur yang bergerak di bidang Distribusi Alat Tulis Kantor dan telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan di Indonesia.
Sesuai informasi yang kami peroleh, bahwa PT. Maju Tak Gentar adalah perusahaan yang sedang berkembang sangat pesat dan sedang membutuhkan Alat Tulis Kantor gedung cabang perusahaan yang baru.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok Alat Tulis Kantor yang sedang Bapak/Ibu jalankan. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan rincian penawaran barang dari perusahaan kami.
Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
Direktur
PT. Maju Terus Pantang Mundur

(Aditya Syaiful Anwar, M.E.)

Contoh Surat Penawaran Produk Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK)

Contoh Surat Penawaran Produk Makanan

Itu dia penjelasan rinci mengenai surat penawaran produk beserta contoh surat penawaran produk yang benar dan paling lengkap. Anda dapat menambah referensi lain sebagai bahan rujukan agar lebih memahami dengan baik apa itu surat penawaran produk. Semoga bermanfaat.

Contoh Surat Penawaran Jasa


Sudah sewajarnya jika suatu pelaku bisnis akan melakukan ekspansi atau perluasan usaha. Namun untuk memulai kegiatan tersebut tentu membutuhkan strategi marketing yang baik dan terstruktur. Salah satu jenis yang cukup popular adalah melalui surat penawaran. Sudah rahasia umum jika antar perusahaan atau antar elemen pelaku bisnis melakukan kerjasama. Gunanya untuk mendapatkan profit maupun untuk media memperluas ekspansi usaha. Sebagai tambahan informasi Anda, beriktut ini kami sajikan pembahasan mengenai salah satu jenis surat yang biasa digunakan perusahaan untuk menjalankan rencana tersebut. Contoh surat penawaran jasa dapat Anda simak ulasannya berikut ini.

Setelah menyimak beberpa kiat khusus ketika menulis surat penawaran. Berikut ini Anda akan disajikan contoh surat penawaran jasa yang baik. Simak penjelasannya agar menambah wawasan Anda.

Contoh Surat Penawaran Jasa Pembuatan Website

Kudus, 21 oktober 2015

No. : ……………..
Hal : Penawaran Barang Dan Jasa
Lamp. : ……………..

Yang terhormat,
CEO PT. Orion Furniture And Property
Di tempat

Dengan Hormat,
Dengan surat ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami CV. Arfabi Tech kepada Bapak/Ibu pimpinan PT. Orion Furniture And Property. Kami merupakan perusahaan yang bergerak dibidang web developing yang telah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan pengelolaan website perusahaan-perusahaan ternama.
Sesuai informasi yang kami dapat bahwa PT. Orion Furniture And Property merupakan perusahaan furnitur yang sedang berkembang pesat dan belum memiliki website resmi perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut kami bermaksud untuk mengajukan surat penawaran jasa pembangunan website perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Kami berharap perusahaan Bapak/Ibu berkenan untuk mempertimbangkan penawaran kami. Sehubungan dengan surat penawaran ini, kami siap untuk mengadakan pertemuan dengan pihak PT. Orion Furniture And Property guna menindaklanjuti penawaran yang kami ajukan.
Demikian surat penawaran ini kami buat, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat kami,
Pimpinan CV. Arfabi Tech
Ahmad Ridlo

Contoh Surat Penawaran Jasa Catering

Contoh Surat Penawaran Jasa Catering

 Contoh Surat Penawaran Jasa Service

 Contoh Surat Penawaran Jasa Service

Contoh Surat Penawaran Jasa Travel dan Wisata

Contoh Surat Penawaran Jasa

Contoh Surat Penawaran Jasa Konstruksi

Contoh Surat Penawaran Jasa

Itu dia penjelasan mengenai surat penawaran beserta contoh surat penawaran jasa yang baik dan paling lengkap. Sebelum membuatnya diharapkan Anda harus mengenali terlebih dahulu siapa target yang akan Anda tuju. Dengan mengetahui target tersebut, maka diharapkan Anda dapat menyusun rancangan proposal yang baik. Selamat mencoba.

Contoh Surat Penawaran Kerjasama


Contoh Surat Penawaran Kerjasama – Dalam lingkup bisnis surat penawaran kerjasama amatlah penting serta sangat tak jarang dipakai oleh beberapa perusahaan. Tak penting skala perusahaan, apakah adalah perusahaan besar alias perusahaan berskala sedang, surat penawaran kerjasama sangat tak jarang dipakai oleh yang bersangkutan.
Dalam menulis surat penawaran kerjasama sebetulnya sangat sederhana. Kamu hanya butuh menunjukkan tipe usaha Kamu alias perusahaan Kamu bergerak dibidang apa, bentuk kerjasama yang ingin Kamu tawarkan serta kompensasi untuk pihak yang bakal Kamu ajak bekerjasama.

Bagian-Bagian Surat Penawaran Kerjasama

Surat penawaran kerja sama mempunyai format yang agak unik dibandingkan dengan surat lainnya. Berikut adalah beberapa format alias tahap yang harus kamu miliki.
  1. UP / Alamat perusahaan yang kamu tuju. Pastikan alamat perusahaan serta namanya yang kamu tulis di surat penawaran tersebut benar. Faktor ini juga berlaku untuk nama orang / pic yang kamu tuju
  2. Tujuan surat yang kamu kirimkan. Apa yang ingin ada perbuat dengan surat ini ? ingin kerja sama memasarkan produk alias ingin produk kamu dijual ?
  3. Jenis produk anda. Tipe produk yang kamu tawarkan untuk kerja sama tersebut (apabila kamu pemilik produk)
  4. Apa yang bisa kamu perbuat (apabila kamu sebagai penawar untuk memasarkan produk).
  5.  Lampiran
    • Bisa berupa company profile
    • Kelebihan serta ketidak lebihan produk anda
    • Spesifikasi produk
    • Atau spesifikasi perusahaan anda
Nah seusai memahami tahap tahap tersebut, selanjutnya kami bakal mengulas contoh surat yang bisa kamu gunakan untuk mengajukan penawaran kerjasama ke perusahaan lain. Berikut contoh surat penawaran kerjasama yang bisa Kamu jadikan sebagai bahan referensi untuk kebutuhan Anda/perusahaan Anda.

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Dibidang Retail

PT. ABADI PUTRA

Jalan Mangku Bumi No. 77, Magelang

Telp. (022) 38482 22938

 

Magelang, 23 Maret 2012

Nomor   : 122/SPP/AP/03/2012

Perihal   : Penawaran Produk

Lamp.    : 1 (satu) eksemplar katalog

 

Kepada Yth.

Pimpinan CV. Mitra Abadi Solo

Jalan Wiradadi I No. 22, Surakarta

Jawa Tengah

 

Dengan Hormat,

Perkenalkan kami dari PT. Abadi Putra, perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi perlengkapan rumah tangga. Bersama dengan surat ini, kami ingin menawarkan produk perusahaan kami pada perusahaan Saudara.

Jenis produk yang kami tawarkan beserta harga tiap produk tersebut terlampir pada katalog yang sudah kami sediakan. Sedangkan untuk teknis pembayaran, kami menyediakan beberapa pilihan penawaran seperti:

  1. Pembayaran dapat dilakukan secara kredit dengan maksimal jangka waktu termin sebesar 5 kali cicilan, sedangakn untuk DP dibayarkan diawal sebesar 75% dari total produk yang diterima.
  2. Pembayaran dapat dilakukan secara online (transfer) melalui bank mitra perusahaan, yakni Bank Mandiri, Bank BCA, dan Bank BRI.
  3. Pembayaran dapat dilakukan secara cash/ tunai sewaktu pengiriman barang di tempat.

Demikian surat penawaran produk ini kami buat. Untuk informasi lebih lanjut Saudara dapat menghubungi nomor perusahaan kami di (022) 38482 22938 atau datang langsung ke perusahaan yang beralamat di Jalan Mangku Bumi No. 77, Magelang. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Direktur Utama PT. Abadi Putra

 

Siska Novita

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Ekspor Impor

Kepada Yth,
Pimpinan CV. ANDA
Jl. Sana Sini No. 17/07 Tangerang
up. Bpk. Yaya
Di tempatHal : Penawaran Kerjasama
Lamp. : –Dengan hormat,Kami dari Genesis Beauty, Ltd. bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan CV. ANDA untuk menjadi distributor dalam produk-produk kami untuk area Indoensia yang berupa:Produk kecantikan:

  • Perlengkapan make up
  • Fashion
  • Skincare

Apabila bersedia untuk menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami, maka kami akan memberikan kompensasi yang sebanding kepada CV. ANDA.

Bentuk mekanisme kerjasamanya kami dapat jelaskan lebih lanjut lagi bila CV. ANDA tertarik dengan tawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikianlah surat penawaran kerjasama ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

NB: Kami akan menunggu balasan dari Bpk. Yaya pimpinan CV. ANDA paling lambat 10 hari sesudah surat ini Bpk terima .

Tangerang, 10 Mei 2019

Hormat kami,
Genesis Beauty, Ltd

 

Head Of Relations
TINNA, SE .

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Jasa

PT. MAGENTA BUDHI PRAKARSA

Jalan Wulandaru IV No. 29, Surabaya

Telp. (022) 2397 2938

                                                                                                        Surabaya, 19 Agustus 2011

Nomor   : 111/SPJ/MBP/08/2011

Perihal   : Penawaran Jasa

Lamp.    : 1 (satu) eksemplar

 

Kepada Yth.

Pimpinan PT. Biru Indah Sejati

Jalan Batu Ireng No. 4, Malang

Jawa Timur

 

Dengan Hormat,

Perkenalkan kami perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa layanan service AC. Bersama dengan surat ini, bermaksud untuk menawarkan jasa layanan kami pada perusahaan Saudara. Kami menyediakan jasa service AC, pemasangan AC baru serta jasa layanan lainnya.

Harga yang kami tawarkan sangat terjangkau yakni berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 3.000.000 tergantung dari jenis layanan. Disamping itu, kami juga menyediakan paket pilihan layanan dengan potongan harga yang jauh lebih hemat.

Jika Saudara berminat, silakan dapat menghubungi kontak kami di (022) 2397 2938. Sebagai bahan pertimbangan Saudara, kami lampirkan leaflet jenis layanan yang kami sediakan.

Demikian surat penawaran jasa ini kami buat, atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Direktur Utama PT. Magenta Budhi Prakarsa

 

 

Anton Budi Prasetyo

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Perusahaan

Kepada Yth : Bpk Budi.
Pemimpin PT. RAMAYANI MALL
Lampiran : –Dengan hormat,Kami dari PT. PARFUME TERBAIK, dengan surat ini kami ingin mengajukan permohonan kerjasama dengan PT.RAMAYANI MALL untuk menjadi distributor dalam prodak kami.Sebagai pertimbangan, perusahaan kami ini sudah berdiri sejak tahun 2000 dan sudah banyak memproduksi berbagai jenis merk brand parfum seperti:Daftar Nama Merk Brand Parfum :· Parfum Anasui Dolly Girl
· Parfum Anasui Sweet Dream
· Parfum Angel Man
· Parfum Aqua Di Gio Man
· Parfum Aqua Di Gio Woman
· Dan lain-lain.Bentuk mekanisme kerjasamanya kami dapat jelaskan lebih lanjut lagi bila PT. RAMAYANA MALL tertarik dengan tawaran kerjasama yang kami sampaikan.Demikianlah surat permohonan kerjasama ini kami ajukan, dan atas kerjasamanya kami mengucapkan terima kasihTangerang, 10 Mei 2019
Hormat kami,
PT. PARFUME TERBAIK. 

MANAJER PEMASARAN
BAMBANG, SE

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Penawaran Kerjasama dalam bahasa Inggris

Itulah Contoh-Contoh Surat Penawaran Kerjasama.

Contoh Surat Penawaran Harga


Tak dapat dipungkiri bahwa suatu bisnis perkerjaan akan berjalan dengan lancar jika terdapat kerjasam antar elemen pelaku bisnis. Tak hanya kerjasama pasar dalam hal ini adalah masayarakat saja, namun kerjasama dengan perusahaan lain pun menjadi peluang bagi perusahaan untuk dapat memperluas jaringan usaha serta melakukan pengembangan produk. Untuk mencapai kesepakatan antar elemen tersebut, memerlukan adanya dokumen pendukung baik itu berupa katalog, leaflet atau lainnya. Tak terkecuali adalah surat penawaran harga. Berikut ini kami sajikan informasi mengenai contoh surat penawaran harga barang, jasa, dan pekerjaan terupdate untuk dapat Anda jadikan referensi.

Ulasan Surat Penawaran Harga

Surat penawaran sebagai salah satu dokumen legal menjadi salah satu media yang banyak digunakan oleh perusahaan. Tak hanya berkaitan dengan penawaran produk saja, ternyata surat penawaran juga terdapat beberapa macam jenisnya. Salah satu jenis surat penawaran yang banyak dipergunakan adalah surat penawaran harga. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak pembahasan contoh surat penawaran harga barang, jasa, dan pekerjaan berikut ini.

1.     Surat Penawaran Harga Barang

Selayaknya surat penawaran harga, untuk jenis yang pertama ini tentu berhubungan dengan daftar harga produk. Dalam surat ini Anda akan diperkenalkan dengan produk berupa barang yang diproduksi oleh perusahaan penawar. Entah itu berupa produk barang elektronik maupun lainnya Anda dapat menyimak detail merek, spesifikasi maupun harga pada lampiran booklet atau katalog yang disediakan perusahaan. Gunanya biasanya untuk memperkenalkan produk baru, menjalin kerjasama dengan perusahaan tujuan, serta untuk memperluas usahanya.

2.     Surat Penawaran Harga Jasa

Tak jauh berbeda dengan jenis yang pertama, untuk jenis surat penawaran harga jasa Anda juga akan dihadapkan pada rentetan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan penawar. Masing-masing perusahaan memiliki strategi marketing yang berbeda-beda. Terdapat beberapa perusahaan yang menawarkan jasa dalam berntuk paket, potongan harga, maupun bonus jasa lain jika Anda memilih salah satu jenis jasa yang ditawarkan. Semua detail tersebut dapat Anda simak pada lampiran surat yang menyertai kedatang surat penawaran harga jasa tersebut.

3.     Surat Penawaran Harga Pekerjaan

Selain surat penawaran harga barang dan jasa, terdapat jenis lainnya yang dapat Anda simak penjelasannya. Surat penawaran harga pekerjaan biasanya akan ditujukan kepada perusahaan yang tengah membutuhkan tenaga tambahan demi terselenggaranya suatu proyek. Dapat dikatakan sebagai bagian dari proses tender, surat ini akan melampirkan jenis tawaran pekerjaan dengan harga yang menyertainya.

Jangka waktu pun turut memengaruhi harga yang ditawarkan. Biasanya jenis surat ini berlaku untuk suatu pekerjaan borongan yang membutuhkan banyak tenaga kerja. Namun, tak menutup kemungkinan juga untuk jenis pekerjaan lain dapat mempergunakan surat penawaran harga perkerjaan.

Contoh Penawaran Harga

Berikut ini akan kami sajikan contoh surat penawaran harga pekerjaan yang merupakan bagian dari referensi contoh surat penawaran harga barang, jasa, dan pekerjaan untuk Anda.

PT. MAHARDIKA PRATAMAJalan Wiratama III No. 30, Jakarta

Telp. (021) 2339 2939

 

Jakarta, 20 Juni 2013

Nomor   : 203/SPHP/MP/06/2013

Perihal   : Penawaran Harga Pekerjaan

Lamp.    : 1 (satu) berkas data

 

Kepada Yth.

Pimpinan PT. Matahari Terbit

Jalan Senopati Arum No. 34

Jakarta

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari koordinator PT. Matahari Terbit tertanggal 17 Juni 2013 mengenai rencana pembangunan cabang baru di daerah Depok, dengan rincian alamat di Jalan Mangestu I No. 29, Depok – Jawa Barat.

Menanggapi informasi tersebut kami ingin menawarkan jasa kontraktor pekerja borongan untuk memperlancar kegiatan pembangunan. Untuk detail job description masing-masing pekerja, Saudara dapat melihat pada lampiran berkas yang kami sertakan. Adapun harga yang kami tawarkan adalah Rp 50.000.000.

Harga tersebut sudah kami perhitungkan risiko kerja dari tiap pekerja. Untuk informasi lebih lanjut Saudara dapat menghubungi perusahaan kami di nomor (021) 2339 2939 atau datang langsung ke alamat kami di Jalan Wiratama III No. 30, Jakarta.

 

Demikian surat penawaran harga ini kami buat, atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Direktur Utama PT. Mahardika Pratama

 

Pratama Mahardika Putra

Contoh Surat Penawaran Negosiasi

PT. EKA MITRA ABADI

Jalan Merpati II No. 12, Bandung

Telp. (022) 3456 8627

                                                                                                        Bandung, 04 Februari 2016

Nomor   : 102/SP/EMA/02/2016

Perihal   : Penawaran Barang

Lamp.    : Satu Lembar Brosur dan Leaflet

 

Kepada Yth.

PT. Bangkit Maju Sejahtera

Jalan Bagaskara No. 42, Bantul

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Menanggapi surat permintaan barang yang Saudara kirim tertanggal 29 Januari 2016 dengan nomor 129/SPen/MBS/01/2016, yang kami terima. Kami mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang Saudara pimpin, karena mempercayakan pengadaan barang untuk keperluan operasional perusahaan pada kami.

Untuk memenuhi permintaan Saudara, berikut ini kami sajikan ketentuan teknis yang kami tawarkan dalam hal pengadaan barang, seperti:

  1. Harga barang yang kami tawarkan belum termasuk biaya kirim ke perusahaan Saudara. Namun untuk detail pengiriman barang dapat dilakukan tanpa minimal jumlah.
  2. Jika Saudara membayar secara kredit, maka diharuskan untuk membayar DP setidaknya 75% dari total pembelian. Selanjutnya untuk kekurangannya akan diberi termin waktu selama 1 bulan terhitung dari tanggal pembayaran DP.
  3. Apabila ada kerusakan pada produk, kami menyediakan garansi dalam rentang waktu 1 bulan terhitung sejak penandatanganan kerjasama pengadaan barang.
  4. Pemberian diskon sebesar 10% dapat kami berikan jika jumlah barang yang Saudara beli minimal sebesar 100 unit.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar Saudara dapat meneruskan kerjasama dengan perusahaan kami. Untuk informasi lebih lanjut, silakan dapat menghubungi nomor kami di (022) 3456 8627 atau berkunjung langsung ke alamat Jalan Merpati II No. 12, Bandung. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Direktur PT. Bangkit Maju Sejahtera

 

Budi Nasution

Contoh Surat Penawaran Dan Permintaan

PT ANGKASA RAYA

Jalan Gadjah Mada No. 25, Jakarta

Telp. (021) 2345 2938

 

 

Jakarta, 11 Maret 2014

Nomor   : 128/SPK/AR/03/2014

Perihal   : Surat Penawaran Kerjasama

Lamp.    : 1 booklet katalog

 

Kepada Yth.

PT. Sahabat Maju Bersama

Jalan Senopati Anom No. 24, Bekasi

Jawa Barat

 

Dengan Hormat,

Kami dari PT. Angkasa Raya yang bergerak dalam bidang produksi makanan ringan (snack) dan kue kering. Saat ini tengah berkembang dan mempunyai harapan untuk memperluas jaringan marketing di beberapa wilayah. Sehubungan dengan ini, maka kami ingin menawarkan proyek kerjasama dengan CV. Sahabat Maju Bersama untuk menjadi distributor resmi produk-produk dari perusahaan kami.

Perusahaan kami akan memberikan kompensasi jika dalam kurun waktu kesepakatan ternyata terdapat produk kami yang gagal jual. Disamping itu, kami juga turut memberikan bonus kepada perusahaan distributor yang berhasil menjual produk paling banyak selama kurun waktu tertentu.

Untuk informasi selengkapnya Saudara dapat menghubungi langsung perusahaan kami di nomor (021) 2345 2938 atau berkunjung langsung ke alamat perusahaan kami di Jalan Gadjah Mada No. 25, Jakarta. Sedangkan untuk mekanisme lainnya dapat Anda simak pada lampiran katalog yang sudah kami sertakan.

Demikian surat penawaran kerjasama proyek ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Direktur Utama PT. Angkasa Raya

 

Hayuning Maheswari

Contoh Surat Perkenalan Produk dan Jasa Perusahaan

Surat perkenalan perusahaan atau yang lebih sering disebut dengan surat niaga, merupakan surat yang isinya berupa perkenalan apa yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Karena kita akan memperkenalkan sekaligus menjual produk dan jasa kita, maka kita harus menuliskan dengan baik surat tersebut. Dalam penulisannya, kita juga harus memahami terlebih dahulu faktor-faktor penulisan contoh surat perkenalan produk dan jasa perusahaan yang baik dan benar.

Dalam penulisan surat perkenalan produk dan jasa perusahaan ini haruslah dituliskan dengan menarik, agar calon konsumen merasa tertarik dengan apa yang akan diberikan ke mereka. Contoh surat perkenalan produk dan jasa perusahaan ini pun harus menjelaskan secara rinci, mengenai produk atau jasa yang kita jual nantinya. Nah bagi yang ingin menjalankan bisnis dan berusaha mencari daya tarik perusahaan lain, simak dulu yuk cara penulisan surat perkenalan produk dan jasa.

Pokok-Pokok Surat Perkenalan Produk dan Jasa Perusahaan

Faktor-faktor yang akan dibahas di bawah, merupakan beberapa hal yang memang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum proses penulisan surat berlangsung. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa faktor surat perkenalan produk dan jasa perusahaan:

  1. Cantumkan kop surat perusahaan

Jangan lupa, hal utama yang dilakukan dalam contoh surat perkenalan produk dan jasa perusahaan adalah dengan mencantumkan kop surat perusahaan. Karena merupakan perusahaan baru dan awal berdirinya perusahaan, maka jangan lupa mencantumkan nama, alamat, serta nomor telpon perusahaan ya.

  1. Tujukkan surat kepada alamat yang jelas dan benar

Tentunya sebelum mengirimkan surat, kita sudah mengincar satu atau beberapa nama perusahaan yang akan kita perkenalkan dan jual produk serta jasa perusahaan kita. Maka dari itu, tuliskan dengan benar nama instansi yang akan kita tuju beserta dengan alamatnya ya.

  1. Jelaskan isi surat tersebut dengan jelas

Sebelum membahas mengenai produk dan jasa yang akan kita jual, maka sebaiknya kita jelaskan tersebut maksud dan tujuan kita mengrimkan surat. Dengan begitu, tentunya instansi yang dikirimkan surat dari perusahaan kita akan memahami apa yang tengah kita jual pada mereka.

  1. Jelaskan produk dan jasa yang akan dijual beserta spesifikasi

Berikutnya, jelaskan mengenai produk dan jasa perusahaan secara rinci dengan disertai spesifikasi yang jelas pula. Nah dengan adanya ketiga hal tersebut, instansi tersebut akan semakin yakin dengan perusahaan kita dan apa yang akan kita berikan kepada mereka, jika memang akan melakukan proses kerjasama.

  1. Berikan harapan atau prospek

Langkah selanjutnya adalah berikan harapan atau prospek dari didirikannya perusahaan kita. Penting bagi instansi lain mengetahui dengan pasti dan jelas tentang harapan dan prospek kita, agar ketika nantinya melakukan kerjasama bisa berlangsung dengan baik.

Nah setelah memahaminya, kita bisa mulai menuliskan surat tersebut dengan melihat contoh surat perkenalan produk dan jasa perusahaan di bawah ini.

PT. INDAH ABADI

Jl. Overste Isdiman no. 67, Yogyakarta

Telp (0281) 345627

Nomor             : 726/JSH/XI/2019

Perihal             : 2 (dua) bandel

Lampiran         : Perkenalan Produk dan Jasa Perusahaan

Yth.

Direktur PT. CAHAYA BULAN

Jl. Kapten Piere Tendean no. 12, Sleman

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Perkenalkan kami PT. Indah Abadi yang bergerak dibidang jasa percetakan advertising serta jurnalistik dan teknologi informasi. Kami melayani dalam pembuatan web profile, aplikasi berbasis website, design grafis, dan sebagainya yang berkaitan dengan jasa percetakan.

Perusahaan kami telah berdiri semenjak 2015 dan telah memiliki sebanyak lima cabang di seluruh Indonesia. Sejak kami mendirikan perusahaan ini, kami sangat menjunjung tinggi kepuasan para client kami, karena kepuasan client kami adalah nomor satu.

Tujuan kami mengirimkan surat ini adalah untuk melakukan kerjasama dengan PT. Indah Abadi. Kami sebelumnya telah melakukan beberapa kerjasama dengan perusahaan lain, seperti PT. Amanah Hati, PT. Maju Jaya, dan lain-lain. Kami berharap bisa melakukan kerjasama dengan PT. Indah Abadi dengan memberikan bonafit bagi kedua belah pihak.

Demikian surat perkenalan produk dan jasa perusahaan ini saya sampaikan, besar harapan kami untuk bisa melakukan kerjasama dengan PT. Indah Abadi. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

(Sujito)

Direktur PT. CAHAYA BULAN

Demikian Beberapa Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa yang Bisa Anda Gunakan. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *