10+ Contoh Surat Pengantar yang Baik dan Benar Terlengkap

Contoh Surat Pengantar – Pernahkah Anda mendengar surat pengantar? Surat pengantar bukan hanya untuk keperluan dalam dunia bisnis melainkan untuk berbagai aktivitas atau kegiatan yang membutuhkan izin. Surat pengantar merupakan salah satu surat resmi.
Surat pengantar merupakan salah satu surat yang ditujukan untuk memberitahukan kepada pihak yang dituju bahwa yang dilakukan pembawa surat sudah seizin seseorang yang bertanggung jawab. Surat pengantar ini penting dibuat agar seseorang yang diberi tugas tak dicurigai oleh pihak yang dituju. Surat pengantar sekaligus sebagai arsip dan bukti kedua pihak. Surat pengantar ada banyak macamnya sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, surat pengantar untuk pengambilan barang, surat pengantar menyampaikan dokumen/ barang dan sebagainya.
Surat pengantar tidak bisa dibuat oleh sembarangan orang. Surat pengantar harus disetujui oleh pimpinan agar menjadi tanggung jawab bersama. Surat pengantar itu memiliki format dan beberapa poin penting. Agar lebih paham dan jelas, perhatikanlah bagian surat pengantar berikut ini:
  1. Kop surat Surat pengantar yang resmi wajib disertai kop surat yang berisi identitas perusahaan atau instansi (nama perusahaan/ instansi, alamat, no telepon, email).
  2. Tempat dan tanggal pembuatan surat (tanggal pembuatan surat wajib dicantumkan agar diketahui kapan surat tersebut dibuat)
  3. Nomor surat (nomor surat perlu dicantumkan sebagai salah tanda keluarnya surat sekaligus arsip)
  4. Perihal
  5. Pembuka
  6. Isi surat (sampaikan maksud dari pembuatan surat pengantar)
  7. Penutup
  8. Nama terang dan tanda tangan pembuat surat pengantar
Surat pengantar adalah surat resmi karenanya ketika Anda menulis surat tersebut harus singkat, padat, dan jelas. Penulisan surat pengantar juga sesuai EYD dan tak perlu bertele-tele. Agar Anda lebih paham dan jelas perhatikanlah contoh-contoh surat pengantar berikut ini:

Contoh Surat Pengantar Peminjaman

KOMISI KEPEMUDAAN KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG
Wisma Salam, Pos Salam, No Telp (0293) 8702300

Salam, 21 Mei 2018
Nomor : 30/SP-K3AS/V/2018
Perihal : Peminjaman

Kepada Yth
Komisi Komunikasi dan Sosial KAS
di Puren, Yogyakarta

Dengan hormat,
Berkenaan dengan kegiatan Temu Raya Orang Muda Lintas Iman, kami ingin meminjam sebuah mobil pick up selama 5 hari, terhitung pada 23-27 Mei 2018. Mobil akan dikembalikan paling lambat pada 27 Mei 2018. Mobil tersebut akan dipergunakan sebagaimana mestinya dan penuh tanggung jawab.

Demikian surat permohonan peminjaman kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Sekretaris

(ttd)

Th. Rasya Mardani

Contoh Surat Pengantar Dinas Pendidikan

Contoh Surat Pengantar Dinas Pendidikan

Contoh Surat Pengantar Dokumen

Contoh Surat Pengantar Dokumen

 Contoh Surat Pengantar Kerja

 Contoh Surat Pengantar Kerja

Contoh Surat Pengantar Laporan

Contoh Surat Pengantar Laporan

 Contoh Surat Pengantar Perusahaan

 Contoh Surat Pengantar Perusahaan

Contoh Surat Pengantar SekolahContoh Surat Pengantar Sekolah

Contoh Surat Pengantar SKCK

Surat pengantar juga banyak jenisnya salah satunya adalah surat pengantar untuk membuat SKCK. Surat pengantar SKCK ini biasanya dibuat melaui RT kemudian RW daerah setempat. Namun apakah anda mengetahui apa saja kegunaan dari SKCK? Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dijelaskan contoh surat pengantar SKCK.

Kegunaan dan Contoh SKCK yang harus anda ketahui

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dibawah ini akan dijelaskan contoh surat pengantar SKCK dan macam macam kegunaannya. Lets check it!

  1. Untuk melamar pekerjaan
    Manfaat yang pertama yaitu untuk melamar pekerjaan. Biasanya memang beberapa perusahaan swasta ataupun BUMN mewajibkan para pelamar kerjanya menyertakan SKCK sebagai salah satu berkas yang wajib dibawa. Hal ini bertujuan untuk melihat dan mengecek apakah si pelamar kerja bebas dari kejahatan ataupun tindakan yang melanggar hukum lainnya. Mengingat SKCK merupakan surat yang berisi catatan kepolisian dari masing masing orang.
  2. Sebagai syarat pendaftaran CPNS
    Selain perusahaan swasta dan BUMN ternyata dinas pemerintahan juga mewajibkan pelamar kerjannya menyertakan SKCK dalam melakukan pelamaran kerja atau yang biasa disebut CPNS. CPNS wajib menyertakan SKCK sebagai berkasi wajib yang harus dibawa pada saat pendaftaran. Hal ini bertujuan agar PNS yang bekerja untuk pemerintahan memiliki sikap dan tingkah laku yang sewajarnya yang tidak menyimpang dengan hukum.
  3. Sebagai syarat untuk melakukan izin usaha
    Kegunaan SKCK yang ketiga yaitu sebagai syarat untuk melakukan izin usaha. Di Indonesia berbagai kegiatan mulai dari yang skalanya kecil maupun besar sudah diatur dan tertera dengan peraturan perundang undangan yang ada. Salah satu kegiatan yang diatur oleh undang undang adalah mendirikan usaha. Untuk mendirikan usaha, pengusaha tersebut haruslah meminta izin kepada pemerintahan setempat. Izin disini bertujuan untuk membuat usaha yang bersangkutan tercatat dalam dokumen negara dan menjauhkan pengusaha melakukan usaha usaha yang kotor. Maka dari itu para pengusaha dalam melakukan izin mendirikan usahanya harus disertai SKCK sebagai bukti penunjang bahwa orang tersebut merupakan pribadi yang baik dan tidak bermasalah.
  4. Sebagai syarat untuk mencalonkan diri sebagai pejabat negara
    Untuk menjadi kepala desa dan pejabat yang lebih tinggi diatasnya seperti lurah, camat, bupati sampai presiden memerlukan SKCK sebagai bukti pendukungnya. Hal ini tidak terlepas untuk menghindari pejabat negara yang memiliki sikap dan tingkah laku tidak sesuai dengan peraturan perundang undangan yang ada. Tidak hanya itu SKCK juga berisi semua catatan kepolisian dari pribadi seperti misalnya pribadi A di dalam SKCK pernah melakukan tindak kriminal korupsi, dan masih banyak sebagainya.

Contoh Surat Pengantar SKCK Untuk Berbagai Keperluan Dari RT

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana format surat pengantar pembuatan SKCK dari RT, dibawah ini akan diberikan contohnya.

PEMERINTAH KOTA PURWOKERTO

KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN

KELURAHAN KARANGKLESEM

SURAT PENGANTAR

Nomor : 5678

Yang bertanda tangan dibawah ini kami Ketua RT 02, RW 02 menerangkan dengan sebenarnya bahwa yang bernama sebagai perikut :

  1. Nama : Roni Mulyanti
  2. Tempat, tanggal lahir : Purwokerto, 13 November 1995
  3. Agama/Kewarganegaraan : Islam/WNI
  4. Status perkawinan : Belum menikah
  5. Pendidikan : Sarjana
  6. Alamat : Jalan Mawar nomor 76
  7. Keperluan : Pembuatan SKCK untuk melamar kerja
  8. Keterangan : –

Demikian surat pengantar kami kepada yang berwenang mohon keperluan masyarakat kami dilayani.

 

Grendeng, 18 November 2019

Ketua RW 02                                                                           Ketua RT 02, RW 02

 

(…………………)                                                                        (………………..)

Surat Pengantar Proposal

Surat pengantar proposal  ini bisa dijadikan acuan, agar nantinya ketika penulisan surat tidak salah dan menyinggung sang sponsorship. Karena pastinya, jika kita salah satu atau dua kata saja dalam penulisan suratnya, maka sang sponsorhip tidak akan merespon proposal kita. Maka dari itu, yuk simak terlebih dahulu tata cara penulisan surat pengantar proposal yang baik!

Tata Cara Penulisan Surat Pengantar Proposal

Melangsungkan sebuah event haruslah mengerahkan banyak tenaga, seperti saat pembuatan surat pengantar proposal. Sebut saja ketika kita membuat acara di sekolah atau kampus, pastinya akan membutuhkan sponsorship untuk meringankan biaya kan? Nah berikut ini adalah tata cara penulisan surat pengantar proposal:

  1. Cantumkan kop surat
    Sudah menjadi hal wajib untuk mencantumkan kop surat di beberapa surat tentunya. Kop surat di sini adalah berisi tentang keterangan acara, penyelenggara, alamat, dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi. Wajib hukumnya untuk mencantumkan dengan jelas ya keempat hal tersebut!
  2. Cantumkan nomor, lampiran, perihal
    Jangan lupa mencantumkan nomor, lampiran, dan perihal surat yang akan kita kirimkan kepada sponsor ya. Tuliskan jika memang ada lampiran yang menyertai surat tersebut, seperti proposal sebagai keterangan lebih jelasnya acara yang diselenggarakan dan juga perihal surat tersebut ya.
  3. Gunakan bahasa yang baik dan sopan
    Jangan lupa tetap gunakan bahasa yang baik dan sopan, dan jangan memberikan kesan mengemis ya. Jelaskan terlebih dahulu secara singkat rincian acara yang akan diselenggarakan, baru jelaskan maksud kita dalam menjadikannya sponsorhip kita.
  4. Jelaskan maksud diadakannya acara
    Dalam menjelaskan rentetan acara, tidak perlu dengan begitu panjang. Kita hanya perlu menjelaskannya dengan jelas dan rinci tanpa adanya kekurangan sedikit pun. Jangan menghilangkan atau menambah-nambahkan yang sebeneranya tidak kita butuhkan dalam acara ya!
  5. Bubuhkan tandatangan penanggungjawab acara
    Tata cara penulisan contoh surat pengantar proposal untuk berbagai keperluan yang terakhir adalah dengan membubuhkan tandatangan penanggungjawab acara. Bubuhkan setidaknya tandatangan beberapa orang yang memang telah memercayai kegiatan tersebut, dan jangan lupa untuk mencantumkan tandatangan sang ketua panitia acara ya!

Itulah kelima tata cara contoh surat pengantar proposal untuk berbagai keperluan. Jika masih terasa kurang, maka berikut ini akan dicantumkan satu contoh penulisan surat untuk proposal.

Contoh Surat Pengantar Proposal Bantuan Dana

PANITIA LOMBA BULAN BAHASA

FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS Kita Indonesia

Jl. DR. Soeparno No.07, Karangwangkal, 53122, Purwokerto

Telp/Fax (0281) 625152

 

No                   : 765/LBB-XX/X1/19

Lampiran         : 1 bandel proposal

Perihal             : Permohonan Sponsorship

Kepada            : Pimpinan Cabang Mojokstore

Jalan Losari, Sukoharjo, Ngaglik, Yogyakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa, Universitas Jenderal Soedirman akan melaksanakan Lomba Bulan Bahasa (LBB). Lomba LBB ‘Cinta Sastra Indonesia’ tersebut akan diselenggarakan pada:

hari, tanggal                : Senin, 23 November 2019

tempat                        : Gedung Soemarjito

 

Untuk itu kami selaku panitia LBB “Cinta Sastra Indonesia’ 2019 dari UKI, mengajukan permohonan sponsorhip untuk mendukung berlangsungnya acara menyambut Bulan Bahasa.

Perlu diketahui, bahwa acara tersebut mengundang beberapa delegasi pelajar yang terjun langsung ke dunia sastra dan telah berhasil memajukan dunia Sastra Indonesia melalui tangan mereka. Kami pun yakin, bahwa acara yang diselenggarakan telah sesuai dengan konsep dan visi misi Mojokstore dalam memajukan kecintaan terhadap buku. Bersama dengan ini, kami juga telah melampirkan proposal yang menerangkan kegiatan dan bentuk kerjasama bagi sponsorship sebagai bahan pertimbangan.

 

Demikian surat ini kami sampaikan dan ajukan. Atas kerjasama dan dukungan yang diberikan dalam kegiatan LBB ‘Cinta Sastra Indonesia’, kami mengucapkan terima kasih.

Purwokerto, 17 November 2019

 

Dekan Fakultas Ilmu Budaya                                               Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya

 

Suwito                                                                         Ajibato

 

Ketua BEM Fakultas Ilmu Budaya                                           Panitia Lomba Bulan Bahasa

 

 

Ardi Pangestu                                                                         Joko Arumbi

 

 

Contoh Surat Pengantar Permohonan Bantuan

PEMERINTAH DESA JERUKAGUNG
—————————————————————————————————-

Jerukagung, 21 Mei 2018
Nomor : 27/SP-PDJA/V/2018
Perihal : Permohonan Bantuan
Lampiran : 1 bandel proposal

Kepada Yth
Bapak/Ibu Mukijan
Di Tempat

Dengan Hormat,
Assalamualaikum wr.wb
Berkenaan dengan acara lomba bersih dusun setiap RT, lomba mural, dan lomba baca Al-Quran untuk anak-anak tingkat sekolah yang akan dilaksanakan pada 2 Juni 2018 dan acara puncaknya adalah pentas seni yang akan digelar pada 3 Juni 2018, kami meminta atas nama panitia meminta pertolongan dan bantuan dana dari Bapak/Ibu. Kami berharap Bapak/Ibu bisa memberikan dana seikhlasnya guna mendukung pengeluaran aneka keperluan perlombaan antarwarga tersebut.

Untuk lebih jelasnya Bapak/Ibu bisa mengamati proposal yang kami ajukan. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan atas perhatian dan bantuannya diucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Ketua Panitia                                                                        Sekretaris

 

(ttd) (ttd)

Jarwo Supeno                                                                     Nur Hijayah

Surat Pengantar RT

Kegunaan Surat Pengantar Dari RT Yang Harus Anda Ketahui

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dibawah ini akan menjelaskan contoh surat pengantar RT dan kegunannya. Lets check it!

  1. Sebagai pengantar pembuatan data diri
    Kegunaan surat pengantar dari RT yang pertama yaitu sebagai pengantar pembuatan data diri. Data diri yang dimaksud disini adalah pembuatan dokumen resmi yang dicatat pemerintahan mengenai dirinya ataupun keluarga yang bersangkutan seperti contoh pembuatan KTP, KK, dan akte kelahiran. Sebenarnya untuk membuat dokumen diatas tidak hanya memerlukan surat pengantar dari RT saja melainkan juga memerlukan surat pengantar dari RW.Kemudian barulah pihak yang bersangkutan meminta surat pengantar ke kelurahan dan terakhir pergi ke capil untuk proses pembuatan yang lebih lanjut. Pastinya anda bertanya tanya mengapa diperlukan surat pengantar dari RT dalam pembuatan dokumen diatas bukan? Ya karena Rukun Tetangga (RT) adalah pejabat yang paling rendah jabatannya dalam pemerintahan. Selain itu RT merupakan pejabat yang paling dekat dengan masyarakat.
  2. Sebagai pengantar untuk menikah dan perceraian
    Selanjutnya kegunaan dari contoh surat pengantar RT yaitu sebagai pengantar untuk menikah dan perceraian. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa RT merupakan pejabat yang tingkatannya paling rendah dan dekat dengan masyarakat.Jadi sebagai masyarakat yang taat hukum, kita harus meminta persetujuan dari ketua RT lingkungan sekitar untuk mengurusi dokumen pernikahan ataupun perceraian. Barulah kemudian melanjutkannya ke pejabat yang lebih tinggi yaitu RW dan yang terakhir adalah KUA daerah yang bersangkutan.
  3. Sebagai pengantar untuk pembuatan SKCK
    Kegunaan surat pengantar dari RT yang ketiga yaitu sebagai pengantar untuk pembuatan SKCK. SKCK atau dalam penjabarannya Surat Keterangan Catatan kepolisian merupakan surat yang berisi perilaku ataupun catatan kejahatan yang diterbitkan Polri. SKCK biasanya digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan, pembuatan visa, dan masih banyak lagi.
    Meskipun diterbitkan oleh Polri, untuk membuat SKCK haruslah melalui persetujuan RT terlebih dahulu dengan menggunakan surat pengantar dari RT, kemudian lanjut surat pengantar dari RW. Dan yang terakhir membuat SKCK di Polres daerah setempat.

Contoh surat pengantar RT untuk pembuatan KTP

Setelah dijelaskan mengenai kegunaan dari surat pengantar RT, dibawah ini akan dijelaskan contoh dari surat pengantar RT untuk pembuatan KTP.

PEMERINTAH KOTA PURWOKERTO

KECAMATAN PURWOKERTO UTARA

KELURAHAN GRENDENG

SURAT PENGANTAR

Nomor : 12345

Yang bertanda tangan dibawah ini kami Ketua RT 01, RW 01 menerangkan dengan sebenarnya bahwa yang bernama sebagai perikut :

  1. Nama : Dodi Mulyanto
  2. Tempat, tanggal lahir : Purwokerto, 15 November 2002
  3. Agama/Kewarganegaraan : Islam/WNI
  4. Status perkawinan : Belum menikah
  5. Pendidikan : SMA
  6. Alamat : Jalan Gunung Muria nomor 56
  7. Keperluan : Pembuatan KTP
  8. Keterangan : –

Demikian surat pengantar kami kepada yang berwenang mohon keperluan masyarakat kami dilayani.

 

Grendeng, 16 November 2019

Ketua RW 01                                                                           Ketua RT 01, RW 01

 

(Japriyanto)                                                                               (Suwito Adi)

Contoh Surat Pengantar RT Untuk Segala Keperluan

Contoh Surat Pengantar RT / RW

Surat Pengantar Kelurahan

Pembuatan akta kelahiran anak ini sangat penting untuk dibuat loh saat anak, baik sehari setelah lahirnya anak atau selambat-lambatnya adalah 60 hari. Nah ada beberapa langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam contoh penulisan surat pengantar kelurahan yang harus diperhtikan tentunya. Seperti apa? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Gunakan kop surat
    Hampir di semua surat mengharuskan penggunaan kop surat yang diletakkan pada sisi atas surat. Guna dari kop surat sendiri adalah untuk menjelaskan dari mana surat tersebut dikirimkan dengan mengetahui keterangan kelurahan, kecamatan, dan juga penjabaran keterangan mengenai nomor dan juga alamat tempat tersebut. Jadi jangan lupa untuk cantumkan kop surat ya!
  2. Cantumkan perihal dan nomor surat
    Perihal yang dicantumkan di sini adalah untuk menjelaskan maksud dari pembuatan surat pengantar yang tentunya sangat penting dicantumkan. Jika surat pengantar misalnya dibuat untuk pembuatan akta kelahiran maka dituliskan ‘surat keterangan pengantar akta kelahiran’. Nah untuk nomor sendiri disesuaikan dengan arsip data dari surat-surat yang telah dibuat, seperti misalnya ‘20/SPK/XI/2019’.
  3. Data diri pengantar dan data diri pembuat akta kelahiran
    Karena dalam pembuatan akta kelahiran ditujukkan untuk si anak yang baru lahir, maka yang bertanggungjawab akan surat pengantar tersebut adalah lurah setempat. Maka dari itu, dalam penulisan surat pengantar akta kelahiran, sang lurah harus mencantumkan data dirinya. Namun, jangan lupa juga mencantumkan data diri sang orang tua, terutama sang ayah ya karena sebagai keluarga yang mengantarkan surat tersebut dalam pembuatan akta kelahiran kepada dinas terkait setempat.
  4. Bubuhkan tandatangan
    Untuk langkah-langkah dalam contoh surat pengantar kelurahan untuk berbagai keperluan yang terakhir adalah jangan lupa bubuhkan tandatangan di akhir surat sebagai penanggungjawab dan juga pemegang surat ya. Tandatangan yang dibubuhkan adalah sang wali atau orang tua, lurah, dan juga camat setempat ini harus ada sebagai keterangan sang pembuat surat dan yang menyetujui surat pengantar akta kelahiran tersebut.

Bagi yang masih bingung atau ingin mengetahui bagaimana contoh penulisannya, berikut ini contoh penulisan akta kelahiran anak.

Contoh Surat Pengantar dari Kelurahan Untuk Berbagai Keperluan

PEMERINTAH KOTA BANYUMAS

KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN

KELURAHAN BERKOH

Alamat: Jl. Gerilya Timur 53146, Purwokerto Selatan Telp. (02810 633014)

 

SURAT KETERANGAN PENGANTAR AKTA KELAHIRAN

Nomor : 20/SPK/XI/2019

 

Yang bertandatangan di bawah ini:

 

Nama                                      : (nama lurah)

Jabatan                                   :

Alamat                                    :

 

Dengan ini menerangkan bahwa:

 

Nama Lengkap                        : (nama orang tua atau wali anak)

Jenis Kelamin                          :

Agama                                     :

No. KTP                                   :

Tempat/ Tanggal Lahir            :

Pekerjaan                                :

Alamat                                    :

Keperluan                               :

Keterangan Lain-lain            :

Berlaku Mulai                        :

 

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk digunakan seperlunya.

 

Dibuat di : Purwokerto

Pada tanggal : 17 November 2019

 

Tandatangan Pemegang                                                                           Lurah

 

(nama orangtua)                                                                              (nama terang Lurah)

 

 

Mengetahui:

Camat Purwokerto Selatan

(nama terang Camat)

Surat Pengantar Barang

Surat pengantar barang tentunya merupakan surat yang dikirimkan sebagai lampiran tanda terima dalam untuk penyerahan barang, dari satu perusahaan ke perusahaan lain atau dari penjual ke pembeli yang menjamin keamanan barang saat diantarkan ke tujuan. Dalam pengiriman surat pengantar barang sendiri tidak boleh sembarangan, karena memiliki beberapa tata cara yang harus dilakukan. Contoh surat pengantar barang paling lengkap bisa membantu mengetahui bagaimana tata cara penulisan surat pengantar yang baik dan benar.

Tak hanya memiliki fungsi sebagai tanda terima bahwa barang telah dikirimkan dengan baik tanpa kekurangan apapun, surat pengantar barang  ini pun juga akan memberikan detail jumlah dan jenis barang yang diminta pembeli. Dengan memberikan surat pengantar barang pun, kepercayaan kita tentunya akan tetap dijaga oleh sang penjual, agar nantinya bisa saling bekerjasama kembali. Nah meski memang hampir sama dengan beberapa ketentuan surat lainnya, tapi tetap berbeda bukan? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Tata Cara Penulisan Surat Pengantar Barang

Tentunya, beberapa ketentuan surat pengantar barang paling di bawah ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Meski tidak sulit dan rumit, tapi akan lebih baiknya menyimak penjelasan di bawah dulu yuk sebelum diaplikasikan. Berikut ini beberapa ketentuan penulisan surat pengantar barang:

  1. Buat kop surat
    Mengapa harus membuat kop surat? Sebab, dengan adanya kop surat sebagai pembeli pun memahami bahwa memang benar yang mengirim surat pengantar barang tersebut adalah perusahaan yang dibeli barangnya. Dalam pembuatan kop surat ini tidak perlu ribet, hanya mencantumkan nama, alamat serta nomor telepon perusahaan saja kok. Hal ini pun akan sangat berguna jika memang kita sebagai penerima atau membeli ingin menghubungi sang penjual.
  2. Pengguaan bahasa yang baik, benar, dan sopan
    Nah meski perusahaan yang dibeli barangnya adalah perusahaan yang kita kenal pemiliknya, tapi alangkah lebih baiknya jika kita tetap mengutamakan sopan dan santun terutama dalam penggunaan bahasa surat. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta tetap sopan ya.
  3. Tuliskan kepada siapa surat dikirim
    Nah pencantuman kepada siapa surat dikirimkan ini harus ditulis ya, karena akan membuktikan bahwa memang surat yang dikirim telah benar dan sampai pada si pembeli dan penerima yang sesungguhnya.
  4. Berikan rincian pembelian barang
    Karena merupakan surat pengantar barang, maka surat pengantar barang selanjutnya harus memberikan rincian pembelian barang. Hal ini harus dilakukan agar sang pembeli atau penerima barang bisa mengecek kembali barang yang dibelinya, apakah sesuai dengan yang dipesan sebelumnya dan ketika ada kesalahan, kita bisa mengonfirmasinya dengan arsip data yang ada.
  5. Tambahkan lampiran
    Jika memang ada hal-hal yang perlu dilampirkan dalam surat pengantar barang, kita bisa mencantumkannya dalam lampiran yang biasanya dilampirkan pada lembaran surat berikutnya. Pada bagian ini bisa berisi nota ataupun juga packing list tentang barang yang dibeli dan yang sudah dikirimkan.
  6. Bubuhkan tandatangan
    Jangan lupa untuk membubuhkan tandatangan pengirim, pengantar, dan juga penerima ya. Tandatangan dari ketiga orang tersebut akan dijadikan sebagai tanda bukti dan juga arsip perusahaan bahwa barang telah dikirimkan dan diterima.

Nah pastinya ketentuan surat pengantar di atas mudah kan untuk dipahami dan juga dipraktekkan bukan? Tapi tenang, jika memang masih membutuhkan contoh surat pengantar barang, berikut ini akan dilampirkan salah satu contohnya:

Contoh Surat Pengantar Barang / Surat Jalan

PT. Berkah Barokah

Jl. KH. Agus Salim No. 89 Purwokerto

Telp. (0281) 653782

 

SURAT JALAN

No. 78/IU/XI/2019

 

Yth.

PT. Cahaya Anugerah

Jl. Gerilya No. 6 , Purwokerto

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan barang yang dibelim oleh PT. Cahaya Anugerah dari PT. Barokah Berkah, berikut ini kami lampirkan rinciannya:

NoNama BarangJumlah SatuanKeterangan

 

Mohon untuk segera dicek kembali dan diterima.

 

Pengantar                                                                                                       Hormat Kami,

Supir                                                                                                         Direktur Penjualan

 

(nama)                                                                                                                 (nama)

 

Lampiran:

  1. 1 lembar nota pembelian
  2. 1 lembar packing list

Contoh Surat Pengantar Barang

Contoh Surat Pengantar Barang

Surat Pengantar Nikah

Sebelum meminta surat pengantar nikah, tentunya jangan lupa untuk menyiapkan beberapa hal yang harus diperlukan, seperti KTP dan Kartu Keluarga yang asli ya. Nah jika memang sudah siap antara keduanya, kita bisa langsung menuju RT dan RW tempat kita tinggal untuk meminta surat pengantar nikah, yang kemudian kita bisa mendapatkan surat pengantar nikah selanjutnya dari kelurahan. Tak perlu banyak basa-basi, yuk kita bahas ketentuan penulisan contoh surat pengantar nikah paling lengkap di bawah.

Tata Cara Penulisan Surat Pengantar Nikah 

Selain karena memang kewajiban dalam setiap agama untuk menikah, biasanya mereka yang memutuskan untuk menikah karena memang ingin berlanjut ke jenjang yang lebih baik. Nah sebelum melangsungkan pernikahan, alangkah lebih baiknya kita menyiapkan surat pengantar nikah terlebih dahulu dari kelurahan. Seperti apa contoh surat pengantar nikah paling lengkap? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pojok sisi kiri tulis kecamatan, kelurahan, dan juga kota setempat
    Dalam penulisan contoh surat pengantar nikah paling lengkap yang pertama adalah dengan menuliskan di pojok sisi kiri surat keterangan kecamatan, kelurahan, dan juga kota tempat kita tinggal sebagai pencocokan data yang disesuaikan dengan KTP asli dan juga surat pengantar dari RT dan RW sebelumnya.
  2. Cantumkan perihal dan nomor surat
    Berbeda dengan surat lainnya yang mana menuliskan perihal dan nomor surat di sisi kiri surat, untuk surat pengantar nikah kita menuliskan perihal dan nomor surat pada sisi tengah surat. Karena surat pengantar yang dibuat sebagai surat pengantar nikah, maka tuliskan ‘surat keterangan pengantar nikah’ dan cantumkan nomor surat yang disesuaikan dengan arsip-arsip surat yang dimiliki sebelumnya.
  3. Cantumkan data diri pribadi dan pasangan
    Kemudian, kita bisa menuliskan data diri kita dengan lengkap, yang bertujuan agar dari pihak kelurahan pun mengetahui dengan siapa kita akan menikah, dengan data diri yang telah diberikan sebelumnya tersebut. Bahkan jika telah menikah atau kini telah memiliki istri pun harus dicantumkan dalam data diri kita. Jadi, cantumkan data diri dengan sejelas-jelasnya ya!
  4. Bubuhkan tandatangan
    Tentunya, dalam setiap surat harus membubuhkan tandatangan yang mana sama halnya dengan surat pengantar nikah. Biasanya yang akan menandatangani surat keterangan pengantar nikah tersebut adalah lurah dari kelurahan setempat, sebagai penanggungjawab dari adanya surat tersebut pula. Tidak perlu menambahkan tandatangan kita, karena cukup tandatangannya saja yang menerangkan surat pengantar nikah tersebut.

Bagi yang ingin mengetahui contoh surat keterangan nikah, berikut ini akan dicantumkan contohnya.

Contoh Surat Pengantar Nikah 

Kelurahan       : Purwokerto Selatan           Kecamatan      : Karangklesem

Kota                 : Purwokerto

SURAT KETERANGAN UNTUK NIKAH

Nomor : 087/2345/NCTR/2019

Yang bertandatangan di bawah ini menerangkan dengan sungguh-sungguh bahwa:

Nama Lengkap                                                            : Restu Sabila

Alamat                                                                        : Jl. Gatsu No. 90 Purwokerto Sealatan

Jenis Kelamin                                                              : Wanita

Tempat Tanggal Lahir                                                 : Banyumas, 6 April 1994

Warga Negara                                                             : Indonesia

Agama                                                                         : Islam

Pekerjaan                                                                    : Guru

Bin/Binti                                                                      : Engkus Koswara

Status Perkawinan                                                      : Belum Menikah

  1. Jika pria, terangkan jejaka,

duda atau beristri dan berapa istrinya                      : –

  1. Jika wanita terngkan, perawan atau janda     : Perawan

Nama istri atau suami terdahulu                                : –

 

Demikianlah surat keterangan pengantar nikah ini dibuat dengan mengingat sumpah jabatan dan untuk digunakan seperlunya.

 

Purwokerto, 17 November 2019

Kelurahan Purwokerto Selatan

 

Restu Sabila

NIP: 8970 300 20018 7890

Demikianlah penjelasan dan contoh surat pengantar. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *