10+ Contoh Surat Permohonan Izin Keluar/Masuk Barang

Dalam sebuah perusahaan, proses keluar masuknya barang bukanlah perkara yang dapat disepelekan. Terlebih jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan berskala besar. Besarnya nilai barang yang keluar dan masuk ke perusahaan juga merupakan faktor penting lain yang perlu menjadi perhatian. Oleh karena itu, perihal keluar masuk barang ini harus melalui prosedur tertentu seperti menggunakan Surat Permohonan Izin Keluar/Masuk Barang. Manfaat dan tujuan disusunnya Surat Permohonan Izin Keluar/Masuk Barang ini, antara lain :
  1. Sebagai sarana pencatatan barang yang masuk dan keluar dari perusahaan.
  2. Mencegah adanya barang-barang ilegal yang keluar dan masuk ke perusahaan.
  3. Supaya tidak terjadi invalid data antara barang yang masuk dan keluar perusahaan karena telah ada bukti resmi berupa Surat Permohonan Izin Keluar/Masuk Barang tersebut.

Contoh Surat PermohonanAdapun beberapa poin penting yang dapat dijadikan acuan dalam menyusun Surat Permohonan Izin Keluar/Masuk Barang, antara lain : 

  1. Perihal surat
    Perihal surat menjadi penanda dari maksud dan tujuan pengiriman surat. Anda juga dapat menyertakan nomor surat dan lampiran pada bagian ini.
  2. Pihak yang dituju
    Menyebutkan pihak yang menjadi tujuan permohonan izin untuk memasukkan atau mengeluarkan barang tersebut. Sebutkan secara singkat dan jelas.
  3. Pembuka surat
    Sebelum masuk pada inti surat, terlebih dahulu kita perlu membuka surat agar terkesan lebih santun. Biasanya terdiri dari salam pembuka dan penghormatan.
  4. Isi surat
    Bagian ini berisi permohonan izin memasukkan atau mengeluarkan barang dari perusahaan. Sertakan rincian barang tersebut seperti nama barang, jumlah barang, waktu keluar/masuknya barang, serta keterangan apakah barang tersebut merupakan barang masuk atau barang yang keluar.
  5. Penutup
    Setelah di awal tadi kita membuka surat, maka kita perlu menutup pada bagian akhirnya. Bagian ini biasanya terdiri atas salam penutup dan ucapan terima kasih.
  6. Tanda tangan dan nama terang
    Seperti pada surat resmi lainnya, pengirim harus membubuhkan tanda tangan dan nama terangnya.
Untuk lebih memperjelas, berikut kami berikan beberapa Contoh Surat Permohonan Izin Keluar/Masuk Barang sebagai bahan referensi :

Contoh Surat Permohonan Izin Keluar Masuk Barang

Perlu diketahui, ada beberapa perusahaan yang menggunakan draft seperti ini sebagai Surat Permohonan Izin Keluar/Masuk Barang. Hal ini sah-sah saja jika pihak perusahaan yang telah menentukan. Tentu saja harus tetap menyertakan stempel resmi dari perusahaan yang bersangkutan.

Contoh Surat Permohonan Izin Keluar Barang

Yogyakarta, 6 Februari 2018
Lampiran : –
Perihal : Permohonan Izin Keluar/Masuk BarangYang terhormat,
PT. Paijo Tbk
Jalan Kebon Agung 10, Sleman
YogyakartaDengan hormat,
Sehubungan dengan adanya kebutuhan barang baik berupa barang masuk maupun barang keluar di Gedung Gudang Paijo Tbk, dengan surat ini kami bermaksud untuk memohon bantuan PT. Paijo Tbk selaku pengelola gedung untuk memberikan izin atas keluar/masuk barang pada tanggal 7 Februari pukul 10.00 – selesai. Berikut rincian barang tersebut :

No.
Nama barang
Jumlah
Keterangan
1
Monitor
100 unit
Barang masuk
2
CPU
100 unit
Barang masuk
3
Keyboard
100 unit
Barang masuk
4
Mouse
100 unit
Barang masuk
5
Printer
100 unit
Barang masuk

Demikian permohonan izin ini kami sampaikan. Kiranya PT. Paijo Tbk berkenan memberikan izin. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami sampaikan terima kasih.

PT. Paijo Tbk
Departemen Logistik

 

Paijan, S.E.

Contoh Surat Permohonan Izin Masuk Barang

Yogyakarta, 23 Maret 2016

Lampiran : –
Perihal : Permohonan Izin  Masuk Barang

Yang terhormat,
PT. Orion Group
Jalan Mataram 123, Sleman
Yogyakarta

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya kebutuhan barang baik berupa barang masuk maupun barang keluar di Gedung Gudang Orion Group, dengan surat ini kami bermaksud untuk memohon bantuan PT. Orion Group selaku pengelola gedung untuk memberikan izin atas keluar / masuk barang pada tanggal 24 – 25 Maret 2016 pukul 10.00 – selesai. Berikut rincian barang tersebut :

No.     Nama barang    Jumlah   Keterangan


Demikian permohonan izin ini kami sampaikan. Kiranya PT. Orion Group berkenan memberikan izinnya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

PT. Arfabi Tech
Departemen Logistik

Ahmad Ridlo, M.E.

Contoh Surat Konfirmasi Pemesanan Barang

Contoh Surat Masuk Dan Keluar Perusahaan

Contoh Berita Acara Serah Terima Barang

contoh surat permohonan gudang

Contoh Formulir (Form) Keluar / Masuk Barang

Setelah Anda mengetahui Contoh Surat Permohonan Izin Keluar / Masuk Barang. Untuk Contoh Surat Permohonan Izin Keluar Barang sebenarnya hampir sama dengan Contoh Surat Permohonan Izin Masuk Barang di atas. Yang membedakan hanya tujuan suratnya yaitu untuk memasukkan barang dan mengeluarkan barang. Selain itu semuanya hampir sama. Namun kami mencoba untuk memberikan versi lain dari Surat Permohonan Izin Keluar / Masuk Barang karena di setiap perusahaan mempunyai format yang berbeda. Berikut adalah Permohonan Izin Keluar / Masuk Barang dalam Bentuk Form :

Contoh Format Barang Keluar

Contoh Format Barang Keluar

Contoh Form Pemasukan Barang Gudang

Form Barang Keluar

Contoh Form Pengeluaran Barang Gudang

 Surat Pengeluaran Barang Gudang

Contoh Form Pengeluaran Barang

surat jalan keluar barang

Surat Pengiriman Barang

Sebelum membahas format dan contoh surat pengiriman barang, maka Anda harus tahu dulu pengertiannya. Surat pengiriman barang adalah sebuah surat yang berisikan informasi mengenai suatu barang yang dikirim yang dibuat oleh pengirim barang dan ditujukan untuk penerima barang. Surat ini termasuk kedalam kategori surat keterangan karena memang menerangkan bahwa barang yang dipesan sedang dikirim kepada alamat yang dituju.

Surat pengiriman barang juga berfungsi sebagai bukti pendukung bahwa barang yang dipesan telah dikirimkan kepada pihak yang bersangkutan. Untuk format surat pengiriman barang sama seperti format surat pada umumnya. Hanya contoh surat pengiriman barang profesional dan formatnya yang akan diuraikan dibawah ini.

Format Surat Pengiriman Barang

Sesuai dengan uraian yang telah dipaparkan diatas, dibawah ini akan dijelaskan beberapa contoh dan format dari surat pengiriman barang. Lets check it!

  • Kop surat

Kop surat atau yang biasa disebut kepala surat ini berisikan nama perusahaan pengirim. Biasanya suart yang menggunakan kop berasal dari perusahaan ataupun instansi bukan dari perseorangan. Di dalam kepala surat juga terdapat alamat, nomor telepon, alamat email, fax, kode pos, logo perusahaan, dan masih banyak lainnya.

  • Tanggal surat

Format surat yang kedua adalah tanggal surat. Tanggal ini harus dicocokan tepat dimana surat tersebut dibuat. Tanggal surat biasanya diletakan pada pojok kiri atau kanan atas sesuai dengan format yang digunakan.

  • Nomor, lampiran dan perihal

Setelah menuliskan tanggal, dibawahnya akan tertera nomor surat, lampiran dan perihal. Nomor surat akan disesuaikan dengan sisitem penomoran yang ada di perusahaan yang bersangkutan. Kemudian lampiran berisi keterangan mengenai hal apa yang dilampirkan dalam surat. Sedangkan perihal adalah tema atau topik dari isi surat tersebut, seperti contoh perihal : pemberitahuan pengiriman barang.

  • Alamat yang dituju

Selain tertera di bagian depan amplop surat, alamat yang dituju juga termuat di dalam surat. Isi dari format ini adalah nama perseorangan atupun perusahaan yang dituju beserta alamat lengkapnya.

  • Salam pembuka

Pada umumnya surat di Indonesia menggunakan kata “Dengan hormat” sebagai salam pembuka. Salam pembuka bertujuan untuk memberikan salam dan hormat kepada penerima surat dari pengirim surat.

  • Isi

Bagian yang paling penting di dalam surat adalah isi. Isi di dalam surat pengiriman barang adalah keterangan dan informasi pengiriman suatu barang yang dipesan. Keterangan dan informasi tersebut biasanya mencakup nama barang, jumlah dan keterangan. Di dalam isi surat juga terdapat penutup yang berisikan harapan dan ucapan terima kasih.

  • Salam penutup dan tanda tangan

Salam penutup di dalam surat biasanya menggunakan kata “Hormat kami” yang disusul dengan tanda tangan, nama jelas dan jabatan dari pengirim surat yang bersangkutan.

Setelah mengetahui berbagai format yang ada di dalam contoh surat pengiriman barang , kini saatnya anda mengetahui contoh suratnya.

Contoh Surat Pengiriman Barang

PT MAKMUR JAYA

Jalan Melati No 26

Jakarta

20 November 2019

Nomor             : 30/11/2019

Lampiran         : 2 lembar

Perihal             : Pemberitahuan pengiriman barang

 

Yth PT SUKSES ABADI

Jalan Mawar no 27

Bandung

 

Dengan hormat,

Berdasarkan surat Saudara nomor 21/11/MA tertanggal 15 November 2019 perihal pemesanan barang sudah kami terima dengan baik.

Dengan ini kami beritahukan bahwa barang pesanan Saudara akan kami kirimkan menggunakan Ratu Cargo dan dikemas menggunakan pengepakan khusus yang tidak mudah rusak. Bersama ini kami pula lampirkan kekurangan biaya yang harus anda lunasi sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan.

Apabila ada masalah mengenai barang yang kami kirimkan hendaknya menghubungi kontak perusahaan kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat kami,

 

PT MAKMUR JAYA

Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang

contoh surat pengeluaran barang (faktur)

Contoh Surat Back Order

Contoh Surat Pengeluaran Barang (faktur)

 

Demikian Contoh Surat Permohonan izin Keluar / Masuk Barang yang bisa kami bagikan. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *