10+ Contoh Surat Pribadi untuk Guru yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pribadi untuk Guru – Pernah Anda membuat surat pribadi? Mungkin pernah membuatnya untuk gebetan atau pacar. Namun, pernahkah membuat surat pribadi untuk guru? Tentunya, untuk saat ini surat pribadi tak begitu diperhatikan dan jarang dipakai karena sudah terbantu dengan teknologi. Tanpa bertatap muka pun bisa berkomunikasi melalui telepon maupun aplikasi chatting.
Meski begitu, kita perlu tahu tentang surat menyurat. Salah satunya adalah surat pribadi. Surat pribadi merupakan surat yang dibuat seseorang untuk orang lain. Surat itu bisa ditujukan kepada orangtua, kakak, adik, saudara, teman, sahabat. Pada artikel ini akan dibahas tentang surat pribadi untuk guru. Artinya, surat ini disampaikan dan ditujukan untuk seorang guru yang pernah membimbing dan mengajar kita sehingga kita bisa pintar dan meraih banyak prestasi.
Tak ada salahnya kita mengetahui dan membuat surat pribadi untuk guru. Mungkin saja suatu hari nanti kita ingin menyampaikan terima kasih untuk Bapak/Ibu guru. Surat menjadi sapaan yang menyentuh hati mereka dibandingkan lewat media sosial atau chatting. Mungkin Anda bisa mencobanya. Menulis surat pribadi memang gampang-gampang susah. Jika tak terbiasa menulis surat mungkin akan terasa aneh dan bingung ingin menuliskan apa saja.
Meski surat ini termasuk tak resmi, Anda harus menggunakan bahasa yang sopan mengingat guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa untuk kita. Sebelum mencoba menulis surat pribadi untuk guru, ada beberapa pokok-pokok surat yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah kaprah saat menulis surat nantinya.
  1. Tuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Tuliskan nama dan alamat yang dituju
  3. Pembuka surat
  4. Isi surat
  5. Penutup surat
  6. Nama terang dan tanda tangan

Cara Membuat Surat Pribadi Untuk Guru

Dalam menulis surat pribadi untuk guru kamu tidak boleh asal, walau ini surat pribadi yang sifatnya bebas. Tapi guru adalah orang yang seharusnya dihormati, oleh sebab itu ada langkah-langkah yang harus kamu lakukan agar surat tersebut sopan dan benar.

  1. Pembuka surat

Dalam membuat surat pribadi untuk guru, langkah pertama kamu harus membuka surat. Pada bagian ini tulislah alamat dan nama di sudut kanan atas bagi pengirim, lalu sebelah kiri untuk penerima. Jangan lupakan tanggal pembuatan surat. Selanjutnya buatlah salam pembuka yang sopan untuk menyapa orang tua.

Perkenalkan diri mu pada bagian pertama surat. Kamu bisa mengingatkan bahwa kamu adalah salah satu murid dari guru mu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menuliskan nama lengkap, kelas, atau tahun lulus. Setelah itu baru nyatakan tujuan penulisan surat. Jelaskan secara singkat mengapa kamu menulis surat ini dan apa yang kamu inginkan.

  1. Membuat isi surat

Agar menjadi contih surat pribadi untuk guru yang sopan dan benar, maka buatlah isi surat dengan bahasa yang formal tapi tetapn santai. Gunakan kata ganti “saya” untuk tetap memberi rasa hormat kepada guru. Tujuannya juga agar kamu bisa memiliki hubungan yang lebih baik. Selanjutnya mulailan poin penting dalam surat.

Nyatakan tujuan mu dengan singkat dan jelas satu persatu. Jika kamu ingin mengungkapkan perasaan atau mengucapkan terima kasih maka tulislah dengan sopan. Buat dalam beberapa paragraf agar mudah dibaca dan tidak membosankan.

  1. Menutup surat

Dalam bagian ini tulislah simpulan tujuan atau harapan yang diinginkan. Kemudian tulis kalimat penutup pada bagian akhir, lengkapi dengan salam penutup sebelum mengakhiri surat. Jangan lupa beri tanda tangan dan nama terang mu.

Berikut adalah contoh surat pribadi untuk guru yang bisa Anda jadikan referensi :

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Menulis surat untuk guru bermacam-macam tujuannya. Ada yang mengucapkan terima kasih, menceritakan keberhasilan, mengucapkan selamat, atau sekedar mengungkap perasaan rindu dan sebagainya. Berikut adalah conth surat pribadi untuk guru yang baik dan benar mengenai pencapaian cita-citanya.

Purwokerto, 18 Mei 2018

Jalan Imam Bonjol No 29 Purwokerto

Teruntuk Guru Terhebat ku

Bu Salma

 

Assalamualaikum Wr.Wb

Bagaimana kabarnya bu salma? Semoga selalu sehat dan dilindungi oleh Allah SWT. Mungkin ibu kaget menerima surat ini, dan tidak ingat kepada saya. Saya Mustofa murid ibu dulu di SMA Negeri 3 Purwokerto kelas 12 Tata Boga 1. Datang surat ingin, saya ingin mengucapkan terima kasih karena ibu telah membimbing dan memotivasi saya untuk tidak menyerah pada mimpi saya. Sekarang saya bawa kabar gembira bu. Saya rasa ibu harus tahu karena ibu juga berperan penting dalam hal ini.

Sekarang saya sudah bekerja di hotel berbintang di jakarta bu. Alhamdulilah sebagai kepala cheff seperti yang dulu saya impikan. Sungguh luar biasa saya berada diposisi ini. Mengingat dulu saya tidak yakin dan menyerah pada cita-cita saya. Tapi saya mendapat dukungan dari ibu dan mulai percaya diri kembali.

Tempat kerja saya bagus bu, orangnya juga ramah dan bersahabat. Sangat betah dan senang disini. Saya bekerja disini awalnya hanya sebagai koki biasa, tapi bulan lalu saya diangkat menjadi kepala cheff karena kinerja dan kedisplinan saya. Ini semua berkat bantuan ibu yang mengajarkan saya bahwa semua usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Sekali lagi terima kasih bu salma. Sekian surat ini saya tulis. Semoga ibu selalu sehat.

 

Hormat saya,

 

Mustofa Ardin

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Jakarta, 8 Oktober 2016
Teruntuk
Ibu Guruku Tercinta,
Ibu Destiana, S.Si.
Di Jepara
Assalamu’alaikum wr. wb.
Bagaimana kabar Ibu? Saya berharap saat ini Ibu selalu Sehat dan tidak ada kurangnya suatu apapun.
Ibu Destiana, saya ingin memberi kabar gembira, bahwa Anak didikmu ini Alhamdulillah dipercay a untuk mewakili Indonesia diajang olimpiade sains dunia bu. Ini tak lepas, dari dukungan dan didikan Ibu selama di SMA. Jika nanti saya lolos, Saya berkesempatan untuk ikut proyek penelitian NASA bu.
Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih kepada Ibu atas pelajaran dan didikan ibu selama ini. Selain itu, Saya mengundang ibu untuk menyaksikan saya lomba di Jepang bu. Nanti, untuk urusan pemberangkatan akan di urus oleh KEMENPORA.
Sekian surat ini saya buat, Saya tunggu kedatangan Ibu.
Salam Hormat,
Ardi Ardianto

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Yang Masih Mengajar

Yogyakarta, 10 Mei 2018
Kepada Yth
Ibu Astuti Jayadi
Di Pepe, MuntilanDengan hormat,
Apa kabar Ibu Astuti? Semoga Ibu Astuti dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Mahakuasa. Saya Agnes Widimulya angkatan 2008 di SMP Marganingsih. Ibu masih ingatkan dengan saya?Ibu saya ingin berbagi cerita tentang perjalanan studi dan kegiatan saya. Pertama-tama saya mengucapkan banyak terima kasih karena Ibu telah mengajarkan kepada saya banyak hal, terutama tentang kepribadian. Saya bangga pernah menjadi murid Ibu Astuti dan selalu mendengarkan nasihat-nasihat Ibu. Hasilnya, saya kini menjadi orang yang semakin percaya diri. Saya selalu ingat kata-kata Ibu “Kalau kamu mau, kamu mencoba, pasti kamu bisa meraihnya”. Kata-kata itu yang selalu menyemangati saya.Seperti yang Ibu kata-kata itu, saya bisa masuk ke SMA Santa Maria Yogyakarta. Sekolah yang saya inginkan sejak saya masih di SMP. Bahkan, saya bisa masuk ke universitas yang juga sangat saya impikan. Universitas Atma Jaya Yogyakarta jadi pilihan saya satu-satunya. Saya bisa diterima di Prodi Ilmu Komunikasi lewat jalur prestasi. Sungguh kata-kata Ibu menjadi kekuatan dan semangat bagi hidup saya. Kini saya tinggal menyelesaikan tugas akhir saya, yaitu skripsi. Saya bercita-cita menjadi seorang wartawan. Karenanya, saya mohon doa dari Ibu Astuti supaya segera menyelesaikan tugas akhir sebagai syarat kelulusan menempuh pendidikan S-1.

Tak lupa saya selalu mendoakan Ibu, semoga selalu diberi kesehatan, semangat dalam mengajar, dan menjadi Ibu yang selalu murah senyum. Maafkan Agnes belum sempat mengunjungi Ibu. Semoga Tuhan selalu memberkati Ibu Astuti. Sekian dulu ya Bu, terima kasih sudah membaca surat dari Agnes.

Salam rindu dari anakmu

(tanda tangan)

Agnes Widimulya

Contoh Surat Untuk Guru Favorit

Yogyakarta, 12 Mei 2018
Untuk Guruku Tersayang
Bapak Mardji Sugalih
di Surabaya, Jawa TimurDengan hormat,
Pak Mardji apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat ya. Sayang sekali ketika saya sudah pindah lagi ke Yogyakarta ternyata Bapak pindah ke Surabaya.Saya mendapat info dari pihak sekolah SD Suka Maju kalau Bapak sudah pensiun dan pindah ke Surabaya bersama dengan anak-cucu. Saya berharap, Bapak dan keluarga baik-baik.Ini saya Renata Cahaya. Sebenarnya saya sudah meluangkan waktu pulang ke Yogyakarta karena ingin bertemu Bapak untuk acara reunian teman-teman SD. Apa boleh buat, saya pribadi dan teman-teman tak bisa bertemu dengan Bapak. Meski begitu saya selalu mendoakan supaya Bapak dalam keadaan sehat dan suatu saat nanti bisa berjumpa lagi. Sebagai ucapan terima kasih saya, saya kirimkan hadiah sederhana. Semoga Bapak senang dan mau memakainya.

Terima kasih atas ilmu yang sudah Bapak berikan kepada saya. Saya juga mohon maaf jika selama ini saya banyak berbuat salah. Sekian surat dari saya, semoga bisa lekas bertemu dengan Bapak dalam keadaan sehat.

Salam rindu dari anak didikmu

(tanda tangan)

Renata Cahaya

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Dalam Bahasa Jawa

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Dalam Bahasa Jawa

 Contoh Surat Untuk Guru Di Sekolah

 Contoh Surat Untuk Guru Di Sekolah

 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Secara Singkat

 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Secara Singkat

One Reply to “10+ Contoh Surat Pribadi untuk Guru yang Baik dan…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *