best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu – Era canggih ini apa iya masih butuh menulis surat? Dengan adanya kecanggihan alat komunikasi dan juga internet rasa-rasanya proses komunikasi semakin mudah. Tapi justru karena terlalu mudah terkadang malah menjauhkan dan dianggap sepele. Jika melirik ke beberapa dekade lalu ketika semua bertukar kabar dengan surat menjadi hal yang menyenangkan untuk dikenang. Eh, tapi bukan berarti saat ini surat-menyurat sudah ditinggalkan sepenuhnya!

Masih banyak hal-hal yang memerlukan surat fisik sebagai dokumen penting terutama dalam urusan antar lembaga, organisasi atau suatu instansi. Selain surat-surat resmi itu, masih sangat penting juga untuk menulis surat pribadi. Jadi bisa disimpulkan kalau kemampuan menulis surat ini masih sangat dibutuhkan baik untuk keperluan pribadi atau hal-hal lain yang dianggap resmi. Nah, kali ini akan dibahas secara lengkap dan menyeluruh mengenai surat pribadi terutama contoh surat pribadi untuk ibu.

Daftar Isi

Pengertian Surat Pribadi

Surat adalah sebuah alat yang digunakan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan suatu pesan kepada sebuah instansi/lembaga atau perseorangan ke instansti/lemabaga atau perseorangan yang lain. Surat ini dikirimkan melalui pos dengan ditempeli perangko sebagai alat ganti pembayaran pengiriman yang harganya berbeda tergantung dari jaraknya. Namun, ada pula surat-surat yang bisa diserahkan secara langsung dan tidak perlu melalui perantara jas pos.

Ada berbagai jenis macam surat yang dikenal oleh masyarakat luas. Jika digolongkan berdasarkan segi bentuk, isi dan juga bahasanya maka surat ini bisa dibedakan menjadi tiga yaitu: Surat Pribadi, Surat Dinas dan Surat Niaga. Sedangkan, jika melihat fungsi dasar pemakaiannya maka surat ini digolongkan menjadi: Surat Pribadi, Surat Resmi, dan Surat Dinas.

Artikel ini tidak akan dibahas keseluruhan dari jenis surat tersebut, melainkan berfokus kepada pembahasan tentang surat pribadi. Surat pribadi sendiri adalah: alat suatu alat komunikasi tertulis yang sifatnya privasi dan dikirimkan oleh perseorangan kepada perseorangan yang lain atau juga suatu instansi/lembaga dan organisasi atau juga berlaku sebaliknya.

Penjelasan di atas adalah pengertian yang luas dan umum karena ada juga surat resmi yang masuk ke dalam jenis surat pribadi jika dilihat dari tujuan dan isi surat tersebut. Oleh karena itu selanjutnya akan dibahas juga mengenai macam-macam surat pribadi agar lebih jelas lagi.

Macam-Macam Surat Pribadi Berdasarkan Isinya

Meskipun pada umumnya surat pribadi ini ingin menyampaikan informasi yang sifatnya pivasi dan tidak resmi karena urusan personal, bebas, juga menggunakan bahasa sehari-hari dan berisi masalah-masalah pribadi, banyak surat resmi atau setengah resmi yang masuk ke dalam surat pribadi.

Jika dilihat berdasarkan dengan isi yang ingin disampaikan pada surat pribadi, maka bisa dibedakan menjadi dua jenis surat:

1. Surat pribadi yang bersifat setengah resmi

Jangan salah jika ada juga surat pribadi yang memiliki isi setengah resmi seperti ini. Biasanya surat pribadi yang sifatnya setengah resmi ini memiliki hubungan dengan kedinasan yang dikirimkan oleh perseorangan kepada suatu instansi atau juga lembaga. Surat pribadi yang sifatnya setengah resmi ini seperti surat lamaran pekerjaan, surat izin tidak masuk kerja, surat izin tidak masuk sekolah, surat izin cuti dan lain sebagainya.

Untuk surat-surat ini tentu berbeda dengan surat dinas atau surat niaga yang umumnya harus menyertakan kepala/kop surat dan juga nomor surat. Surat priabadi ini tidak memerlukannya karena memang atas nama personal dan bukan sebagai perwakilan dari suatu lemaba/instansi atau organisasi. Tetapi, bahasa yang digunakan adalah bahasa resmi yang sifatnya baku sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan bahasa Indonesia) yang saat ini berlaku.

2. Surat pribadi yang bersifat kekeluargaan

Nah, yang kedua ini adalah surat pribadi yang sifatnya kekeluargaan. Berarti surat pribadi ini dikirimkan dari seseorang ke seseorang yang lain dengan hubungan yang erat dan baik. Beberapa contoh dari surat pribadi ini seperti surat perkenalan, surat pena, surat antar kerabat, surat kepada teman, atau juga surat kepada orang-orang terkasih lainnya.

Perbedaan yang mencolok dengan surat pribadi setengah resmi adalah sifatnya yang lebih bebas dan luwes termasuk dalam format penulisan, tata bahasa dan juga isi yang ingin disampaikan.

Agar pembahasan lebih fokus dan luas, maka seperti dengan judul artikel ini ‘Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu’ maka hanya akan membahas tentang surat pribadi yang sifatnya kekeluargaan saja.

3. Surat Pribadi Untuk Ibu

Setelah adanya pembahasan-pembahasan singkat sebelumnya, sekarang dengan mudah bisa disimpulkan apa yang dimaksud dengan surat pribadi untuk ibu ini. Yup! Surat pribadi untuk ibu ini adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang ke orang lain yang mereka anggap sebagai ibu, tidak selalu hanya terbatas pada ibu yang mengandung dan melahirkan orang tersebut.

Isi surat pribadi untuk ibu ini bisa dituliskan kapn saja atau momen-momen spesial yang membahagiakan seperti saat ibu berulang tahun, diperingatan Hari Ibu, atau saat-saat merindukan ibu.

Mengapa Menulis Surat Pribadi Untuk Ibu

Alih-alih mengungkapkan isi hati kita menggunakan telepon atau saat ini dengan chat atau berkirim pesan secara elektronik, mengapa harus menulis surat pribadi untuk ibu? Setiap orang tentu memiliki alasannya masing-masing, tetapi ada beberapa alasan yang mendasari seseorang lebih menulis surat pribadi untuk ibunya, yaitu:

1. Merayakan momen spesial

Momen spesial tidak hadir setiap hari dan setiap waktu. Terkadang ada momen di hidup yang hanya terjadi satu kali saja dan tidak akan terulang. Momen-momen ini bisa dijadikan kesempatan untuk mengungkapkan perasaan sayang ke Ibu yang sudah membesarkan dan banyak berkorban.

Selain itu kedekatan yang terjadi bisa semakin erat. Setiap orang tentu memiliki momen spesialnya sendiri, tetapi beberapa momen spesial yang bisa dijadikan waktu yang tepat untuk menuliskan surat ini seperti: hari perayaan ulang tahun ibu, hari ibu, saat momen lebaran, saat momen pernikahan atau tunangan. Tidak ada salahnya loh memberikan kejutan kecil dengan menulis surat yang akan menjadi kenangan mengharukan baik untuk Anda atau Ibu Anda.

2. Lebih bisa dikenang dan disimpan

Surat yang ditulis apalagi dengan tangan dan ditujukan untuk Ibu ini bisa jadi sesuatu yang berharga. Menuangkannya melalui tulisan di secarik kertas ini bisa disimpan dan suatu hari dibaca kembali. Apalagi jika memang Anda rutin untuk menulis surat setiap waktu karena jarak yang sedang berjauhan. Ini juga bisa jadi alternative lain ketika Ibu tidak terlalu mengerti teknologi. Berbicara melalui telepon atau video call memang sangat melagakan, tetapi menulis surat bisa memberikan kesan yang lebih erat dan akrab apalago dengan pemilihan kata yang baik.

Contoh Surat Terbaru :   15+ Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Makan Berbagai Posisi Lengkap

3. Cara lain mengungkapkan perasaan

Adanya teknologi yang semakin berkembang pesat ini membuat komunikasi menjadi sangat mudah tidak perduli jarak dan waktunya. Mau berada di belahan bumi manapun jika masih ada sinyal internet dan handphone berfungsi maka bisa menghubungi siapa saja.

Tapi jika Anda ingin memberikan suatu kesan kalin yang lebih spesial terutama untuk ibu, dan mengatakan hal-hal yang tidak bisa diungkpkan langsung maka bisa memilih dengan menulis surat. Meski kesannya ini tidak modern, tetapi Anda bisa menulis surat pribadi untuk ibu sesuai keinginan Anda. Sifatnya yang sangat personal membuat surat pribadi untuk ibu ini lebih intim dan rahasia.

Nah, paling tidak ada tiga hal itu yang bisa dijadikan alasan mengapa lebih baik sesekali menulis surat pribadi untuk ibu daripada selalu mengandalkan teknologi-teknologi canggih yang semakin mudah. Boleh diakui atau tidak, terkadang kemudahan yang tersedia justru membuat seseorang bisa menyepelekan waktu yang berharga dengan menunda-nunda memberi kabar. Tetapi dengan menulis dan mengirim surat bisa memberikan sesuatu yang berbeda dan positif untuk kedekatan hubungan dengan ibu.

Fungsi Menulis Surat Pribadi Untuk Ibu

Menulis surat mungkin menjadi salah satu hal sudah jarang dilakukan oleh banyak orang apalagi jika surat ini adalah surat pribadi. Surat dinas dan resmi sekalipun lebih banyak menggunakan template surat yang sudah-sudah. Sedangkan surat pribadi yang ditulis ini memiliki banyak sekali variasi mulai dari tampilan, bentuk hingga isi. Sifatnya yang personal dan bebas ini menjadi salah satu kelebihan dari menulis surat pribadi. Beberapa fungsi lainya dari menulis surat pribadi untuk ibu ini seperti:

1. Berkomunikasi dengan orang yang dituju dalam surat

Fungsi utama dari sebuah surat memang adalah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan si penulis kepada pembaca. Pesan yang disampaikan bisa tentang apapun dan seberapa banyak. Tidak ada batasan dalam membuat surat khususnya surat pribadi.

2. Menjangkau jarak yang cukup jauh

Untuk orang-orang yang tinggal di wilayah yang jauh bisa dengan mudah terhubung melalui kecanggihan teknologi telepon. Itu sekarang. Dulu sebelum semua orang memiliki ponsel, surat adalah alat komunikasi yang membuat mereka terhubung dan saling bertukar kabar.

Eits… meski saat ini ingin mengirim surat pribadi untuk orang-orang terkasihpun tidak masalah. Justru akan memberikan kesan romantis dan terlihat lebih berjuang. Jadi, selain membuat surat pribadi untuk ibu, kepada siapa lagi surat itu ingin Anda kirimkan?

3. Membudayakan berkomunikasi secara santun

Surat pribadi memang bisa dibuat untuk siapapun. Tetapi, jika surat tersebut dikirimkan untuk ibu sebaiknya perhatikan bahasa yang digunakan. Menulis surat akan membiasakan Anda untuk berbahasa yang santun. Jika terbiasa akan masuk ke kehidupan sehari-hari dan menjadi kebiasaan baik dalam bertutur kata (lisan) atau melalui tulisan.

4. Menyampaikan perasaan

Apakah Anda termasuk orang yang sulit untuk menyampaikan isi hati secara langsung? Jika iya, maka menulis surat adalah salah satu cara untuk menyampaikan perasaan dan pikiran dengan cara yang mudah. Rangkaian kata yang bisa Anda pikirkan baik-baik menurunkan resiko salah bicara dan menghilangkan rasa gugup berlebihan. Jadi, tidak ada salahnya kan mulai menulis surat pribadi terutama untuk ibu?

5. Untuk mewakili seseorang atau pribadi

Namanya saja surat pribadi, jadi surat ini bisa menjadi perwakilan langsung penulis karena jarak yang jauh sehingga tidak bisa bertemu secara langsung. Apalagi untuk mereka yang harus berada jauh karena urusan pekerjaan atau pendidikan bisa menjadikan urat pribadi ini sebagai perwakilan tidak langsung.

6. Ungkapan gagasan seseorang tanpa batas

Saat membaca pesan di aplikasi chatting yang panjang terkadang muncul rasa malas. Berbeda dengan menulis surat dengan tulisan tangan. Perjuanganny tergambarkan dengan lebih jelas, dan tidak terbatas pada layar handphone saja.

Jadi, ketika menuliskan surat pribadi, Anda bisa mengeluarkan seluruh hal atau gagasan yang ingin disampaikan. Tidak perlu mengkhawatirkan tentang tampilan yang terbatas oleh layar. Anda bebas ingin menulis berapa lembar surat.

7. Mengembangkan kreativitas berbahasa

Diperlukan kemampuan berbahasa yang baik saat menulis surat. Kemampuan ini bisa diasah dengan membiasakannya. Tentu tidak masalah jika menuliskan surat pribadi dengan bahasa sehari-hari, tetapi jika surat tersebut dikirim untuk ibu Anda pastikan bahwa pilihan katanya bisa dimengerti dengan mudah agar pesan yang ingin diberikan tersampaikan maknanya.

Dari sebuah kebiasaan menulis surat saja ternyata bisa memberikan dampak yang lumayan baik jika dibiasakan. Jadi meski zaman sudah sangat maju sekalipun dan semua terasa mudah, ada baiknya membiasakan diri untuk menulis karen akan melatih seseorang berkemampuan bahasa yang baik dan menyampaikan sebuah gagasan atau perasaan dengan cara yang baik dan santun.

Ciri-Ciri Surat Pribadi Untuk Ibu

Membuat surat diperlukan keterampilan khusus dan banyak berlatih. Apalagi ternyata surat-surat itu memiliki berbagai macam jenis. Lalu bagaimana cara memberdakan surat-surat itu agar tidak salah dalam membuatnya? Tidak perlu khawatir karena setiap surat memiliki ciri-cirinya masing-masing. Termasuk juga ciri-ciri dari surat pribadi untuk ibu yang bisa dilihat dan dipahami di sini:

1. Tidak menggunakan kepala/kop surat

Ciri pertama dari sebuah surat pribadi adalah tidak menggunakan kop surat atau kepala surat. Seperti yang diketahui jika kepala surat ini berisi tentang identitas pengirim surat yang diwakilkan oleh nama instansi, organisasi atau lembaga. Hal ini dikarenakan surat dengan kepala surat yang berisi nama instansi, alamat lengkap dan juga logo instansi ini hanya dibutuhkan saat menulis surat resmi, bisa surat dinas atau surat niaga.

Sedangkan surat pribadi ditulis untuk mewakilkan perseorangan atau diri pribadi yang sifatnya personal dan bebas. Jadi, baik surat pribadi kekeluargaan atau tidak resmi dan surat pribadi setengah resmi tidak akan menggunakan kepala surat. Jika diberikan pun, pasti akan terasa menjadi surat yang sangat resmi. Padahal surat pribadi ini ingin lebih menggambarkan kedekatan secara personal bukan instansi.

2. Tidak mencantumkan nomor surat

Tujuan utama diberikan nomor surat pada pembuatan surat sebenarnya adalah untuk pengarsipan dokumen karena setiap surat yang dikeluarkan oleh instansi harus terdapat salinan lain yang disimpan. Suatu instansi apapun juga memiliki batasan jumlah surat yang bisa dikeluarkan setiap bulannya.

Tetapi karena surat pribadi ini adalah urusan personal dan diri sendiri, penggunaan nomor surat tidak diperlukan sama sekali. Surat pribadi bisa disimpan tapi tidak untuk diarsipkan. Jadi, ciri kedua dari sebuah surat pribadi adalah tidak mencantumkan nomor surat.

3. Salam pembuka dan penutup yang bervariasi

Salam pembuka sering kali diawali menggunakan frasa ‘Dengan hormat,’ dan ditutup dengan ‘Hormat kami,’ atau ‘Hormat saya,’ atau juga ucapan salam dalam bahasa Arab yang sudah sangat umum digunakan. Salam-salam tersebut biasa ditemukan di sebuah surat resmi yang sifatnya lebih baku dan kaku.

Sedangkan untuk surat pribadi yang ingin memberikan kesan kedekatan memiliki salam pembuka dan penutup sangat banyak sekali variasinya tergantung dari selera dan keinginan si penulis surat. Misalkan saja: Hai, apa kabar?, Salam hangat dariku, Orang yang kamu sayang, dan masih banyak lagi.

4. Penggunaan bahasa yang bebas

Jika surat resmi seperti surat dinas dan surat niaga menggunakan bahasa formal dan baku sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) maka untuk penulisan surat pribadi ini sangat bebas. Bahkan tidak perlu terlalu memikirkan tentang aturan penulisan baku. Pemilihan kata bisa dengan bahasa sehari-hari sehingga surat yang ditulis menggambarkan keakraban dan kedekatan dengan si penerima surat.

5. Format surat bebas

Format surat ini berkaitan dengan bentuk surat yang ingin digunakan. Beberapa bentuk surat yang dikenal ini seperti: bentuk lurus penuh, bentuk lurus, bentuk setengah luru, atau juga bentuk resmi. Tetapi bentuk surat seperti ini memang lebih sering digunakan untuk menulis surat yang sifatnya resmi.

Sedangkan surat pribadi ini sangat bebas ingin menggunakan bentuk surat seperti apapun. Bahkan jika ingin menambahkan hiasan sekalipun tidak masalah karena sekali lagi sifatnya sangat personal.

6. Isi surat bersifat pribadi atau personal

Surat-surat resmi yang dibuat akan menjadi dokumen penting yang sangat berkaitan dengan urusan instansi terkait sehingga pihak-pihak tertentu boleh juga mengetahui isi surat tersebut karen memang yang diwakili adalah sebuah instansi bukan perseorangan.

Contoh Surat Terbaru :   Contoh Surat Lamaran Kerja Administrasi

Untuk surat pribadi ini sifatnya sangat pribadi karena memang ditulis untuk mewakili seseorang dan seseorang yang lain. Sifatnya yang pribadi inilah membuat sebuah surat pribadi tidak bisa sembarangan dibaca selain si penerima surat itu sendiri.

Dari beberapa poin di atas ini tentu sudah sangat jelas bukan perbedaannya dengan surat lainnya? Paling mudah dan secara garis besarnya adalah surat pribadi ditulis dengan sangat bebas sesuai dengan keinginan penulis itu sendiri.

Karakteristik dan Struktur Surat Pribadi Untuk Ibu

Di awal pembahasan sudah disinggung sedikit tentang jenis-jenis surat yang ternyata ada bermacam-macam. Jenis surat satu dengan surat yang ini tentu berbeda dan memiliki karakteristik atau struktur yang berbeda dengan surat lainnya. Apalagi jika surat pribadi dan surat resmi, keduany memiliki ciri yang berbeda. Nah, kali ini agar surat pribadi yang ingin ditulis untuk ibu tidak melenceng ke surat resmi coba perhatikan beberapa karakteristik yang dimiliki oleh surat pribadi ini:

1. Nama tempat dan tanggal surat

Meski tidak ada kepala surat dan juga nomor surat, apalagi perhal dan lampiran, penulisan surat pribadi tetap harus mencantumkan nama tempat dan tanggal surat agar pembaca mengetahui kapan dan dimana surat tersebut dibuat.

2. Alamat tujuan

Seperti halnya surat lainnya, alamat tujuan akan dituliskan di lembar surat dan juga amplop surat. Meskipun penulisannya tidak akan sebaku surat resmi, tetapi akan lebih baik jika tetap menyantumkannya. Hal ini bisa jadi penanda apakah alamat surat dan penerima memang tepat dan tidak terjadi kekeliruan salah alamat.

3. Salam pembuka

Penggunaan salam pembuka tetaplah penting. Untuk mengawali surat ini, tuliskan sapaan akrab yang sering digunakan. Bisa juga menggunakan sapaan non-formal. Ingat bahwa surat pribadi ini bebas menggunakan gaya bahasa apapun selagi dimengerti oleh si penerima surat itu sendiri.

4. Paragraf pembuka

Yup! Baik surat resmi maupun surat tidak resmi pasti akan memiliki paragraf pembuka sebelum masuk ke inti dari surat tersebut. Paragraf pembuka ini bisa dimulai dengan kalimat-kalimat pertanyaan sehingga memancing pembaca untuk berinteraksi dengan surat. Atau juga bisa sedikit membahas surat sebelumnya yang dikirimkan oleh penerima surat sebagai balasan surat si penulis.

5. Paragraf isi

Ini adalah bagian yang sangat penting. Apa yang ingin disampaikan dan dibahas diletakan di paragraf isi ini. Anda bisa meluapkan perasan atau gagasan yang ingin disampaikan. Atau juga memberikan tanggapan terhadap surat yang dikirimkan pembaca sebelumnya. Intinya, hal terpenting yang ingin disampaikan letaknya ada di paragraf isi ini.

6. Paragraf penutup

Di bagian penutup ini bisa diberikan kesan agar si pembaca membalas suratnya ini. Sampaikan pesan terakhir yang baik dan tidak ada kalimat yang menggantung dan membuat penasaran.

7. Salam penutup

Salam penutup ini sama dengan salam pembuka di awal surat. Variasi dari salam penutup ini sama banyaknya dengan salam pembuka. Anda bisa memilih frasa yang menggambarkan kedekatan seperti ‘Anak kesayanganmu,’ dan masih banyak lagi contohnya.

8. Nama pengirim dan tanda tangan

Meskipun ini adalah surat pribadi, tetapi Anda tidak bisa mengabaikan mmberikan nama Anda sendiri dan juga tanda tangan. Tentu tidak perlu menggunakan cap stampel dan juga menerangkan jabatan atau NIP. Cukup berikan nama terang dan juga tanda tangan. Ini sebagai bukti konkret jika surat tersebut benar-benar ditulis dan dikirimkan oleh Anda atau si pengirim surat.

Kurang lebih 8 hal ini yang pasti akan ditemukan dalam penulisan surat pribadi. Mungkin tidak sebanyak surat resmi, tetapi 8 poin penting ini sudah cukup untuk dijadikan landasan dalam penulisan surat pribadi untuk ibu. Tentang cara membuat dan menulis surat pribadi akan terangkan lebih lanjut beserta contoh surat pribadi untuk ibu agar bisa memberikan gambaran dan pemahaman yang lebih jelas kedepannya.

Tips Menulis Surat Pribadi Untuk Ibu

Sesai dengan pembahasan sebelumnya jika surat pribadi ini sifatnya personal dan privasi. Memang menuliskannya sangat bebas dan dengan berbagai variasi sesuai keinginan penulis, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menuliskan surat pribadi terutama untuk ibu agar ungkapan perasaan yang dituliskan bisa tersampaikan dengan baik tanpa ada kesalahan pemaknaan kata. Beberapa tips yang bisa diikuti saat ingin menulis surat pribadi untuk ibu seperti:

1. Menggunakan bahasa yang tetap sopan dan santun

Meskipun menulis surat pribadi dan sudah diberitahukan jika bisa menggunakan bahasa yang bebas, bukan berarti kemudian bisa dengan serampangan memilih kata. Jika surat pribadi itu dikirimkan untuk ibu maka sebaiknya gunakan bahasa yang sopan juga santun. Hal ini sebagai rasa hormat kepada seorang ibu. Tidak hanya dalam menuliskan dalam selembar surat tetapi juga menjadi kebiasaan sehari-hari.

2. Gunakan diksi dan kalimat yang sederhana

Perhatikn benar siapa yang akan menerima surat pribadi ini. Sesuaikan gaya bahasa dengan si penerima. Penerima surat akan sangat mempengaruhi pemilihan kata dan penulisan kalimat. Tentu saja menulis surat pribadi untuk sahabat atau kekasih akan sangat berbeda jika si penerima adalah ibu. Pakai diksi yang memang sangat akrab di dengar oleh ibu, atau mudahnya gunakan bahasa sehari-hari yang sering digunakan saat berbicara langsung dengan beliau.

3. Pilihlah kata yang komunikatif dan terkesan akrab

Karena ini datang dalam bentuk surat, tentu tidak perlu terlalu tegang. Anda bisa menuliskan apapun yang Anda mau. Jadi selain memilih gaya bahasa yang dimengerti si penerima, sebaiknya gunakan kalimat yang komunikatif. Menggunakan kata yang sangat dekat dengan penerima. Ini bisa tentang panggilan atau mungkin bahasa daerah yang memang sangat akrab untuk keduanya. Selain mempengaruhi pemahaman isi surat, hal ini juga akan sangat mempengaruhi atmosfer yang tercipta saat surat tersebut dibaca oleh penerima.

4. Gunakan ejaan dan tanda baca yang benar

Benar jika menuliskan surat pribadi ini sangat bebas dan luwes termasuk dalam penggunaan gaya bahasa atau pemilihan kata. Tetapi ada juga yang diperhatikan betul, yaitu tentang ejaan dan tanda baca. Ejaan yang kurang tepat dan tanda baca yang tidak sesuai bisa membuat kesalahpahaman makna oleh si penerima surat. Meskipun tidak harus sebaku dan sesuai PUEBI, setidaknya penulisannya mudah untuk dimengerti. Tentu Anda tidak ingin jika ibu Anda memahami pesan yang berbeda dari apa yang sebenarnya ingin Anda sampaikan hanya karena kesalahan ejaan dan tanda baca.

5. Mengungkapkan pokok masalah yang ingin dibahas atau disampaikan

Ungkapkan pokok masalah atau gagasan yang ingin disampaikan dengan baik. Untuk masuk inti dari pokok masalah ini sudah dimulai dengan membuat paragraf pembuka yang baik. Uraikan setiap gagasan atau ungkapan perasaan yang ingin disampaikan.

Sebaiknya Anda tidak terlalu bertele-tele dan berputar-putar saat membahas hal tersebut. Anda juga harus memperhatikan keefektifan surat tersebut agar tidak sampai berlembar-lembar. Berat surat juga akan diperhitungkan dalam pengiriman, jadi pastikan tidak melebihi ketentuan dari pihak pengiriman atau Pos Indonesia jika surat tersebut dikirimkan melalui layanan pos.

Ada baiknya sebelum mengirimkannya, baca kembali surat yang sudah ditulis ini. Pastikan penggunaan tanda baca, ejaan hingga penulisan huruf kapital tidak keliru. Juga tidak ada kalimat yang memiliki makna ganda. Nah, sebelum masuk ke contoh surat pribadi untuk ibu, perhatikan dulu bagiamana cara menulis surat pribadi untuk ibu yang baik dan benar.

Cara Menulis Surat Pribadi Untuk Ibu

Sebelum mulai berlatih dalam menuliskan surat pribadi untuk Ibu, coba terlebih dahulu perhatikan cara membuat surat pribadi ini. Paling tidak bisa memudahkan Anda untuk memulainya. Langsung saja begini cara menulis surat pribadi yang baik untuk ibu. Simak ya!

1. Nama tempat dan tanggal surat

Surat pribadi memang tidak perlu mencantumkan kepala surat sebagai identitas pengirim surat, tidak perlu pula mencantumkan nomor surat sebagai pengarsipan, juga tidak perlu menyertakan perihal dan lampiran. Tetapi surat pribadi yang dikirimkan untuk siapapun harus tetap menyertakan nama tempat dan tanggal surat itu ditulis. Letaknya ada di bagian kanan atas.

Format tanggal inipun sebenarnya bebas, tetapi Anda bisa menggunakan dua format tanggal yang umum digunakan dalam bahasa Indonesia yaitu format DD MM YYY atau jika dipendekkan menjadi DD-MM-YYYY. Contoh: 21 Mei 2022 atau juga 21-05-2022. Untuk nama kota sendiri diletakkan di depan sebelum tanggal dan dipisah dengan tanda koma (,). Misalnya: Yogyakarta, 15 April 2021; Semarang, 1 Januari 2019; Surabaya, 28 Februari 2021, dan seterusnya.

2. Alamat tujuan surat

Tidak seperti surat resmi, untuk penulisan alamat ini benar-benar bebas. Anda tidak perlu memberikan imbuhan Yth. di depan nama si penerima surat seperti dalam surat resmi. Anda juga tidak perlu menuliskan alamat dengan sangat lengkap. Penulisan alamat surat ini ada disebelah kiri sebelum salam pembuka. Perhatikan contohnya di sini!

Contoh Surat Terbaru :   15+ Contoh Surat Referensi Kerja yang Benar [+Doc]

Contoh 1:

Mamaku Tersayang

Di Purwokerto

Contoh 2:

Kepada

Ibundaku Tercinta di Surabaya

Lihat jika dua contoh tersebut tidak menyebutkan nama, tetapi jika Anda ingin menyebutkan nama pun tidak akan masalah. Persamaan lainnya adalah ketika menyapa nama panggilan ibu kemudian ditambah dengan sapaan akrab huruf pertama di kata pertama dan huruf kedua dikata kedua menggunakan huruf kapital.

3. Salam pembuka

Menuliskan salam pembuka pun terserah Anda. Kebebasan Anda untuk memilih seperti apa salam pembuka yang diinginkan. Apakah ingin menggunakan kalimat salam seperti Assalmualaikum atau juga ingin langsung menyapa dengan kalimat ‘Ibu, bagaimana kabarnya?’ atau bisa juga ‘Salam hangat dari, Dewi.’

Pada salam pembuka ini dituliskan setelah menulis alamat surat. Ada bisa memberikan jarak satu baris jika menulis dengan kertas bergaris atau memberikan jarak yang cukup agar tidak berdesakan. Apapun salam pembukanya, pastikan jika itu bukan bahasa kasar. Tetap tunjukkan kesantunan dan gambaran betapa Anda menyayngi Ibu.

4. Paragraf pembuka

Sebelum masuk ke inti dari surat pribadi ini, gunakan paragraf pertama untuk basa-basi menanyakan kabar. Atau juga Anda bisa mengungkapkan harapan dan doa Anda kepada Ibu atau juga keluarga di rumah. Anda juga bisa menambahkan kabar ringan tentang diri Anda sendiri. Untuk contoh dari paragraf pembuka ini bisa seperti:

Ibu, bagaimana kabarnya? Semoga saja doa dari Dewi selalu dikabulkan oleh Allah agar Ibu dan adik-adik di rumah selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Ibu jangan khawatir karena Dewi di sini baik-baik saja, sehat dan juga tidak lupa mengingat pesan Ibu untuk tidak telat makan. Dewi rindu sekali dengan Ibu, juga adik-adik. Insyaallah, di akhir bulan ini Dewi bisa mengambil cuti selama beberapa hari dan akan pulang ke rumah.

5. Pragraf isi

Masuk ke paragraf isi ini, Anda bisa menuliskan apa sebenarnya tujuan menulis surat pribadi ini. Apapun gagasan dan alasannya tuliskan dengan baik. Perhatikan ejaan dan juga penulisan tentang tanda baca. Misalkan setelah membuat paragraf pembuka seperti di bagian sebelumnya, alasan utama Anda menulis surat adalah untuk memberikan ucapan ulang tahun maka bisa juga dengan menuliskan:

Selamat ulang tahun Ibuku yang sangat Dewi cintai. Maaf ya Bu, Dewi tidak bisa disamping Ibu saat hari ulang tahun Ibu. Tapi, Dewi dari sini akan tetap mendoakan yang terbaik untukmu, I Love U Ibu <3! Di hari yang sangat spesial ini tentu saja Dewi berharap Ibu diberikan kemudahan dalam melaksanakan segala urusan dan diberikan umur yang berkah, serta kesehatan agar Ibu dan Dewi lebih bisa bersama dalam waktu yang lama. Walaupun Dewi saat ini hanya bisa memberikan ucapan seamat dan juga doa singkat, Dewi akan selalu berusaha untuk membahagiakan Ibu. Sekali lagi selamat ulang tahun Ibu!

6. Paragraf penutup

Paragraf penutup ini adalah bagian yang akan memberitahukan jika surat yang ditulis hanya sampai di sini. Itulah intinya! Tetapi Anda juga bisa memberikan pesan kalau lain kali akan menulis surat lagi, berikan juga pesan agar si penerima surat ini membalas surat dari Anda. Misalkan Anda bisa menuliskan paragraf penutupnya seperti ini:

Untuk saat ini hanya itu yang bisa Dewi sampaikan. Dewi sangat tidak sabar menunggu akhir bulan saat bisa pulang dan bertemu dengan Ibu juga adik-adik lainnya. Sebelum Dewi pulang, sebagai hadiah ulang tahun yang belum Dewi berikan, Ibu ingin Dewi bawakan apa dari kota Jogja ini? Jangan lupa untuk segera membalas surat Dewi ini ya Bu! Dewi tunggu!

7. Salam penutup

Sama denga salam pembuka, variasi dari salam penutup ini bebas! Tapi jangan gunakan salam penutup yang sifatnya formal dan kaku ya. Tentu menulis surat untuk Ibu ini adalah orang yang sangat dekat dengan Anda. Jadi, pilihlah kata yang menggambarkan kedekatan seperti: ‘Dari Anak Kesyanganmu,’; ‘Salam Hangat,’; ‘Anakmu yang Sangat Merindukanmu,’; ‘Wassalamualaikum,’ dan masih banyak lagi lainnya.

8. Nama pengirim dan

Tuliskan nama terang dan tanda tangan sebagai bukti keaslian dari surat ini. Tidak perlu sampai harus memberikan cap stempel dan memberikan nama jabatan apa lagi NIP seperti surat resmi. Contohnya seperti:

Anakmu Tersayang

Ttd.

Dewi Linda Sari

Nama lengkap dan tanda tangan ini ada dibagian kiri bawah tepat setelah Anda menuliskan salam penutup.

Agar gambaran dari format contoh surat pribadi untuk ibu ini terlihat jelas langsung saja perhatikan contoh-contoh di bawah ini!

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu

Jadikan beberapa contoh surat pribadi untuk ibu di bawah ini sebagai referensi surat yang akan Anda buat. Kembangkan imajinasi di dalam pikiran Anda agar pesan yang ingin dituliskan bisa tersampaikan dengan baik.

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Ucapan Selamat Ulang Tahun

Untuk Untuk Ibu Yang Sedang Ulang Tahun

Yogyakarta, 15 April 2021

Kepada

Ibundaku Tercinta di Surabaya

Assalmualaikum,

Ibu, bagaimana kabarnya? Semoga saja doa dari Dewi selalu dikabulkan oleh Allah agar Ibu dan adik-adik di rumah selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Ibu jangan khawatir karena Dewi di sini baik-baik saja, sehat dan juga tidak lupa mengingat pesan Ibu untuk tidak telat makan. Dewi rindu sekali dengan Ibu, juga adik-adik. Insyaallah, di akhir bulan ini Dewi bisa mengambil cuti selama beberapa hari dan akan pulang ke rumah.

Selamat ulang tahun Ibuku yang sangat Dewi cintai. Maaf ya Bu, Dewi tidak bisa disamping Ibu saat hari ulang tahun Ibu. Tapi, Dewi dari sini akan tetap mendoakan yang terbaik untukmu, I Love U Ibu <3! Di hari yang sangat spesial ini tentu saja Dewi berharap Ibu diberikan kemudahan dalam melaksanakan segala urusan dan diberikan umur yang berkah, serta kesehatan agar Ibu dan Dewi lebih bisa bersama dalam waktu yang lama. Walaupun Dewi saat ini hanya bisa memberikan ucapan seamat dan juga doa singkat, Dewi akan selalu berusaha untuk membahagiakan Ibu. Sekali lagi selamat ulang tahun Ibu!

Untuk saat ini hanya itu yang bisa Dewi sampaikan. Dewi sangat tidak sabar menunggu akhir bulan saat bisa pulang dan bertemu dengan Ibu juga adik-adik lainnya. Sebelum Dewi pulang, sebagai hadiah ulang tahun yang belum Dewi berikan, Ibu ingin Dewi bawakan apa dari kota Jogja ini? Jangan lupa untuk segera membalas surat Dewi ini ya Bu! Dewi tunggu!

Wassalamualaikum,

Anakmu Tersayang

Ttd.

Dewi Linda Sari

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Menanyakan Kabar

London, 17 Januari 2021

Untuk Wanita Paling Berarti Dalam Hidupku

Ibuku Tercinta

Di Semarang,

Assalamualaikum Ibu,

Sejujurnya ini sangat berat untuk menulis surat, karena aku sudah sangat kangen dan ingin bertemu. Maaf jika surat dariku kadang datang terlambat, Bu. Bukan karena aku tidak ingin memberikan kabar, tapi setiap aku menulis surat keinginan untuk bertemu dan rasa kangen dengan Ibu semakin berat. Bu, Ibu di rumah baik-baik saja kan? Aku di sini baik-baik saja. Aku sangat sehat. Alhamdulillah.

Jika dihitung aku sudah hampir tiga tahun ini tidak pulang ke rumah. Beberapa hari ini bahkan aku sampai terbayang dengan Ibu karena terlalu rindu dengan Ibu, suasana rumah, apalagi masakan-masakan Ibu. Tapi Ibu tidak perlu khawatir karena akhirnya aku sebentar lagi bisa pulang menemui Ibu. Cuti yang aku dapat cukup lama, sekitar satu bulan.

Bu, bekerja di Londong, Inggris sangat menyenangkan. Bahkan saat ini aku sudah menjadi manager di perusahaan tempaku bekerja. Aku yakin ini pasti karena Ibu tidak pernah lupa untuk mendoakan aku, Ibu juga selalu mendukungku hingga akhirnya aku mampu mewujudkan cita-citaku ini. Oh iya Bu, aku bertemu dengan seorang laki-laki. Ia asli orang Indonesia yang juga bekerja di sini. Ia asli orang Solo. Aku sudah mengenalnya selama hampir setahun. Rencananya kami akan pulang bersama ke Indonesia dan akan ku kenalkan pada Ibu. Bu, ia laki-laki yang baik. Ibadahnya baik. Sikapnya sopan dan santun.

Nah, sampai di sini dulu surat dariku ya, Bu! Aku berharap Ibu selalu dalam keadaan sehat dan diberi keselamatan. Tunggu aku ya, Bu! Sebentar lagi aku akan pulang ke Indonesia bersama calon menantu, hehe.

Wassalamualikum,

Anakmu Tercinta,

Ttd.

Putri Ayu R.

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Di Hari Ibu

Bandung, 20 Desember 2021

Untuk Pahlawan Hidupku

Di Malang,

Selamat hari Ibu!

Bu, aku sudah perkirakan kalau surat ini akan sampai kepadamu tepat di hari Ibu. Maaf, tapi aku terlalu malu jika harus mengungkapkannya secara langsung. Selain karena di kampus masih banyak sekali kegiatan yang padat, ternyata aku kehabisan tiket kereta untuk pulang. Bagaimana kabar Ibu? Aku harap, Ibu selalu sehat dan diberikan kebahagiaan. Aku di sini baik-baik saja dan semua urusan kuliahku lancar.

Lewat surat yang sangat jarang aku tulis ini, aku ingin menyampaikan ucapan maaf jika selama ini aku telah merepotkan dan membebanimu. Di hari Ibu ini aku jadi sangat rindu dengan Ibu. Aku juga ingin sekali berterima kasih karena tanpamu apapun yang aku raih saat ini tidak bisa aku miliki. Doa dan dukungan yang Ibu berikan kepadaku ini sangat berarti. Aku sangat menyayangi Ibu, juga Ayah. Juga Eri meski dia sering jahil kepadaku, hehe. Aku merindukan kalian semua.

Selama aku tidak ada di rumah, semoga Eri selalu menjaga Ibu dengan baik. Tolong jangan lagi telat makan. Ibu harus sehat karena sebentar lagi aku akan di wisuda. Oh iya, meski tidak begitu bagus tapi aku membuat hadiah sederhana yang aku kirimkan juga bersama surat ini. Aku harap ibu menyukainya.

Aku merindukan kalian semua. Sesegera mungkin aku akan pulang!

Anak Kesayanganmu,

Ttd.

Gita Kirana D.

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Ucapan Terima Kasih

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Ucapan Terima Kasih

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Kartini

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Kartini

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Sebagai Ucapan Terima Kasih Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Sebagai Ucapan Terima Kasih

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Guru

Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Guru

Nah, dari ketiga contoh diatas tentu sudah memberikan gambaran yang cukup jelas untuk membantu Anda dalam menuliskan surat pribadi. Jangan khawatir dan terlalu dipikirkan! Anda bisa menuliskan semua yang Anda mau. Yuk mulai berlatih!

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring