10+ Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Sejati, Singkat & Terlengkap

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat – Perkembangan teknologi memang tak bisa dipungkiri. Bahkan, untuk zaman sekarang berbagi cerita, kabar, dan informasi pun bisa dilakukan melalui telepon genggam. Sangat jarang berkirim surat kepada teman atau sahabat. Mungkin ada sekali waktu menulis surat pribadi untuk sahabat karena terpaksa. Terpaksa yang dimaksud karena mengikuti sebuah acara dan salah satunya adalah menulis surat pribadi untuk sahabat terbaik. Meski terkesan sepele, rupanya cukup sulit merangkai kata surat pribadi untuk sahabat. Bahkan, bingung bagaimana cara menulisnya. Anda perlu panduan atau contoh surat pribadi untuk sahabat.
Tak ada salahnya tetap membuat surat pribadi untuk sahabat karena lebih unik dan memiliki apresiasi yang lebih. Penerima surat bisa merasa lebih dihargai. Surat pribadi untuk sahabat ini bisa berisi berbagai macam pesan, mulai dari ucapan selamat, menceritakan pengalaman, puisi, hingga curhat alias curahan hati. Isinya pun bersifat pribadi. Menarik lagi kalau berbeda provinsi, pulau, atau negara. Mengirim surat ditambah dengan foto-foto pasti lebih menarik dan berkesan dibanding lewat media sosial atau lewat aplikasi percakapan.
Pada artikel ini akan dibahas contoh surat pribadi untuk sahabat. Format penulisan surat pribadi untuk sahabat tidaklah begitu resmi. Kata-katanya bisa bertele-tele alias bebas berekspresi. Meski begitu, seperti surat pada umumnya. Surat pribadi untuk sahabat itu terdiri dari:
  1. Tempat, tanggal membuat surat
  2. Nama sahabat dan alamat yang dituju
  3. Salam pembuka
  4. Isi
  5. Penutup
  6. Tanda tangan dan nama pengirim surat

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi dan bersifat tidak resmi sehingga penulisan dan bahasanya lebih santai dan fleksibel. Bahasa yang digunaka memang bersifat bebas dan sesuai keinginan, namun masih menjunjung prinsip kesopanan. Tujuan surat ini tidak hanya untuk memberikan kabar atau informasi semata, tapi juga menceritakan dan mengungkapkan perasaan pribadi kepada orang lain. Hal tersebut dilakukan agar penerima surat mengetahui keadaan dan merasakan isi hati pengirim.

Ciri-ciri Surat Pribadi

Pada umumnya, surat pribadi menganduk bentuk sapaan dan diletakan dibagian atas. Contoh surat pribadi untuk sabahat, orang tua, keluarga dll paling lengkap bisa mengandung ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Bahasa tidak baku

Maksud dari bahasa tidak baku artinya bahasa yang digunakan dalam menulis surat pribadi lebih santai dan tidak formal. Bahasa yang digunakan merupakan bahasa sehari-hari namun tetap sopan dan mudah dipahami oleh pembaca. Bahasa informal ini digunakan dipembuka surat, inti surat, hingga penutup surat.

  1. Format penulisan bebas

Dalam surat pribadi, format penulisan surat dibebaskan. Tidak seperti surat resmi yang harus mengikuti format, surat pribadi boleh ditulis sesuai keinginan pengirim. Bagian yang terpenting ada identitas pengirim dan alamat tujuan saja, selebihnya isinya bebas.

  1. Isi surat

Berbeda dengan surat resmi yang dikirim karena memiliki maksud tertentu, maka surat pribadi ditulis karena kebutuhan komunikasi dengan orang-orang terdekat saja. Isi yang ada juga lebih condong pada ungkapan perasaan pengirim.

Tips Menulis Surat Pribadi

Anda berniat mengirim surat pribadi? Sebelum mulai membuat surat pribadi, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal penting berikut ini.

1. Gunakan bahasa yang sopan

Tulislah surat dengan bahasa yang sopan. Meskipun Anda memberi tahukan hal yang kurang menyenangkan, tapi pastikan selalu mmenyampaikan rasa hormat dan satun. Tulisan yang tidak menyenangkan bisa menyakiti pembaca oleh karena itu Anda harus tetap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

2. Kerapian surat

Agar menjadi contoh surat pribadi untuk sabahat, orang tua, keluarga dll paling lengkap salah satunya tampilan suratnya harus rapi dan bagus. Anda bisa menulis draf terlebih dulu setelah yakin semua cukup, maka salin.

3. Meyisipkan halaman

Menyisipkan nomor halaman digunakan apabila Anda menulis surat lebih dari 1 halaman. Hal ini dimaksudkan agar penerima tidak kebingungan saat membaca atau ketika menyusun kertas surat yang urutannya salah.

Cara Membuat Surat Pribadi Untuk Sahabat

Agar menjadi surat yang benar dan baik, ada baiknya jika kamu mengetahui bagaimana cara membuat surat pribadi untuk sabahat yang benar. Walau bersifat pribadi, bukan berarti tidak ada aturannya. Berikut cara membuatnya.

  1. Mengawali surat

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam mengawali surat adalah mentukan tujuan surat. Alasan mengapa kamu mengirim surat kepada sahabat, misalnya menayakan kabar, bersilaturahmi, bercerita masa depan dan lainnya. Setelah merencanakan tujuan menulis surat tersebut kamu bisa mengawali menulis surat dengan mencantumkan alamat dan tanggal pada pojok kiri atas.

Rencanakan seberapa panjang surat yang akan kamu buat. Hal ini agar kamu bisa memperkirakan membutuhkan berapa banyak kertas. Selanjuutnya kamu bisa memilih sapaan yang santai dan ceria untuk sahabat atau panggilan sayang.

  1. Membuat bagian utama surat

Contoh surat untuk sahabat paling lengkap tentu harus ada bagian utamanya. Berisi point utama atau informasi mendetail yang ingin kamu sampaikan. Bisa mengenai liburan, keseharian dan lainnya. Kamu bisa menulisnya 2-3 paragraf pertopiknya. Semuanya bebas sesuai keinginan mu.

Selain berisi topik utama yang kamu inginkan, bahaslah juga mengenai dirinya. Bicarakan mengenai hal-hal yang sahabat mu tulis disurat sebelumnya. Dengan memberi tanggapan tersebut, surat bisa menjadi media komunikasi yang menyenangkan, bukan hanya satu arah. Apabila kamu yang pertama mengirim surat maka tanyakan saja kabar dan kegiatannya.

  1. Menyelesaikan surat

Seletah membuat bagian utama maka kini masuk ke dalam bagian penutup surat. Tulis informasi dan harapan yang ingin kamu ceritakan kepada sahabat lalu akhiri surat. Kemudian tulis salam pentup surat. Pilih ucapan salam yang ramah dengan mencantumkan nama kamu dibawah salam tersebut. Tambahkan tanda tangan mu sendiri dan nama terang.

  1. Periksa kembali surat

Agar menjadi contoh surat pribadi untuk sahabat paling lengkap maka periksalah kembali surat tersebut sebelum benar-benar dikirmkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kesalahan penulisan, tanda baca, atau ejaan pada surat. Sesuatu yang tidak kalah penting yaitu bahasa yang kamu gunakan, karena dalam surat intonasi baca juga sulit disamakan maka kamu harus menulisnya dengan jelas dan sopan.

Dalam membuat surat untuk sahabat, sebenarnya dapat ditulis dengan mengalir. Penulis dapat menyampaikan setiap keluh kesahnya pada sahabat. Namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan surat untuk sahabat. Apakah bagian-bagian yang harus diperhatikan? Anda dapat mencari tahunya dengan membaca informasi di bagian berikutnya.

Hal Penting dalam Surat Untuk Sahabat

Dalam menuliskan surat untuk sahabat, terdapat beberapa hal penting yang harus dipahami. Hal-hal ini, akan membantu agar surat lebih mudah diterima pembaca. Berikut informasinya,

  1. Tidak Terlalu Panjang

Kebiasaan dalam menuliskan surat untuk sahabat adalah penulisan yang terlalu panjang. Penulisan surat untuk sahabat memang bebas, namun usahakan tidak berlebihan. Karena nantinya akan kesulitan untuk membaca surat tersebut. Tidak hanya itu, surat akan lebih lama dibalas, karena membutuhkan waktu untuk pembacaan.

  1. Sesuai Usia

Dalam membuat surat untuk sahabat, usahakan untuk menyampaikan hal-hal terkait usia. Dalam hal ini disarankan membuatnya dengan membicarakan sekolah ataupun pekerjaan yang sedang dilakukan. Hal ini akan membantu, sahabat lebih memahami serta mudah menjawab surat yang disampaikan. Jika tema pembicaraan menyulitkan, tentu akan merepotkan.

  1. Alamat Tepat

Bagian penting berikutnya adalah memahami dan memastikan tempat tinggal sahabat. Perlu diingat bahwa penulisan surat membutuhkan alamat tepat dari sahabat. Untuk itu disarankan untuk mencari tahu alamat lengkapnya. Jadi tidak ada kesalahan dalam pengiriman surat. Serta, menghindari kesalahpahaman yang mungkin dapat terjadi nantinya.

Setelah Anda tahu bagian-bagian surat pribadi untuk sahabat, agar lebih paham dan jelas perhatikan contoh surat pribadi untuk sahabat berikut ini:

Contoh Surat Pribadi Pendek Untuk Sahabat

Palembang, 1 Oktober 2018

Untuk

Sahabatku Rizkia Tersayang

 

Salam hangat dari Sahabat mu,

Bagaimana kabarnya sob? Terima kasih sudah datang ke acara wisudaku bulan lalu. Aku berharap Kamu sehat-sehat saja.

Sekarang keperluan ku di kampus sudah selesai, dan aku berniat untuk mudik ke Rumah Nenek. Nah apa keberatan jika aku berkunjung ke rumahmu pada santu besok? Aku sangat merindukan mu. Akan aku bawakan foto-foto keluarga kita saat wisuda ku kemarin. Aku juga membawa banyak oleh-oleh dari sini untuk mu. Aku sudah tidak sabar untuk mengunjungi mu sob.

Aku akan naik pesawat hari ini, dan akan sampai rumah jumat malam. Aku sudah berkemas dan berpamitan kepada teman dan ibu kos disini. Kamu tidak perlu khawatir, aku sudah tidak takut naik pesawat.. hehehhhe.

Baiklah sob sampai jumpa sabtu besok!

Salam rindu

 

Andin

Cotnoh Surat Untuk Sahabat Sejati Singkat

Surakarta, 17 November 2018

 

Teruntuk Utari

Sahabat terbaik ku

 

Hai utari,

Apa kabar mu di sana? Apa sudah musim liburan? Minggu ini terakhir aku berangkat sekolah sebelum menjalani libur panjang natal dan tahun baru. Kau juga libur kan? Bagaimana jika kita liburan besama? Kamu berkata selalu ingin ke Bandung, bagaimana kalau kita ke sana?

Maafkan aku jika pada saat reuni kemarin tidak bia hadir. Padahal aku sangat merindukan mu dan kawan-kwan yang lain. Mari kita berlibur bersama. Kumpulkan uang dan mintalah izin ke orang tua mu untuk ke Bandung. Jika kamu setuju maka balas surat ini secepatnya.

Oke, cukup segini saja kabar yang aku berikan. Aku sungguh tidak sabar untuk berlibur bersama mu. Membayangkannya saja sudah sangat menyenangkan. Semoga kamu selalu sehat ya tari. Salam rindu ku untuk paman, bibi, dan kak juki.

Sabahabt konyol mu

 

Tri Hana Mustika

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Jogja, 6 April 2018

Untuk Sahabatku
Renan Putra
Di Bandung, Jawa Barat

Salam sejahtera,

Semoga Berkat Tuhan selalu melimpah bagi kita. Hallo Re, bagaimana kabarmu? Semoga saat kamu membaca surat ini dalam keadaan sehat dan baik ya. Aku di sini juga dalam keadaan sehat.

Re, kamu pasti kaget terima surat dari aku. Sesekali iseng berkabar lewat surat karena aku ingin menyampaikan kabar bahagia. Kita tidak bertemu hampir setahun lebih. Kamu makin sukses aja ya, seneng deh sekarang temen aku yang dulunya suka malu-malu PDKT sama cewek sekarang udah punya pacar.

Nah soal kabar bahagia itu, setelah Lebaran 2018 nanti aku bertunangan. Aku ingin kamu bisa datang ke Jogja sekaligus bernostalgia bareng temen-temen kuliah kita. Adi, Riri, Ocha, Rama, sama Suci bakal jadi EO-nya loh. Mumpung mereka masih di Jogja, aku manfaatin aja deh buat ngurus acara lamaranku nanti. Rencananya sih 24 Juni 2018 nanti. Maka aku berkabar jauh-jauh hari biar kamu bisa meluangkan waktu ke Jogja. Jadi enggak ada alasan enggak bisa datang. Aku maksa banget ya.

Tentunya, selain surat ini aku juga sekalian kirim batik buat seragam acara lamaran nanti. Siapin baik-baik ya! Soal penginapan sudah aku siapin kok buat kalian sahabat-sahabat yang gemesin. Aku di sini kangen banget sama kamu, kangen ngumpul bareng temen-temen. Makanya kamu harus dating biar kita bisa bernostalgia bareng. Ajak pacarmu boleh loh, enggak dilarang kok. hahaha.

Sekian dulu ya Re, kapan-kapan disambung lagi. Kalau kamu sempet sih bales surat aku ini ya. Ingat ya Re, kamu harus datang. Semoga kamu dan pacarmu bisa langgeng dan segera nyusul aku. Kamu juga jaga diri baik-baik biar sukses usaha restorannya. Sampai ketemu di Jogja ya Re.

Salam hangat,

(ttd)

Riyani Vita

Contoh Surat Pribadi Singkat untuk Sahabat

Jogja, 6 April 2018

Untuk sahabatku,
Rosalia Kurnia
Di Tempat

Salam persahabatan,

Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat ya Ros. Lewat surat ini aku ingin menyampaikan terima kasih karena kamu mau menjadi sahabatku selama sekolah di SMA N 1 Jogja. Selama hampir 3 tahun ini aku bisa belajar banyak dari kamu. Ros, kamu adalah pribadi yang tak pernah lelah, selalu murah senyum, meski banyak masalah kamu masih bisa ketawa lepas. Sekali lagi terima kasih kamu jadi sahabat yang begitu pengertian. Kamu mau mendengarkan curhatanku, kamu mau membantu aku saat aku sedang terpuruk.

Ros, aku juga minta maaf kalau selama ini selalu ngrepotin, ganggu, nyebelin, bahkan bikin marah kamu. Semoga setelah lulusan SMA ini, kamu bisa kuliah di universitas yang kamu inginkan. Jangan lupa terus berkabar ya Ros meski nanti jarak memisahkan kita. Kelak pasti kita akan saling merindukan. Baik-baik ya Ros.

Salam hangat,

(ttd)

Sasanti Restu Pradita

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Kecil

Surabaya, 22 Maret 2020

Sahabatku,

Ronald Setyawan

Di Jakarta

Salam jumpa lagi sahabat,

Hai, apa kabar? Bagaimana keadaanmu di sana? Sehat dan bahagia bukan? Apakah masih senang bermain bola? Aku ingin berjumpa denganmu lho Awan. Sudah dipastikan kamu bertambah tampan dan menjadi pria idaman dari banyak orang.

Awan, sejak berpisah beberapa tahun yang lalu, banyak hal yang terjadi di sini. Kota ini berkembang dengan pesat dan banyak perubahan terjadi di gedung-gedung kenangan kita. Gedung yang dulu menjadi tempat kita bersembunyi, kini telah digantikan dengan hotel dan apartemen mewah. Rasanya kenangan kita, turut hilang bersamaan dengan hilangnya gedung tersebut.

Lain halnya dengan sekolah, di kelas baru aku berteman dengan anak-anak pandai. Sulit untukku berbagi dengan mereka karena mereka berpandangan lebih terbuka. Mengingat itu, aku jadi rindu padamu yang terus mengajariku akan setiap pelajaran sekolah. Aku yakin, kau di sekolah baru memiliki teman-teman yang menarik dan memiliki banyak pengalaman baru.

Bagaimana dengan kota baru tempatmu tinggal bersama Bapak dan Ibu? Apakah kota itu membawa banyak kebahagiaan untukmu? Atau justru lebih senang tinggal di kota ini, bermain dan menikmati malam bersama denganku? Ayolah ceritakan pengalaman-pengalaman menarikmu di kota baru itu. Jadi, aku dapat membalas suratmu dengan lebih cepat.

Awan, sekian dulu surat dariku! Jangan lupa membalas dan ceritakan pengalamanmu. Sampaikan salamku untuk  Bapak dan Ibu, juga Mbak Sari. Terima kasih Awan, sampai jumpa dalam liburan yang akan datang dan waktu yang telah ditentukan-Nya.

Sampai Jumpa

Sahabatmu,

 

Hariman Sudjatmiko

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris untuk Sahabat

 

Contoh Surat Pribadi Singkat untuk Sahabat Sekaligus Saudara

Contoh Surat Pribadi Singkat untuk Sahabat Sekaligus Saudara

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman Sekelas Singkat

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Kecil

Demikian contoh surat pribadi untuk sahabat. Semoga bisa membantu Anda menuliskan surat pribadi untuk sahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *