15+ Contoh Surat Referensi Kerja yang Benar [+Doc]

Pada beberapa kesempatan yang lalu kita pernah membahas mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik Dan Benar. Di mana pada artikel tersebut telah kita kupas tuntas segala macam hal terkait proses pengajuan surat lamaran kerja. Pada artikel tersebut juga telah dijelaskan bahwa terdapat macam-macam dokumen yang perlu dilampirkan bersama surat lamaran kerja. Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu dokumen tersebut yaitu Surat Referensi Kerja atau bisa disebut dengan Surat Pengalaman Kerja.

Contoh Surat Referensi

Surat Referensi Kerja / Surat Pengalaman Kerja adalah sebuah surat yang dikeluarkan oleh sebuah instansi atau perusahaan yang isinya menerangkan mengenai kinerja dan perilaku seseorang yang pernah bekerja di perusahaan tersebut dalam kurun waktu tertentu. Surat Referensi Kerja ini juga kadang disebut dengan surat keterangan/pengalaman kerja. Fungsi dari Surat Referensi Kerja ini salah satunya adalah sebagai surat rujukan atau dokumen tambahan ketika seseorang ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Manfaat Surat Rekomendasi Kerja

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari surat rekomendasi kerja. Jadi apabila kamu berencana resign dan pindah ke perusahaan baru maka jangan lupa minta surat rekomendasi. Inilah beberapa manfaat diantaranya.

  • Bermanfaat untuk mendapatkan pekerjaan baru

Manfaat yang sudah diketahui secara umum bahwa surat rekomendasi berguna untuk membantu mendapatkan pekerjakaan baru. Surat ini bisa dilampirkan dalam dokumen lamaran mu. Selain itu, surat rekomendasi juga berguna melihat peningkatan karir selama ini, sehingga perusahaan baru bisa mendapatkan gambaran umum.

  • Mengajukan beasiswa

Manfaat lain dari contoh surat rekomendasi kerja yang baik dan benar adalah bisa dipergunakan untuk mengajukan beasiswa. Baik beasiswa yang diberikan oleh pemerintah atau pihak swasta. Biasanya surat rekomendasi ini menjadi salah satu syarat pengajuan beasiswa. Dalam surat tersebut harus memuat kop surat, nama perusahaan, alamat dan telepon. Kemudian kelengkapan isi yang sesuai dengan informasi mengenai nama karyawan, jabatan, NIK.

Selananjutnya pihak yang mengajukan beasiswa memberi penjelasan bahwa karyawan tersebut memang bekerja di salah satu perusahaan. Terakhir sahkan surat secara administrasi dengan legalitas yang benar. Surat rekomendasi diberi tanda tangan dan legalisir dari bagian HRD perusahaan.

  • Mengambil dana BPJS

Surat rekomendasi ternyata bermanfaat untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan. Menjadi salah satu syarat penting dalam pencairan dana, hal ini karena kamu dapat menggunakannya dengan mudah. Kamu hanya perlu memfotokopi dan melegalisir surat rekomendasi kerja tersebut. Dengan surat itu, kamu bisa mencairkan dana setidaknya sebesar 10-30% dari dana BPJS atau cair secara keseluruhan dengan beberapa ketentuan yang berlaku.

  • Syarat Pinjaman Melalui Bank

Apabila kamu berniatan meminjam uang ke bank dengan nilai tertentu, maka surat rekomendasi ini bisa menjadi salah satu syaratnya. Ini akan memudahkan pihak bank dalam memperkirakan apakan kamu sanggup untuk membayar pinjaman tersebut nantinya. Selain tunai, bisa juga pinjaman berupa kredit barang, pihank bank akan meminta surat rekomendasi kerja untuk dijadikan persyaratan formal agar bisa melihat latar pekerjaan mu.

Persyaratan ini dilakukan pihak bank agar bisa memperkirakan pekerjaan mu apakan dirasa sanggup untuk melunasi pinjaman tunai atau barang, beserta dengan bunga yang telah ditentukan bank. Maka sangat disarankan untuk tidak meminjam uang di bank karena akan ada bunga yang berlipat.

Fungsi Surat Rekomendasi Kerja

Ada beberapa hal yang harus menjelaskan profesionalitas sesorang. Dengan demikian, perusahaan baru tidak kesulitan melihat potensi, kualitas, kedisplinan seseorang sebagai calon pegawai baru. Inilah fungsi dari surat referensi yang harus kamu tahu.

  • Sebagai bukti autentik

Surat referensi dapat dijadikan sebagai bukti autentik pengalaman kerja yang menguatkan informasi dalam CV yang dibuat. Hal ini tentu saja membuat pelamar tidak bisa berbohong mengenai pengalaman kerjanya. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang meminta surat referensi ini dibawa ketika melakukan sesi wawancara.

  • Sebagai syarat administratif

Ketika membuka suatu lowongan kerja, biasanya perusahaan akan meminta pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja untuk membuat surat referensi kerja sebagai syarat melamar pekerjaan. Bagi pelemar yang baru lulus tetu tidak menggunakan surat ini, namun diganti dengan ijazah atau kartu kuning dari Dinar Tenaga Kerja yang biasa untuk melamar kerja ke instansi pemerintahan.

  • Bukti profesionalitas

Fungsi dari contoh surat referensi kerja untuk melamar pekerjaan baru selanjutnya adalah sebagai bukti profesionalitas kerja. Hal ini karena dalam surat ada penilaian kinerja baik dari pihak atasan atau HRD. Misalnya pada keterangan mengenai bagaimana seseorang menjalani profesi di perusahaan lama. Seberapa lama bekerja di tempat tersebut, dan bagaimana kualitas kerjanya.

  • Menjelaskan sikap

Pada surat referensi akan dicantumkan juga mengenai sikap dan perilaku positif dari seorang saat bekerja di perusahaan lamanya. Apakah dia beradaptasi dengan baik, membaur dengan rekan kerja, bagaimana hubungan dengan atasan dan lainnya. Selain itu juga ada prestasi selama bekerja. Surat ini juga merupakan apresiasi perusahaan terhadap perilaku dan sikap seseorang yang telah mendedikasikan dirinya.

  • Beasiswa

Selain untuk melamar pekerjaan baru, surat referensi ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk mengajukan beasiswa. Biasanya memang ada syarat yang mengharuskan sesorang untuk melampirkan surat referensi di beberapa universitas.

Cara Menulis Surat Rekomendasi Kerja

Ketika menulis surat rekomendasi kerja, ada bagian yang harus diperhatikan untukbias menjadi contoh surat rekomendasi kerja yang baik dan paling lengkap. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat surat rekomendasi.

  1. Mulai dengan menulis alamat
    Gunakan kop surat perusahan ketika membuat surat rekomendasi karena surat ini memang bersifat formal. Letakkan tangal saat menulis baris pertama, lalu cantumkan nama penerima, posisi, dan alamat.
  2. Buka surat dengan benar
    Contoh surat rekomendasi kerja dimulai dengan pembuka surat yang jelas. Pembuka dalam surat rekomendasi ditulis dengan jelas yang menyebutkan rincian hubungan kerja karyawan dan atas dalam perusahaan tersebut. Hal ini mencakup nama, jabatan, lama waktu bekerja, dan hubungan anatar rekan kerja.
  3. Tulis surat dengan rapi
    Isi surat rekomendasi memiliki 2-3 paragraf yang mencakup rincian keterampilan, pengetahuan, dan prestasi karyawan yang direkomendasikan. Agar tetap jelas dan ringkas mulailah dengan mendata bidang keahlian karyawan lalu tuangkan pemikiran mengenai keeterampilan dan kecepatannya bekerja. Cantumkan soft skill karyawab tersebut dan juga kepribadiannya sebagai karyawan pada paragraf terakhir dari isi surat.
    Banyak perusahaan yang tidak hanya mempekerjaan calon pegawai berdasarkan keterampilan teknisnya saja, jadi cantumkanlah sikap positif seperti bekerja sama dengan tim, inisiatif, kegigihan, kejujuran, kreativitas orang tersebut.
  4. Akhiri surat rekomendasi
    Bagian terakhir berisikan catatan postitif dengan menekankan bertapa berharganya konstribuksi karyawan tersebut terhadap perusahaan. Atau bisa juga menekankan betapa baiknya kemampuan karyawan tersebut bisa menjadi aset bagi siapa pun yang memperkerjakannya. Terakhir, akhiri surat dengan pengesahan yang mencantumkan tanda tangan serta nama terang atasan.
Terdapat beberapa poin / form yang perlu diperhatikan ketika kita ingin membuat sebuah Surat Referensi Kerja atau Surat Pengalaman Kerja, antara lain :
  1. Kop surat / instansi
    Karena Surat Referensi Kerja ini dikeluarkan secara resmi oleh instansi atau perusahaan maka perlu menggunakan kop resmi instansi tersebut.
  2. Nama dan nomor surat
    Mengikuti kop surat resmi di atas, tentu nama dan nomor surat juga perlu dicantumkan dalam Surat Referensi Kerja ini.
  3. Identitas diri
    Identitas diri dalam Surat Referensi Kerja ini ada dua bagian yaitu identitas diri orang yang menerangkan dan identitas diri orang yang diterangkan. Biasanya terdiri dari nama lengkap, jabatan, alamat, dan informasi penting lainnya.
  4. Isi surat
    Isi Surat Referensi Kerja biasanya menjelaskan beberapa poin seperti periode kerja orang yang bersangkutan serta tujuan pembuatan surat.
Seperti biasa, untuk mempermudah para pembaca dalam menyusun Surat Referensi Kerja ini kami berikan beberapa Contoh Surat Referensi Kerja kepada para pembaca sebagai bahan referensi. Berikut di antaranya :

Contoh Surat Referensi Pengalaman Kerja

 
KOP PERUSAHAAN 

Semarang, 3 Januari 2018

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Moh. Yamin
Alamat : Jalan Pemuda 17, Semarang
Jabatan : Kepala Bagian Personalia

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Dewi Sartika
Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 23 Mei 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Nomor KTP : ……………..

Adalah benar pernah menjadi karyawan di perusahaan kami sejak 1 Juli 2016 sampai 30 Desember 2017 dengan posisi Staff Marketing. Selama bekerja di perusahaan kami Saudari Dewi Sartika telah menunjukkan kinerja dan loyalitas yang baik serta tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan perusahaan.
Demikian keterangan ini kami buat atas permohonan orang yang bersangkutan dan supaya dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kepala Bagian Personalia
PT. Merah Putih

Moh. Yamin

 

Contoh Surat Referensi Kerja Untuk Bank

 
KOP SURAT 

Yogyakarta, 3 Januari 2018
Nomor : …..
Perihal : Surat Referensi Kerja
Lampiran : –

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Luthfi Yahya
Jabatan : Kepala Bagian Personalia

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Nur Mujiono
Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 17 Agustus 1990
Jenis Kelamin : Laki-laki
Nomor KTP : ….

Memang benar telah bekerja pada perusahaan kami dengan masa kerja terhitung sejak 1 Januari 2015 sampai dengan 31 Desember 2017. Dengan posisi jabatan terakhir sebagai Staff Akuntan.
Sebagai informasi bahwa selama menjadi karyawan di perusahaan kami, Saudara Nur Mujiono telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat tinggi. Dan dalam hal ini Saudara Nur Mujiono telah mengundurkan diri atas kehendak pribadinya.
Demikian keterangan kerja ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Kepala Bagian Personalia
PT. Bla Bla Bla

Luthfi Yahya

 

Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru

KOP SURAT

Tanggal     : 22 Mei 2017
Nomor      : II/SKK/05/2017
Lampiran  : 1 Hal
Hal            : Surat Keterangan Pengalaman Mengajar

Kami SMK Ma’arif NU Kudus menerangkan bahwa nama yang tertera dibawah ini:
Nama                : Rizky Aditya Nugraha, S.Pd.i
Alamat              : Sunggingan 3/1 Kudus
Jenis kelamin    : Laki-Laki
Pendidikan        : Sarjana Pendidikan Agama Islam
benar pernah menjadi tenaga pengajar (guru) di sekolah SMK Ma’arif NU Kudus selama 2 Tahun, dan selama bekerja di SMK Ma’arif NU Kudus  mampu menjalankan tugas dengan baik.
Demikian surat keterangan mengajar ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebaik-baiknya.

Mengetahui

M. Shofi N. M.Ag

 

Contoh Surat Pengalaman Kerja Administrasi

PT. Merpati Dua Jaya
Jl. Merpati Raya No. 12 Semarang
Website: www.merpatiduadaya.com, Telp: (021) —-, Faks: (021) —-==========================================================
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 11/HRD/V/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama    : Andri Siahaan, S.H.
Jabatan : Direktur PT. Merpati Dua Jaya
Alamat : Jl. Merpati Raya No. 12 Semarang
Menerangkan dengan sebenarnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:
Nama : Eko Sulistyono
Alamat : Jl. Poncol Jaya Semarang
Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 15 Januari 2013 sampai dengan 15 Desember 2017, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Staff Administrasi.
Selama menjadi staf kami, yang bersangkutan telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat baik terhadap perusahaan kami dan tidak pernah melakukan penyelewengan tugas. Serta dalam hal ini yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas kehendaknya sendiri.
Perusahaan sangat berterima kasih dan berharap agar yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.
Demikian surat keterangan ini kami buat agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.
Jakarta, 15 Januari 2016
Andri Siahaan
Direktur

 

Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan

 
BIDAN ARTYA 
Jln. Poncol 1619 A RT. 04 RVV. II Semarang
Telp. (024) 8442719, HP. 08179567515 

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Yang bertandatangan dibawah ini,
Nama    : Bidan ARTYA
Alamat  : Jln. Poncol 1619 A RT 04 RW II Semarang

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa.

Nama : Febria Ayu, Amd. Keb
Tempat, tgl lahir : Semarang, 21 Februari 1989
Alamat : Seruni II / 2 RT 008 RW 010 Kel. Tlogosari Kulon Semarang

terhitung sejak 14 September 2012 sampai dengan 14 Desember 2012 bekerja di Bidan Praktek Swasta (BPS) Bidan Artya di Jalan Poncol 1619 A RT 04 RW II.

Selama bekerja yang bersangkutan konduitenya baik.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan scbagaimana mestinya.
Semarang. 14 Desember 2012

Bidan ARTYA

Contoh Surat Pengalaman Kerja di Rumah Sakit

 

RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PERMATA HATI KUDUS
Jln. M.H. Basuno No. III Kudus
Telp. (0291) 637796 Fax. 637796 
===========================================================
 
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 0210/SKK-07/RSIA/V/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama    : Dr. Ahmad Ridlo Fadlli Robbi
Jabatan : Kepala Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Hati
Alamat  : Jln. M.H. Basuno No. III Kudus

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama    : Lusiana Ayuni, Amd. Keb.
Alamat  : Jln. Sunan Kudus No. 7

Telah bekerja pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh sejak tanggal 10 Maret 2014 hingga 20 April 2016 dengan jabatan terakhir sebagai Bidan tetap.

Selama menjadi karyawan kami, yang bersangkutan sudah mampu bekerja secara baik dan menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan dengan semestinya.

Kudus, 26 Januari 2017
Kepala RSIA Permata Hati

Dr. Ahmad Ridlo Fadlli Robbi

 

Contoh Surat Pengalaman Kerja Perawat

Contoh Surat Pengalaman Kerja Perawat

Contoh Surat Pengalaman Kerja di Puskesmas Sebagai Perawat

 
PEMERINTAH KABUPATEN KUDUS
DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS PURWOSARI
Alamat : Jl. Ganesha I No. 19 Purworsari Tlp. (0291) 332211 Kode Pos (68173)

 

SURAT KETERANGAN
No : 33/SKK/IV/2018

 

Yang bertanda tangan dibawah ini
Nama               : dr. Laila Sari, S. Kedokteran
NIP                  : 3222112 201101 2 020
Jabatan             : Kepala Puskesmas Purwosari
Unit Kerja        : Dinas Kesehatan Puskesmas Purwosari
Alamat             : Jl. Ganesha I No. 19 Desa Purwosari Kudus Kode Pos : 59213
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :
Nama                         : Siti Ardiyan
Tempat/ Tgl Lahir     : Kudus, 24 September 1992
Pendidikan Terakhir  : D3 Kebidanan
NRPTT                     : 13.4.027528
Jabatan                      : Perawat
Alamat                      : Desa Sunggingan 3/1 Kudus
Bahwa yang bersangkutan benar-benar bekerja sebagai Bidan PTT di Puskesmas Purwosari di wilayah Kerja Kecamatan Kota Kabupaten Kudus terhitung mulai tanggal 1 April 2011 s/d sekarang.
Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana
mestinya.

Kudus, 9 Desember 2013
Kepala Puskesmas Purwosari

dr. Laila Sari, S. Kedokteran
NIP. 19830705 201101 2 020

Contoh Surat Pengalaman Kerja Hotel

HOTEL KINGSTAR 
Jl. Raya Tanggulangin 72 Kudus
Telp. 0291 – 318906, 318907  Fax. 0291 – 318900
http://www.kingstarhotel.com
===========================================================
SURAT REFERENSI KERJA
No. 043/SPK/HBG/IV/16

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa :

Nama             : Azka Aditya Nugraha
Alamat           : Jl. Ahmad Yani 54 Kudus
Jabatan          : SPV Frontliner

Adalah benar merupakan karyawan Hotel Kingstar yang mulai bekerja terhitung pada tanggal 15 Mei 2007 sampai dengan tanggal 15 April 2016.

Selama menjadi karyawan, yang bersangkutan  sangat bertanggung jawab dan sangat baik dalam melakukan pekerjaannya. Dedikasi dan loyalitas pun telah diberikan untuk Hotel kami. Yang bersangkutan merupakan asset berharga bagi perusahaan manapun karena hasil kerja yang sangat memuaskan serta tidak pernah melakukan hal – hal yang merugikan pihak Hotel. Saudara Azka A.N. mengundurkan diri atas kemauan sendiri.
Demikian surat referensi  ini dibuat agar digunakan sebagaimana mestinya.

Kudus, 18 April 2016
Hotel Kingstar

Ananta Dian
HRD Manager

Contoh Surat Pengalaman Kerja Sebagai Sopir

Contoh Surat Pengalaman Kerja Sopir

Contoh Surat Referensi Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Referensi Kerja Bahasa Inggris

Contoh Surat Referensi Kerja dari Instansi Pemerintah

contoh surat referensi kerja dari instansi pemerintah
Demikian Beberapa Contoh Surat Referensi Kerja yang Benar, Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *