✅ 15+ Contoh Surat Resmi Pemerintahan, Lembaga, dan Perusahaan

Contoh Surat Resmi – Mengenal surat resmi bisa diawali dengan mengetahui pengertian dari surat resmi itu. Menurut Wikipedia arti kata surat sendiri adalah untuk melakukan komunikasi seperti menyampaikan informasi tertentu secara tertulis dari satu pihak ke pihak yang lain. Sejak awal, fungsi dari surat sendiri adalah sebagai sarana pemberitahuan, untuk menyampaikan permintaan, buah pikiran, gagasan hingga digunakan sebagai bukti tertulis, alat pengingat, bukti historis, dan yang terakhir sebagai pedoman kerja.

 

Contoh Surat Resmi

 

Surat resmi ini juga disebut sebagai surat dinas karena sifatnya yang resmi/formal dan malah cenderung kaku. Surat resmi dapat dibuat oleh perseorangan, organisasi, instansi perusahaan swasta/pemerintah hingga kedinasan untuk dikirimkan kepada perseorangan, organisasi maupun instansi.

Secara menyeluruh, pembuatan surat resmi ini telah memiliki aturan-aturan baku yang disepakati bersama mulai dari cara penulisan, penggunakan tata bahasa, komponen yang ada di dalam surat resmi tersebut. Oleh karena itu, meski surat resmi dibuat untuk kepentingan pribadi sekalipun tetaplah harus mengikuti beberapa kaidah yang telah dianjurkan.

Pada kesempatan kali inu akan dibahas secara lengkap mengenai surat resmi termasuk contoh-contoh yang bisa digunakan sebagai referensi.

Ciri-Ciri Surat Resmi

Surat resmi berbeda dengan surat-surat umum yang kamu kirimkan kepada sahabat penamu atau orang-orang terdekatmu. Ada beberapa ciri yang membedakan surat resmi dari surat-surat lainnya. Berikut ciri-ciri surat resmi yang sebaiknya kamu ketahui:

  • Bahasa atau diksi yang dipilih untuk menulis sebuah surat resmi menggunakan bahasa baku yang formal. Meskipun akan terlihat kaku, tetapi surat resmi memang bertujuan untuk memberikan informasi yang lugas dan singkat. Tata bahasa, frasa, dan kosa kata yang digunakan haruslah sesuai Ejaan Yang Dibenarkan (EYD).
  • Surat resmi bertujuan untuk memberikan informasi seefektif dan seefisien mungkin. Oleh karena itu, peggunaan bahasa tidak boleh bertele-tele dan sebaiknya singkat, padat dan efektif agar informasi yang diberikan dapat dipahami dengan mudah.
  • Di dalam surat resmi juga tidak menggunakan bahasa implisit melainkan eksplisit.
  • Format surat resmi bisa dibuat dalam beberapa format penulisan surat seperti full block atau semi block/intended block.
  • Umumnya di dalam surat resmi yang berasal dari sebuah instansi akan terdapat kop surat yang berisi tentang pihak yang telah menuliskan surat resmi tersebut. Kop surat biasanya berisi tentang nama instansi, alamat instansi, nomor dan email yang bisa dihubungi.
  • Di dalam surat resmi umumnya akan dicantumkan nomor surat, perihal atau hal, tanggal, lampiran bila ada, dan juga alamat atau lokasi kota instansi atau perseorangan yang dituju.
  • Di akhir surat resmi akan dibubuhi tanda tangan orang yang membuat atau bertanggung jawab atas isi surat tersebut yang kemudian akan dilengkapi dengan cap khusus untuk kondisi tertentu.

Beberapa surat resmi ini bentuknya sistematis dan dibuat sesuai dengan aturan baku yang umumnya berlaku. Bahkan, ada surat resmi yang mengharuskan tembusan terlebih dahulu sebelum diterbitkan.

 

Fungsi Surat Resmi

Fungsi dari surat resmi sendiri sebenarnya sudah terlihat pada ciri-ciri surat resmi itu sendiri. Untuk lebih memperjelas apakah sebenarnya fungsi dari surat resmi tersebut, mari simak penjelasan di bawah ini:

  • Surat resmi merupakan media informasi atau juga pemberitahuan mengenai hal-hal tertentu yang disampaikan oleh satu pihak kepada pihak yang lainnya baik atas nama perseorangan maupun instansi.
  • Surat resmi atau surat dinas ini bisa digunakan sebagai bukti tertulis hitam di atas putih terutama untuk urusan surat-surat perjanjian.
  • Surat resmi juga digunakan sebagai alat pengingat. Hal ini dikarenakan surat resmi dapat diarsipkan. Jika diperhatikan secara detail, di dalam surat resmi akan selalu memiliki nomor surat. Nomor surat inilah yang digunakan untuk mempermudah pengarsipan.
  • Surat resmi juga berfungsi sebagai bukti sejarah. Hal ini bisa ditemukan saat ingn membuat keputusan atau perkembangan yang baru di suatu instansi. Jadi surat resmi ini dengan kata lain bisa menjadi bukti historis maupun kronologis.
  • Di dalam surat resmi selalu tertera informasi yang sangat penting termasuk pedoman kerja. Biasanya, surat resmi yang bisa digunakan sebagai pedoman kerja ini seperti surat putusan atau juga surat instruksi kerja.
  • Surat resmi yang ditulis dan dikirimkan untuk instansi tertentu juga bisa disebut sebagai perwakilan atau duta penulis untuk berhadapan dengan lawan bicara sebelum secara langsung saling bertemu.

Fungsi dari surat resmi memang diperuntukan untuk kegiatan formal atas nama perseorangan maupun suatu instansi. Dari fungsi tersebut akan berkaitan dengan jenis-jenis surat resmi yang umumnya ada atau dibuat dan digunakan.

 

Unsur-Unsur Surat Resmi

Saat ingin menuliskan sebuah surat resmi, haruslah juga memahami unsur apa saja yang ada di dalamnya. Hal ini akan memudahak kamu saat akan membuat surat resmi entah untuk keperluan pribadi, organisasi, perusahaan, hingga instansi dinas. Berikut beberapa unsur yang ada di dalam surat resmi.

1. Kepala Surat atau Kop Surat

Kepala surat dalam surat apapun, termasuk surat resmi merupakan identitas dari pengirim surat dan akan menjadi hal pertama yang dilihat dan diperhatikan oleh si penerima surat. Selain sebagai identitas, kop surat juga dibuat sebagai media promosi untuk mengetahui nama dan alamat instansi. Beberapa kop surat juga akan memberikan informasi berupa jenis usaha atau kegiatan apa yang dilakukan oleh si pengirim surat resmi tersebut.

2. Nomor Surat

Sebelumnya telah disinggung bahwa salah satu fungsi dari surat resmi adalah untuk kegiatan pengarsipan. Untuk memudahkan pengarsipan ini, surat resmi dilengkapi dengan nomor surat. Secara singkat, nomor surat ini berisi informasi tentang kapan terakhir pembuatan dan pengeluaran surat yang terdiri dari nomor urut, bulan, dan tahun pembuatan atau pengeluaran surat tersebut. letak nomor surat ini ada di  sebelah kiri di bawah kop surat.

Beberapa fungsi dari nomor surat ini seperti:

  • Untuk memudahkan pencarian surat jikalau surat tersebut dibutuhkan.
  • Memudahkan dalam penyimpanan administrative.
  • Surat akan dikelompokkan sesuai dengan jenis isi surat tersebut, sehingga nomor surat akan membantu dalam proses pengelompokkannya.
  • Hingga untuk membantu pengontrolan frekuensi atau jumlah surat yang dikeluarkan di bulan tersebut.

Dalam pembuatan nomor surat, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan:

  1. Bulan dan tahun pembuatan surat
  2. Kode tujuan surat, contohnya SK (Surat Keputusan), UR (Undangan Rapat), SKU (Surat Kuasa), dan lain-lain.
  3. Kode kedudukan surat, seperti KEI= Surat Keluar
  4. Nomor surat yang dikeluarkan haruslah sesuai dengan urutan surat dihitung mulai dari nomor akhir pembuatan surat di bulan itu atau di tahun itu.

Perhatikan contohnya di bawah ini:

Nomor: 018/SK/IV/2020

Nomor surat tersebut bisa dibaca: surat tersebut menunjukkan surat ke-18 untuk Surat Keputusan yang dibuat di bulan April di tahun 2020.

3. Tanggal penulisan surat

Menuliskan tanggal surat ini berfungsi sebagai tanda kapan surat tersebut dibuat dan secara tidak langsung akan memberitahukan kapan masa kadaluarsa atau masa berlaku dari surat tersebut. Selain tanggal, umumnya juga akan dilengkapi dimana surat tersebut di buat, seperti misalnya: Yogyakarta, 12 Agustus 2018 atau Bandung, 14 Januari 2002.

4. Lampiran

Jika kamu perhatikan, pada bagian lampiran sering ditulis dengan jumlah seperti 1 (satu) lembar, 3 (tiga) lembar, 1 (satu) bendel, dan lain-lain. Lampiran adalah dokumen lain yang diikutsertakan saat pengiriman surat resmi tersebut. Dokumen ini merupakan dokumen lain yang mendukung isi surat. Dengan menuliskan jumlahnya, si penerima surat akan memeriksa apakah jumlah dokumen dan data yang diberikan tepat. Apabila kurang dari yang seharusnya bisa dapat dikonfirmasikan dengan lebih mudah dan jelas.

5. Perihal

Selanjutnya mengenai Perihal ini merupakan penjelasan yang berisi keterangan dari tujuan utama surat tersebut. Sehingga si penerima dapat langsung mengetahui isi dan tujuan dari dikirimkannya surat itu. Misalkan saja: Surat Undangan Rapat Bulanan Bulan Januari 2020, Surat Kuasa, Surat Penawaran Produk XXX, dan seterusnya.

6. Alamat tujuan

Bagian ini merupakan salah satu yang terpenting di dalam surat resmi karena menuliskan kepada siapa surat resmi tersebut ditujukan. Penulisan alamat tujuan surat tidak boleh sampai salah. Umumnya, penulisan alamat ini ditulis dua kali yaitu di amplop surat dan di isi surat itu sendiri.

Pada isi surat, penulisan alamat tidak harus lengkap karena sudah ditulis lengkap di bagian amplop surat. Meski demikian, hal yang harus diperhatikan adalah nama dari tujuan surat. Perhatikan betul dan jangan sampai salah termasuk dalam penulisan gelarnya.

7. Salam pembuka

Salam pembuka selalu ada di dalam setiap jenis surat apapun, terlebih lagi di dalam surat resmi. Sebelum masuk ke dalam inti atau isi surat, berikan terlebih dahulu salam pembuka yang singkat dan padat namun tetap sopan. Beberapa salam pembuka yang sering digunakan di dalam surat resmi ini seperti: Dengan Hormat, Salah Sejahtera, Assalamualaikum, dan sebagainya.

8. Isi surat

Masuk ke dalam komponen utama dari sebuah surat resmi, yaitu isi surat. Di sinilah akan dijelaskan secara lengkap dan detail tentang tujuan dari surat resmi tersebut. meski demikian, isi surat ini tidak boleh terlalu panjang dan tidak boleh terlalu pendek. Gunakan bahasa yang lugas dan formal.

Di dalam isi surat ini juga terdapat tiga bagian yiatu pembuka, inti, dan penutup. Bagian pembuka umumnya berisi tentang latar belakang dan inti masalah sebelum masuk ke pokok pembahasan. Baru setelah itu masuk ke bagian inti yang akan menjelaskan pokok utama dari surat resmi tersebut. bagian penutup umumnya akan berisi tentang ucapan terima kasih kepada penerima surat.

9. Salam penutup

Salam penutup ini digunakan sebagai penanda bahwa surat yang dikirimkan sudah tidak ada lagi hal yang ingin disampaikan. Hal ini diberikan juga sebagai bentuk sopan santun dalam penulisan surat. Tidak semua surat wajib menggunakan salam penutup ini, tetapi salam penutup wajib diberikan untuk penulisan surat resmi. Contohnya: Hormat Saya, Hormat Kami, Wassalamualaikum, dan lain-lain.

10. Tanda tangan dan nama penanggung jawab

Menuju ke bagian akhir dari surat resmi haruslah dibubuhkan tanda tangan dan juga nama penanggung jawab. Artinya, surat resmi tersebut memiliki penanggung jawab sesuai yang tertera diakhir surat yang kemudian diperkuat dengan adanya tanda tangan. Bahkan untuk lebih menyakinkan keaslian surat tersebut juga diberikan stempel resmi dari si penanggung jawab.

11. Tembusan

Tembusan ini akan ada jika isi surat tersebut haruslah diketahui oleh beberapa pihak terkait.

 

Jenis-Jenis Surat Resmi

Di singgung pada bagian pembahasan sebelumnya bahwa surat resmi ini juga memiliki jenis-jenis surat tergantung dari tujuan dibuatnya surat tersebut. berikut contoh dari jenis-jenis surat resmi yang umum digunakan dalam kegiatan surat-menyurat yang bersifat formal atau kedinasan:

  1. Surat Keputusan
  2. Surat Permohonan
  3. Surat Perintah
  4. Surat Kuasa
  5. Surat Panggilan/Undangan
  6. Surat Edaran

 

Contoh Surat Resmi

Setelah mempelajari dan memahami tentang surat resmi, di bawah ini terdapat 20 contoh surat resmi yang bisa dijadikan referensi. Terus berlatih maka kamu akan terbiasa dan tidak akan lagi kesulitan saat membuat surat resmi!

 

1. Contoh Surat Resmi Undangan Rapat Perusahaan

PT. BULAN INDONESIA

Jl. Magelang Km. 4,5 Sleman, Yogyakarta

Email: bulan@indonesia.com | Web: www.bulanindonesia.com | Telp. (0274) 8711 -6666 Fax (0274) 1187-6666

Yogyakarta, 13 April 2020

Nomor           : A.007/DTX/PTBI/IV/2020

Lampiran        : –

Hal                  : Undangan Rapat Rutin

Kepada

Bapak/Ibu

Seluruh Karyawan dan Staff PT. Bulan Indonesia

Jl. Magelang Km 4,5 Sleman

Yogyakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan rapat rutin setiap tahun, PT. Bulan Indonesia akan melaksanakan rapat kerja ke-4. Mengharapkan seluruh karyawan dan staff PT. Bulan Indonesia seluruh cabang di Yogyakarta untuk dapat menghadiri rapat kerja rutin tahunan yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Senin-Rabu, 20 April 2020 – 22 April 2020

Pukul               : 09.00 – 16.00 WIB

Tempat            : Hall Ruang Rapat PT. Bulan Indonesia Gedung A Lt. 2

Jl. Magelang Km. 4,5 Sleman, Yogyakarta

Dengan demikian surat undangan ini disampaikan sebagai pengingat jika rapat tahunan ini sangatlah penting terutama untuk kemajuan PT. Bulan Indonesia dan kelancaraan seluruh karyawan dan staff. Diharapkan kehadiran Bapak/Ibu semuanya sesuai waktu yang sudah ditentukan. Atas perhatian yang sudah diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Direktur Utama

 

PT. Bulan Indonesia

Dr. Ir. H. Hermawan Sutopo

 

2. Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Guru

SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Telp. (0274) 512251 | smk6yk@yahoo.co.id

Yogyakarta, 12 Agustus 2020

Nomor           : 007/SMK6/12/VIII/2020

Lampiran        : –

Hal                  : Undangan Rapat Dewan Guru

Yang terhormat,

Bapak/Ibu Guru SMK Negeri 6 Yogyakarta

Di Yogyakarta

Assalamualaikum Wr.wb

Salam sejahtera bagi kita semua, semoga selalu dalam lindungan All SWT. Sehubungan dengan beredarnya surat undangan rapat ini, pihak SMK Negeri 6 Yogyakarta akan mengadakan evaluasi kegiatan belajar dan mengajar secara daring selama masa Pandemi Covid-19. Untuk itu, saya mengundang seluruh jajaran guru di SMK Negeri 6 Yogyakarta untuk hadari dalam rapat evaluasi tersebut yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Selasa, 18 Agustus 2020

Tempat            : Ruang Rapat SMK Negeri 6 Yogyakarta

Pukul               : 09.00 – Selesai

Agenda            : Evaluasi kegiatan belajar dan mengajar daring selama Pandemi Covid-19

Mengingat status saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, dimohon kehadiran bapak/ibu tepat waktu. Sebelum memasuki ruangan akan diterapkan protokol kesehatan seperti wajib mencuci tangan dan cek suhu tubuh. Untuk Bapak/Ibu semua wajib menggunakan masker dan menjaga jarak selama rapat berlangsung. Demikian Surat Undangan ini saya sampaikan, atas kehadiran Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.wb

Kepala Sekolah

SMK Negeri 6 Yogyakarta

Drs. Budi Prasetyo

NIP. 1967129 19953030 2 005

 

3. Contoh Surat Peringatan Perusahaan

PT. BULAN INDONESIA

Jl. Magelang Km. 4,5 Sleman, Yogyakarta

Email: bulan@indonesia.com | Web: www.bulanindonesia.com | Telp. (0274) 8711 -6666 Fax (0274) 1187-6666

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)

Nomor: 23/HRD-BI/VII/2020

Surat Peringatan Pertama (SP-1) ini di buat oleh PT. Bulan Indonesia yang akan diperuntukan kepada:

Nama              : Candra Wicaksana

Jabatan           : Staff Sales Marketing Offline

Sehubungan dengan sikap yang kurang disiplin dan pelanggaran tata tertib PT. Bulan Indonesia yang dilakukan oleh saudara Candra Wicaksana, yakni berdasarkan hasil rekap presensi menunjukkan bahwa saudara Candra Wicaksana telah terlambat masuk selama 15 kali lebih pada bulan Juni 2020, dan setiap keterlambatan selalu lebih dari 30 menit tanpa keterangan yang jelas.

Sebagai seorang karyawan PT. Bulan Indonesia, saudara telah setuju dan menandatangai kontrak kerja. Salah satu poin penting di kontrak kerja tersebut adalah tentang kewajiban saudara untuk mematuhi dan mentaati tata tertib kerja sesuai dengan ketentuan yang telah tercantum di kontrak kerja yakni melakukan presensi finger (sidik jari) sebelum pukul 08.00 WIB.

Oleh karena itu, PT. Bulan Indonesia memutuskan untuk memberikan Surat Peringatan Pertama (SP-1) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Surat Peringatan ini berlaku selama 1 (satu) bulan kedepan terhitung dari sejak surat ini diterbitkan.
  2. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan sejak Surat Peringatan ini diterbitkan, saudara Candra Wicaksana tidak melakukan pelanggaran tata tertib kembali terutama pelanggaran yang mendasari mengapa Surat Peringatan Pertama ini dibuat, maka Surat Peringatan ini akan dianggap tidak lagi berlaku.
  3. Namun, apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan saudara Candra Wicaksana kembali melakukan pelanggaran yang sama atau bahkan melakukan pelanggaran lainnya, maka PT. Bulan Indonesia berhak memberikan Surat Peringatan ke-2.
  4. Selama masa Surat Peringatan Pertama ini berlaku atau selama 1 (satu) bulan sejak surat ini diterbitkan, maka saudara dilarang menggunakan fasilitas perusahaan berupa komputer/laptop dan mobil perusahaan.

Demikian Surat Peringatan Pertama ini dibuat dan diterbitkan. Semoga menjadi perhatian dan ditaati sebaik mungkin oleh saudara Candra Wicaksana.

Hormat kami,

PT. Bulan Indonesia                                                                  Mengetahui,

 

 

Irfan Sanjaya                                                                              Rahayu Indah S.

Kepala HRD PT. Bulan Indonesia                                         Direktur Utama PT. Bulan Indonesia

 

4. Contoh Surat Rekomendasi Kerja

PT. BULAN INDONESIA

Jl. Magelang Km. 4,5 Sleman, Yogyakarta

Email: bulan@indonesia.com | Web: www.bulanindonesia.com | Telp. (0274) 8711 -6666 Fax (0274) 1187-6666

SURAT REKOMENDASI KERJA

Nomor: 211/HRD-PTBI/2019

Kami yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Indra Antonius

NIK                  : 987100001

Jabatan           : Direktur

Alamat            : Jl. Indah Permai Perumnas Mangkuk Bali, Sleman, Yogyakarta

Dalam Surat Rekomendasi Kerja ini akan bertindah atas nama PT. Bulan Indonesia untuk memberikan rekomendasi kerja kepada mantan karyawan PT. Bulan Indonesia, yaitu:

Nama              : Hilman Indrawan

Jabatan           : Manager Marketing of Sales

Alamat            : Jl. Nusa Dua Desa Pelita Maju, Bantul, Yogyakarta

Saudara Hilman Indrawan yang akrab disapa dengan Bapak Hilman ini telah bekerja cukup lama di PT. Bulan Indonesia. Selama masa jabatannya, Sdr. Hilman Indrawan ini telah menunjukkan dedikasi yang tinggi kepada perusahaan. Hal itu terlihat dari bentuk tanggung jawab atas segala macam pekerjaan yang telah diberikan. Semua urusan pekerjaan tersebut dapat Sdr. Hilman Indrawan selesaikan dengan baik dan memuaskan. Ditambah Sdr. Hilman Indrawan tidak pernah terlibat masalah apapun selama bekerja di PT. Bulan Indonesia maupun diluar lingkungan perusahaan.

Kepada perusahaan manapun tempat saudara Hilman Indrawan nantinya akan bekerja, Surat Rekomendasi ini dikeluarkan PT. Bulan Indonesia dengan dasar penilaian terhadap kualitas kerja, kedisiplinan, serta loyalitas dari saudara. Sdr. Hilman Indrawan telah bekerja selama 5 tahun di PT. Bulan Indonesia dengan jabatan terakhir adalah sebagai Manager Marketing of Sales. Saya sangat yakin nantinya Sdr. Hilman Indrawan ini akan memberikan hal yang lebih di perusahaan baru tempat Sdr. Hilman Indrawan bekerja nantinya.

Demikian Surat Rekomendasi Kerja ini diterbitkan, semoga surat ini dapat dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 15 April 2019

Hormat saya,

Direktur PT. Bulan Indonesia

 

 

Indra Antonius

NIK. 987100001

 

5. Contoh Surat Ucapan Terima Kasih

KARANG TARUNA KAMPUNG BARU JOGAHAN

Dukuh Kampung Baru RT.07/RW.17, Jogahan, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo

Kulon Progo, 20 Agustus 2019

Nomor           : 20/PTB/VIII/2019

Lampiran        : –

Perihal            : Ucapan Terima Kasih

Yth.

Direktur PT. Bulan Indonesia

Di Yogyakarta

Dengan hormat,

Segala rangkaian acara untuk memeriahkan Dirgahayu HUT RI yang ke-74 berupa perombaan turnamen bulu tangkis antar club se-DIY Jawa Tengah yang diadakan di Dusun Induk Semang, Kecamatan Lendah di Kabupaten Kulon Progo, DIY telah selesai diselenggarakan dengan lancar.

Panitia Turnamen Bulu Tangkis Antar Club Se-DIY Jawa Tengah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan terlibat dalam penyelenggaraan acara tersebut terutama dukungan dan sponsor dari PT. Bulan Indonesia. Berkat partisipasi yang telah diberikan acara tersebut bisa berjalan dengan baik dab lancar.

Demikian surat ucapan terima kasih ini saya sampaikan. Atas nama Panitia Turnamen Bulu Tangkis  DIY Jawa Tengah ini sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Semoga kedepannya akan tetap terjalin silaturahmi dan kerja sama yang baik.

Hormat kami,

Ketua Panitia                                                                                 Sekretaris

 

Galis Ginanjar                                                                                      Deny Indah P.

Mengetahui,

Kepala Desa Induk Semang

Joko Herlambang

 

6. Contoh Surat Penugasan Karyawan Perusahaan

PT. BULAN INDONESIA

Jl. Magelang Km. 4,5 Sleman, Yogyakarta

Email: bulan@indonesia.com | Web: www.bulanindonesia.com | Telp. (0274) 8711 -6666 Fax (0274) 1187-6666

SURAT TUGAS

Nomor: XXX / XX / 2020

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Rahayu Indah S.

NIK                  : 098220003

Jabatan           : Direktur Utama PT. Bulan Indonesia

Alamat            : Jl. Magelang Km. 4,5 Sleman, Yogyakarta

Memberikan tugas kepada:

Nama              : Wisnu Gunawan

Jabatan           : Eksternal and Internal Auditor Manager

NIK                  : 098130004

Alamat            : Perum Intan No. 12B Sleman, Yogyakarta

Melalui Surat Tugas ini maka, saya selaku direktur PT. Bulan Indonesia memberikan tugas kepada Sdr. Wisnu Gunawan untuk dapat melakukan audit menyeluruh ke cabang kantor PT. Bulan Indonesia yang berada di Kota Denpasar, Bali dengan tugas dan alamat lengkap terlampir, beserta seluruh keperluan selama tugas. Sdr. Wisnu Gunawan akan melaksanakan tugas tersebut selama 7 (tujuh) hari, mulai tanggal 23 November 2020 – 30 November 2020.

Demikian surat tugas ini dibuat dan diserahkan langsung kepada Sdr. Wisnu Gunawan agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Terima kasih.

Dikeluarkan di: Sleman, Yogyakarta

Pada tanggal: 19 November 2020

Direktur Utama PT. Bulan Indonesia

 

 

Rahayu Indah S.

NIK. 098220003

 

7. Contoh Surat Kuasa

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap            : Yulianti Risna

No. KTP                       : 0950067812880001

Tempat/Tgl Lahir        : Pekan Baru, 8 Desember 1988

Alamat                        : Jl. Kota Baru Dusun Kali Sengon No. 12, Menteng, Jakarta Pusat

Selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA, yang akan memberikan KUASA kepada:

Nama Lengkap            : Irwanto Suryono

No. KTP                       : 0950059808920001

Tempat, Tgl Lahir        : Bekasi, 8 Agustus 1992

Alamat                        : Jl. Kota Baru Dusun Kali Sengon No. 12, Menteng, Jakarta Pusat

Selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA yang diberikan kuasa oleh Pihak Pertama untuk mengambil Passport dengan No. Passport 1921001 yang telah selesai melalui proses untuk pengurusan Visa Schengen di kantor Kedutaan Besar Austria yang bertempat di Jl. Diponegoro 44, Menteng, Jakarta Pusat.

Demikian Surat Kuasa pengambilan passport ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada unsur paksaan apapun. Semoga Surat Kuasa ini dapat diterima dan dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 12 April 2019

Pihak Kedua                                                                                Pihak Pertama

 

 

Irwanto Suryono                                                                                Yulianti Risna

 

8. Contoh Surat Panggilan Tes Kerja

PT. BULAN INDONESIA

Jl. Magelang Km. 4,5 Sleman, Yogyakarta

Email: bulan@indonesia.com | Web: www.bulanindonesia.com | Telp. (0274) 8711 -6666 Fax (0274) 1187-6666

No      : 021/HRD/PTBULANINDONESIA/IV/2019

Hal      : Panggilan Psikotes dan Wawancaran Calon Karyawan(i)

Lamp  : II (Dua)

Kepada:

Calon Karyawan(i) PT. Bulan Indonesia

Di Yogyakarta

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan Surat Lamaran Pekerjaan yang telah Saudara/i kirimkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, tim Recruitmen Section of Human Resources Development PT. Bulan Indonesia telah melakukan evaluasi menyeluruh. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, Saudara/i telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Dengan ini, PT. Bulan Indonesia mengundang Saudara/i untuk hadir dan mengikuti psikotes dan tes wawancara calon Karyawan(i) sesuai jadwal yang telah ditentukan, yaitu:

Hari/Tanggal   : Senin, 6 Mei 2019

Waktu             : 08.30 – 12.45 WIB

Tempat            : Kantor PT. Bulan Indonesia

Jl. Magelang Km. 4,5 Sleman, Yogyakarta

Untuk dapat mengikuti tes wawancara di PT. Bulan Indonesia ini, Saudara/i wajib membawa berkas di bawah ini:

  • Surat Panggilan Psikotes dan Wawancara yang sudah dikirimkan melalui E-mail ke masing-masing calon karyawan (i), surat tersebut dimohon untuk di print (cetak).
  • Data Diri dengan Kartu Identitas asli seperti KTP atau SIM
  • Alat tulis (Pensil 2b, pena/ballpoint, penghapus, correction pen, dll).
  • Saudara/i diharapkan hadir di kantor PT. Bulan Indonesia maksimal 30 menit sebelum waktu yang sudah ditentukan, apabila Saudara/i tidak hadir maka dianggap telah mengundurkan diri.

Demikian Surat Panggilan Psikotes dan Wawancara Kerja ini diberikan sesuai dengan ketentuan, semoga digunakan sebagaimana mestinya. Terima kasih untuk perhatian yang telah diberikan.

Yogyakarta, 1 Mei 2019

Human Resources Development

PT. Bulan Indonesia

 

 

Widya Wirman H.

 

9. Contoh Surat Evaluasi Kerja Tahunan

PT. BULAN INDONESIA

Jl. Magelang Km. 4,5 Sleman, Yogyakarta

Email: bulan@indonesia.com | Web: www.bulanindonesia.com | Telp. (0274) 8711 -6666 Fax (0274) 1187-6666

Yogyakarta, 19 Desember 2019

Nomor             : 12/PTBI/19/XII/2019

Lampiran         : –

Perihal             : Undangan Rapat Evaluasi

Program Marketing Tahun 2019

Kepada

Tim Marketing Offline dan Digital Marketing

Di Yogyakarta

Dengan hormat,

Periode program marketing offline dan digital marketing akan segera selesai, oleh karena itu dalam rangka evaluasi pelaksaan program marketing selama tahun 2019 maka bersama ini saya mengundang saudara Tim Marketing Offline dan Digital Marketing untuk dapat menghadiri rapat yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Senin, 23 Desember 2019

Waktu             : 08.30 WIB

Tempat            : Ruang Rapat Lt. 2 PT. Bulan Indonesia

Dengan agenda rapat sebagai berikut:

  1. Evaluasi program marketing tahun 2019
  2. Rincian Lembar Pertanggung Jawaban progam marketing tahun 2019
  3. Laporan keuangan program marketing tahun 2019

Untuk itu, diharapkan Tim Marketing Offline dan Digital Marketing membawa keseluruhan data yang dibutuhkan pada saat rapat. Demikian Saya sampaikan undangan rapat evaluasi kerja tahunan ini. Atas perhatian yang telah diberikan, Saya ucapkan terima kasih.

Direktur Utama PT. Bulan Indonesia

 

 

Rahayu Indah S.

NIK. 098220003

 

10. Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Sekolah

SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Telp. (0274) 512251 | smk6yk@yahoo.co.id

Yogyakarta, 24 Maret 2020

Nomor             : 32/SMK6/III/2020

Lampiran         : –

Perihal             : Pencegahan Penularan Covid-19

Kepada

Yth. Orang tua/Wali Peserta Didik

Di Yogyakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan Surat Edaran dari Kemedikbud Nomor: 36603/B.C6/OT/2020 tanggal 17 Maret 2020 dan Surat Edaran Gubernur Provinsi DI. Yogyakarta tentang meningkatnya peneyebaran dan mengembangkan Peningkatan Kewaspadaan Covid-19 di DI. Yogyakarra maka SMK Negeri 6 Yogayarta akan memberikan kebijakan baru dalam kegiatan belajar mengajar sesuai dengan surat edaran tersebut, yaitu:

  1. Pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar siswa-siswi SMK N 6 Yogayakarta akan dilakukan di rumah masing-masing Peserta Didik mulai tanggal 23 Maret 2020 sampai dengan keputusan baru telah dibuat.
  2. Ujina Nasional 2020 untuk Peserta Didik kelas XII ditiadakan dan akan diganti ujian lain yang setara dari pihak sekolah, kelulusan akan dihitung dari keseluruhan nilai yang telah didapat.
  3. Seluruh Guru/Pengajar memberikan tugas yang telah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku secara daring. Evaluasi akan dilakukan setiap satu bulan sekali.
  4. Seluruh kegiatan yang dapat melibatkan banyak siswa dan membentuk kerumuman akan ditiadakan dan diganti dengan metode lain sesuai protokol kesehatan.
  5. Kegiatan ekstrakurikuler akan dihentikan selama masa pandemic belum berakhir.
  6. Para siswa dilarang keras melakukan kegiatan apapun di SMK N 6 Yogyakarta selama masa pandemic ini berlangsung.
  7. Seluruh siswa dimohon untuk terus menjaga kesehatan, tetap di rumah, dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Oleh karena itu, dimohon untuk seluruh Orang tua/Wali siswa-siswi SMK N 6 Yogayakarta untuk membantu pelaksanaan belajar daring dengan cara memberikan dukungan dan mengawasi seluruh aktivita siswa-siswi.

Demikian surat pemberitahuan ini diberikan. Atas perhatian dan pelaksanaan yang telah diberikan, Saya ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah

SMK Negeri 6 Yogyakarta

 

 

Drs. Budi Prasetyo

NIP. 1967129 19953030 2 005

 

11. Contoh Surat Undangan Rapat OSIS

SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Telp. (0274) 512251 | smk6yk@yahoo.co.id

Yogyakarta, 22 September 2019

Nomor             : 12/OSIS/SMKN6YK/22/IX/2019

Lampiran         : –

Perihal             : Rapat Osis Pembentukan Panitia Acara

Yth.

Seluruh Anggota Osis SMK N 6 Yogyakarta

Di Yogyakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya kegiatan Try Out dan Bazar SMK N Yogyakarta yang akan diadakan Desember 2019, saya mengundang seluruh anggota OSIS SMK 6 Yogyakarta untuk menghadiri rapat yang akan diadakan pada:

Hari/Tanggal   : Senin, 26 September 2019

Tempat                        : Sekretariat Osis SMK N 6 Yogyakarta

Acara               : Pembentukan Panitia Lengkap Acara Try Out dan Bazar 2019

Diharapkan untuk seluruh anggota OSIS datang tepat waktu dan memberikan kontirbusinya selama berjalannya rapat.

Demikian surat undangan rapat OSIS ini dibuat, atas perhatian yang telah diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ketua OSIS SMK 6 Yogyakarta

 

 

Andi Saputra

 

12. Contoh Surat Pemberian Ijin Cuti untuk Guru

SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Telp. (0274) 512251 | smk6yk@yahoo.co.id

SURAT IZIN CUTI BERSALIN

NOMOR: 12/SMKN6YK/30/II/2020

Berdasarkan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Nomor: 12/SK-Cuti/II/2020 untuk kepentingan izin cuti bersalin kepada Pegawai Negeri Sipil:

Nama                                      : Sri Utari

NIP                                          : 1994129 20173020 2 007

Pangkat/Golongan Ruang       : Pembina/IV a

Jabatan                                   : Guru Bahasa Indonesia

Sekolah                                   : SMK Negeri 6 Yogyakarta

Dengan ini menyatakan bahwa mulai tanggal 1 Maret 2020 sampai dengan 2 bulan setelah proses persalinan. Sebelum tanggal cuti yang ditentukan, maka Sdri. Sri Utari wajib mmemenuhi ketentuan di bawah ini:

  1. Sebelum menjalankan masa cuti bersalinnya, Sdri. Sri Utari Kn menyerahkan dan menjelaskan tugasnya sebagai guru Bahasa Indonesia kepada atasan langsung atau guru/pejabat lain yang teleh ditunjuk untuk menggantikan tugasnya selama masa cuti.
  2. Segera setelah proses persalinan, Sdri. Sri Utari akan memberitahukan tanggal persalinan kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti.
  3. Setelah cuti bersalin ini selesai, Sdri. Sri Utari akan melaporkan diri kepada atasan langsung dan berkoordinasi dengan penggantinya untuk dapat mengambil kembali pekerjaanya agar bisa mengajar seperti biasa.

Demikianlah Surat Izin Cuti Bersalin ini dibuat sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar digunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 30 Februari 2020

Kepala Sekolah SMK N 6 Yogyakarta

 

 

Drs. Budi Prasetyo

NIP. 1967129 19953030 2 005

Tembusan:

  1. ………………………………….
  2. ……………………………, dst.

 

13. Contoh Surat Tugas Pengawas UN

SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo,

Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Telp. (0274) 512251 | smk6yk@yahoo.co.id

SURAT TUGAS PENGAWAS UN

Nomor:

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala UPT Pendidikan dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tentang Pengawas Silang Ujian Sekolah SMAN/SMKN/SMAS/MA Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2018, dengan ini Kepala SMK N 6 Yogyakarta menguaskan kepada:

No.

Nama Guru

Unit Kerja

Tugas Mengawasi di Sekolah

18 Mei

2018

19 Mei

2018

20 Mei

2018

21 Mei

2018

1.1967319 19974040 2 002SMKN 6SMAN 7SMAN 7SMAN 7SMAN 7
2.1967189 19962010 2 004SMKN 6SMKN 2SMKN 2SMKN 2SMKN 2
3.1967229 19931060 2 006SMKN 6SMAN 2SMAN 2SMAN 2SMAN 2
4.1967319 19922080 2 008SMKN 6SMAN 1SMAN 1SMAN 1SMAN 1

Untuk menjadi : Pengawas Silang Ujian Nasional SMA/SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Hari                             : Senin s.d Kamis

Tanggal                       : 18 s.d 20 Mei 2017

Tempat                        : (sesuai tabel di atas)

Waktu                         : 07.00 – 11.00 WIB

Demikian surat tugas ini dibuat sebagaimana mestinya, harap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

Yogyakarta, 12 Mei 2018

Kepala Sekolah SMK N 6 Yogyakarta

 

Drs. Budi Prasetyo

NIP. 1967129 19953030 2 005

 

14. Contoh Surat Undangan Pengambilan Raport

SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Telp. (0274) 512251 | smk6yk@yahoo.co.id

Yogyakarta, 16 Desember 2018

Nomor : 433.1/012/SMK6YK/2020

Perihal : Undangan Pengembalian Raport & Pemberitahuan Libur Semester I

Kepada

Yth. Bapak/Ibu/Wali Siswa Kelas VII-IX

Di Yogyakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Melalui surat undangan pengambilan raport ini mengharapkan dengan hormat kehadiran Bapak/Ibu/Wali Siswa Kelas VII, VIII, IX sesuai dengan jadwal di bawah ini:

Hari/Tanggal   : Jumat, 20 Desember 2018

Waktu             : Pukul 08.00 – 09.00 WIB

Tempat            : SMK Negeri 6 Yogyakarta

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Acara               : Pengambilan Raport Semester I

Diberitahukan juga kepada seluruh Bapak/Ibu/Wali Murid bahwa libur Semester I akan dimulai pada Sabtu, 19 Desember 2018 s/d Sabtu 2 Januari 2019. Kami berharap dan memohon kerjasama dari Bapak/Ibu/Wali Murid SMK N 6 Yogyakarta untuk melakukan pengawasan dan bimbingan kepada putra-putrinya selama liburan di rumah.

Mengingat sangat pentingnya acara pengambilan raport ini, kami memohon kehadirannya tepat waktu dan tidak diwakilkan.

Demikian surat undangan ini diberitahukan kepada Bapak/Ibu/Wali Murid SMK N 6 Yogyakarta, atas perhatian dan kerjasama yang telah diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Kepala Sekolah SMK N 6 Yogyakarta

 

Drs. Budi Prasetyo

NIP. 1967129 19953030 2 005

 

15. Contoh Surat Permohonan

KARANG TARUNA KAMPUNG BARU JOGAHAN

Dukuh Kampung Baru RT.07/RW.17, Jogahan, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo

Kulon Progo. 10 Agustus 2019

Nomor           : 11/10/IX/2019

Lampiran        : Susunan Acara Pertandingan Bulutangkis

Perihal            : Permohonan Izin Tempat

Kepada Yth.

Kepala Desa Kampung Baru

Di Jogahan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya perayaan HUT Republik Indonesia ke-74, kami selaku pengurus Karang Taruna Kampung Baru dan juga seluruh Panitia 17 Agustus 2019 melalui surat ini ingin menyampaikan bahwa akan diadakan pertandingan bulutangkis pada:

Hari                 : Jumat-Minggu

Tanggal           : 13-15 Agustus 2019

Waktu             : 16.00 WIB – Selesai

Tempat            : Lapangan Bulutangkis Kampung Baru

Demi terlaksananya pertandingan tersebut dengan lancar dan sukses, kami ingin memohon izin dan persetujuan kepada Bapak Joko Pambudi selaku Kepala Desa Kampung Baru untuk menggunakan lapangan bulutangkis tersebut sesuai dengan jadwal yang telah kami sampaikan. Kami berharap dengan persetujuan Bapak, acara pertandingan bulutangkis ini dapat berjalan dengan baik.

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan, terima kasih atas izin dan perhatian yang telah Bapak berikan.

Ketua                                                                          Sekretaris

 

Zulham Arifin                                                          Lisa Putri Hidayah

 

16. Contoh Surat Penugasan Staff Instansi

SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Telp. (0274) 512251 | smk6yk@yahoo.co.id

SURAT TUGAS DINAS

Nomor: 21/SMKN6YK/III/2019

Yang bertanda tangan dibawah ini saya selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Yogyakarta Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta dengan ini akan memberikan tugas dinas kepada:

Nama              : Setya Budi, S.Pd.

Jabatan           : Guru Matematika

NIP                  : 1970129 19973030 2 009

Alamat: Desa Kampung Baru, Sewon Bantul

Untuk dapat menghadiri acara kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Guru Pelajaran Pendidikan Matematika khusus SMK seprovinsi Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal   : Selasa-Rabu, 12-13 Maret 2019

Pukul               : 08.30-16.00 WIB

Tempat            : Gedung Serba Guna Dinas Pendidikan Provinsi DIY

Acara               : Pelatihan Peningkatan Mutu Guru Pelajaran Pendidikan Matematika SMK

Dimohonkan kepada Bapak Setya Budi S.Pd. untuk menyerahkan laporan tertulis segera setelah acara pelatihan tersebut selesai. Demikian surat tugas ini diberikan kepada Bapak Setya Budi S.Pd. agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan integritas. Terima kasih.

Yogyakarta, 5 Maret 2019

Kepala Sekolah SMK N 6 Yogyakarta

 

 

Drs. Budi Prasetyo

NIP. 1967129 19953030 2 005

 

17. Contoh Surat Undangan Rapat DPRD

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jl. Malioboro Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Yogyakarta, 12 Maret 2018

Nomor           : 123/981/DPRDDIY/III/2018

Sifat                : Segera

Lampiran        : 1 (satu) Lembar

Hal                  : Rapat Kerja Komisi VI

Kepada

Yth. Pimpinan dan Anggota Komisi VI

DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Di Yogyakarta

UNDANGAN

Melalui surat undangan rapat ini kami mengundang saudara/I untuk hadir dalam Rapat Kerja Komisi VI dalam rangka untuk mendapatkan informasi dan juga masukan terkait dengan beredarnya soal dan kunci jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018 pada tingkat pendidikan SMA/SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan ini, Komisi VI DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan melaksanakan rapat kerja dengan:

  1. Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta
  3. Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  4. Dewan Pendidikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  5. Forum Aksi Guru Independen (FAGI)
  6. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika dan Sejarah
  7. Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Yogyakarta

Rapat tersebut di atas akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Selasa, 27 Maret 2018

Pukul               : 10.00 s/d 11.30 WIB

Tempat            : Ruang Rapat Komisi VI DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Demikian hal ini kami sampaikan kepada seluruh anggota Komisi VI agar menjadi perhatian. Karena rapat ini bersifat segera, semua anggota diharapkan untuk datang tepat waktu. Terima kasih atas kerjasama yang telah diberikan.

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ketua,

 

 

Sony H. Sutrisno, S.Sos.,MM

NIP. 1975129 19973030 1 007

 

18. Contoh Surat Undangan Tasyakuran Dinas

SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55166

Telp. (0274) 512251 | Email : smk6yk@yahoo.co.id

Yogyakarta, 1 Juni 2020

Nomor : 41.1/01/SMK6YK/VI/2019

Perihal : Undangan Silaturahmi Idul Fitri 1440 H

Kepada:

Bapak/Ibu Guru, Staff dan Karyawan

SMK Negeri 6 Yogayakarta

Di Yogyakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dalam rangka menyambut dan mensyukuri datangnya bulan penuh kemenangan yaitu 1 Syawal 1440 H. Melalui surat undangan ini, Saya mengundang seluruh Bapak/Ibu Guru, Staff, dan seluruh Karyawan di SMK Negeri 6 Yogyakarta untuk dapat menghadiri acara Silaturahmi Idul Fitri 1440 H pada:

Hari/Tanggal   : Rabu, 5 Juni 2019

Pukul               : 10.00 – 11.00 WIB

Tempat            : Pendopo SMK Negeri 6 Yogyakarta

Jl. Kenari No.4, Semaki, Kec. Umbulharjo

Diharapkan kehadiran Bapak/Ibu Guru, Staff, dan Karyawan agar datang tepat waktu. Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar.

Demikian surat undangan silaturahmi Idul Fitri 1440 H ini dibuat. Terima kasih atas perhatian dan kehadirannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Kepala Sekolah SMK N 6 Yogyakarta

 

 

Drs. Budi Prasetyo

NIP. 1967129 19953030 2 005

 

19. Contoh Surat Undangan Doa Bersama pada Waktu Tertentu

PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Jl. Hayam Wuruk No. 11, Tegak Oanggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

Yogyakarta, 27 Maret 2019

Nomor           : 006/321/III/2019

Lampiran        : –

Hal                  : Sosialisasi dan Doa Bersama Ujian Tahun 2019

Kepada Yth.

  1. Kepala SMA/MA Negeri/Swasta Sekota Yogyakarta
  2. Pengawas SMA Kota Yogyakarta
  3. Kepala UPT Dikdas LS Sekota Yogyakarta
  4. Ketua PKBM Penyelenggara UNPK Sekota Yogyakarta

Di Yogyakarta

Dengan hormat,

Melalui surat undangan ini, diharapkan kejadiran Saudara/i sehubungan dengan dilaksanakannya Sosialisasi dan Doa Bersama Ujian Nasional (UN) Jenjang SMA/SMK sederajat, Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) jenjang SMA/SMK sederajat, dan Ukian Nasional Pendidikan Kesetaraan pada tahun 2019 sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan pada:

Hari, Tanggal   : Rabu, 29 Maret 2019

Tempat            : Pendopo Balai Kota Yogyakarta

Keperluan       : Sosialisasi dan Doa Bersama Ujian Tahun 2019 oleh Bapak Walikota Kota Yogyakarta

Keterangan     : Diwajibkan datang tepat waktu.

Demikian Surat Undangan ini dibuat dan disampaikan agar menjadi perhatian dan dijalankan dengan rasa tanggung jawab penuh. Atas perhatian dan partisipasi yang sudah Saudara/i berikan, kami ucapkan terima kasih.

Plt. KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN

KEBUDAYAAN KOTA YOGYAKARTA

(Pembina Utama Muda)

 

 

Drs. Budi Herianto, M.Si

NIP. 1959081019860231016

 

20. Contoh Surat Edaran dari Rektor

UNIVERSITAS ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jln. Gajah Mada No. 12, Yogyakarta 55281, Telp +6274 98881, Fax. +6274 98882

SURAT EDARAN

NOMOR 871/UNI.P/SET/KM/2019

TENTANG

KESELAMATAN DAN KEAMANAN DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kepada Yth.

  1. Dekan Fakultas/Sekolah UIY
  2. Pembina UKM UIY
  3. Ketua UKM UIY

Di Yogayakarta

Melalui surat edaran dari Rektor Universitas Istimewa Yogyakarta ini akan disampaikan beberapa hal penting untuk mendukung budaya SHE (Safety-Health-Environtment) dalam upaya menjaha keselamatan, keamaan dan kenyamanan seluruh warga UIY dalam melaksanakan kegiatan baik akademik dan kemahasiswaan di UIY, maka perlu diterapkan beberapa ketentuan seperti berikut:

  1. Seluruh kegiatan baik akademik dan kemahasiswaan harus berakhir sebelum pukul 22.00 dan sebisa mungkin dilaksanakan di lingkungan kampus UIY.
  2. Para Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Universitas (melalui Direktur Kemahasiswaan) harus memastikan benar bahwa kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang terpaksa dilakukan di luar kampus harus telah mendapatkan ijin dengan tetap mempertimbangkan syarat-syarat seperti: kondisi kelayakan sarana transportasi dan akomodasi, kondisi cuaca, keamaan medan dan kesehatan seluruh peserta kegiatan, serta harus didampingi oleh Dosen Pembimbing/Pendamping.
  3. Seluruh kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang akan dilaksanakan baik di luar atau di dalam wilayah kampus harus bebas dari kekerasan fisik, verbal, dan mental. Kegiatan haruslah yang dapat membangun atmosfer akademik yang baik, kondusif, dan bermanfaat.

Demikian surat edaran ini dibuat agar menjadi perhatian seluruh warga UIY demi terciptanya kondisi akademik dan kemahasiswaan yang kondusif, selamat, aman, dan efektif. Terima kasih untuk perhatian dan rasa tanggung jawab yang telah diberikan.

Yogyakarta, 12 Maret 2019

Rektor,

 

 

Prof. Ir. Muhammad Amirudin, M.Sc, Ph.D

NIP. 19715051990032003

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring