50+ Contoh Surat Undangan Resmi Dinas, Perusahaan, Organisasi dan Instansi

Contoh Surat Undangan Resmi – Mengundang atau menyampaikan sebuah undangan kepada seseorang untuk menghadiri suatu acara yang kita laksanakan pada era yang serba modern seperti saat ini tentu bukan menjadi sebuah masalah besar. Mengingat bahwa teknologi komunikasi saat ini sudah sangat canggih. Contohnya saja kita dapat mengundang seseorang melalui panggilan telepon, melalui layanan pesan singkat atau SMS(Short Message Service), atau mungkin dengan menggunakan surat elektronik atau yang lebih populer disebut e-mail. Namun untuk acara yang bersifat resmi, tentu kurang tepat jika kita mengundang seseorang dengan menggunakan media-media tersebut. Memang idak ada larangan tertulis mengenai hal tersebut. Namun alangkah baiknya jika kita menggunakan surat resmi dalam acara-acara yang bersifat formal. Selain untuk menjaga formalitas dari acara tesebut, menggunakan surat resmi juga akan terkesan lebih sopan dan menghormati orang yang kita undang. Di sinilah peran dari Surat Undangan Resmi kita butuhkan.

Surat Undangan Resmi adalah salah satu jenis surat resmi yang dikeluarkan oleh seseorang, instansi, atau perusahaan dan ditujukan kepada pihak-pihak tertentu dengan tujuan untuk memohon kehadiran pihak-pihak tersebut dalam acara yang diselenggarakan oleh pengirim. Sama seperti surat-surat resmi lainnya, Surat Undangan Resmi juga harus memperhatikan sistematika surat resmi dalam pembuatannya. Beberapa yang harus diperhatikan misalnya menggunakan bahasa yang baik dan benar(bahasa baku), mencantumkan bagian-bagian penting dalam surat resmi seperti kops surat, nomor surat, tanggal pembuatan surat, perihal, lampiran, membubuhkan stempel, serta beberapa hal lain yang sekiranya dibutuhkan.

Daftar Isi

Pihak Pengguna Surat Undangan Resmi

Sebelum memahami contoh surat undangan resmi pemerintahan, perusahaan, organisasi dll penting untuk memahami pihak-pihak yang menggunakannya. Di mana, akan disampaikan dibawah ini,

  1. Instansi Pemerintah
    Pihak yang paling sering menggunakan surat undangan resmi adalah instansi pemerintah. Instansi inilah yang akan menyebarkan undangan resmi untuk kolega maupun pegawainya. Bahkan instansi pemerintah kerap menggunakannya untuk keperluan lain, seperti undangan pada instansi lainnya. Jika anda merupakan salah satu pegawai, di sinilah dibutuhkan contoh surat undangan.
  2. Sekolah dan Kampus
    Tidak hanya instansi pemerintahan, anda juga dapat menemukan surat undangan resmi di sekolah maupun kampus. Surat undangan resmi pada instansi pendidikan dapat diberikan para orang tua maupun guru dan dosen yang menjadi bagian dari sekolah. Penggunaan surat undangan resmi diwajibkan, agar menghormati setiap orang, termasuk wali murid.
  3. Organisasi
    Saat anda berkecimpung dalam dunia organisasi, maka bersentuhan dengan surat undangan resmi akan sangat sering terjadi. Umumnya, organisasi akan membuat surat undangan resmi untuk mengundang organisasi lainnya ataupun tamu-tamu dalam acara. Karena akan diberikan untuk orang lain, maka disinilah perlu membuat surat undangan yang baik dan benar.
  4. Perusahaan
    Berikutnya surat undangan resmi dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Tidak terbatas pada perusahaan jasa, namun juga dapat digunakan di perusahaan barang. Perusahaan akan membutuhkannya untuk mengundang karyawan maupun kolega perusahaan. Karenanya, surat undangan yang dibuat harus sesuai dengan kebutuhan dan resmi dengan tanda tangan asli.
  5. Rumah Sakit
    Terakhir, surat undangan resmi juga dibutuhkan untuk rumah sakit. Rumah sakit membutuhkannya untuk beragam hal. Salah satunya untuk mengundang dokter dalam setiap kegiatan yang diadakan di rumah sakit. Dalam keadaan tertentu, bahkan surat undangan resmi juga dibutuhkan untuk mengundang keluarga pasien untuk datang.

Format Surat Undangan Resmi

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk dicantumkan dalam Surat Undangan Resmi ini, misalnya :
  1. Kops surat Kops surat di sini merupakan salah satu bagian yang penting karena kops surat ini menunjukkan dari instansi mana surat undangan tersebut berasal.
  2. Nama dan alamat pihak yang dituju Dengan menyebutkan nama dan alamat pihak yang ingin diundang secara lengkap dan jelas, maka hal ini akan menghindarkan dari kesalahpahaman. Misalkan kita ingin mengundang seorang manajer dari sebuah perusahaan, namun kita tidak menyebutkan nama dari orang yang kita undang tersebut dan hanya menyebutkan nama perusahaan tempat orang tersebut bekerja. Maka hal ini akan menimbulkan kesalahpahaman mengenai siapa yang ingin kita undang sebenarnya.
  3. Isi surat Isi surat berisi permohonan kita agar pihak yang bersangkutan berkenan untuk menghadiri acara yang kita selenggarakan.
  4. Waktu dan tempat Dalam surat undangan, salah satu yang terpenting adalah waktu dan tempat pelaksanaan acara. Kita harus menyebutkan waktu dan tempatnya dengan selengkap mungkin dan sejelas mungkin agar orang yang kita undang tidak mengalami kebingungan dan dapat hadir tepat waktu.
  5. Agenda Cantumkan pula agenda-agenda penting yang akan menjadi topik pembahasan pada acara yang akan diselenggarakan(jika perlu), agar pihak-pihak yang kita undang dapat mempersiapkan diri dan hal-hal apa saja yang berkaitan dengan agenda tersebut.
  6. Stempel dan tanda tangan Dengan menyertakan stempel dan tanda tangan, maka ini akan menjadi bukti bahwa surat undangan tersebut benar-benar resmi dikirim oleh pihak yang bersangkutan.
Seperti biasa, untuk mempermudah para pembaca dalam memahami bagaimana bentuk dari Surat Undangan Resmi ini, berikut saya berikan beberapa contohnya :

Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan

Undangan ini dikeluarkan oleh pihak perusahaan kepada para karyawannya. Surat undangan ini dibuat agar pihak yang menerima undangan bisa menghadiri acara sesuai dengan informasi yang tertera dalam undangan. Undangan yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan bersifat resmi.

Umumnya, surat undangan resmi perusahaan itu terdiri dari:
  • Kop surat  Kepala surat berisi tentang identitas perusahaan (nama perusahaan, alamat, dan nomor yang telepon yang bisa dihubungi).
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat
  • Nomor surat  Hal ini perlu dicantumkan sekaligus sebagai arsip dan kategori surat yang dikeluarkan oleh perusahaan.
  • Perihal
  • Nama penerima surat undangan
  • Salam pembuka
  • Isi  Pada bagian ini sampaikanlah informasi detail tentang acara atau kegiatan. Misalnya tentang waktu, tempat, dan tanggal acara.
  • Penutup
  • Tanda tangan dan nama terang pembuat surat

Contoh Surat Undangan Resmi Sebuah Acara Perusahaan

Yogyakarta, 22 November 2015

Nomor : …../…../…../…..
Perihal : Undangan
Lampiran : ……………..

Yang terhormat,
Bapak Joko Riyono, M.Kom.
Direktur Utama
PT. Orion Furniture And Property
Di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diselenggarakannya acara Penganugerahan Penghargaan Karyawan Terbaik PT. Orion Furniture And Property 2015, dengan ini kami bermaksud untuk memohon kehadiran Bapak pada acara tersebut guna memberikan beberapa kata sambutan dan menyerahkan penghargaan secara resmi kepada para karyawan dan karyawati yang terpilih. Adapun acara tersebut akan diselenggarakan pada :

Hari, Tanggal : Senin, 23 November 2015
Waktu : Pukul 10.00 – Selesai
Tempat : Gedung Serbaguna PT. Orion Furniture And Property

Mengingat acara ini akan dihadiri oleh seluruh pihak yang menjadi bagian PT. Orion Furniture And Property, maka kami mengharap agar Bapak berkenan hadir tepat pada waktunya. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
Ketua Panitia

 

(nama lengkap)

Contoh Surat Rapat Perusahaan Resmi

Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan

Contoh Surat Undangan Resmi Semi Formal Perusahaan

PT SINAR GELAS ABADI
Kantor Cabang Yogyakarta
Jalan Diponegero, No 12, Yogyakarta, No Telp (0274) 895008

 

Yogyakarta, 2 Mei 2018

No : 02/Und-PTSGA/V/2018
Perihal : Undangan

Kepada Yth
Irawan Junaidi
Di Tempat

Dengan hormat,
Semoga kesehatan dan kebahagiaan selalu dirasakan Bapak/Ibu sekalian. Dalam rangka memperingati HUT PT Sinar Gelas Abadi, kami mengundang Bapak/Ibu dalam acara gala dinner bersama yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal : Senin, 7 Mei 2018
Pukul : 19.00 WIB
Tempat : Restoran Pondok Rasa

Besar harapan kami, Bapak/Ibu bisa hadir dalam acara tersebut sekaligus untuk mempererat silaturahmi dan kerjasama para jajaran direksi. Demikian surat ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Jayadi Kusuma
Direktur Utama

 

Contoh Surat Undangan Menghadiri Acara Perusahaan

PT EVENESIA INDONESIA
Jalan Kartini, No 18, Sleman, Yogyakarta, No Telp (0274) 679500, E-mail: evensiaindonesia@gmail.com

 

Yogyakarta, 21 April 2018

No : 08/Udg-PTEI/IV/2018
Perihal : Undangan

Kepada Yth
Bapak/Ibu …………………………..
Di Tempat

Dengan hormat,
Semoga Bapak/Ibu karyawan PT Evenesia Indonesia dalam keadaan sehat dan sejahtera. Sehubungan dengan rencana Seminar Peningkatan Kinerja dan Kualitas SDM, kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada acara tersebut pada:

hari/tanggal : Sabtu/ 27 April 2018
waktu : 08.00 – 15.30 wib
tempat : Hotel Griya Persada, Kaliurang, Yogyakarta
agenda utama : Motivasi meningkatkan kinerja dan kualitas karyawan

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, besar harapan kami, Bapak/Ibu segenap jajaran PT Jaya Abadi berkenan hadir dan mengikuti acara tersebut. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Salam hormat,

(tanda tangan)

Joanna Ken Murharini
Pimpinan Perusahaan

Contoh Surat Undangan Acara dari Perusahaan

PT JAYA TERUS
Ruko Arwana, Blok B1, No 16, Jalan Kartini Km 12, Melati Wetan Sleman
Telp (0274) 56769, E-mail: info@jayaabadipt.com
Sleman, 13 Mei 2017

Nomor : 7/Und-PTJT/V/2017
Lamp : 1 eks
Perihal : undangan acara

Kepada
Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari
Karyawan PT. Jaya Abadi
Di Tempat

Dengan hormat,
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Mahaesa. Semoga kita semua selalu dalam berkat dan lindunganNya. Sehubungan dengan peningkatan keakraban dan persaudaraan karyawan, pihak perusajaan bermaksud mengundang seluruh karyawan produksi dan divisi marketing untuk hadir dalam acara gathering perusahaan yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Sabtu-Minggu, 26-27 Mei 2017
Waktu : 16.30 – selesai
Tempat : Penginapan Taman Wisata “Alam Raya” di Karanganyar

Mengingat pentingnya acara tersebut, diharapkan Bapak/Ibu segera mendaftar ulang kepada bagian HRD. Demikian surat undangan ini disampaikan. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu diucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Direktur Utama PT Jaya Abadi

(ttd+cap)

Surya Putra

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi Perusahaan

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi Perusahaan
Contoh Surat Undangan Rapat Resmi Perusahaan

Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan Untuk Sebuah Kegiatan

Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan Untuk Sebuah Kegiatan

 

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Perusahaan

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Perusahaan

 

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Tahunan Perusahaan

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Tahunan Perusahaan
Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Tahunan Perusahaan

 

Contoh Undangan Meeting Kantor

 Contoh Undangan Meeting Kantor

 

 

Contoh Surat Undangan Resmi Dinas

Contoh Surat Undangan Dinas – Surat Dinas merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi atau lembaga untuk keperluan dinas. Surat dinas isinya ditujukan untuk keperluan kedinasan, baik pemerintah maupun swasta. Kedinasan itu bukan hanya oleh pemerintah tetapi juga lembaga swasta. Surat dinas ini bisa berkaitan dengan pemberian instruksi, pemberian tugas, penyampaian pengumuman, ataupun undangan sebuah acara.

Pada artikel ini akan dibahas tentang Contoh Surat Undangan Resmi Dinas. Surat undangan dinas dibuat untuk mengundang perorangan, organisasi, kelompok. Harapannya, penerima surat dapat menghadiri atau mengikuti undangan dari dinas.

Karena surat dinas ini menyangkut kelembagaan atau pemerintah maka surat ini termasuk dalam surat resmi. Artinya, surat undangan ditulis dengan terstruktur, bahasa formal dan kata-kata yang sopan. Surat undangan dinas itu terdiri dari:
  1. Kop surat yang berupa identitas pembuat surat. Pada bagian ini perlu dicantumkan logo, nama instansi/lembaga, alamat atau nomor telepon
  2. Nomor surat, perihal, lampiran
  3. Nama dan alamat yang dituju
  4. Pembuka
  5. Isi
  6. Penutup
  7. Nama terang, tanda tangan pembuat surat dan stempel resmi

Dalam Surat Undangan Resmi memang berisi memberitahukan informasi tentang waktu dan tempat pelaksanaan acara. Sehingga orang-orang yang diundang tidak kebingungan soal waktu dan tempat acara. Jika Anda yang ingin membuat surat undangan resmi dinas, di sini akan disajikan contoh surat undangan resmi dinas. Anda bisa memperhatikan contoh surat berikut ini dan bisa menjadi panduan Anda untuk menulis surat undangan dinas.

Contoh Surat Undangan Resmi Dinas Pemerintahan

PEMERINTAH KABUPATEN PATI
KECAMATAN JAKEN
KANTOR KELURAHAN DESA RONGGO
Jalan Bukit Indah 12, Desa Ronggo, Kec. Jaken, Kab. Pati
Telepon : 0295-123-4567

Nomor : 123/Rgo/2015
Hal : Undangan Rapat
Lampiran : –

Yang terhormat,
Bapak/Ibu Perangkat Desa Ronggo
Di tempat

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Memberitahukan kepada seluruh anggota perangkat Desa Ronggo, bahwa pada akhir bulan November ini akan diselenggarakan kegiatan tahunan yaitu Upacara Adat Desa Ronggo. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak/Ibu sekalian pada acara Rapat Persiapan Upacara Adat Desa Ronggo. Adapun acara rapat tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal : Senin, 23 November 2015
Waktu : Pukul 08.30 – Selesai
Tempat : Balai Desa Ronggo
Agenda :

  1. Pembentukan Panitia Upacara Adat Desa Ronggo
  2. Penyusunan Rangkaian Acara Upacara Adat Desa Ronggo
  3. Penyusunan Rencana Anggaran Belanja(RAB) Upacara Adat Desa Ronggo

Mengingat betapa pentingnya acara ini, maka Bapak/Ibu Perangkat Desa Ronggo diharapkan agar dapat hadir tepat pada waktu dan tempat yang telah ditentukan di atas. Dimohon juga agar Bapak/Ibu Perangkat Desa Ronggo berkenan mempersiapkan materi atau segala sesuatu yang berkaitan dengan agenda rapat tersebut guna mendukung kelancaran acara.

Demikian surat undangan ini kami sampaika. Atas perhatian, partisipasi, dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
Ronggo, 22 November 2015

Kepala Desa Ronggo                                                                                   Sekretaris Desa

 

Joko Riyono, M.Kom.                                                                                 Dewi Sukmawati, S.Pd.

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi MGMP

PEMERINTAH KOTA JAKARTA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP)

BAHASA INGGRIS

Nomor             : 123/Koor-234/X/2013                                                                      23 Oktober 2013

Lampiran         : –

Hal                   : Undangan Pertemuan

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Di

Tempat

 

Salam hormat,

Salam sejahtera, semoga bapak/ibu senantiasa dalam nikmat-Nya, Amin.

Menindaklanjuti program MGMP Bahasa Inggris, yang telah disusun, dengan ini mengundang bapak/ibu guru untuk hadir dalam pertemuan MGMP Bahasa Inggris Kota Jakarta Timur, pada:

Hari/Tanggal               : Jumat, 02 November 2013

Pukul                           : 09.00- selesai

Tempat                       : SMPN 56 Jakarta

Agenda                       : – Penyempurnaan Rencana Pembelajaran Tahun 2014

  • Sharing pengalaman pembelajaran
  • Persiapan menjelang Ujian Nasional 2014

Atas perhatian dan kerjasama untuk hadir bapak/ibu tepat waktunya, kami ucapkan terimakasih.

Ketua                                                                                       Sekretaris

 

Haryadi Akhmad, S.Pd                                                           Dodi Harmanta, S.Pd

 

Contoh Surat Undangan Resmi Dinas untuk Menghadiri Acara

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 12 SURABAYA
Jalan Semangka, No 10, Sanggrahan, Surabaya
______________________________________________________________

Surabaya, 15 April 2017
Nomor Surat : 11/Dns-SMP12/IV/2017
Lampiran      : 1 Eksemplar
Hal                 : Undangan

Yth. Kepala Dinas Pendidikan
Kota Surabaya

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) SMP Negeri 12 Surabaya akan menyelenggarakan Lomba Pidato Tema Pendidikan Tingkat SMP Se-Kota Surabaya. Lomba akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal    : Minggu, 3 Mei 2017
Waktu               : 08.00 – selesai
Tempat             : Aula SMP Negeri 12 Surabaya

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir dan memberikan sambutan pada pembukaan lomba. Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu diucapkan terima kasih.

Hormat kami,

(ttd+cap)

Abdul Rojak

 

Contoh Surat Undangan Halal Bihalal Idul Fitri

Contoh Surat Undangan Halal Bihalal Idul Fitri

 

Contoh Surat Undangan Membuka Acara

Contoh Surat Undangan Membuka Acara

 

Contoh Surat Undangan Mengikuti Lomba

Contoh Surat Undangan Mengikuti Lomba

 

Contoh Surat Undangan Peliputan dan Konferensi Pers

Contoh Surat Undangan Peliputan dan Konferensi Pers

 

Contoh Surat Undangan Pembawa Materi

Contoh Surat Undangan Pembawa Materi

 

Contoh Surat Undangan Penutupan Kegiatan

Contoh Surat Undangan Penutupan Kegiatan

 

Contoh Surat Undangan Peresmian Gedung

Contoh Surat Undangan Peresmian Gedung

 

Contoh Surat Undangan Rapat Tahunan

Contoh Surat Undangan Rapat Tahunan

 

Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Kepada Kepala Desa

Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Kepada Kepala Desa

Contoh Surat Undangan Organisasi

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi – Anda pastinya tak asing mendengar surat undangan. Ada berbagai surat untuk mengundang perorangan atau kelompok untuk menghadiri pertemuan atau acara tertentu. Surat undangan pun menjadi salah satu sarana komunikasi untuk mengundang orang-orang meski sudah dipermudah dengan berbagai aplikasi percakapan.

Sebab, masih saja ada orang-orang yang merasa penting dan perlu bukti sebuah undangan agar mau hadir pada sebuah acara atau pertemuan. Kali ini akan dibahas tentang surat undangan resmi organisasi. Dengan demikian surat dibuat dan dikeluarkan oleh sebuah organisasi dan ditujukan kepada perorangan atau kelompok tertentu. Undangan organsasi memang bersifat resmi sehingga kata-kata yang dipilih pun formal dan tak bertele-tele.
Adapun pokok-pokok yang perlu diperhatikan dalam surat undangan resmi organisasi sebagai berikut:
  1. Kop surat (cantumkan logo, nama organisasi, alamat, kontak yang bisa dihubungi)
  2. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  3. Nomor surat
  4. Nama dan alamat penerima surat undangan
  5. Pembuka
  6. Isi (berkaitan dengan undangan maka perlu dicantumkan info penting tentang acara, hari/tanggal, waktu, dan tempat pelaksanaannya).
  7. penutup
  8. Tanda tangan, nama terang pembuat surat
  9. Jika perlu tambahkan cap organisasi agar resmi

Supaya Anda lebih paham dan jelas, simak contoh surat undangan resmi organisasi berikut ini: 

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi

 

 

Contoh Surat Undangan Pelantikan Pengurus Organisasi

Contoh Surat Undangan Pelantikan Pengurus Organisasi

 

 

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Keagamaan Katholik

KOMISI KEPEMUDAAN KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG
Wisma Salam, Pos Salam, No Telepon (0293) 55xxxxx

Salam, 5 Mei 2018
No : 02/Und-Komkepkas/V/2018
Perihal  : Undangan

Kepada Yth:
Pendamping Orang Muda
Di Tempat

Dengan hormat,
Tahun 2018, Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang (KOMKEP KAS) memiliki program kerja peningkatan kapasitas pendamping dan penggeran orang muda. Adapun program berjenjang ini berkaitan dengan tentang:

1. Cara memahami dan mendampingi orang muda zaman sekarang
2. aktivitas orang muda yang kreatif dan berguna bagi sesama

Sehubungan dengan hal tersebut, kami KOMKEP KAS mengundang Romo dan pengurus KOMKEP Kevikepan untuk hadir dalam pertemuan tahap pertama yang akan dilaksanakan pada:

hari/tanggal : Senin-Selasa (28-29 Mei 2018)
waktu : 15.30 WIB – selesai
tempat : Wisma Salam
acara : belajar bersama dan diskusi

Besar harapan kami, Romo dan para pengurus dapat hadir mengikuti kegiatan ini. Pembelajaran ini menjadi bekal bersama untuk mendampingi orang muda dan ditindaklanjuti di komunitas masing-masing. Konfirmasi peserta paling lambat Senin (21 Mei 2018) dan tidak dipungut biaya.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat kami,

(tanda tangan + cap organisasi)

Jeje Ardini
Sekretaris

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Keagamaan Lintas Agama

PERSATUAN ORANG MUDA LINTAS IMAN
KEVIKEPAN KEDU

Magelang, 8 Mei 2018
Nomor : 3/Und-POMLI/V/2018
Perihal : Undangan

Kepada Yth
Pengurus Orang Muda Katolik
Gereja St Theresia Salam
Di Tempat

Dengan hormat,
Salam sejahtera untuk kita semua. Semoga berkat Tuhan dan kedamaian selalu menyertai kita semua. Dalam rangka menyambut Kongres Persaudaraan Sejati akan digelar berbagai kegiatan “pra-event” yang akan dimulai berbarengan dengan Festival Tink #3. Kami pun bermaksud mengundang rekan-rekan muda untuk hadir pada:

hari/tanggal : Sabtu, 19 Mei 2018
waktu : 16.00 – 24.00 WIB
tempat : Gereja Katotik St Yusup Wonokerso, Dusun Wonokerso, Sawangan
acara : Pembukaan pra-event Kongres dan orasi kebangsaan oleh Alissa Wahid

Mohon mengajak orang muda untuk hadir dan memeriahkan acara tersebut. Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat kami,

(tanda tangan)

Jonny Wijaya
Ketua

Contoh Surat Undangan Organisasi Keagamaan Islam

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi

 

Contoh Surat Undangan Resmi Organsiasi Karang Taruna Desa

Contoh Surat Undangan Resmi Desa

 

Contoh Surat Undangan Resmi Sekolah

Surat Undangan Resmi Sekolah bersifat resmi dikeluarkan dari pihak sekolah. Surat undangan ini untuk memberikan informasi penting dari sekolah terkait mengundang orangtua siswa, mengundang para guru maupun murid untuk menghadiri sebuah acara atau mengikuti suatu kegiatan.

Surat Undangan Resmi yang dikeluarkan sekolah haruslah menggunakan format yang resmi dan tata bahasa yang baik dan benar. Dalam surat yang dikeluarkan dari pihak sekolah secara resmi pasti dicantumkan nama sekolah, alamat, nomor telepon atau kode pos sekolah. Selain itu disertai logo dan cap dari sekolah. Kop surat hingga nomor surat menandakan bahwa surat dibuat oleh instantsi atau lembaga resmi.

Kemudian, perihal surat di isi dengan tujuan dibuatnya surat tersebut. Pada artikel ini ini dibahas tentang contoh surat undangan dari sekolah maka bagian perihal diisi dengan ‘undangan’. Artinya, surat ini dibuat oleh pengirim untuk mengundang penerimanya.

Surat Undangan Resmi Sekolah yang disampaikan kepada orangtua murid tidak perlu menggunakan bahasa yang bertele-tele. Surat undangan resmi sekolah kepada orangtua murid seperti mengundang untuk pengambilan rapor, menghadiri acara ulang tahun sekolah, mengundang orangtua murid dalam acara sosialisasi dan sebagainya. Dalam isi surat juga dituliskan secara jelas kapan hari/tanggal pelaksanaan, waktu, dan tempatnya.

Dengan demikian penerima surat dapat menyiapkan diri dan meluangkan waktu sesuai waktu undangan. Ketika orangtua murid datang ke sekolah pun bisa kesulitan mencari tempat, maka perlu disebutkan apakah pertemuan berlangsung di aula, ruang kelas, atau tempat pertemuan lainnya.

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi Sekolah

PEMERINTAH KABUPATEN REMBANG
DINAS PENDIDIKAN
SMK N 1 REMBANG
Jalan Gajahmada 1 Rembang
Telepon : 02123456789

Rembang, 22 November 2015

Nomor : 123/SMK/Rbg/2015
Perihal : Undangan Rapat
Lampiran : –

Yang terhormat,
Bapak/Ibu Wali Murid
Kelas X SMK N 1 Rembang
Di tempat

Dengan hormat,
Memberitahukan kepada Bapak/Ibu wali murid Kelas X SMK N 1 Rembang bahwa kegiatan Tes Akhir Semester Ganjil tahun ajaran 2015/2016 akan diselenggarakan pada penhujung bulan Desember ini. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu wali murid Kelas X SMK N 1 Rembang pada acara Rapat Pleno Komite SMK N 1 Rembang yang akan diselenggarakan pada :

Hari, Tanggal : Senin, 23 November 2015
Waktu : Pukul 09.00 – Selesai
Tempat : Gedung Aula SMK N 1 Rembang

Demikian undangan ini kami sampaikan. Mengingat pentingnya acara ini, dimohon agar Bapak/Ibu dapat hadir tepat pada waktu yang telah ditentukan. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala SMK N 1 Rembang,

 

Joko Riyono, M.Eng.

Contoh Surat Undangan Resmi Sekolah Kepada Orangtua Murid Untuk Mengambil Rapor

DINAS PENDIDIKAN KOTA MUNTILAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 MUNTILAN
Alamat: Jalan Kartini, No 19, Muntilan, telepon (0293) 282892

 

Muntilan, 5 April 2018

Nomor : 04/Und-SMPN.12/04/2018
Perihal : Undangan
Kepada Yth Orangtua murid Kelas VII, VIII, IX
Di Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini kami memberitahukan bahwa Ujian Tengah Semester (UTS) Tahun Ajaran 2017/2018 sudah selesai dilaksanakan. Kami mengundang orangtua murid untuk hadir mengambil rapor hasil UTS pada:

Hari/ tanggal: Rabu, 10 Apri 2018
Waktu            : 08.00 WIB
Tempat          : Ruang kelas masing-masing

Demi kelancaran pengambilan rapor, kami memohon agar orangtua menyelesaikan administrasi termasuk uang SPP hingga April 2018. Demikian surat undangan ini kami sampaikan, semoga hadir tepat waktu karena ada penjelasan dari wali kelas masing-masing sebelum pembagian rapor. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala Sekolah SMP N 12

-ttd-

(cap sekolah)
Burhanudin Rahmat

Contoh Surat Undangan Resmi Dari Sekolah Kepada Orangtua Murid Untuk Menghadiri Acara Perpisahan

DINAS PENDIDIKAN KOTA MUNTILAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MUNTILAN
Alamat: Jalan Ahmad Dahlan, No 11, Muntilan, Kode Pos 98976
____________________________________________________________________

 

Muntilan, 20 Mei 2017

Nomor : 11/Und-SMPN.4/05/2017

Perihal : Undangan
Kepada Yth Orangtua/wali murid kelas IX
Di Tempat

Dengan Hormat,
Puji syukur kita haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang selalu memberikan keselamatan dan berkah kepada kita semua. Sehubungan dengan kelulusan putera/puteri Bapak/Ibu, kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir dalam acara yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Sabtu, 26 Mei 2017
Waktu           : 16.00 WIB
Tempat          : Ruang Srikandi, Hotel Sharina

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Mohon hadir tepat waku. Atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu diucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Kepala Sekolah SMP N 4

(ttd+cap sekolah)

Linggar Sutrisno

Lampiran rangkaian acara perpisahan

Contoh Surat Undangan Resmi Osis

Contoh Surat Undangan Resmi Osis

 

Contoh Surat Undangan Rapat Sekolah

Contoh Surat Undangan Rapat Sekolah

 

 

Contoh Surat Undangan Resmi Acara Pentas Seni

 

Contoh Surat Undangan Resmi Acara Pentas Seni

 

Contoh Surat Undangan Penerimaan Raport Siswa

Contoh Surat Undangan Penerimaan Raport Siswa

 

 Contoh Surat Undangan Pengawas Ujian

 Contoh Surat Undangan Pengawas Ujian

 

Contoh Surat Undangan Pentas Seni

Contoh Surat Undangan Pentas Seni

 

Contoh Surat Undangan Resmi Instansi

Contoh Undangan Rapat Resmi untuk Organisasi / Intansi / Dinas – Contoh Surat Undangan memang selalu dibutuhkan untuk mengundang para anggota organisasi, orangtua murid, pengurus organisasi/instansi. Fungsi dari surat undangan rapat adalah mengundang individu maupun kelompok untuk menghadiri rapat, musyawarah dan diskusi berbagai keperluan. Misalnya, untuk membahas acara persmian, penentuan jadwal kegiatan selama satu semester.

Surat Undangan Rapat yang Resmi dalam sebuah instansi, perusahaan atau organisasi maka terdapat kop surat dan stempel. Bagian-bagian dari surat undangan rapat sebagai berikut:
  1. Kop Surat
  2. Tempat/Tanggal Pembuatan Surat
  3. Nomor Surat
  4. Perihal Surat
  5. Kepada Yth…
  6. Pembuka
  7. Isi
  8. Penutup
  9. Nama Pengirim yang Jelas, Jabatan, Tanda Tangan
  10. Beberapa Tembusan (jika ada)
Setelah mencermati bagian-bagian pembuatan surat undangan rapat baik instansi, perusahaan, atau organisasi ada beberapa penjelasan supaya Anda semakin paham membuat surat undangan rapat.
  1. Kop Surat : Bagian surat paling atas adalah kop surat atau kepala surat. Kop surat ini terdiri dari logo, nama instansi/organisasi, alamat dan biasanya tercantum nomor telepon yang bisa dihubungi.
  2. Tempat dan tanggal pembuatan surat ditulis di sebelah kanan atas. Misalnya: Yogyakarta, 5 April 2018
  3. Nomor Surat : Nomor ini sebagai arsip untuk sebuah instansi, perusahaan, maupun organsasi. Karenanya, harus diurutkan sesuai dengan urutan keberapa surat dikeluarkan. Urutan yang benar adalah nomor urut surat, kode klasifikasi, bulan, dan tahun surat dikeluarkan. Misalnya di SMA Negeri 6 memiliki kode undangan rapat para guru dengan kode 004, maka dituliskan: 01/-004-SMN.6/04/2018.
  4. Perihal surat : karena berkaitan dengan rapat maka pada bagian ini dituliskan undangan rapat.
  5. Kepada Yth : Pada bagian ini dituliskan kepada siapa surat ditujukan dan tambahkan alamat penerima surat undangan rapat ini. Paling mudah adalah isi dengan “Di Tempat”.
  6. Poin berikutnya Pembuka : bisa dituliskan salam untuk penerima surat undangan rapat.
  7. Isi surat: Bagian ini tertera hal apa yang ingin disampaikan, apa yang ingin dibahas, termasuk kapan akan terlaksana pertemuan, yakni hari/tanggal pelaksanaan, waktu, tempat, dan acara.
  8. Penutup : setelah menyampaikan surat informasi undangan rapat maka ditutup dengan ucapan terima kasih.
  9. Setelah penutup bagian akhir surat diberi keterangan pengirim. Tulis hormat kami, tanda tangan, nama terang + jabatan. Bisa jadi surat undangan rapat ditandatangani dua orang, yakni sekeretaris dan ketua. Dalam perusahaan bisa dituliskan atasannya saja.
  10. Tembusan: jika diperlukan surat juga disampaikan kepada pihak lain yang membutuhkan supaya tahu kegiatan rapat.

 

Contoh Surat Undangan Rapat Instansi Yang Resmi

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH
Alamat: Jl Sawitan No 12, Mungkid, Magelang, Kode Pos 55636
__________________________________________________________________
Magelang, 5 April 2018

Nomor  : 01/003-Dispar/04/2018
Perihal  : Undangan Rapat

Kepada Yth: Bpk. Rohadi
Di Tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan acara peresmian gedung baru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang maka akan diadakan rapat bersama pada:

Hari/tanggal   : Senin, 8 April 2018
Tempat            : aula gedung Srikandi
Waktu              : 09.30 Wib
Agenda            : rapat membahas susunan acara, panitia, dan anggaran

Mengingat pentingnya acara tersebut, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada waktu yang telah ditetapkan. Demikian surat undangan rapat ini kami sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

            Hormat kami,

-ttd-                                                                                    -ttd-
Rozak Abdul                                                                         Utami Halizah
(Kepala Dispar Kab Magelang)                                                   (Sekretaris)

Tembusan:
-Bendahara Dispar

Contoh Surat Undangan Instansi Setengah Resmi

contoh surat undangan setengah resmi
Demikianlah sedikit penjelasan dan contoh surat undangan resmi. Semoga bisa membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *