Contoh Surat Undangan

Surat Undangan adalah sebuah surat yang dikeluarkan baik oleh pribadi maupun lembaga atau perusahaan yang ditujukan kepada pihak yang bersangkutan dengan isi untuk mengundang mereka agar hadir pada acara yang dibuat. Surat Undangan terbagi menjadi dua macam yaitu Surat Undangan Resmi dan Surat Undangan Non Resmi.

Contoh Surat Undangan

Surat Undangan Resmi adalah Surat Undangan yang dibuat oleh lembaga atau perusahaan atau instansi yang ditujukan kepada pihak penerima yang diundang. Surat Undangan Resmi harus menggunakan bahasa yang baku, sesuai EYD dan formal.

Surat Undangan Non Resmi adalah Surat Undangan yang dibuat oleh pribadi yang ditujukan kepada seseorang agar menghadiri acara tersebut. Surat Undangan Non Resmi tidak harus menggunakan bahasa Baku, akan tetapi dianjurkan menggunakan bahasa yang sopan agar si penerima merasa dihargai.

Format Surat Undangan

Sebelum anda membuat Surat Undangan, Anda harus tau mengenai format susunan atau sistematika penulisan Surat Undangan. Berikut adalah Format Surat Undangan :

Format Surat Undangan Non / Semi Resmi

  1. Kops Surat Kops Surat Undangan merupakan bagian yang cukup penting apabila Surat Undangan Bersifat Resmi. Kops Surat menunjukkan idenitas instansi atau perusahaan Anda.
  2. Nama dan alamat pihak yang dituju Masukkan Nama dan Alamat Pihak Undangan yang dituju. Silahkan cantumkan identitas lengkap. Misalnya Anda membuat Undangan untuk Direktur Perusahaan, cantumkan juga Nama dan Nama instansi tempat mereka bekerja.
  3. Isi surat Isi Surat undangan berisi permohonan kepada penerima agar berkenan untuk menghadiri acara yang diselenggarakan.
  4. Waktu dan tempat Jangan lupa cantumkan Waktu dan Tempat pelaksanaan Acara, karena ini merupakan bagian terpenting dari surat Undangan.
  5. Agenda Apabila acara memiliki agenda atau susunan acara yang harus diikuti semua peserta, maka wajib anda cantumkan agenda acara. Mulai dari waktu mulai hingga waktu selesai. Agar penerima undangan dapat menghadiri acara dengan persiapan yang matang.
  6. Stempel dan tanda tangan Jangan lupa bubuhkan tanda tangan pada surat, agar terlihat resmi.

Format Surat Undangan Resmi  

  1. Tanggal pembuatan surat Sama seperti Surat Undangan lainnya, wajib Anda cantumkan Tanggal Pembuatan Surat.
  2. Nomer surat Nomor Surat juga diperlukan untuk sebagai arsip baik arsip si penerima maupun pembuat undangan.
  3. Hal (undangan) Mencantumkan Hal dapat memperjelas mengenai maksud dari surat sebelum penerima membaca seluruh isi surat. Misalnya Hal : Undangan Rapat Akhir Tahun
  4. Lampiran Apabila Anda mencantumkan Lampiran Agenda Kegiatan, maka jangan lupa tulis jumlah Lampiran Halaman Anda.
  5. Alamat tujuan Alamat Penerima juga wajib ditulis secara lengkap dan jelas, cantumkan juga nama serta jabatan di perusahaan.
  6. Salam pembuka Awali isi surat dengan Salam Pembuka. Biasanya diisi dengan sapaan kepada penerima, Misalnya salam Hormat, salam Sukses dan lain sebagainya.
  7. Isi Surat 
  8. Salam penutup 
  9. Pengirim Tanda Tangan dan Stempel  Sebagai penguat mengenai identitas pengirim surat, maka jangan lupa bubuhkan Tanda tangan dan Stempel.
  10. Tembusan Tembusan adalah sebuah pemberitahuan kepada penerima mengenai siapa saja yang diundang dalam undangan tersebut. Misalnya Tembusan kepada Dinas Pendidikan atau kepada instansi yang terkait.

Contoh Surat Undangan

Berikut kami bagikan Contoh Surat Undangan yang bisa kami bagikan :

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi

Contoh Surat Undangan Aqiqah Tasyakuran

Contoh Surat Undangan Aqiqah Tasyakuran

Contoh Surat Undangan Rapat

KOP SURAT

Kudus, 21 Oktober 2015
No.           : ……………..
Perihal     : Undangan Rapat
Lampiran : –

Yang terhormat,
Ketua RT/RW Se-Desa Sunggingan
Di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya acara Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), maka kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu seluruh perangkat Desa Sunggingan pada rapat petunjuk teknis yang akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal           : Jumat, 26 Oktober 2015
Waktu                      : 19.00 – Selesai
Tempat                     : Balai Desa Sunggingan

Agenda :
Petunjuk Teknis Program KOTAKU
Pengarahan Anggaran KOTAKU

Demikian surat undangan ini disampaikan, mohon kepada Bapak/Ibu/Sdr/i warga untuk hadir tepat waktu. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala Desa Sunggingan

H. Burhanuddin

Contoh Surat Undangan Resmi Yang Baik

KOP SURAT

Hal : Undangan
Kepada :
Yth. Bapak/Ibu Guru
SMK N 1 Magelang
Magelang

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami haturkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah Nya kepada kita semua. Solawat dan salam mari kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sehubungan dengan telah selesainya pembangunan Gedung Aula yang baru, dan demi mengharapkan keberkahan-Nya, dengan ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk menghadiri acara syukuran yang insya Allah akan kami laksanakan pada :
Hari/Tgl     : Jum’at, 23 Oktober 2018
Jam            : 14.00 WIB
Tempat      : Ruang Meeting SMK N 1 Magelang
Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, apabila Bapak/Ibu/Sdr/i berkenan untuk menghadiri undangan kami. Atas kehadirannya dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami

Drs. Ahmad Rizki
Kepala Sekolah

Contoh Surat Undangan Syukuran

Kepada : Yth.
Bpk / Sdr Bapak Abdul Mutholib
Di tempat
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT kami mengharap atas kehadiran Bapak/Sdr, besok pada:
Hari            : Senin
Tanggal      : 5 Juni 2018
Waktu        : 18,.00 WIB (Ba’da Maghrib)
Tempat      : Rumah Bpk. Hambali
Acara         : Tasyakuran
Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kamiapabila Bapak/Saudara berkenan hadir pada acara kami. Ataskehadirannya kami sampaikan terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Hormat kami,
Bapak Hambali
Segenap Keluarga

Contoh Surat Resmi Undangan Lengkap

Contoh Surat Resmi Undangan Lengkap

Contoh Surat Undangan Resmi Perusahaan

KOP PERUSAHAAN

Kudus, 12  Juli 2018
Nomor    : 017/21/CD/VII/2018
Hal          : Undangan Rapat
Lampiran : –
Kepada Yth:
Sdr. Rizieq S
General manager
PT. ALPABHET
Di tempat

Dengan hormat,

Dengan akan adanya acara Pengajian Isra Mi’raj, maka kami bermaksud mengundang seluruh Manajer PT. ALPABHET untuk dapat hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Sabtu, 15 Juli 2018
Waktu        : 10.00 – 11.30 WIB
Tempat       : Meeting Room

Mengingat pentingnya acara ini maka Bapak/Ibu dimohon untuk dapat hadir tepat pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami
Ketua Panitia

Ahmad Rizki Putra

Contoh Surat Undangan Pernikahan

Untuk membuat sebuah surat undangan pernikahan, diperlukan beberapa informasi didalamnya. Informasi tersebut berupa nama calon, hingga waktu dan tempat pelaksanaan acara. Namun, untuk membuat sebuah surat undangan yang baik, dibutuhkan contoh surat undangan pernikahan paling lengkap. Jadi, surat undangan memuat informasi yang lengkap dan sesuai keinginan calon pengantin.

Surat undangan pernikahan merupakan surat yang termasuk surat resmi. Tujuan surat ini adalah memohon kehadiran orang-orang pada acara pernikahan yang diadakan. Dalam surat inilah disampaikan beberapa ketentuan untuk menghadiri acara. Sehingga tamu dapat menaati peraturan tersebut saat menghadiri acara. Namun, apakah ketentuan yang biasanya ada dalam surat undangan pernikahan?

Ketentuan dalam Surat Undangan Pernikahan

Inilah beberapa ketentuan dalam surat undangan pernikahan yang biasa dibuat. Apakah anda berminat memasukkannya pada surat undangan yang dimiliki? Berikut bebrapa diantaranya,

  • Datang Tepat Waktu

Pada surat undangan yang dibuat, anda harus membuat ketentuan agar undangan datang tepat waktu. Ketentuan yang dibuat tidak perlu terlalu besar, tapi tercantum dengan jelas pada bagian undangan. Jadi, undangan dapat datang pada waktu yang ditentukan, mengingat acara diadakan dalam waktu terbatas.

  • Dresscode

Berikutnya, ini penting untuk anda yang berminat untuk membuat sebuah tema untuk acara. Biasanya dibutuhkan dresscode tertentu untuk mendatangi acara. Di undanganlah, dimasukkan penjelasan tentang dresscode tersebut. Contohnya, untuk membuat tema casual, undangan diperbolehkan untuk datang dengan pakaian casual dan nyaman selama acara.

  • Lokasi Acara

Jika anda mengadakan acara di tempat yang cukup jauh, maka disarankan untuk membuat peta di undangan. Peta yang disampaikan akan memandu undangan untuk tiba di tempat tujuan dengan lebih mudah. Bila tidak menggunakan peta, gunakan pula scan QR untuk menjelaskan map. Jadi, undangan dapat menggunakan handphone untuk menibakan undangan di acara.

  • Identitas Undangan

Ketentuan lain yang perlu diperhatikan adalah identitas undangan yang dimasukkan. Identitas undangan yang dimaksud adalah nama dan gelar dari undangan. Nama dan gelar yang dimasukkan tidak boleh salah. Tujuannya, agar tidak ada undangan yang tersinggung, jika terdapat kesalahan pada nama maupun gelar yang dimiliki.

  • Ketentuan Tertentu

Untuk anda yang menginginkan aturan-aturan tertentu dalam acara, ketentuan-ketentuan tersebut dapat dimasukkan dalam undangan. Jadi setiap tamu akan memahami apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam acara. Dan nantinya, acara dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Ketentuan-ketentuan inilah yang umumnya tersedia pada surat undangan pernikahan. Namun, untuk memperjelas ketentuan di atas, anda dapat melihat contoh surat undangan pernikahan paling lengkap ini. Setelahnya, buatlah surat undangan pernikahan yang sesuai dengan kebutuhan acara yang akan dibuat.

Contoh Surat Undangan Pernikahan Simple

Assalamu’alaikum Wr. WbSalam Sejahtera,

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan yang telah menciptakan setiap mahlukNya berpasang-pasangan. Serta, shalawat yang senantiasa kita haturkan pada Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya di hari akhir nantinya.

Dengan ini, kami bermasud mengundang bapak/ibu/saudara-I untuk hadir dalam acara akad dan resepsi pernikahan putera kami:

 

Suryo Hutomo, S.H, M.H

Bin Ahmad Maulana

Dengan

Siti Ahlomah

Binti Ahmad Nur Sulis

Yang rencananya, akan diadakan pada:

Hari                 : Sabtu, 17 Mei 2015

Waktu             : 08.00 hingga selesai.

Tempat            : Aula Gedung Gotong Royong Ciracas Jakarta Timur

 

Merupakan sebuah kehormatan bagi kami apabila, Bapak/Ibu/Saudara berkenan hadir pada acara tersebut. Serta, memberikan restu pada putra-putri kami. Atas perhatiannya, kami ucapakan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Hormat Kami,

 

Kelg. Ahmad Maulana

Contoh Surat Undangan Pernikahan Islami
Contoh Surat Undangan Pernikahan

Contoh Surat Undangan Rapat Organisasi

Surat undangan adalah surat yang banyak digunakan oleh instansi maupun keperluan lain. Tujuan utama dari surat undangan adalah memberikan informasi pada orang-orang yang diinginkan datang. Dalam surat undangan tersebut disampaikan waktu dan tempat acara. Dalam beberapa contoh surat undangan yang baik dan paling lengkap, juga dimasukkan informasi terkait perlengkapan yang dibutuhkan untuk acara.

Dalam membuat surat undangan, anda tidak diperbolehkan membuatnya secara asal. Karena kesalahan informasi, dapat berimbas pada tidak datangnya undangan pada acara yang diadakan. Untuk itu, perlu dipahami tipe-tipe undangan yang tersedia dan biasa digunakan dalam kegiatan yang akan diadakan. Lantas, apa sajakah jenis surat yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari?

Jenis – Jenis Surat Undangan

Surat undangan yang tersedia di masyarakat terbagi menjadi dua jenis, yaitu surat resmi dan tidak resmi. Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk tujuan-tujuan resmi. Biasanya tidak digunakan untuk kepentingan pribadi ataupun perseorangan. Pada umumnya, surat ini digunakan untuk pekerjaan, di instansi-instansi, ataupun keperluan terkait pekerjaan lainnya.

Berbeda dengan surat tidak resmi, surat ini digunakan untuk kepentingan pribadi. Dalam hal ini, untuk kebutuhan undangan dalam acara yang akan diadakan. Contohnya, untuk undangan pernikahan, undangan ulang tahun, undangan acara keluarga dan undangan lainnya. Karena keperluan yang dimilikki berbeda, maka cara penulisannya pun berbeda satu dengan yang lain.

Penting dalam Surat Undangan Rapat

Dalam kesempatan ini, akan dijelaskan tentang surat undangan untuk rapat. Sebelum membahas contoh surat undangan yang baik dan paling lengkap, akan disampaikan beberapa bagian penting didalamnya,

  • Kop Surat dan Identitas Penerima Surat

Sebagai bagian utama dari surat undangan rapat (resmi) adalah kop surat. Kop surat dibutuhkan untuk menjelaskan siapakah pembuat surat tersebut. Setelahnya, masukkan identitas pihak yang dituju. Tuliskan identitas tersebut tidak ada kesalahan, karena kebanyakan orang enggan datang, ketika penulisan nama dan gelar terdapat kesalahan.

  • Isi Surat

Bagian berikutnya adalah menjelaskan isi surat. Pada bagian ini disampaikan maksud pengiriman surat, serta waktu dan tempat acara. Dalam menuliskan bagian isi, tidak perlu terlalu panjang. Namun pastikan bahwa isi surat tersebut sudah cukup baik dan dapat dipahami pembaca. Jika pembaca memahaminya, maka undangan akan mempertimbangkan untuk datang atau tidak.

  • Identitas Pengirim

Terakhir, masukkan identitas pengirim surat sebagai penutup surat. Pada bagian ini tuliskan nama dan berikan tanda tangan. Sebelumnya, sampaikan pula salam penutup dan ucapan terima kasih. Sebelum dikirimkan, periksa kembali apakah bahasa yang digunakan sudah benar. Jika belum, lakukan perbaikan hingga surat benar-benar sempurna.

Contoh Surat Undangan Rapat OSIS

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

SMA N 22 JAKARTA

Jalan Harjamukti No 50 Jakarta

No                   : 123/III/R-SMA 22/2015

Lampiran         : –

Perihal             : Undangan Rapat OSIS

Yang terhormat,

Pengurus OSIS SMA N 22 Jakarta

Di Tempat,

 

Salam Sejahtera,

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan class meeting oleh OSIS SMA N 22 Jakarta, maka dengan ini kami mengundang seluruh pengurus OSIS SMA N 22 Jakarta untuk hadir pada acara rapat persiapan dan koordinasi yang akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal               : Kamis, 25 Maret 2015

Waktu                         : 16.00 s.d selesai

Tempat                                    : Aula SMA N 22 Jakarta

Agenda                                    : Rapat koordinasi dan persiapan Class Meeting 2015

Demikian surat undangan rapat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, diucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Jakarta, 20 Maret 2015

Ketua OSIS                                                                                                      Sekretaris

 

 

Anton Setiabudi                                                                                                          Sisca Amelia

 

Mengetahui,

Pembina OSIS SMA N 22 Jakarta

Drs. Heru Sosono

NIP. 123456789

Contoh Surat Undangan Rapat Organisasi

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi

Contoh Surat Undangan Organisasi Acara Pentas Seni

Contoh Surat Undangan Acara Pentas Seni

Contoh Surat Undangan Organisasi Karang Taruna

Contoh Surat Undangan Rapat Organisasi

Contoh Surat Undangan Resmi Dinas

Surat dinas merupakan suatu alat atau media komunikasi resmi yang sering dipergunakan oleh berbagai instansi baik pemerintahan, perusahaan atau lembaga pendidikan untuk urusan internal maupun eksternal instansi. Sedikit berbeda dengan jenis surat lainnya, untuk surat dinas terdapat aturan khusus ketika membuatnya. Contohnya saja, Anda diharuskan menggunakan tata bahasa yang baku ketika membuat, diharuskan ada kop surat yang memuat nama lembaga, logo dan alamat, serta beberapa struktur lainnya. Selain berkaitan dengan aturan penulisan, ternyata surat dinas juga memiliki fungsi khusus diantaranya sebagai berikut.

Fungsi Surat Dinas

1.     Sebagai Arsip

Tidak dapat dipungkiri bahwa surat dinas memiliki legalitas yang tinggi, oleh sebab itu surat tersebut harus benar-benar diarsipkan dengan baik. Dengan demikian jika suatu hari terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka surat dinas tersebut dapat dijadikan bukti untuk pertanggung jawaban. Oleh karena itu, dalam pembuatan surat dinas diharuskan menulis nomor dan perihal pembuatan surat agar proses pengarsipan oleh bagian terkait dapat dengan mudah dilaksanakan.

2.     Dijadikan Sebagai Sejarah

Surat dinas dapat dijadikan sebagai media komunikasi non verbal yang mengikat antar instansi baik secara internal maupun eksternal. Sehingga dapat dikatakan bahwa surat dinas mampu dijadikan sebagai bukti sejarah bahwa pernah terjadi suatu kegiatan atau peristiwa.

3.     Dokumen Legal

Aturan yang mengharuskan pihak-pihak yang berkepentingan untuk menandatangani surat dinas dapat menjadikan surat tersebut mempunyai nilai hukum yang mengikat. Sehingga surat tersebut bisa dijadikan sebagai bukti sah akan terjadinya suatu kerjasama, penawaran, kontrak kerja atau kegiatan lain yang dapat dipertanggung jawabkan kelak di kemudian hari.

4.     Sebagai Media Komunikasi

Surat dapat dijadikan sebagai perantara untuk menyampaikan maksud dan tujuan penulis pada pihak-pihak yang berkepentingan baik internal maupun eksternal. Dengan demikian, surat dapat dikatakan sebagai media komunikasi yang menghubungkan antar pihak demi tercapainya kesepakatan bersama.

Setelah Anda mengetahui apa itu surat dinas sekaligus fungsi dari surat tersebut, kini Anda harus memahami betul bagaimana bentuk dari surat dinas ini. Sebelum Anda membuat surat tersebut perlu Anda ketahui bahwa surat dinas terdiri atas beberapa macam jenis, seperti permohonan, kerjasama, perjanjian, penawaran dan beberapa jenis lainnya. Berikut akan dibahas salah satu contoh surat dinas undangan resmi untuk Anda. Selengkapnya tentang contoh surat dinas undangan paling lengkap dapat Anda simak sebagai berikut.

Contoh Surat Dinas Sekolah SD

YAYASAN SATRIA MERDHEKA

SD BUDHI UTOMO

Jalan Merdeka II No. 12 Jakarta

Telp. (022) 3479 68726

Jakarta, 22 Juni 2011

Nomor        : 033/SDU/VI/2011

Perihal        : Undangan Sosialisasi

Lampiran    : –

 

Yth. Bapak/ Ibu Wali Siswa Kelas VI

di tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya Ulangan Akhir Semester Tahun Ajaran 2011/2012, dengan ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu pada:

Hari, tanggal   : Rabu, 24 Juni 2011

Waktu             : 09.00 s/d selesai

Tempat           : Aula SD Budhi Utomo

Acara              : Sosialisasi Belajar Menjelang UAS

 

Mengingat pentingnya acara ini, maka diharapkan Bapak/ Ibu untuk dapat hadir tepat waktu. Demikian surat undangan ini kami sampaikan untuk dapat diindahkan. Atas perhatian Bapak/ Ibu kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat kami,

Kepala SD Budhi Utomo

 

Hanif Maulana Sudrajat, M.Pd.

Contoh Surat Dinas Sekolah SMP

PEMERINTAH KABUPATEN KUDUS
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KUDUS
Jalan Jenderal Sudirman Telp. (021)XXXXXXX Kode Pos 59319
===================================

No.               :  256/UWM/2014                                           Kudus, 3 Juli 2014
Lampiran       : ………………………….
Perihal           : Undangan Ambil Raport
`
Yth. Bapak/Ibu/Orang Tua / Wali
Peserta Didik Kelas VII
SMP N 3 Kudus
Di Kudus

Kami sampaikan undangan kepada Bapak/Ibu skalian untuk dapat menghadiri acara pengambilan Raport Semester Ganjil Untuk Kelas VII/VIII tahun pelajaran 2018/2019 yang akan dilaksanakan pada:
Hari               : Sabtu
Tanggal         : 8 Juli 2018
Jam               : 08.00 WIB
Tempat          : Masing-masing Ruang Kelas
Atas perhatian dan kerjasamanya kami selaku pihak Sekolah mengucapkan terima kasih.
Hormat Kami,
Kepala SMP N 3 Kudus
tanda tangan dan stempel
Nama : Drs. Watono
NIP : 331515248695

Contoh Surat Dinas Sekolah SMA

PEMERINTAH KOTA SEMARANG
DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG
Jalan Ahmad Yani 23, Semarang, Jawa Tengah
__________________________________________________

Semarang, 3 April 2018

Nomor          : 021/012/IV/2018
Lampiran      : Dua Eksemplar
Hal                : Undangan
Yth. Kepala Sekolah SMP/SMA/SMK Se Kota Semarang
Kota Semarang
Dengan hormat
Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional Dinas Pendidikan akan menyelenggarakan Lomba Pidato Tema Pendidikan Tingkat SMP/SMA Se-kota Semarang, Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal  : Senin, 09 April 2018
Waktu             : 08.00 s/d selesai
Tempat           : Aula Pertemuan Gedung Dinas Pendidikan Kota Semarang
           Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan permohonan izin utk menyelenggarakan kegiatan tersebut.
          Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih
Hormat kami
Drs. Rizki Adi Pradana, M.T.

Contoh Surat Undangan Ulang Tahun

Surat undangan ulang tahun adalah salah satu jenis surat informal yang digunakan untuk memberikan informasi. Dalam hal ini untuk mengabarkan bahwa anda akan mengadakan acara ulang tahun, untuk anak maupun diri sendiri. Surat undangan dibutuhkan, untuk menyampaikan di mana acara akan berlangsung serta waktu pelaksanaan acara. Lantas, apakah kegunaan contoh surat undangan ulang tahun ?

Dalam beberapa kesempatan, mungkin sangat mudah untuk menemukan surat undangan. Surat undangan ulang tahun dapat dibuat dengan mudah. Namun, dalam membuatnya perlu diperhatikan tata bahasa yang baik. Jadi, tidak ada kesalahan dan misscom dari pembaca untuk menerima informasi. Lantas, untuk siapakan surat undangan ulang tahun diberikan?

Siapa yang Berhak Mendapatkan Surat Undangan Ulang Tahun?

Membuat surat undangan ulang tahun sama halnya seperti membuat surat undangan pernikahan. Namun surat ini tidak terlalu resmi. Lantas, siapakah yang dapat diberikan surat ini?

  • Teman

Jika acara ulang tahun akan diadakan untuk anak, maka undangan harus disebar pada teman anak. Dalam hal ini, teman anak saat di sekolah maupun teman anak saat berada di rumah. Sampaikan surat undangan pada orang tua anak ataupun secara langsung pada anak. Maka tamu-tamu yang akan datang lebih ramai dan membuat anak lebih gembira.

  • Rekan Kerja

Jika anda memiliki rekan kerja yang cukup dekat, jangan lupa untuk mengundang mereka untuk datang. Utamanya, sampaikan untuk membawa anak mereka menghadiri acara ulang tahun. Tentunya acara ini akan meningkatkan silaturahmi antara rekan kerja, serta anak. Siapa tahu, nantinya anak-anak ini yang akan menjadi sahabat karib.

  • Saudara Terdekat

Acara ulang tahun yang diadakan untuk anak, perlu mengundang kerabat terdekat. Dalam hal ini menggundan sepupu-sepupunya ataupun saudara terdekat lainnya. Acara tentu akan semakin meriah dan menyenangkan dengan kehadiran mereka. Bila diperlukan, anda dapat mengundang dan memberikan pakaian tertentu, agar terlihat lebih kompak.

  • Opa dan Oma

Walaupun berada di tempat yang jauh, anda tidak boleh lupa untuk mengundang opa dan oma anak. Hal ini akan sangat mengembirakan untuk anak, karena dapat bertemu dengan kakek dan neneknya. Namun tidak hanya itu, opa dan oma pun turus senang dapat terlibat dalam kegiatan ulang tahun anaknya. Terlebih, jika opa dan oma memiliki kedekatan tersendiri dengan anak.

  • Guru, Dokter dan Rekan Lain

Terakhir, peran orang tua sangat penting jika memiliki niat untuk mengundang orang-orang terdekat anak. Contohnya, guru maupun dokter pribadi yang kerap mendampingi anak di saat-saat tertentu. Namun untuk mengundang orang-orang seperti ini, buatlah sebuah surat undangan yang semi formal, sehingga mereka merasa dihormati dan bersedia untuk datang ke acara.

5 Bagian Penting Dalam Sebuah Surat Undangan Ulang Tahun

  • Tanggal Acara

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tanggal acara dalam undangan. Tidak hanya tanggal dalam undangan juga dibutuhkan waktu acara akan diadakan. Waktu acara penting disampaikan agar tamu tidak terlambat untuk hadir ke acara. Jika diperlukan, majukan waktu undangan sehingga acara ulang tahun dapat dimulai dan selesai dengan tepat waktu pula.

  • Tempat Acara

Untuk acara ulang tahun biasanya akan diadakan di rumah. Namun, jika anda mengadakannya di gedung atau tempat lain, perlu disampaikan keberadaan tempat tersebut. Selain itu, jika tempat acara cukup jauh, masukkan denah tempat acara di undangan yang dibagikan. Untuk lebih kekinian, gunakan QR agar proses pencarian tempat dapat dilakukan dengan lebih cepat.

  • Dresscode

Informasi lain yang harus disampaikan dalam undangan adalah dresscode. Dresscode perlu dimasukkan agar tamu undangan dapat menggunakan pakaian seperti yang diinginkan. Untuk dresscode, sebaiknya sesuaikan dengan tema acara yang diadakan. Sehingga, penggunaan dresscode tidak berlebihan dan sesuai dengan tema yang diusung dalam acara.

  • Nama Tamu Undangan

Setelah semua bagian di atas disampaikan, jangan lupa untuk memasukan nama tamu undangan. Umumnya, nama tamu undangan dibutuhkan untuk memudahkan dalam pendistribusian undangan. Serta, tidak ada undangan yang tertukar jika terdapat undangan-undangan yang memiliki desain berbeda, untuk orang-orang khusus yang diharapkan hadir dalam acara.

  • Kalimat Ajakan

Semua informasi yang disampaikan di atas, tidak lengkap jika tidak diakhiri dengan kalimat ajakan. Kalimat ajakan dapat berupa, “ayo datang”, “you’re invited” atau contoh lainnya. Tidak ada batasan untuk menggunakan kalimat ajakan . Pilihlah yang sekiranya mudah dipahami dan familiar dengan tamu undangan.

Contoh Surat Undangan Ulang Tahun Dalam Bahasa Inggris

INVITATION CARD (BIRTHDAY PARTY)

To: All my friendsPlease, come to my 5th Birthday Party!Don’t forget to bring your sincere present.

Place               : Destiny Café

Dresscode       : All about Blue

Time                : 03.00 PM until end.

Day, Date        : Sunday, 09 August 2015

Games             : Special Performances From Icetic Band, Clown and Magic Show

I’m waiting for your coming! Come before 03.00 P.M and wear your best blue dress.

Note    : Please come with your parents, because we have some group games.

My Sincere Greeting,

 

Afila

Contoh Surat Undangan Dalam Bahasa Inggris

Surat undangan dalam bahasa inggris pada umumnya digunakan oleh perusahaan, instansi pemerintah, maupun lembaga. Ada pula beberapa surat yang digunakan untuk komunikasi pribadi, salah satunya untuk surat undangan. Namun, apakah yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah surat undangan dengan bahasa inggris? Berbedakah dengan surat undangan dalam bahasa Indonesia?

Berbagai Acara dengan Surat Undangan Bahasa Inggris

Pada umumnya, penggunaan surat undangan dengan bahasa inggris digunakan untuk surat undangan ulang tahun. Namun, terdapat beberapa acara yang dapat menggunakannya. Acara apa yang dimaksud?

  • Undangan Pernikahan

Dalam membuat undangan bahasa inggris, anda dapat menggunakannya sebagai undangan pernikahan. Biasanya undangan dengan bahasa inggris dibuat untuk tamu-tamu khusus. Contohnya, tamu-tamu yang berasal dari luar negeri atau rekan kerja yang berasal dari luar negeri. Dapat pula diberikan pada sahabat atau kerabat yang memahami bahasa asing.

  • Reunian

Berikutnya surat undangan dengan bahasa inggris, dapat diberikan untuk keperluan undangan reunian. Surat ini dapat diberikan tanpa perlu khawatir tamu tidak memahami makna dan informasi dari undangan tersebut. Karena pada dasarnya, setiap undangan adalah orang-orang terdidik yang memiliki dasar untuk membaca bahasa inggris.

  • Pesta Syukuran

Pesta syukuran adalah jenis pesta yang banyak dilaksanakan dan dilakukan oleh orang Indonesia. Biasanya dilakukan setelah kelahiran anak maupun memiliki rumah baru. Untuk mengucapkan syukur dengan kerabat maka dibuatlah acara pesta syukuran. Untuk undangan acara, dapat dibuat dengan bahasa inggris, dengan catatan, tamu memahami makna undangan tersebut.

  • Undangan Seminar

Untuk acara-acara besar, panitia biasanya membuat undangan dengan bahasa inggris. Undangan dengan bahasa inggris, dianggap sebagai undangan yang layak bagi tamu undangan. Karena sasaran dari seminar adalah kalangan akademisi yang sudah terbiasa dengan penggunaan bahasa inggris. Dalam membuatnya, perlu diperhatikan agar tidak terlalu panjang namun lengkap.

  • Undangan Rapat

Untuk anda yang bekerja dalam sebuah perusahaan internasional, maka penggunaan bahasa inggris sudah tidak lagi membingungkan. Karena bahasa harian dalam perusahaan adalah bahasa inggris. Bahkan dalam undangan rapat pun, akan menggunakan bahasa inggris sehingga sebagai pekerja, penting untuk memahami setiap makna dari informasi yang disampaikan.

Untuk anda yang telah terbiasa dengan bahasa inggris, mungkin dapat membuat surat dengan mudah. Namun untuk yang belum pernah membuatnya, contoh surat undangan dalam bahasa inggris berbagai kegiatan dibutuhkan sebagai panduan pembuatan. Agar meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi dalam pembuatan.

Contoh Surat Undangan Dalam Bahasa Inggris Untuk Rapat Perusahaan

Pada bagian ini akan disampaikan sebuah contoh surat dalam bahasa inggris yang dibuat untuk rapat perusahaan. Penjelasan lengkapnya, dapat disimak pada bagian dibawah ini,

PT. BAHAGIA BERSAMANYA

Jl. Perjuangan No 1225

Jakarta Pusat

Jakarta, March 21, 2009

Dear, Mr. Albert Horang, M.Si,

To celebrate the third anniversary of PT Bahagia Bersamanya, through this letter we invite all managers of PT. Bahagia Bersamanya to attend the last preparation meeting, which will be held on:

Day/Date         : Tuesday, 05 April 2009

Hours              : 09.00- end.

Venue              : Bahagia Bersama Convention Hall

We hope that Mr. Albert, will be able to come. Because we will take the final decision of our progran, thanks for your attention.

Sincerenly,

 

 

Dr. Jay Alamsyah

Dalam membuat sebuah surat undangan dalam bahasa inggris, penting untuk memperhatikan grammar yang digunakan. Jika belum memahami cara membuatnya, anda dapat menggunakan contoh surat undangan dalam bahasa inggris berbagai kegiatan di atas sebagai panduan. Jadi, tidak ada kesalahan dalam penulisan. Selain itu, dalam penulisan tidak perlu terlalu panjang, asalkan pesan tersampaikan.

Demikian beberapa contoh surat yang berhasil kami bagikan. Apabila dirasa bermanfaat, silahkan bagikan postingan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *