Fungsi NOT dan Cara Menggunakan Fungsi NOT pada Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi NOTFungsi NOT pada Microsoft Excel digunakan untuk membalikkan nilai logika yang disediakan. Fungsi NOT digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE jika nilai pada logika sebelumnya FALSE, serta berlaku juga untuk nilai sebaliknya.

Fungsi NOT

Fungsi NOT adalah salah satu fungsi yang sudah terdefinisi built-in function serta termasuk ke dalam kelompok fungsi-fungsi logika atau logical functions pada Microsoft Excel. Ingin mengetahui fungsi NOT dan cara menggunakan fungsi NOT pada Excel? Simak di bawah ini:

Sintaksis fungsi NOT ()

Fungsi NOT () memiliki sintaksis pada Microsoft Excel, seperti di bawah ini:

=NOT(logical_value)

Logical_value fungsi NOT juga disebut dengan argumen/parameter. Parameter fungsi NOT bisa berupa nilai numerik ataupun nilai logika (logical value). Ada kemungkinan dalam penggunaannya, Anda dapat menemui bahwa parameter logical_value pada fungsi NOT merupakan angka atau nilai numerik.

Apabila begitu, maka nilai 0 selanjutnya dianggap sebagai nilai FALSE, sementara nilai selain 0 akan dianggap menjadi nilai TRUE.

Cara Menggunakan Rumus NOT di Microsoft Excel

=NOT(logical)

  • Logical merupakan ekspresi logika yang bisa memuat operasi perbandingan. Seperti >, <, <>, =, <= ataupun >=. Sebagai contoh, jika Anda memasukkan rumus =NOT(5+3=8) maka akan menghasilkan nilai FALSE. Sementara jika rumus yang Anda masukkan =NOT(2-2=1) maka akan menghasilkan nilai TRUE.
  • Logical bisa berupa nilai kebenaran secara langsung, yaitu FALSE atau TRUE.
  • Rumus =NOT(TRUE) maka akan menghasilkan nilai FALSE. Sementara rumus =NOT(FALSE) akan menghasilkan nilai TRUE.
  • Logical bisa memuat fungsi logika, dimana menghasilkan nilai kebenaran FALSE maupun TRUE, seperti rumus IF. Rumus NOT dapat diterapkan pada fungsi logika IF dengan menggunakan sistematika:

=IF(NOT(logical_test), [value_if_true], [value_if_false]).

Nilai kebenaran pada pengujian logika akan menghasilkan nilai kebalikan karena penggunaan fungsi NOT.

  • Rumus NOT kombinasi fungsi logika OR dan And, dapat dimuat dengan susunan:

=NOT(AND(logical1, [logical2], ….))

=NOT(OR(logical1, [logical2], ….))

Penerapan Fungsi NOT

Cara Menggunakan Fungsi NOT pada Microsoft Excel

Setelah Anda mengetahui sintaksis dari fungsi NOT, lantas bagaimana penerapannya dalam Ms Excel? Berikut ini merupakan contoh penerapan fungsi NOT dengan berbagai variasi argumen atau parameter. Yaitu:

=NOT(B3=”topik.com”)

=NOT(A5<=B6)

=NOT(“termasmedia.com”=B5)

=NOT(A6=B5)

=NOT(B7<>67)

=NOT(A4<>B6)

Hasil dari Fungsi NOT.

Setelah  fungsi NOT seperti di atas diterapkan maka akan menghasilkan nilai seperti di bawah ini:

  1. Pada sel A2 : 45 dan B2 : 68. Kemudian pada sel D2 diterapkan fungsi NOT berupa =NOT(B3=”topik.com”) maka akan menghasilkan pernyataan “FALSE”
  2. Pada sel A3 : termasmedia.com dan B3 : topikit.com . Kemudian pada sel D3 diterapkan fungsi NOT berupa =NOT(A5<=B6), maka akan menghasilkan pernyataan “TRUE”
  3. Pada sel A4 : 27 dan B4 : 45. Kemudian pada sel D4 diterapkan fungsi NOT berupa =NOT(“termasmedia.com”=B5), maka akan menghasilkan pernyataan “FALSE”
  4. Pada sel A5 : 39 dan B5 : termasmedia.com. kemudian pada sel D5 diterapkan fungsi NOT berupa =NOT(A6=B5), maka akan menghasilkan pernyataan “TRUE”
  5.  Pada sel A6 : topikit.com dan B6 : 27. Kemudian pada sel D6 diterapkan fungsi NOT berupa =NOT(B7<>67), maka akan  menghasilkan pernyataan “FALSE”
  6. Pada sel A7 : 18 dan B7 : 76. Kemudian pada sel D7 diterapkan fungsi NOT berupa =NOT(A4<>B6), maka akan menghasilkan pernyataan “TRUE”

Cara Menggunakan Fungsi NOT  – Penerapan fungsi NOT dapat berlaku pada berbagai seri Ms Excel, seperti Ms Excel 2000, Ms Excel XP, Ms Excel 2003, Ms Excel 2007, Ms Excel 2010, Ms Excel 2011 for Mac, Ms Excel 2013 serta Ms Excel 2016.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring