7 Jenis Pesan Error dan Evaluasi Rumus IFERROR Pada Excel

Jenis Pesan Error – Dalam Microsoft Excel terdapat begitu banyak rumus yang bisa Anda gunakan, salah satunya IFERROR. IFERROR adalah sebuah rumus Excel yang memiliki fungsi untuk mengecek sebuah hasil eksekusi dari formula Ms. Excel terhadap pesan error tertentu. Tapi sebelum memahami sistematika IFERROR, Anda perlu tahu terlebih dahulu jenis pesan error dan evaluasi rumus IFERROR pada Excel.

 

7 Jenis Pesan Error dan Evaluasi Rumus IFERROR Pada ExcelJenis Informasi atau Pesan Error Excel

Perlu Anda ketahui terdapat tujuh jenis pesan error yang bisa digunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

#Error Value

Pengertian

Penyebab

#DIV

Dibagi angka nol

Pesan ini terjadi karena di dalam sebuah formula terdapat operasi matematika berupa pembagian. Nah, keadaan ini akan terjadi apabila sel pembagi tersebut dalam keadaan kosong atau tidak memiliki nilai.

#N/V

No value available

Pesan ini terjadi jika sel yang akan Anda cari pada tabel lookup tidak ada. Masalah ini biasaya sering terjadi pada saat Anda menggunakan fungsi dari rumus VLOOKUP. Biasanya lookup_value yang digunakan tidak memenuhi sel referensi yang sesuai dengan tabel lookup-nya.

#NULL!

Kesalahan alamat sel

Pesan ini bisanya terjadi ketika terjadi kesalahan pada saat menuliskan alamat sel. Contohnya adalah =B1+C1 D2, dari contoh tersebut terdapat spasi yang mana spasi inilah yang nantinya akan mengakibatkan pesan error.

#NAME?

Formula tidak ditemukan

Pesan ini akan muncul ketika terjadi kesalahan dalam mengetik formula. Jika mengalami pesan error ini, maka coba periksa kembali formula yang Anda tulis apakah sudah sesuai atau belum untuk mengatasinya.

#NUM!

Penulisan angka yang salah

Pesan error ini terjadi ketika dalam memasukkan formula terjadi kesalahan angka atau invalid number. Biasanya pesan ini sering muncul ketika Anda melakukan kesalahan menulis angka untuk menghitung tanggal dengan menggunakan rumus DATE.

#VALUE!

Salah dalam menggunakan tipe data

Pesan error ini akan muncul apabila Anda menggunakan tipe data yang tidak sesuai dari suatu formula. Sebagai contoh pada saat menggunakan teks dari suatu formula dengan melalui formula matematika.

#REF!

Salah referensi

Pesan ini akan muncul apabila referensi dari sel sudah dihapus. Dengan demikian, formula yang akan digunakan tidak bisa mengeksekusi perintah dengan baik.

 

Cara Menggunakan Rumus IFERROR

Setelah tahu apa saja jenis pesan Error, Anda juga perlu tahu bagaimana cara menggunakan rumus IFERROR. Untuk lebih jelasnya simak jenis pesan error dan evaluasi rumus IFERROR pada Excel di bawah ini.

=IFERROR(value, value_if_error)

Jika terjadi kesalahan, silahkan masukkan rumus tersebut agar IFERROR dapat melakukan evaluasi. Nah, value sendiri merupakan informasi yang akan dievaluasi, sedangkan value_if_error output yang akan digunakan pada saat value mengalami error. Selanjutnya, outputnya bisa berupa pesan peringatan (petik).

Contoh Evaluasi Teks Menggunakan Rumus IFERROR Excel

Terdapat sebuah data pada tabel yang mana dalam tabel tersebut banyak muncul pesan error di dalamnya. Untuk melakukan evaluasi pada data tersebut, maka dapat dilakukan dengan menggunakan rumus IFERROR. Caranya adalah dengan menggunakan rumus di atas.

Contoh Penggunaan Rumus IFERROR di Microsoft Excel

Contohnya,

=IFERROR(A2/B2, “pembagian nol”)

kemudian klik Enter.

Maka secara otomatis pesa error ini akan terevaluasi.

Bagaimana? Bukankah jenis pesan error dan evaluasi rumus IFERROR pada Excel sering Anda temukan ketila menggunakan program pengolah angka ini? Kini, dengan adanya informasi di atas, Anda tidak akan bingung lagi ketika menemukan pesan error. Untuk mengevaluasinya, Anda bisa menggunakan rumus IFERROR dan pekerjaan Anda pun akan beres.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring