Rumus AVERAGE MAX MIN COUNT SUM Pada Microsoft Excel

Rumus Excel AVERAGE MAX MIN COUNT SUM Pada Microsoft Excel – Fungsi dari rumus SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT adalah rumus dasar dalam Microsoft Excel yang sering digunakan. Rumus dasar Excel ini tersedia pada tombol perintah Auto sum yang terdapat pada tab Formula di Ribbon.

Fungsi atau rumus dasar ini memiliki karakter yang sangat sederhana, tetapi akan sangat berguna dan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah penjelasan masing-masing fungsi rumus dasar dalam Microsoft Excel:

  • SUM adalah rumus yang digunakan untuk menjumlahkan data-data atau mencari jumlah total dari data yang ada.
  • AVERAGE adalah rumus yang berfungsi memudahkan pengguna dalam mencari atau menghitung nilai rata-rata (mean) dalam sebuah data.
  • MAX adalah rumus yang digunakan untuk mencari dan menampilkan nilai data terbesar.
  • MIN adalah rumus kebalikan dari MAX, yakni berfungsi untuk mencari dan menampilkan nilai data terkecil.
  • COUNT adalah rumus yang digunakan untuk menghitung banyaknya sel yang terdapat pada range.

Hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai penggunaan tanda semicolon (;) dan tanda koma (,) dalam formula, disesuaikan dengan konfigurasi bahasa dan versi Microsoft Excel pada komputer Anda.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang rumus dasar Excel SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT.

Rumus SUM Excel

Rumus SUM pada Microsoft Excel

Fungsi rumus SUM adalah untuk menjumlahkan isi data berupa nilai angka dalam rentang tertentu penulisannya. Penulisan untuk rumus fungsi SUM dalam Excel adalah =SUM(Cell Awal: Cell Akhir), maksudnya adalah kita akan menjumlahkan angka atau nilai yang berada di dalam Cell dari mulai dari cell awal hingga ke cell akhir.

Penggunaan Fungsi SUM kali ini untuk menghitung Total Nilai. Maka jika Cell Awal terletak di B2 hingga Cell Akhir B11, penulisan yang benar untuk rumus Fungsi SUM dalam Excel ialah sebagai berikut.

=SUM(B2:B11)

Lalu tekan enter dan akan muncul hasil penjumlahan atau total nilai dari angka di Cell B2 hingga B11.

Rumus AVERAGE Excel

Rumus Average pada Microsoft Excel

Fungsi dari rumus Average dalam Excel adalah untuk mencari nilai rata-rata dari range tertentu. Penulisan rumus Average untuk mencari nilai rata-rata adalah =Average(Cell Pertama:Cell Terakhir).

Misalnya untuk mencari nilai rata-rata dari angka di dalam Cell B2 hingga B11, maka rumus Fungsi AVERAGE yang benar adalah sebagai berikut.

=Average(B2:B11)

Setelah penulisannya benar lalu tekan enter. Maka hasil nilai rata-rata angka pada Cell B2 hingga B11 akan ditampilkan.

Rumus MAX Excel

Rumus Min MAX Microsoft Excel

Fungsi MAX dalam Excel berfungsi untuk mencari data, angka atau nilai tertinggi dalam rentang atau range tertentu. Umumnya penggunaan rumus Fungsi MAX ini digunakan oleh guru untuk mencari nilai tertinggi dalam pelajaran atau kelas tertentu. Penulisan rumus Fungsi MAX ini adalah =MAX(Cell Pertama:Cell Terakhir).

Misalnya, untuk mencari nilai tertinggi dari kumpulan nilai pada range antara B2 hingga B11. Maka penulisan rumus Fungsi MAX yang benar ialah sebagai berikut.

=MAX(B2:B11)

Setelah menuliskan Fungsi MAX dengan benar, lalu tekan enter. Maka hasil nilai tertinggi antara rentang angka di Cell B2 hingga B11 akan ditemukan.

Rumus MIN Excel

Rumus Min MAX Microsoft Excel

Fungsi rumus MIN dalam Microsoft Excel merupakan kebalikan dari Fungsi rumus MAX. Jika pada MAX digunakan untuk mencari angka, data atau nilai terbesar, maka pada Fungsi MIN mencari data terendah pada suatu rentang tertentu. Penulisan Fungsi MIN adalah =MIN(Cell Pertama:Cell Terakhir).

Misalnya, untuk mencari nilai terendah dari kumpulan nilai pada range antara B2 hingga B11. Maka penulisan rumus Fungsi MIN yang benar ialah sebagai berikut.

=Min(B2:B11)

Setelah menuliskan Fungsi MIN dengan benar, lalu tekan enter. Maka hasil nilai terendah antara rentang angka di Cell B2 hingga B11 akan ditemukan.

COUNT

RUmus COUNT Microsoft Excel

Fungsi COUNT dalam Excel berguna untuk menghitung jumlah Cell atau data berisi angka (bernilai numerik). Sehingga Anda dapat menggunakan Fungsi COUNT ini untuk mengetahui banyak kemunculan data angka (number) atau jumlah entri dalam rentang tertentu.

Barangkali ada yang masih mempertanyakan antara Fungsi SUM dan COUNT, apa perbedaan dua fungsi tersebut. Disini Fungsi COUNT menghitung banyaknya kemunculan atau pemilik data, sementara Fungsi SUM menghitung hasil dari penjumlahan total nilai data.

Saat menggunakan Fungsi Count dalam Excel untuk menghitung banyak Cell yang berisikan angka, Cell dengan nilai numerik baik dalam format tanggal, desimal, waktu, akunting, dan lain-lain akan tetap terhitung.

=COUNT(Cell Pertama:Cell Terakhir).

Setelah menuliskan rumus-rumus di atas pada sel yang dibutuhkan, Anda bisa langsung tekan Enter dan hasil yang diinginkan pun akan otomatis muncul.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring