Rumus Excel COUNTIF COUNTIFS COUNTA dan COUNTBLANK

Rumus Excel COUNTIF, COUNTIFS, COUNTA, dan COUNTBLANK merupakan fungsi Excel yang digunakan untuk menghitung banyaknya data (COUNT).

Rumus Excel COUNTIF COUNTIFS COUNTA dan COUNTBLANK

Contoh Penggunaan Rumus Excel COUNTIF COUNTIFS COUNTA dan COUNTBLANK

Formula dari semua rumus fungsi tersebut dikembangkan dari rumus fungsi COUNT. Untuk membedakan masing-masing kegunaan dari rumus tersebut, yuk simak bersama.

Rumus Excel COUNTIF COUNTIFS COUNTA dan COUNTBLANK

  • COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang terisi data yang berupa angka.
  • COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah sel yang terisi data baik berupa angka ataupun teks.
  • COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel yang di dalamnya terisi data serta memenuhi kriteria tertentu.
  • COUNTIFS digunakan untuk menghitung jumlah sel yang di dalamnya terisi data menggunakan pengujian lebih dari satu kriteria atau disebut dengan kriteria bertingkat/COUNTIF bertingkat.
  • COUNTBLANK digunakan untuk menghitung jumlah sel tanpa data atau sel kosong.

Rumus COUNTA

Rumus COUNTA pada Microsoft Excel digunakan untuk menghitung jumlah sel terisi atau yang tidak kosong dalam rentang sel tertentu. Baik yang terisi oleh data angka maupun data teks.

Jika yang dibutuhkan hanya menghitung sel dengan isi teks tertentu, maka bisa menggunakan fungsi COUNTIF sementara jika kriteria yang akan dihitung lebih dari satu atau banyak bisa menggunakan fungsi COUNTIFS.

Sintaksis dari Fungsi COUNTA adalah:

=COUNTA(value1; [value2]; …)

value1, value2 adalah argumen range data yang akan dihitung, sesuai dengan jumlah sel yang terisi. Pada penggunaan fungsi COUNTA ini, kita dapat memasukkan beberapa rentang Excel sekaligus.

Rumus COUNTIF

Rumus fungsi COUNTIF dalam Excel pada dasarnya sama dengan kegunaan fungsi COUNT, yaitu digunakan untuk menghitung jumlah data. Akan tetapi, pada fungsi COUNTIF, banyaknya data yang akan dihitung hanya yang sesuai dengan syarat, kriteria atau kondisi tertentu.

Anda dapat menggunakan fungsi COUNTIF ini untuk menghitung jumlah sel yang terisi atau jumlah dari data yang sama, menghitung sel dengan kriteria teks tertentu maupun menghitung jumlah angka menggunakan syarat atau kriteria tertentu.

Misalnya, menghitung sel berisi kata “alpukat” atau menghitung jumlah sel yang berisikan angka diatas 71. Kriteria yang dapat digunakan dalam fungsi COUNTIF ini hanya satu saja. Jika yang dibutuhkan adalah menghitung jumlah data dengan lebih dari satu kriteria, maka bisa menggunakan fungsi COUNTIFS.

Sintaksis dari fungsi COUNTIF adalah:

=COUNTIF(range; kriteria)

  • range adalah sel yang akan dihitung berisikan angka, array, nama range atau sel dengan referensi berisi angka.
  • kriteria adalah syarat sel yang akan dihitung, bisa berisikan angka, referensi sel, ekspresi logika atau string teks.

 

Rumus COUNTIFS

Fungsi COUNTIFS dalam rumus Excel berguna untuk menghitung jumlah sel atau data yang memenuhi lebih dari satu kriteria atau banyak syarat.

Rumus COUNTIFA ini sebenarnya hampir sama seperti kegunaan fungsi COUNTIF, yakni sama-sama digunakan untuk menemukan jumlah sel dalam sebuah rentang data dengan kriteria tertentu. Perbedaannya hanya pada jumlah kriteria sel yang akan dihitung.

Jadi, jika COUNTIF hanya bisa menghitung sel dengan kriteria tunggal, maka COUNTKFS bisa menghitung jumlah sel dengan lebih dari satu kriteria (banyak).

Sintaksis dari fungsi COUNTIFS adalah:

=COUNTIFS(criteria_range1; criteria1; [criteria_range2; criteria2]…)

  • criteria_range1 adalah rentang sel yang akan diujikan berdasarkan kriteria tertentu (criteria1)
  • criteria1 adalah kriteria atau syarat yang diterapkan untuk menghitung jumlah pada rentang sel pertama (criteria_range1)
  • [criteria_range2,criteria2] adalah pasangan dari kriteria kedua atau rentang sel kedua yang akan diujikan, begitu juga seterusnya.

Kriteria atau syarat yang diterapkan bisa berupa angka, teks, referensi sel maupun ekspresi yang akan menentukan sel mana saja yang akan diuji atau dihitung jumlahnya.

Rumus COUNTBLANK

Rumus COUNTBLANK dalam Excel digunakan untuk menghitung sel atau yang kosong dalam sebuah rentang sel tertentu. Fungsi COUNTBLANK ini dapat dikatakan sebagai kebalikan dari fungsi COUNTA. Cara menggunakan fungsi COUNTBLANK sangatlah mudah.

Sintaksis dari Fungsi COUNTBLANK adalah:

=COUNTBLANK(range)

Argumen range dalam fungsi COUNTBLANK ini adalah kumpulan sel dalam sebuah rentang yang akan diuji untuk menentukan jumlah sel kosongnya.

Demikianlah perbedaan dari masing-masing rumus Excel COUNTIF COUNTIFS COUNTA dan COUNTBLANK beserta cara penggunaanya dalam aplikasi Microsoft Excel.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring