Rumus Excel MAXA MAX MINA MIN dan Contohnya

Rumus Excel MAXA MAX MINA MIN – Dalam perhitungan Excel, bisa dikatakan jika rumus MAX dan MIN merupakan rumus yang cukup familiar dan banyak digunakan. Keduanya merupakan rumus yang lazim dipakai guna menghitung nilai maksimum atau MAX dan nilai minimum atau MIN dari data yang disajikan.

Rumus Excel MAXA MAX MINA MIN

Selain rumus MAX dan MIN, terdapat pula rumus yang serumpun dan mirip, yaitu MAXA dan MINA. Secara penulisan, ada perbedaan huruf A yang ada di bagian belakang. Perlu diketahui, makna dari huruf A di akhir MAXA dan MINA tersebut berarti argumen. Tentu, rumus tersebut juga memiliki perbedaan dibandingkan dengan MAX dan MIN.

MAX dan MIN adalah rumus yang secara umum digunakan untuk menghitung detail data numerik sebagaimana disajikan. Di sisi lain rumus MAXA dan MINA diaplikasikan guna menghitung nilai maksimum dan nilai minimum dalam perhitungan numerik ataupun perhitungan non-numerik. Contoh dari perhitungan non-numerik yang perlu diketahui adalah teks (0) serta Boolean yaitu True (1) dan juga False (0). Secara umun, tipe data Boolean dihasilkan dari perhitungan operasi logika.

Detail Kegunaan Rumus Excel MAXA MAX MINA MIN

Untuk memudahkan pengetahuan dan perbedaan dari rumus Excel MAXA MAX MINA MIN, ada rangkuman penjelasan yang lebih mudah dipahami sebagaimana berikut ini:

  • Rumus MAX : digunakan untuk melakukan perhitungan nilai maksimum dari data numerik dalam suatu range yang telah ditentukan
  • Rumus MAXA : digunakan untuk melakukan perhitungan nilai maksimum dari data numerik dan non-numerik dalam suatu range yang telah ditentukan
  • Rumus MIN : digunakan untuk melakukan perhitungan nilai minimum dari data numerik dalam suatu range yang telah ditentukan
  • Rumus MINA : digunakan untuk melakukan perhitungan nilai minimum dari data numerik dan non-numerik dalam suatu range yang telah ditentukan

Dari poin di atas bisa dilihat perbedaan yang jelas dalam penggunaan rumus Excel MAXA MAX MINA MIN tersebut di dalam perhitungan yang dilakukan. Sebagai tambahan, ada hal penting yang harus diperhatikan terkait penggunaan rumus ini.

Guna menggunakan rumus Excel MAXA MAX MINA MIN, penggunaan tanda koma (,) atau tanda semicolon (;) dalam formula yang digunakan harus diperhatikan. Penggunaan kedua tanda tersebut perlu disesuaikan dengan versi software Microsoft Excel yang Anda gunakan serta konfigurasi komputer agar hasil perhitungan tidak keliru.

Sistematika Rumus Excel MAXA MAX MINA MIN

Untuk menggunakan rumus Excel MAXA MAX MINA MIN, tentu ada sistematika yang harus digunakan. Sistematika ini tentu penting untuk diketahui agar hasil perhitungan bisa didapatkan sebagaimana seharusnya.

Adapun sistematika dari masing-masing rumus Excel MAXA MAX MINA MIN tersebut adalah sebagai berikut:

1) Rumus Excel MAX

Penggunaan Rumus MAX

MAX merupakan rumus Excel fungsi (function) yang akan menunjukkan nilai maksimum dari data numerik yang disajikan. Adapun sistematika penulisan dari rumus ini adalah sebagai berikut:

=MAX(range1, range2, sel1,…), contoh dalam penggunaan formula dalam range: =MAX(E1:E6)

2) Rumus Excel MAXA

Penggunaan Rumus MAXA

MAXA merupakan rumus Excel fungsi (function) di mana akan menunjukkan nilai maksimum baik untuk perhitungan data numerik serta data non-numerik. Adapun sistematika formula dari rumus ini adalah sebagai berikut:

=MAXA(range1, range2, sel1,…), contoh dalam penggunaan formula dalam range: =MAXA(E2:E5)

3) Rumus Excel MIN

Penggunaan Rumus MIN

MIN merupakan rumus Excel fungsi (function) untuk menyatakan nilai terendah atau minimum dari data numerik yang disediakan. Penulisan formula atau sistematika rumus ini adalah sebagai berikut:

=MIN(range1, range2, sel1,…), contoh dalam penggunaan formula dalam range: =MIN(E1:E3)

4) Rumus Excel MINA

Penggunaan Rumus MINA

MINA merupakan rumus fungsi (function) di mana diaplikasikan guna menentukan nilai terendah atau minimum dari data numerik dan non-numerik dari range yang tersedia. Formula penulisan rumus ini adalah:

=MINA(range1, range2, sel1,…), contoh dalam penggunaan formula dalam range:  =MINA(E2:E5)

Beberapa detail terkait Rumus Excel MAXA MAX MINA MIN semoga dapat membantu Anda dalam pengoperasian Ms. Excel. Cobalah gunakan rumus ini untuk menentukan nilai tertinggi dan terendah dari suatu range.

Keempat rumus tersebut bisa dikatakan termasuk rumus yang cukup mudah digunakan karena sangat sederhana. Hanya saja, perhatikan detail range yang akan digunakan agar data yang keluar sesuai dengan target yang ingin ditunjukkan. Semoga bermanfaat.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring