Cara Menggunakan Rumus GETPIVOTDATA pada Excel

Rumus GETPIVOTDATA – Dalam menggunakan tabel Pivot Anda nantinya akan membutuhkan rumus GETPIVOTDATA guna mengambil data dari Pivot Table yang aktif. Rumus GETPIVOTDATA pada Excel merupakan function atau fungsi yang berfungsi untuk mengambil nilai atau data dari tabel pivot.

Cara Menggunakan Rumus GETPIVOTDATA pada Excel

Hal tersebut akan sangat membantu pengguna ketika bekerja dengan data yang begitu banyak dan memanfaatkan data pada tabel pivot untuk nantinya dicetak menjadi sebuah dokumen. Tujuannya yakni membuat data yang akan diambil bisa berubah secara otomatis ketika ada perubahan data. Tentu saja table pivot akan memerlukan refresh data ketika terjadi perubahan.

Sistematika Rumus GETPIVOTDATA pada Excel

Seperti rumus atau fungsi pada Excel lainnya, Rumus GETPIVOTDATA juga mempunyai aturan atau sistematika penulisan. Adapun sistematika rumus GETPIVOTDATA pada Excel yaitu:

=GETPIVOTDATA(data_field, pivot_table, [field1, item1], (field2, item2], [field3, item3], …..)

Keterangan:

  • Data_field merupakan bidang data yang diambil dari suatu tabel pivot. Bidang data tersebut ditentukan field yang terdapat di area VALUES.
  • Data_field ditulis menggunakan tanda petik (“misalnya”), dengan cara menuliskan nama filed atau semua nama di area VALUES. Misalnya “Sum of Jumlah” atau Anda juga dapat menggunakan “Jumlah” saja.
  • Pivot_table adalah referensi sel dari data_field yang menggunakan alamat absolut, contohnya A1 menjadi $A$1.
  • Fungsi GETPIVOTDATA yang menggunakan argumen pivot_table dan data_field saja akan mengambil nilai Grand Total pada tabel pivot.
  • Sistematika [field1, item1], [field2, item2],…. Pada Rumus GETPIVOTDATA Excel
  • [field1, item1], [field2, item2], …… merupakan field yang berasal dati tabel pivot. Field merupakan nama baris atau kolom yang ada pada tabel pivot. Sementara item merupakan isi dari field pada tabel pivot.
  • Jumlah maksimum pasangan [field1, item1], [field2, item2], [field3, item3]….. adalah hingga 126 pasangan.
  • [field1, item1] yang meruapakan 1 pasang akan menghitung total jumlah dari item.
  • [field1, item1], [field2, item2] yang merupakan 2 pasang akan menghitung irisan silang dari pasagan yang terbentuk.
  • [field1, item1], [field2, item2], [field3, item3]…… dengan banyak pasangan, akan menghitung irisan yang terbentuk dari semua pasangan.

Cara Menggunakan Rumus GETPIVOTDATA untuk Mendapatkan Grand Total

Untuk mengambil data dari tabel pivot yang aktif, misalnya mendapatkan nilai grand total, maka Anda memerlukan rumus GETPIVOTDATA seperti berikut ini:

=GETPIVOTDATA(“Sum of jumlah”, $A$1)

Atau Anda juga dapat menggunakan rumus:

=GETPIVOTDATA(“Jumlah”, $A$1)

Dimana jumlah atau sum of jumlah merupakan data field yang dituliskan dengan semua nama field atau hanya nama fieldnya saja. Sementara $1$A adalah alamat sel pivot data yang diabsolutkan.

Cara Menggunakan GETPIVOTDATA untuk Mencari Total Item di Baris (Satu Pasangan Baris)

 

Sebagai contoh, perhatikan ilustrasi di atas.

Untuk memperoleh total item pada baris, dalam hal ini yakni jumlah bahan baku Buku Gambar A3. Maka didapatkan satu pasangan (“produk”, “Buku Gambar”). Buku gambar A3 merupakan salah stau item filed Produk yang terletak pada area baris atau ROWS. Maka akan diperoleh sebuah rumus yaitu:

=GETPIVOTDATA(“Jumlah”, $A$4, “produk”, “Buku Gambar A3”).

Setelah Anda memasukkan rumus di atas, maka akan diperoleh nilai 37400 yang merupakan jumlah Buku Gambar tanpa melihat jenis bahannya.

Cara Menggunakan Rumus GETPIVOTDATA untuk Mencari Total Item pada Kolom

Jika sebelumnya Anda dapat mencari data pada baris pivot data, maka Anda juga dapat mencari total item pada kolom pivot data. Pada ilustrasi di atas, sebagai contohnya akan dicari total bahan baku dari kertas A4 yang merupakan salah satu item field Bahan. Yang mana field Bahan tersebut terletak pada area COLUMNS.

Sehingga diperoleh rumus:

 =GETPIVOTDATA(“Sum of Jumlah”, $A$4, “Bahan”, “A4”)

Setelah memasukkan rumus di atas, maka aka didapatkan nilai 36210 yakni jumlah bahan dari A4.

Cara Menggunakan GETPIVOTDATA dengan 2 pasang (field1, item1], [field2, item2]

Masih menggunakan contoh ilustrasi di atas, akan dicari nilai bahan F3 yang digunakan untuk membuat produk Folio F4. Sehingga bisa menggunakan 2 pasang field produk untuk Folio F4 dan field bahan untuk item F3. Pasangan yang dimaksud yaitu [“Produk”, “Folio F4”, “Bahan”, “F3”].

Sehingga diperoleh rumus:

=GETPIVOTDATA(“Sum of Jumlah”, $A$4, “Produk”, “Folio F4”, “Bahan”, “F3”)

Dengan rumus tersebut maka akan diperoleh nilai 100800.

Rumus GETPIVOTDATA pada Excel memiliki peran yang sangat penting untuk memudahkan pengguna dalam mengambil data pada tabel pivot yang aktiv. Dengan data yang sangat banyak tentu saja Anda akan kerepotan untuk mengambil suatu nilai dari tabel pivot. Namun dengan menggunakan rumus GETPIVOTDATA semuanya menjadi lebih mudah dan cepat.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring