Rumus Mencari Nilai Terdekat di Excel

Bagaimana Menemukan Nilai Terdekat Lebih Besar Dari Atau Kurang Dari Di Excel? – Dalam penyajian data tertentu, terkadang mencari nilai terdekat adalah hal yang penting. Nah, guna mencari nilai terdekat, Anda bisa menggunakan Microsoft Excel. Perlu diketahui jika Excel bisa diandalkan untuk mencari nilai terdekat dan tidak hanya nilai tertinggi atau terendah dengan kriteria tertentu.

Rumus Mencari Nilai Terdekat di Excel

Maksud dari nilai terdekat dari data yang hendak disajikan adalah nilai angka yang ada pada daftar angka dengan selisih terkecil dari nilai yang dicari. Dengan demikian, nilai angka yang akan ditemukan ini nantinya bisa lebih besar ataupun lebih kecil dari detail nilai yang Anda cari.

Untuk memudahkan Anda memahami terkait nilai terdekat dalam Microsoft Excel tersebut, Anda bisa melihat gambar ilustrasi di bawah ini:

 

 

 

Dari gambar di atas, ada beberapa keterangan yang bisa disimpulkan. Angka yang dicari dalam data di atas adalah 166, sedangkan angka terdekat yang lebih besar adalah 189 dan angka terdekat yang lebih kecil adalah 160.

Mencari Nilai Terdekat Dengan Rumus Excel Biasa

Berbincang tentang mencari nilai terdekat dengan Microsoft Excel, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan rumus Excel biasa. Cara pertama ini cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.

Untuk mengetahui ilustrasi dari rumus yang dimaksud, Anda bisa melihat sample gambar di bawah ini:

Dari gambar di atas, angka yang dicari adalah 36. Untuk contoh tersebut, rumus bantuan diletakkan pada sel B2. Adapun rumus yang digunakan sesuai dengan data di atas adalah

=ABS(A2-$F$2)

Nah, rumus tersebut nantinya harus dimasukkan pula ke dalam sel lain yang berada di bawahnya. Dari rumus di atas, digunakan fungsi ABS. Tujuan penggunaan fungsi ABS ini adalah untuk menghilangkan tanda minus yang didapatkan dari hasil pengurangan yang dilakukan di setiap sel menggunakan nilai yang dicari.

Selai itu, rumus yang digunakan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan nilai selisih absolut atau nilai dari jarak setiap sel pada daftar nilai yang sedang dicari nilai terdekatnya. Selain menggunakan rumus di atas, Anda juga bisa menggunakan rumus lain yaitu:

=ABS($F$2-A2)

Sekilas, rumus tersebut mirip. Tanda dollar ($) yang digunakan tersebut memiliki fungsi untuk menjaga nilai absolut agar nilai tidak berubah saat rumus disalin ke bawah.

Selanjutnya, jika detail pada kolom dummy atau pada rumus bantuan tersebut sudah selesai diatur, selanjutnya Anda tinggal menerapkan kolom bantu pada pencarian nilai terdekat. Sesuai dengan contoh di atas, maka rumus tersebut ditempatkan pada sel E3.

Adapun rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

=INDEX(A2:A10;MATCH(MIN(B2:B10);B2:B10;0))

Dari rumus di atas, bisa diketahui range A2:A10 adalah range dari pencarian data. Sedangkan range B2:B10 adalah kolom dummy di mana nantinya akan menunjukkan selisih dari setiap sel dengan angka yang sedang dicari nilai terdekatnya.

Selain itu, dari rumus Excel di atas, fungsi MATCH akan mencari posisi relatif dari selisih nilai terkecil yang nantinya dihasilkan oleh fungsi MIN pada Excel. Nah, nilai yang dihasilkan oleh fungsi MATCH ini nantinya akan digunakan oleh fungsi INDEX. Fungsi INDEX dalam hal ini menggunakan rumus tersebut guna menentukan nilai pada baris berapa dari range A2:A10 yang akan dihasilkan.

Dengan detail rumus di atas nantinya Anda bisa mencari angka terdekat, yang disesuaikan dengan angka yang Anda cari. Nah, demikian beberapa ulasan terkait bagaimana mencari nilai terdekat dengan menggunakan Microsoft Excel dengan mudah. Semoga membantu.

Ahmad Ridlo Saya adalah Lulusan S1 Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. Suka Menulis dan Traveling. Sharing is Caring